Empat Golongan Manusia Berdasarkan Sabda Nabi - Kumpulan Info Unik

Empat Golongan Manusia Berdasarkan Sabda Nabi

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang dikaruniai banyak keberkahan. Termasuk di dalamnya akal pikiran yang sejatinya tidak dimiliki oleh makhluk lain. Akan tetapi, tidak semua manusia menggunakan karunia tersebut dalam hal kebaikan.

Masih ada saja manusia yang mengingkari nikmat Allah SWT dengan tidak menjalankan segala perintah. Mereka justru meninggalkan segala perintah tersebut dan melakukan segala kemaksiatan yang menjerumuskannya ke dalam neraka.

Sebagaimana yang sudah diprediksikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi bahwasanya ada empat golongan manusia yang akan menghuni dunia ini. Apa sajakah golongan tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Golongan yang Memiliki Ilmu dan Harta Melimpah
Golongan manusia pertama menurut janji Nabi  adalah mereka yang memiliki ilmu dan harta yang berlimpah. Sungguh beruntunglah orang yang berada dalam golongan ini, sebab harta yang dikaruniakan kepada mereka dimandaatkan sebesar-besarnya hanya untuk keperluan perjuangan dan dahwa di jalan Allah SWT.

“Mereka inilah,” janji Nabi dalam riwayat tersebut, “merupakan sebaik-baik hamba.”

2. Golongan yang Memiliki Ilmu Tapi Tidak Memiliki Harta
Golongan kedua ini berisi mereka yang memiliki ilmu namun tidak mempunyai harta. Akan tetapi, hampir sama dengan golongan pertama, pada golongan ini merek juga akan memperoleh ganjaran pahala serta derajat yang tinggi.

Meskipun mereka tidak dilimpahi harta seperti golongan pertama, akan tetapi ilmu yang dimiliki ini memotivasi mereka untuk bercita-cita “Ya Allah, jika Engkau memberikan aku anugerah harta sebagaimana saudaraku (yang diberi ilmu dan harta), maka aku akan menafkahkan harta itu di jalan kebajikan, sebagaimana yang dia lakukan.”

Dengan ilmunya tersebut, orang pada golongan ini mengetahui hakikat hidup dan mempunyai cita-cita yang agung. Persis seperti orang yang hanya memiliki satu juta untuk infaq, lalu dia merintih dalam doanya, “Ya Allah, jika aku diberikan rezeki dari-Mu senilai satu milyar, maka aku akan menafkahkan di jalan-Mu senilai ratusan juta.”

Kepada kedua golongan ini, Nabi bersabda, “Kedua hamba ini, pahalanya sama.” Betapa bahagianya.

3. Golongan yang Memiliki Harta Namun Tidak Memiliki Ilmu
Golongan manusia yang ketiga adalah mereka yang memiliki harta akan tetapi tidak memiliki dunia. Hasilnya adalah apa yang dilakukan orang pada golongan ini dengan hartanya adalah maksiat dan dosa.

Bahkan yang lebih keji lagi, mereka akan mengajak, membiayai, dan memberikan segala macam fasilitas kepada orang yang mau menjadi pengikut mereka di jalan keburukan yang bergelimang dosa. Golongan ketiga ini, disebut oleh Rasulullah sebabagai seburuk-buruknya hamba.

4. Golongan Miskin Harta dan Tidak Berilmu
Golongan yang paling terakhir berdasarkan janji Nabi adalah mereka yang miskin harta dan juga tidak berilmu. Maka celakalah mereka yang berada pada golongan ini. Sebab, ia berdoa, “Ya Allah, jika Engkau kurniakan aku harta sebagaimana saudaraku (yang berharta dan tidak berilmu hingga bermaksiat), maka aku akan berbuat maksiat sebagaimana yang dikerjakannya.”

Celaka. Celaka. Celaka. “Kedua hamba ini (golongan ketiga dan keempat),” ujar Nabi menutup sabdanya, “timbangannya sama.”

Demikianlah informasi mengenai empat golongan manusia berdasarkan janji Nabi SAW.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Empat Golongan Manusia Berdasarkan Sabda Nabi"

Back To Top