Cara Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai Cara Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital . Yuk simak penjelasan detailnya pada artikel dibawah ini yang sudah kami rangkum untuk sobat unik.

(Analog Switch Off/ ASO) mengacu pada proses di mana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada akhirnya akan menghentikan transmisi tv analog. Tahap pertama akan selesai paling lambat tanggal 17 Agustus.

Pada tahap awal transisi, Kominfo mematikan siaran televisi analog di berbagai daerah antara lain Aceh, Riau, Banten, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Pelaksanaan ASO dipecah menjadi lima tahap, tahap kelima dan terakhir dijadwalkan selesai pada 2 November 2022.

Pengguna pada akhirnya akan dipaksa untuk melakukan transisi dari TV analog ke TV digital agar dapat terus memiliki pilihan untuk menonton televisi. Langkah-langkah mengubah TV analog menjadi TV digital adalah sebagai berikut.

Petunjuk untuk Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital

 

 

Kamu dapat menggunakan set top box DVBT2 untuk mengubah perangkat televisi stkamur menjadi perangkat televisi digital (STB).

Set-top box, sering dikenal sebagai STB, adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan pada televisi analog stkamur.

Perangkat STB dapat diinstal dalam hitungan menit. Pengguna cukup mencolokkan kabel koneksi audio dan video (AV) ke port yang sesuai pada perangkat televisi.

Cukup masukkan kabel audio dan video (AV) ke port yang terletak di samping atau belakang televisi jika saat ini kamu menggunakan perangkat televisi LED atau LCD.

Nyalakan televisi seperti biasa dan buka menu audio-visual untuk mulai melihat siaran digital. Pengguna STB diharuskan mencari siaran digital, seperti yang mereka lakukan untuk siaran tradisional.

Pengguna tidak perlu membeli TV konvensional baru jika menggunakan STB karena dapat bekerja dengan perangkat yang sudah ada.

Meskipun demikian, pengguna masih perlu memiliki antena digital. Alasannya adalah karena STB hanya berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Antena digital masih diperlukan untuk mendapatkan salinan sinyal digital.

Langkah pertama dalam melakukan transisi ke televisi digital adalah mendapatkan set-top box (juga dikenal sebagai STB) dan antena digital. Biaya untuk memperoleh alat ini dapat ditentukan dengan mengacu pada pasar.

Bagaimana pengguna TV analog dapat merasakan manfaat siaran TV digital? Silakan lihat daftar di bawah ini.

1. Sebelum kamu melakukan lebih jauh, periksa untuk melihat apakah TV analog kamu dan perangkat DVBT2 STB terhubung satu sama lain.

2. Setelah itu, hidupkan televisi kamu dan ubah ke mode AV.

3. Jika ada berbagai mode AV, kamu perlu mengubahnya agar sesuai dengan koneksi STB. Ini mungkin AV1, AV2, atau mode lain.

4. Kamu bebas langsung menyalakan perangkat STB jika mode AV sudah dipilih.

5. Menggunakan remote control untuk STB, buka tombol “Menu”, lalu cari opsi “Pencarian Saluran” dan pilih “Pencarian Otomatis”.

6. Sambil menunggu perangkat menyelesaikan pencarian sinyal siaran TV digital, kamu harus menunggu sampai selesai.

7. Ketika pencarian sinyal selesai, kamu akan memiliki pilihan untuk “Simpan” langsung tersedia untuk kamu.

8. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, TV analog kamu akan secara otomatis menampilkan siaran TV digital.

9. Penting untuk diingat bahwa TV analog kamu harus selalu disetel ke mode AV agar kamu dapat terus menonton siaran TV digital menggunakan dekoder.

Ketika proses ASO dan digitalisasi siaran selesai, siaran analog tidak dapat diakses. Akibatnya, pemilik TV analog tidak akan bisa menerima siaran televisi digital jika tidak memasang STB.

Baca Juga:  Cara Memperkuat Sinyal Di Desa

Cara Mengecek Sinyal di TV Digital

Cara Mengecek Sinyal di TV Digital – Cara Mengubah Tv

1. Dapatkan aplikasi yang dikenal sebagai Sinyal TV Digital untuk Perangkat

2. Segera setelah instalasi selesai, segera akses atau luncurkan program.

3. Berikan izin ke aplikasi jika meminta akses ke lokasi kamu.

4. Layar program tiba-tiba bergeser untuk menunjukkan peta lokasi kamu saat ini.

5. Jika kamu pergi ke kiri bawah layar, kamu akan melihat menu berlabel “Legenda.” Menu ini, ketika diakses, akan menawarkan informasi lokasi yang sinyal televisinya paling lemah hingga paling kuat.

6. Tentukan warna yang ditampilkan pada peta. Sebelumnya, Johnny G. Plate yang kini menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika terus melakukan pemantauan atau monitoring dan koordinasi dengan berbagai pihak agar implementasi ASO berdampak minimal selama masa transisi.

FAQ

Cara mengetahui apakah TV sudah digital?

Cara Cek Televisi Sudah Digital atau Masih Analog

Kunjungi halaman resmi kominfo, https://siarandigital.kominfo.go.id/
Ketuk menu “Perangkat TV Digital”
Klik menu “Pilih Kategori”
Klik “Televisi”
Masukkan merk dan tipe televisi kamu.

Apakah TV Polytron sudah termasuk TV digital?

TV Polytron Seri Dignity Mendukung Siaran Digital

Selain itu, TV Polytron 32 inci ini juga sudah mendukung DVB-T2 (Digital Terrestrial Tuner) yang memungkinkan kamu bisa menonton siaran digital dengan gambar jernih, tanpa bintik (noise), dan kualitas gambar tidak berbayang.

TV LED apa saja yang sudah digital?

Daftar Merk TV Digital Terbaru 2022

Aqua Japan. Aqua Japan LED TV LE32AQT9200M (32 Inch / HD / Digital / USB movie / Miracast)
Coocaa. Coocaa LED Digital TV 24 Inch 24CTD2000 USB Movie HDMI DVB-T2
Samsung. Samsung UA32T4003AKXXD LED TV (32 Inch) – Digital TV Seluruh Indonesia
Polytron
Gazela
Philips

Apa beda nya TV analog dan digital?

TV Digital. Dirancang untuk suara dan juga data. TV Analog. Sinyal yang dipancarkan merupakan sinyal analog yang kemudian ditangkap oleh antena. TV Digital: Sinyal yang dipancarkan berupa sinyal sistem siaran digital. TV Analog:Kualitas gambar dan suara akan jernih apabila dekat dengan pemancar.

Apa yang dimaksud dengan TV analog?

TV analog adalah TV yang terbatas menerima sinyal antena UHF yang masih berbentuk analog. Sinyal ini rentan mengalami noise, gangguan, dan distorsi. Sementara bedanya TV digital adalah dapat memproses baik dari sinyal digital maupun analog.

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital , semoga berguna dan bermanfaat untuk sobat unik ya, dan mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan.

Kalian juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kami dan terdapat beberapa kategori bacaan yang bisa kamu temui di web InfoYunik seperti Daftar Harga, Tips, Info Unik, Review, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.