Empat Rutinitas Pagi Agar Hidup Lebih Sehat

Rutinitas pagi hari menjadi waktu yang sangat penting untuk membangun hidup sehat. Namun tidak banyak yang menyadari hal ini, dan membiarkan paginya sia-sia tanpa aktivitas yang bermanfaat. Padahal pagi menjadi awal untuk membangun mood yang baik sehingga berdampak terhadap kebugaran tubuh dalam menjalani aktivias seharian penuh.

Biasanya saat membuka mata, aktivitas pertama yang dilakukan adalah memeriksa gadget atau cek sosial media, serta kegiatan lain yang tidak ada kaitannya untuk kesehatan. Padahal masih banyak aktivitas lain yang lebih mendatangkan manfaat untuk hidup yang lebih sehat. Berikut ini adalah rutinitas sederhana yang bisa dilakukan saat pagi agar hidup kita menjadi lebih sehat.

1. Minum Segelas Air Putih
Minum segelas air putih menjadi pilihan tepat saat bangun pagi. Pasalnya pada saat tidur, tubuh kehilangan banyak cairan sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Selain bermanfaat untuk metabolisme, minum pada pagi hari bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Minum saat mengawali hari juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah lebih cepat. Hasilnya, Anda pun akan lebih berenergi sepanjang hari.

2. Sarapan
Sarapan pagi juga mejadi rutinitas penting untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Selain sebagai asupan energi untuk memulai aktivitas dipagi hari, membiasakan sarapan pagi sangat baik untuk kesehatan.  Dengan sarapan maka tubuh akan mempersiapkan otak untuk bisa konsentrasi dalam berfikir, menetralisir asam lambung, dan membantu mengontrol berat badan.

3. Olahraga Sederhana
Melakukan olahraga dengan gerakan sederhana juga menjadi aktivitas pagi yang membuat sehat. Tidak perlu sampai berjam-jam, anda cukup berolahraga 10 sampai 15 menit setiap pagi agar badan bergerak dan berkeringat. Meski terlihat ringan, namun olahraga pagi memberikan efek yang signifikan seperti membantu tubuh lebih bertenaga, melatih konsistensi, dan baik untuk metabolisme tubuh.

Baca Juga:  Dasyatnya Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

4. Menyapa Keluarga
Pada periode pukul 7-9 pagi adalah waktu yang baik untuk meningkatkan ikatan hubungan dengan seseorang.  Menurut ahli saraf dari Rockefeller University, Ilia Karatsoreos, PhD,  rentang waktu ini  hormon cinta berada pada level tertinggi. Ini adalah saat yang tepat untuk memperkuat hubungan dengan orang-orang yang paling penting dalam hidup.  Luangkanlah waktu pada pagi hari bersama orang tercinta sebelum memulai aktivitas seharian.

Mulailah untuk melakukan ativitas sehat di atas setiap pagi, agar lebih mudah menjalani hari tanpa harus merasakan sakit pada tubuh akibat rutinitas yang salah. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.