12 Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

InfoYunik.com – Kami akan membahas mengenai 12 makanan yang mengandung karbohidrat tinggi terlengkap ,yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel dibawah ini ya sobat!

Karbohidrat merupakan sumber energi yang manusia butuhkan untuk tubuhnya. Karbohidrat bisa didapatkan dari berbagai macam jenis makanan yang sering kita temui.

Sumber karbohidrat dibagi menjadi tiga macam ketgorinya, diantaranya ada gula, pati,dan juga serat makanan.

Makanan yang mengandung karbo yang di olah dan dapat dikonsumsikan sudah dipastikan terdiri dari 3 jenis kategori yang disebutkan diatas loh sobat.

InfoYunik kali ini akan membahas beberapa contoh jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang wajib kalian ketahui ya sobat.

Mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu beberapa jenis makanan yang bersumber dari karbohidrat, daiantaranya ada yang terdiri dari buah – buahan dan sayur – sayuran.

Biasanya sayuran yang bersumber dan mengadung karbohidrat akan menjadi menu pilihan utamanya, selain karena mengandung serat yang tinggi. Nah yuk kita lihat penjelasannya dibawah ini yuk!

Dafar Jenis Makanan Mengandung Karbohidrat

Beberapa jenis makanan mengandung karbohidrat

1. Ubi Jalar

Daftar yang pertama adalah ubi jalar. Makanan yang ini termasuk kedalam jenis makanan umbi – umbian yang sering digunakan sebagai bahan makanan, bisa di olah menjadi berbagai jenis macam cemilan yang manis atau juga bisa menjadi lauk makan.

Ubi jalar juga bisa di olah menjadi tepung yang dimana tepung merupakan bahan dasar dari berbagai olahan makanan atau cemilan.

2. Makanan Karbohidrat Jagung

Selanjutnya ada Jagung. Makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya adalah jagung, bahan makanan ini juga menjadi bahan makanan favorit masyarakat indonesia, mengapa demikian?

Karena jagung sering menjadi bahan olahan makanan atau cemilan yang sering kita temui atau kita makan.

Presentase kandungan karbohidrat didalam jagung mencapai hingga 25%. Dan jagung juga merupakan bahan makanan yang banyak mengandung gizi dan vitamin c, sehingga banyak orang menggunakan jagung selain banyak kandungan baiknya, banyak mengkonsumsi jagung bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

3. Oatmel

Di urutan ketiga ada Oatmel, Makanan yang mengandung karbohidrat selanjutnya ada Oatmel. Makanan ini tidak terlalu banyak diketahui oleh masyarakat indonesia, dikarena kan oatmel merupakan makanan berasal dari luar negeri.

Tetapi meskipun jarang dikenal oleh masyarakat indonesia, oatmel sudah banyak ditemui di pasaran dan supermarket.

Selain sebagai makanan bersumber dari karbohidrat, oatmel merupakan jenis makanan yang menyehatkan. Bahkan bukan hanya karbohidrat yang terkandung dalam oatmel, melainkan terkandung juga serat dan protein yang sama penting dan juga dibutuhkan untuk tubuh kita. Oatmel juga bisa menyehatkan jantung.

4. Beras Merah

Berikutnya ada Beras merah, beras merah juga merupakan makanan yang mengandung karbohidrat juga bahkan karbohidrat yang terkandung dalam beras merah sangatlah tinggi, dan beras merah juga makanan yang didalamnya mengandung gula yang yang tidak begitu tinggi alias redah.

Oleh sebab itu beras merah menjadi makanan pokok utama yang harus dikonsumsi pada penderita diabetes dan dialarang mengkonsumsi beras putih karena kandungan gula yang tinggi.

5. Kacang Merah

Yang kelima ada kacang merah, jenis biji – bijian yang mengandung banyak karbohidrat tinggi. Ada sekitar 22% karbohidrat yang terkandung dalam kacang merah yang bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, kacang merah yang sudah matang dapat mencegah untuk kita mengalami resiko keracunan pada makanan, menyehatkan bukan?

makanan mengandung karbohidrat kompleks

6. Pisang

Makanan karbohidrat berikutnya ada pisang, makanan yang terkandung karbohidrat ini dari jenis buah – buahan.

Pisang merupakan buah yang mempunyai karbohidrat tinggi dan juga banyak tersedia di indonesia, dan termasuk salah satu jenis buah yang banyak digemari masyarakat indonesia dan bahkan banyak sekali makanan olahan yang terkenal yang bahan utamanya adalah buah pisang.

Terdapat 23% karbohidrat yang terkandung dalam satu buah pisang dan itu marupakan nutrisi yang sangat penting. Pisang juga mengandung nutrisi seperti kalium, vitamin B6 dan juga vitamin C.

Karena hal tersebut lah buah pisang cocok untuk dikonsumsi, dan terutama bagi kamu yang suka atau ingin melakukan olahraga. Dan konsumsi pisang juga bisa memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga:  Menguak Sejarah di Balik Terciptanya Mie Instan

7. Mangga

Selanjutnya ada mangga, Buah mangga termasuk buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Bagi kita masyarakat indonesia harus merasa beruntung karena tinggal pada negara yang tripis sehingga bisa menikmati buah – buahan yang banyak, termasuk buah mangga.

Karena buah mangga termasuk dalam kategori buah yang musiman.

Terdapat kurang lebih 250 ml buah mangga yang dipotong – potong dan dimasukan kedalam gelas dan ada 24 gram karbohidrat yang terkandung didalamnya dan yang dibutuhkan tubuh.

Banyak nutrisi dan gizi yang terkandung pada buah mangga, yaitu mengandung vitamin A dan vitamin C. Karena hal itulah yang membuat mangga mempunyai warna kuning kemerahan.

8. Buah Bit

Selanjutnya buah – buahan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah buah bit. Meskipun buah ini tidak seterkenal buah lain pada umumnya, tetapi buah bit ini termasuk buah yang menyehatkan dengan kandungan yang ada pada buah bit.

Buah bit juga termasuk buah yang gampang untuk di olah menjadi salad, sup buah, jus dll, buah bit juga mempunyai kandungan vitamin dan juga antioksidan yang sangat dubutuhkan oleh tubuh kita.

Tekandung kurang lebih 8-10% karbohidrat pada satu buah bit yang dibutuhkan oleh tubuh. selain dari itu buah bit juga banyak menghasilkan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

9. Makanan Karbohidrat Jeruk

Siapa yang tidak pernah mengkonsumsi buah yang jeruk? Buah ini sering dan mudah ditemui di indonesia, bahkan umum untuk di konsumsi.

Buah jeruk dikenal dengan buah yang kaya akan vitamin c yang tinggi tidak hanya itu ada kandungan serat yang bagus untuk tubuh. Bahkan buah jeruk juga merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi.

Kurang lebih dsekitar 11,8% karbohidrat yang terkandung pada satu buah jeruk yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, karbohidrat, vitamin c, serat, terdapat vitamin b dan kalium yang terkandung dalam buah jeruk.

Kandugan buah jeruk membuat tubuh manusia lebih terjaga kesehatannya dan juga gizinya.

10. Apel

Urutan yang kesepuluh ada buah apel, buah yang mengandung karbohidrat tinggi adalah apel. Rasa renyah apel dan teksturnya membuat apel menjadi manis yang alami, dan apel menjadi buah sehat yang wajib dikonsumsi.

Apel sering dijadikan asupan wajib untuk wanita yang melakukan diet ketat.

Sekitar 13-15% karbohidrat yang terkandung dalam satu buah apelnya, karena hal tersebut banyak orang yang melakukan diet merasa kenyang dan cukup hanya dengan satu apel. Apel juga buah yang memiliki serat yang tinggi.

Jenis Makanan Mengandung Karbohidrat

11. Kismis

Buah kismis termasuk dalam daftar makanan yang mengandung banyak karbohidrat, ada sekitar 129,58 gram karbohidrat yang terdapat dalam buah satu cangkir buah kismis.

Karena hal itu menjadi buah kismis menjadi salah satu jenis biji- bijian yang banyak mengandung karbohidratnya.

Kandungan lain yang terdapat pada buah kismis seperti mineral, kalium, magnesium,fosfor dan kalsium. Hal ini menjadikan kismis sebagai jenis buah – buahan yang sangat digemari, tidak hanya rasanya yang enak tetapi kandungan didalamnya sehat dan bagus untuk tubuh kita.

12. Quinoa

Mungkin jenis biji – bijian yang satu ini asing bagi masyarakat indonesia, tetapi meskipun teredengar asing di masyarakat indonesia bukan berati rasanya tidak sesuai dengan lidah masyarakat indonesia.

Terdapat sekitar 21,3% karbohidrat yang terkandung dalam biji – bijian quinoa.

Quinoa sering digunakan sebagai pengganti nasi, selain karbohidrat quinoa juga mengandung banyak serat dan protein juga mineral yang sangat tinggi, dan menjadiklan quinoa sebagai salah satu asupan yang berkarbohidrat tinggi juga wajib di konsumsi.

FAQ

Berikut pertanyaan mengenai makanan yang mengandung karbohidrat:

Karbohidrat apa yang bagus untuk diet?

Karbohidrat yang bagus digunakan untuk diet adalah kentang dan ubi. Kentang dan ubi mempunyai serat yang tinggi ketika dimakan dengan kulitnya.

Apakah karbohidrat itu bisa bikin gemuk?

Karbohidrat tidak memicu pada gemuk, tetapi karbohidrat yang terkandung dalam tepung bisa jadi memiliki kecenderungan pada kalori, sedangkan mengkonsumsi kalori yang ada pada makanan memicu untuk menaikan berat badan.

Baca Juga:  Macam- Macam Topping Pizza Hut

Bagaimana cara diet rendah karbohidrat?

ada beberapa cara untuk diet rendah karbohidrat, yaitu:

1. Mengkonsumsi air putih yang banyak
2. Makan yang berserat
3. Jangan makan yang terlalu berlebih
4. Memberikan adapatasi pada tubuh ketika awal diet
5. Olaharaga yang teratur
6. Konsumsi buah dan sayur

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 12 makanan yang mengandung karbohidrat tinggi , semoga bermanfaat dan berguna ya sobat!

Kalian juga bisa membaca artikel kami yang lainnya pada web kami, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, Teknologi,dll. Yuk kunjungi web kami dan temukan informasii yang kamu butuhkan!