Rekomendasi Bahan Kain untuk Kemeja Pria

Infoyunik.com – Sobat unik kita akan rekomendasi bahan kain untuk kemeja pria. Jenis pakaian yang satu ini seringkali digunakan untuk oleh wanita dan pria pada berbagai kesempatan formal. Oleh sebab itu, bahan kemeja yang digunakannya pun harus mendukung aktivitas tersebut.

Contohnya harus tetap rapih dan tidak mudah kusut. Walaupun untuk penggunaan bahan kemeja ini berbeda untuk kemeja yang dikhususkan untuk pria dan juga kemeja yang dikhususkan untuk wanita. Terlebih pada model yang digunakannya.

Khususnya kemeja yang digunakan untuk bekerja dikantor. Memilih kemeja untuk pria dan wanita, tidak hanya berdasarkan kepada bahan yang digunakan.

Lebih daripada itu pada model yang digunakannya. Terutama bila digunakan untuk bekerja di kantor atau juga berbagai acara formal lainnya.

Definisi Kemeja

Sebelum mengenali lebih lengkap mengenai bahan kemeja terbaik, lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi kemeja itu sendiri.

Dengan demikian, bisa menjadi paham dan tahu memilih bahan yang terbaik untuk penggunaan kemeja tersebut. Kemeja merupakan jenis pakaian formal dengan bentuk simetri.

Secara umumnya yang menggunakan kerah untuk membuatnya lebih berkesan formal. Jenis pakaian yang satu ini banyak digunakan oleh pria dan wanita, namun terdapat perbedaan yang sangat menonjol dari modelnya.

Walaupun terkadang menggunakan bahan untuk kemeja yang sama pria dan wanita, namun untuk membuat model pakaian kemeja pada pria dan wanita seringkali menggunakan bahan yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan, beberapa bahan tertentu tidak mendukung model kemeja wanita.

Jenis-Jenis Bahan Kain untuk Kemeja Pria

Jenis-Jenis Bahan Kain untuk Kemeja Pria

Kemeja termasuk jenis pakaian yang fleksibel dalam penggunaan bahannya. Tidak ada kententuan hak cipta mengenai bahan apa yang harus digunakan. Berikut ini adalah beberapa bahan untuk kemeja terbaik untuk pria, yakni:

1. Katun

Bahan katun ini merupakan primadona untuk semua jenis pakaian, tanpa terkecuali untuk bahan kemeja. Penggunaan bahan ini sangat nyaman, hal tersebut dikarenakan keunggulan bahan katun yang menggunakan 100% kapas murni.

Kemeja dengan bahan katun ini lebih besifat awet dan tahan lama. Oleh karena itu, jenis bahan tersebut sering kali digunakan untuk kemeja yang dikhususkan untuk kemeja pada kegiatan formal.

Dengan beberapa kelebihannya, kemeja dengan bahan tersebut sangat nyaman digunakan bahkan dalam kondisi cuaca panas sekalipun.

2. Denim

Semua orang menyukai jenis pakaian dengan gaya denim. Hal tersebut menjadikan bahan denim digunakan untuk bahan kemeja pria untuk kesan casual dan sporty. Bahan denim merupakan pasangan dari celana jeans, yang memiliki tekstur seperti celana jeans.

Kemeja yang menggunakan bahan denim dapat membuat penggunanya lebih untuk lebih santai pria, sementara untuk itu tanpa mengesampingkan tampilan sisi feminim pada pengguna tersebut.

3. Drill

Pengguna bahan drill untuk kemeja ini seringkali digunakan oleh jasa konveksi untuk bahan pembuatan baju PDL, seragam tentara atau seragam ekstrakurikuler di sekolah yang mengharuskan penggunaan bahan yang kuat untuk digunakan kegiatan outdoor.

Keunggulan kemeja menggunakan bahan drill ini sangat lebih kuat dan tidak mudah sobek. Kemeja dengan bahan ini lebih cocok bila digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang mengarungi alam bebas.

Walaupun untuk kegiatan menjelajahi alam bebas, namun kemeja tersebut tidak panas, kaku dan kasar. Bahkan lembut ketika disentuhannya. Macam-macam drill ini terdapat 3 macam yakni drill halus, sedang dan kasar.

4. Silk

Tidak ada salahnya pria menggunakan bahan yang sama untuk kemeja yang nyaman dan sejuk dikulit. Memang lebih mahal, namun manfaat yang didapatkan dengan menggunakan bahan ini sebanding dengan harganya. Silk ini merupakan sutra murni yang tentunya memiliki serat yang sangat halus.

Sebagaimana kain sutera pada umumnya, jenis kain ini seringkali sangat halus, namun memberikan kesan sejuk. Oleh sebab itu, penggunaan bahan ini sangat cocok bila digunakan untuk daerah yang beriklim panas.

5. Chiffon

Kemeja yang lebih tipis sering dibuat dari bahan ini. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat kemeja pria dan wanita baik untuk acara santai maupun formal. Bahan ini tipis, tetapi juga panas.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Humidifier Ruangan untuk Bayi

Alhasil, tidak masalah untuk menggunakannya saat cuaca dingin. Kain sifon diklasifikasikan menjadi tiga macam yakni sifon sutra, sifon poli, dan sifon campuran. Meski banyak dipakai wanita, karena teksturnya, banyak pria yang memakai kemeja yang terbuat dari bahan ini.

Kemeja yang terbuat dari bahan ini mendapatkan keuntungan dari perpaduan katun-sutra yang halus, lembut, dan tidak gerah. Bahan ini seluruhnya terbuat dari polyester.

Alhasil, bahan ini harganya cukup terjangkau dan memiliki beberapa keunggulan. Wolfis dipilih untuk membuat kemeja karena terbuat dari 100% polyester sehingga murah.

Selain murah, kain ini tidak menerawang atau halus, dan tidak mudah kusut. Alhasil, menggunakan bahan ini untuk membuat kemeja sangat dianjurkan.

6. Satin Jepang

Satin Jepang adalah bahan kemeja pilihan untuk kemeja dengan tekstur yang mengkilap. Kemeja satin Jepang bisa digunakan untuk membuat kemeja pria maupun wanita.

Meskipun sekilas tampak mengkilap dan panas, bahan ini lebih adem di kulit. Untuk model kemeja wanita, Satin Jepang adalah pilihan yang sangat baik.

Tekstur satin Jepang yang lebih halus membedakannya dengan satin biasa. Alhasil, kemeja yang terbuat dari bahan ini akan tampil lebih elegan dan mewah.

7. Chambray

Kemeja chambray, yang memiliki tampilan fisik denim tetapi tampak lebih halus dan lembut karena terbuat dari serat alami seperti katun.

Merupakan bahan yang populer untuk membuat kemeja. Saat dikenakan sebagai pakaian musim panas, permukaan kain yang lembut dapat memberikan rasa nyaman.

Kriteria Bahan Kemeja yang Berkualitas

Kriteria Bahan Kemeja yang Berkualitas

Memilih bahan untuk kemeja berkualitas tinggi saat ini sangatlah mudah, berkat banyaknya pilihan bahan kemeja yang tersedia di pasaran. Namun, untuk dianggap sebagai bahan kemeja berkualitas, bahan tersebut harus tahan kusut dan nyaman dipakai.

Pertimbangan utama saat memilih bahan kemeja yang tepat adalah kenyamanan. Terlebih lagi, jika kemeja tersebut digunakan untuk bekerja atau aktivitas berat lainnya. Tentunya harus memiliki tekstur yang memungkinkan keringat lebih mudah terserap.

Memilih bahan yang tidak mudah kusut sangat penting terutama jika menyangkut kemeja. Kemeja yang tidak mudah kusut akan mempercantik penampilan kamu sepanjang hari. Alhasil, salah satu kriteria wajib untuk memilih bahan kemeja ini adalah tidak mudah kusut.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar rekomendasi bahan kain untuk Kemeja, yakni:

Kemeja Pria Terbuat dari Bahan Apa?

Katun, atau dalam bahasa Inggris disebut cotton, adalah bahan kemeja yang paling umum digunakan secara umum. Mungkin saja semua kemeja favorit kamu terbuat dari bahan katun. Tapi tahukah kamu bahwa katun bukanlah satu-satunya bahan yang bisa digunakan untuk membuat kemeja.

Apa bahan kemeja yang Tidak Mudah Kusut?

Bahan tersebut adalah polyester. Kemeja yang terbuat dari kain polyester tidak mudah kusut, sehingga kamu tidak perlu menyetrikanya setiap kali ingin memakainya. Bahan sintetis ini bernapas, ringan, menyerap keringat, dan cepat kering.

Apa Nama Bahan Kemeja yang Licin?

Katun sutra adalah kain sutra yang terbuat dari kapas biasa dan kepompong ulat sutra. Kemeja yang terbuat dari kain ini memiliki tekstur yang halus, licin, dan hasil akhir yang mengkilap.

Bahan Katun Toyobo itu Seperti Apa?

Kain Toyobo adalah jenis kain katun yang berasal dari Jepang. Kain ini memiliki serat kain yang sangat rapat, sehingga bukan merupakan kain yang menerawang.

Jenis katun ini sering digunakan untuk membuat berbagai item pakaian yang dapat dikenakan oleh pria maupun wanita.

BACA JUGA:

Contoh Model Baju Lebaran Gamis Couple Keluarga 2020
Cara Menjemur Baju Agar Tidak Bau dan Apek
Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Luntur

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa rekomendasi bahan kain untuk kemeja ini bagus dan kerap digunakan pada kemeja-kemeja branded.

Baca Juga:  Ide Desain Ruang Kerja Di Rumah

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.