Cara Memperkuat Sinyal Di Desa

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai cara memperkuat sinyal, yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel yang sudah kami rangkai untuk sobat unik!

Pengguna ponsel pintar Android terkadang mengalami masalah sinyal di area tertentu. Misalnya, sinyal operator sering tidak mencapai kota asal kamu atau pemukiman terpencil.

Akibatnya, masyarakat mencari strategi untuk meningkatkan sinyal ponsel Android desa. sehingga kamu menerima sinyal sebaik mungkin dan dapat berkomunikasi dengan mudah sehingga kamu merasa nyaman di sana untuk waktu yang lama.

Cara Memperkuat Jaringan

Berikut ini adalah beberapa cara untuk bisa memperkuat sinyal kamu ketika sedang berada sebuah desa – desa, atau jika kamu tinggal didesa tersebut kamu juga bisa mengikuti beberapa tips dari kami.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Tips yang pertama yang bisa membantu kamu untuk memperkuat sinyal adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi bantuan.

Ada beberapa macam apk yang dibuat untuk menjadi penguat sinyal hp didalam desa terpencil yaitu, Signal Guard Pro, 3G/4G Speed Optimizer, dan lain sebagainya.

Kamu bisa langsung download saja melalui Google Play Store, kemudian kamu install di android kamu. Cara kerjanya adalah saat hp kamu sedang mengalami hilang sinyal maka aplikasi ketiga akan memindai ulang jaringan kurang dari 10 detik untuk menemukan jaringan alternatif 3G/4G disekitar area.

Dan aplikasi seperti Signal Guard pro itu akan memberikan efek getaran, nada dering, 3 model LED saat sinyal hp sedang lemah.

2. Pilih Provider Seluler Terbaik

Berikutnya adalah memilih sinyal provider yang terbaik. Biasanya pada masing – masing daerah mempunyai daerah karakteristik yang berbeda sehingga membuat prefensi sinyal kartu SIM menjadi berbeda – beda juga.

Jika masuk salah satu desa, contoh yaitu desa krenceng maka bagi kamu yang memakai provider seluler Axis,XL,Indosat,3 (Tri) langsung mengalami hilang sinyal

Jadi kamu bisa menanyakan kartu mana yang digunakan oleh warga desa setempat, dan yang mempunyai sinyal bagus. Dengan itu kamu bisa tetap menikmati fasilitas jaringan untuk internetan, layanan panggilan dan SMS.

Baca Juga:  Tips Sewa Apartemen

Kebanyakan dari sebagian smartphone sudah dilengkapi dengan baki 2 SIM Card, bahkan ada beberapa yang mempunyai baki SIM 4, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi ya.

3. Lakukan Setting Mode ” Only”

Cara yang ketiga adalah dengan menyetting jaringan menjadi 3G/4G ” only “. Pada umumnya kebanyakan hp yang menggunakan mode jaringan otomatis, sehinggaa ho bisa mengumpulkan semua jaringan yang terdeteksi.

Terkadang jaringannya 3G, terkadang berubah menjadi 4G dan tidak akan berganti ke jaringan lain meskipun jaringan yang kamu pilih sinyalnya lemah.

Dan oleh karena itu sebagai gantinya adalah, jaringan automatis tersebut menjadi settingan “only”.

Sehingga nanti smartphone kamu bisa secara konsistem untuk mencari jaringan sinyal tertentu saja. Misalnya khusus untuk jaraingan 4G LTE saja.

Caranya adalah buka setting>kartu sim & jaringan seluler> pilih kartu sim utama> Tipe jaringan prioritas pilih 4G LTE> jaringan seluler> matikan mode pilih jaringan secara otomatis.

4. Mengunci Satu Jaringan

Banyak yang belum mengtahui bahawa mengunci smartphone hanya pada satu jaringan membantu untuk memperkuat penerimaan sinyal pada handphone tersebut.

Dan terutama jika menggunakan HP andorid yang mendukung dua-tiga SIM Cards sekaligus. Sudah sering sekali pengguna melupakan untuk memilih koneksi internet pada provider tertentu, sehingga sinyal pada smartphone akan bergantian mencari jaringan yang sesuai.

Untuk kamu menghindari dari hal semacam ini sebaiknya kamu mengunci koneksi pada satu jaringan saja. Pilih mana jaringan yang lebih kuat dengan sinyal yang mendukung. Supaya nanti hp android bisa menangkap sinyal lebih baik dan berfungsi secara optimal.

cara memperkuat sinyal telkomsel di desa

5. Membuat Antena Penguat

Cara berikutnya adalah membuat antena penguat. Banyak dari mereka yang belum mengtahui bahwa sinyal hp bisa diperkuat dengan tembaga, dan cara untuk membuat itupun tidak terlalu memakan banyak waktu untuk dilakukan.

Caranya adalah dengan menyediakan kawat tembaga dengan ukuran kurang lebih 20-30 sentimeter saja. Dan siapkan alat pemotong kawat atau bisa diganti cutter.

Baca Juga:  Perbedaan Magic Com dan Rice Cooker

Untuk cara pembuatannya, lilitkan kawat tembaga tersebut pada hp android kalian sebanyak beberapa kali. Kemudian kamu juga jangan lupa untuk menyisakan kawat tembaga sepanjang 5-10 sentimeter.

Lalu ujung kawat yang tersisa dibengkok kan hingga menghadap ke bagian atas hp hingga menyerupai bentuk antena.

Setelah itu cobalah untuk mencari sinyal dengan bantuan antena kawat tembaga. Dan biasanya sinyal akan menjadi lebih baik menggunakan caranya.

6. Lakukan Refresh Koneksi Jaringan

Cara yang keenam adalah melakukan refresh jaringan pada pengaturan hp android kamu. Banyak sekali yang tidak terpikir bahwa cara tersebut ternyata bisa memperkuat sinyal pada smartphone.

Sebelum melakukan cara ini, aktifkan dulu Airplane mode selama 1 menit. Kemudian beberapa saat kamu bisa matikan fitur Airplane mode, sehingga smartphone melakukan refresh koneksi jaringan di sekitar area tersebut.

7. Memperhatikan Kondisi Baterai

Saat menggunakan ponsel untuk berbagai aktivitas, konsumen seringkali mengabaikan sisa kapasitas baterai. Masa pakai baterai smartphone mungkin berdampak pada hal ini karena berkaitan dengan kemampuan perangkat untuk merekam sinyal.

Oleh karena itu, pastikan ponsel Android memiliki muatan penuh agar layanan yang berjalan di belakang lapisan dapat mengumpulkan sinyal jaringan dengan baik dan menangkap sinyal yang lebih baik di tempat yang jauh.

Beberapa perangkat Android menghadapi batasan fungsi di latar belakang karena upaya keras mereka untuk menerima sinyal.

Yang menyebabkan mereka menggunakan sumber daya ponsel cerdas lebih cepat dan masuk ke mode hemat. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, kondisi baterai harus optimal dan pada kapasitas 100%.

8. Mencari Lokasi yang Strategis

Menemukan posisi yang paling menguntungkan adalah pilihan lain untuk meningkatkan sinyal, di lokasi yang menantang.

Beberapa bangunan, banyak pohon, atau pintu baja adalah penghalang paling umum yang mencegah area tertentu mendapatkan sinyal yang kuat.

Kamu pasti juga merasakannya saat kamu di rumah, sinyal seluler di ruangan kuat, tetapi lebih lemah di dapur, hanya menunjukkan dua batang.

Baca Juga:  Cara Menata Ruang Tamu Yang Memanjang

Dianjurkan untuk mencari sinyal di ketinggian tinggi untuk mencegah hal ini. Meskipun pendekatan ini tidak dapat digunakan secara konsisten, disarankan untuk meninggalkan rumah atau bangunan.

Jika suatu lokasi memiliki sinyal yang kuat, itu menyiratkan bahwa lokasi tersebut adalah tempat terbaik untuk mengumpulkan sinyal terkuat.

Periksa pengaturan di bawah area status SIM juga untuk memastikan. Di sini, kamu dapat memeriksa seberapa kuat sinyal yang diterima ponsel Android.

Meski mungkin tampak tidak nyaman, hal ini sebenarnya turut andil dalam meningkatkan kualitas sinyal smartphone Android.

Ya, smartphone modern tertentu sudah menyertakan kemampuan diagnostik jaringan. kamu dapat menemukannya di Pengaturan> Kartu SIM & Jaringan Seluler> Pengaturan Lanjutan> Diagnosis Jaringan Seluler.

cara memperkuat jaringan di desa

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan mengenai cara memperkuat sinyal:

Apakah magnet bisa menguatkan sinyal?

Selain tidak banyak berpengaruh pada ponsel, magnet sebenarnya bisa digunakan untuk memperkuat transmisi sinyal.

Kamu dapat memberikan beberapa metode dasar untuk memperkuat sinyal di ponsel kamu. seperti magnet, pisau cukur, dan aluminium foil

Apakah penguat sinyal dilarang?

Siaran SMS dari Kemenkominfo menyatakan, “Masyarakat dilarang membangun penguat sinyal (repeater) ponsel karena dapat mengganggu jaringan seluler dan diancam 6 tahun penjara dan/atau denda Rp 600 juta.”

Berapa meter jarak penguat sinyal WiFi?

Oleh karena itu, pengguna internet dapat memanfaatkan sinyal Router Nirkabel dari jarak jauh. Sederhananya, utilitas ini digunakan untuk meningkatkan sinyal WiFi di suatu lokasi agar lebih efektif.

Wifi repeater sering memungkinkan router nirkabel menangkap sinyal dari jarak 20 hingga 25 meter.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara memperkuat sinyal , semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna untuk sobat unik!

Kalian juga bisa membaca beberapa artikel lainnya di website kami, ada banyak kategori bacaan didalamnya seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, Teknologi, dll. Yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.