Cara Membuat Kolam Renang Sendiri di Rumah

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai Cara Membuat Kolam Renang. Yuk simak penjelasan detailnya pada artikel dibawah ini yang sudah kami rangkum untuk sobat unik.

Selain meningkatkan pengetahuan umum seseorang, memahami item yang satu ini dapat membuat lebih detail dalam pengawasan kemajuan mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk mempertimbangkan pengeluaran.

Oleh karena itu, dalam penelitian berikut, kita akan melihat bagaimana membuat kolam renang dengan anggaran terbatas.

Cara Membuat Kolam Renang Pribadi Dengan Budget Terbatas

Cara Membuat Kolam Renang Pribadi Dengan Budget Terbatas

Mau bikin kolam tapi bingung biayanya? Buat kolam renang pribadi murah kamu sendiri dengan bantuan teknik yang dijelaskan di bawah ini!

Tentukan Ukuran dan Desain Kolam Renang

Usaha pertama dalam pembangunan kolam renang adalah memastikan dimensi yang dibutuhkan untuk kolam renang.

Pastikan peniti mengukur ukuran kolam renang secara akurat sehingga tidak mengganggu aktivitas yang berlangsung di ruangan lain di rumah.

Jangan abaikan kebutuhan menghitung kedalaman kolam renang di rumah kamu. Kisaran kedalaman khas untuk anak-anak di kolam renang adalah antara 0,5 dan 1 meter, sedangkan kisaran kedalaman untuk orang dewasa adalah antara 1,5 dan 2 meter.

Ajukan Izin Pembangunan

Langkah selanjutnya dalam memasang kolam renang di halaman belakang rumah kamu adalah dengan membuat permohonan izin mendirikan bangunan.

Meski kolam renang ini dibangun di atas lahan milik pribadi, harus mengajukan permohonan kepada Pemerintah Daerah untuk mendapatkan izin mendirikan bangunan.

Untuk dapat mengajukan permohonan izin mendirikan bangunan kolam renang ini, harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.

Pemasangan kolam renang dapat mengakibatkan pembayaran pajak tambahan di beberapa daerah. Oleh karena itu, kemungkinan akan tersandung masalah hukum jika tidak mengajukan permohonan izin pembangunan karena ini dapat dianggap sebagai semacam penghindaran pajak.

Penggalian

Sekarang harus memulai proses penggalian tanah untuk membuat langkah berikutnya dalam pembangunan kolam renang rumah.

Penggalian ini dimodifikasi dari segi ukuran, lebar, dan kedalamannya sesuai dengan rencana yang dibuat di awal proses pembuatan kolam renang.

Berusahalah untuk meratakan tanah galian sebanyak mungkin di dasar kolam. Adalah penting bahwa penggalian dasar dan sisi kolam renang harus setinggi dan sepadat mungkin secara manusiawi. Karena itu, pembangunan dinding dan lantai kolam renang akan jauh lebih lancar.

Hal-hal yang Perlu Dipikirkan dalam Jangka Panjang

Pasang Rangka, Pipa dan Instalasi Listrik

Setelah prosedur penggalian selesai, langkah selanjutnya dalam pembangunan kolam renang adalah membuat rangka dinding dari beton.

Baca Juga:  Peluang Kerja Jurusan Hubungan Internasional Paling Lengkap

Dalam kebanyakan kasus, pemasangan rangka ini dimulai dengan pemasangan rangka logam yang terbuat dari besi. Pastikan pemasangan rangka ini dilakukan dengan cara yang menghasilkan distribusi komponen yang merata di sepanjang dinding dan lantai kolam.

Setelah semuanya selesai, bertanggung jawab untuk memeriksa apakah pipa-pipa di kolam telah dipasang dengan benar.

Untuk memastikan bahwa pipa di kolam ditempatkan dengan cara yang benar, dapat meminta bantuan tukang ledeng yang berkualifikasi.

Fasilitas listrik, seperti yang digunakan untuk penerangan di kolam, juga dapat ditambahkan dengan peniti jika diperlukan.

Pelapisan Kolam Renang

Prosedur pengecatan kolam adalah tahap berikut setelah kerangka selesai dibuat, pipa dipasang, dan komponen listrik dipasang. Beton adalah bahan khas yang digunakan untuk lapisan ini.

Pastikan bahwa pelapis diterapkan secara memadai ke setiap sisi dan celah kolam renang. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kemungkinan bocornya air melalui pelapis yang tidak cukup rapat.

Setelah pelapisan diterapkan pada dinding dan lantai kolam, dapat memulai proses pengaplikasian pelapis akhir yaitu keramik.

Mampu menutupi kolam renang dengan berbagai ubin keramik, yang semuanya dibandrol dengan harga yang sesuai dengan anggaran

Pinggiran Kolam Renang

Jika kolam renang cukup tertutup, akan dapat terus membangun sampai ke tepi kolam, yang terletak di luar kolam. Struktur kawasan ini mengingatkan pada kerangka sebuah kolam renang.

Dalam kebanyakan kasus, saluran air juga dibuat di tepi kolam renang. Hal ini memudahkan air yang terciprat dari kolam renang masuk ke saluran air dan terbuang saat mengalir melalui saluran air. Dapat dibuat dari berbagai macam bahan, termasuk batu alam, keramik, kayu, dan masih banyak lagi.

Kamu harus memilih bahan yang tidak licin jika memungkinkan, sehingga kemungkinan peniti atau keluarga tergelincir berkurang. dapat memodifikasi penggunaan bahan sesuai dengan preferensi dan kendala keuangan yang dimiliki

Isi Kolam Renang dengan Air

Setelah pemasangan keramik di bagian dalam kolam renang sudah selesai dan dipastikan keramik sudah kering, begitu juga pemasangan keramik di bagian luar kolam renang, dapat memulai proses pengisian air kolam. .

Masuk akal jika menggunakan instalasi pipa yang mengisi kolam renang dengan air dari pasokan air rumah tangga, ini akan mempermudah. Terutama jika ingin membersihkan atau mengeringkan seluruh kolam kapan saja di masa mendatang.

Di sisi lain, memiliki pilihan untuk membeli air dari bisnis penyedia air untuk mengisi kolam renangnya jika tidak menggunakan instalasi pipa pasokan air kolam renangnya sendiri.

Baca Juga:  Tips Rumah Dijual Supaya Banyak Yang Menawar

Artikel ini memberikan informasi tentang cara membuat kolam renang pribadi di rumah seseorang. Dengan sedikit keberuntungan, pengetahuan yang disajikan di sini akan membuat menjadi lebih matang dalam hal perencanaan desain dan anggaran untuk membuat kolam renang di rumah.

Beberapa Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah

Berbeda dengan kolam renang umum, kolam renang yang kamu miliki di rumah akan selalu terjaga kondisinya setiap saat, yang berarti kamu dapat berenang kapan pun kamu mau.

Namun, sebelum memulai pembangunan kolam renang di halaman belakang, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan untuk memastikan bahwa produk akhir akan memuaskan. Pembangunan kolam renang pribadi melibatkan lima pertimbangan, yaitu:

Melindungi Keluarga

Pastikan bahwa setiap orang dalam keluarga dapat berenang di lingkungan yang berisiko-pribadi sebelum memasang kolam renang di rumah. Terutama jika memiliki anak kecil atau orang tua yang sudah lanjut usia di rumah.

kamu perlu membangun pagar di sekeliling kolam renang di dalam tanah di kolam kamu sehingga tidak memberikan risiko cedera pada siapa pun di keluarga , termasuk anak kecil dan orang tua. Ini akan mencegah mereka jatuh secara tidak sengaja.

Beberapa Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah

Hal-hal yang Perlu Dipikirkan dalam Jangka Panjang

Kolam renang adalah salah satu fitur yang paling diinginkan yang dapat ditambahkan ke sebuah rumah, sehingga memiliki satu pasti akan membuat nilai rumah.  Jika memutuskan untuk menjual rumah, dia dapat melakukannya dengan untung karena adanya kolam renang.

Namun, jika kamu ingin menjual rumah, kamu perlu mempertimbangkan preferensi pembeli. Pertama-tama, cari tahu apakah calon pembeli properti di tertarik untuk memiliki kolam renang di kediamannya.

Periksa Keadaan Air

Jika kamu ingin membuat kolam renang di rumah, kamu harus memeriksa dulu air yang ada di kolam . Karena air di kolam renang sudah memiliki tingkat kejernihan yang cukup berkat kualitas airnya yang tinggi, maka tidak perlu disaring lagi.

Namun, kamu tidak boleh membangun kolam renang jika kualitas air di rumah tidak cukup tinggi stkamurnya. Hal ini dilakukan karena memiliki kolam renang dengan air keruh hampir pasti akan membuat kolam renang tampak kurang menarik bagi orang.

Periksa Kondisi Alam

Jika sudah berada di lokasi yang menyediakan fasilitas olahraga lengkap, termasuk jogging track, fitness center, dan kolam renang, maka perlu mempertimbangkan kembali ide untuk membuat kolam renang di halaman belakang rumahnya sendiri.

Baca Juga:  Cara Halal Menggandakan Uang yang Jarang Diketahui

Terhindar dari kesulitan membersihkan kolam renang pribadi setiap hari, selain penghematan yang dia nikmati dari biaya yang lebih rendah terkait dengan pemeliharaan kolam.

Bersiaplah untuk Perawatannya

Tak perlu dikatakan bahwa memasang kolam renang di rumah kamu akan menghasilkan pengeluaran berkelanjutan yang signifikan.

Kolam renang membutuhkan penambahan klorin untuk memastikan air di dalam kolam tetap bersih, bebas dari bakteri, dan tahan terhadap pertumbuhan lumut.

Selain itu, kolam renang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk demam berdarah dan penyebab penyakit.

Sebuah rumah yang dilengkapi dengan kolam renang sendiri adalah barang impian bagi semua orang dan semua orang.

Harus memikirkan jangka panjang sebelum memasang kolam renang di halaman belakang mereka, sehingga mereka tidak akan menyesali keputusan mereka di tahun-tahun mendatang.

Lupa melakukan pengukuran yang akurat dan merancang sistem pipa ledeng dan instalasi listrik dengan cermat untuk memastikan dan keluarganya tidak berada dalam bahaya saat mereka berenang bersama di halaman belakang rumah mereka sendiri. Ini mungkin berguna!

FAQ

Berapa biaya pembuatan kolam renang?

Berapa biasanya biaya untuk membangun kolam renang per meter? Biaya pembangunan kolam renang dapat bervariasi mulai dari Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000 per meter persegi.

Adapun spesifikasinya sebagai berikut: untuk sistem sirkulasi skimmer dan semi overflow biayanya Rp 4.000.000 per meter, dan untuk full overflow biayanya Rp 4.200.000 per meter persegi.

Apa saja bahan untuk membuat kolam renang?

  1. Semen
  2. Pasir
  3. Keramik.
  4. Pipa
  5. Kayu
  6. Besi.

Apa yang dimaksud dengan kolam renang skimmer?

Kolam skimmer adalah jenis kolam renang yang menggunakan sistem sirkulasi stkamur dengan bantuan bank skimmer untuk mengeluarkan air.

Jika pada overflow pool terdapat balancing tank untuk menyeimbangkan pool, pada tipe skimmer pool terdapat skimmer box yang mengambil peran tersebut.

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Membuat Kolam Renang , semoga berguna dan bermanfaat untuk sobat unik ya, dan mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan.

Kalian juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kami dan terdapat beberapa kategori bacaan yang bisa kamu temui di web InfoYunik seperti Daftar Harga, Tips, Info Unik, Review, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.