Cara Membersihkan Kulkas yang Bau dengan Mudah

InfoYunik.com – Kami akan membahas mengenai cara membersihkan kulkas yang bau, yuk simak penjelasan dan ulasannya secara lengkap pada artikel yang sudah kami rangkum dibawah ini!

Supaya terhindar dari bau kamu harus rajin membersihkannya secara rutin. Kulkas adalah salah satu alat rumah tangga yang penting atau wajib untuk dipunya, mengapa kulkas menjadi alat rumah tangga yang penting?

Alasannya adalah kulkas mempunyai fungsi untuk menyimpan makanan, agar bisa bertahan lama.

Pendingin ini bisa menyimpan banyak jenis makanan yang pastinya bisa terjamin kebersihannya. Alat dapur yang satu ini harus rutin untuk dibersihkan supaya makanan yang disimpan didalamnya tidak terkontaminasi oleh bakteri.

Dengan membersihkan secara rutin kamu juga bisa menghindari bau yang tidak sedap, Kulkas juga bisa dibersihkan dengan menggunakan soda kue atau cuka.\

Cara Membersihkan Kulkas

Berikut ini kami akan memberikan tips untuk membersihkan kulkas.

1. Kosongkan Kulkas

Cara yang pertama adalah kosongkan semua isi kulkas, supaya bisa lebih mudah ketika kamu membersihkannya, selain itu dengan mengeluarkan semua isi yang ada didalam kulkas kamu bisa memisahkan atau menyortir makanan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Jika kamu memiliki daging seperti sapi dan ayam yang masih mentah, kamu harus memperhatikan proses penyimpanannya.

Untuk menyimpan daging, gunakan box yang berisikan es batu supaya lebih higenis dan terjaga.

Jangan biarkan daging – daging mentah disimpan dalam suhu ruangan, karena bakteri akan mudah berkembang biak.

2. Keluarkan Semua Rak

Selain mengosongkan isi kulkas, kamu juga harus mengeluarkan rak – rak atau box yang ada pada dalam kulkas. Selain itu rak – rak yang menjadi pelengkap kulkas juga harus kamu bersihkan supaya tidak ada kuman atau bakteri yang menempel.

Baca Juga:  Cara Desain Ruang Tamu Tanpa Sofa

Setelah dikeluarkan semua rak kulkas, lalu diamkan kulkas selama beberapa menit berada di suhu ruangan. Kemudian rak – rak kulkas kamu rendam didalam ember yang berisi air hangat yang sudah diberi sabun, lalu rendam beberapa menit.

3. Memakai Larutan Cuka

Step yang ketiga adalah membersihkan bagian dalam kulkas, untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan beberapa bahan makanan, seperti cuka.

Membersihkan kulkas dengan cuka sangatlah mudah, kamu hanya perlu melarutkan cuka dengan air biasa lalu taruh cuka dalam botol semprort.

Setelah itu semprotkan larutan cuka tadi ke bagian bagian kulkas yang terdapat noda atau kotoran.

Jika sudah disemprot, diamkan selama beberapa menit sampai larutan cuka meresap dan mengankat kotoran pada kulkas.

Setelah didiamkan selama beberapa menit, cuci kain lembab yang telah diberikan air sebelumnya. Manfaat cuka sendiri bukan hanya mengangkat kotoran, tetapi bisa juga bisa menhilangkan bau pada kulkas.

4. Memakai Soda Kue

Bukan hanya cuka yang bisa membersihkan kulkas, melainkan soda kue juga mempunyai manfaat yang sama yaitu bisa membersihkan kulkas.

Caranya kamu hanya cukup membuat pasta dari soda kue tersebut campurkan soda kue dengan air hangat.

Setelah dilarutkan dengan air hangat dan sudah berbentuk pasta, kamu cukup oleskan soda kue ke seluruh permukaan kulkas.

Diamkan selama beberapa menit, jika sudah didiamkan bilas dengam menggunakan air bersih, setelah itu keringkan menggunakan tissu dapur.

Baca Juga:  Lakukan Enam Hal Ini Agar Hutang Menjadi Berkah

Jika sudah melakukan semua prosedurnya maka kulkas tidak lagi kotor dan berbau.

5. Bersihkan Lubang Pembuangan

Tidak hanya isi bagian kulkas yang perlu diperhatikan, lubang pembuangan juga perlu diperhatikan kehigenisan dan kebersihannya, karena bau yang tak sedap disebabkan oleh lubang pembuangan pada kulkas.

Maka dari itu, disaat kamu sedang membersihkan isi bagian dalam pada kulkas, kamu juga harus membersihkan lubang pembuangannya.

Kamu bisa membersihkan lubang pembuangan dengan cuka, caranya cukup seprotkan cuka di lubang pembuangan menggunakan cotton bud.

6. Bersihkan Karet Pintu Kulkas

Setiap kulkas mempunyai karet yang menempel, meskipun hal ini sepele tetapi karet pintu kulkas juga harus dijaga kebersihan dan kehigenisannya.

Cara membersihkan karet pintu pada kulkas cukup dengan cuka.

Bungkus pisau tumpul dengan kain lembut, setelah dibungkus celupkan kain kedalam larutan air cuka dan gosok secara perlahan ke seluruh area karet pintu kulkas untuk menghilangkan kotoran.

Cara Membersihkan Kulkas

7. Menghilangkan Bunga Es pada Freezer

Setiap kulkas dilengkapi dengan freezer untuk menyimpan makanan agar bisa bertahan lebih lama, biasanya sering digunakan untuk menyimpan jenis daging seperti, sapi, ayam hingga macam – macam seafood.

Untuk caranya cukup mudah kamu hanya tinggal matikan kulkas, llau biarkan pintunya terbuka supaya es dalam freezer bisa mencair.

Dan pastikan kamu menaruh lap didekat kaki kulkas, supaya ketika es mencair airnya tidak merembes kemana mana.

Selain itu kamu juga harus membersihkan dinding pada freezer secara menyeluruh, caranya cukup mudah kamu hanya perlu menyemprotkan larutan cuka ke permukaan dinding freezer.

Baca Juga:  Cara Menata Ruang Tamu Yang Memanjang

Setelah disemprotkan, kamu bisa basuh dengan kain yang lembut dan dikeringkan.

FAQ

Berikut ini pertanyaan mengenai cara membersihkan kulkas agar tidak bau

Apa penyebab kulkas berbau busuk?

Ketika ada makanan yang membusuk atau berjamur, maka aroma dan residunya lah yang membuat kulkas jadi mengeluarkan bau, meskipun makanan tersebut sudah dibuang. Seperti sayuran yang sudah berair dan membusuk, maka dia akan mengeluarkan bau yanh menempel pada kontainer.

Apakah kentang dapat menghilangkan bau dalam kulkas?

Selain cuka dan soda kue, kamu bisa menghilangkan bau tak sedap menggunakan kentang, cukup potong kentang dan dibagi menjadi beberapa bagian. Setelah dipotong, taruh kentang di area kulkas yang mengeluarkan bau.

Bagaimana cara menghilangkan bau amis di kulkas?

Step 1: Pada langkah awal cabutlah kabel power pada kulkas, lalu kosongkan isi kulkas. Keluarkan semua bahan makanan yang ada di kulkas yang menyebabkan bau amis.

Step 2: Setelah itu campurkan soda kue dan sabun cuci piring dalam satu wadah, lalu taruh vanilla diatas lap basah dan gosokan ke permukaan kulkas secara merata.

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara membersihkan kulkas yang bau , semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna untuk sobat unik dirumah!

Kalian juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kami, ada beberapa kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, dll, yuk kunjugi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.