Cara Belanja Di Alibaba Gratis Ongkir Secara Mudah

Infoyunik.com – Apakah kamu ingin memesan produk dari distributor alibaba? Berikut ini cara belanja di Alibaba gratis ongkir. Dan bagaimana cara bernegosiasi dengan distributor secara langsung. Semua produk yang ada di Alibaba milik perusahaan atau seller yang tergabung di situs marketplace ini.

Alibaba tidak secara langsung menjual produk ke konsumen sehingga bagi kamu yang ingin berbelanja di Alibaba harus menghubungi perusahaan yang bersangkutan.

Untuk mengkomunikasikan mengenai harga dan ongkos kirim, metode pengiriman serta cara pembayaran. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Belanja di Alibaba Gratis Ongkir Bagi Pemula

Cara Belanja di Alibaba Gratis Ongkir Bagi Pemula

Berikut ini adalah cara belanja di Alibaba gratis ongkir secara mudah, antara lain:

1. Buat akun di Alibaba

Kamu dapat menjelajahi lebih banyak item atau fungsi pemasok di situs Alibaba jika kamu memiliki akun. Untuk membuat akun, cukup klik ikon daftar di sudut kanan atas.

Isi alamat kamu untuk verifikasi dan Alibaba akan mengirimi kamu email untuk mengonfirmasi akun kamu. Untuk masuk ke halaman Alibaba, silakan klik tautan konfirmasi. Dan isi semua informasi kamu secara lengkap.

Kamu kemudian akan dikirim ke halaman baru, yang menunjukkan bahwa pendaftaran kamu telah selesai. Setelah selesai, kamu akan dapat memanfaatkan semua fitur Alibaba.

2. Cara Produk Sesuai Niche

Ada 3 cara belanja di Alibaba, antara lain yakni:

  1. Pencarian produk.
  2. Pencarian supplier.
  3. Atau memposting permintaan pembelian atau supplier.

Dibawah ini adalah penjelasan alasanya, antara lain:

Pencarian Produk

Masukkan nama produk dan kamu akan menerima 500 hingga 500.000 hasil dengan berbagai item.

Pencarian Supplier

Jika kamu memasukkan nama produk tetapi tidak ada daftar produk yang disediakan, kamu akan diberikan daftar vendor untuk dipilih nanti. Ini adalah “kecocokan produk” untuk semua penyedia yang terdaftar.

Di bawah ini mengapa hal ini penting:

  • Semakin banyak barang yang dicocokkan oleh penyedia, semakin luas pengetahuan penyedia tentang produk ini.
  • Spesialis produk lebih mungkin memberikan harga yang lebih murah, kualitas yang lebih baik, masalah kualitas yang lebih sedikit, dan jadwal produksi yang lebih singkat. Mereka juga cenderung memiliki keahlian dan pengalaman yang lebih baik dalam sertifikasi produk, yang sangat penting bagi para importir.
  • Masalah mendasarnya adalah, relatif sedikit vendor yang mematuhi hukum internasional seperti CE, RoHS, dan CPSIA. Jika kamu tidak yakin tentang apakah aturan berlaku untuk barang kamu, kamu harus menyewa importir. Starter juga mencakup konfirmasi persyaratan sertifikasi produk legal, peraturan pelabelan, dan kepatuhan pemasok.

Kirimkan Alibaba RFQ

Pada prinsipnya, ini adalah fitur yang fantastis. kamu menyediakan Alibaba dengan detail produk, kebutuhan harga, kondisi pengiriman, dan ketentuan pembayaran.

Request for Quotation (RFQ) kamu kemudian akan dapat diakses oleh ratusan pemasok terbaik, yang akan dapat membalas dan menghubungi kamu.

Kerugiannya adalah beberapa vendor bereaksi dengan menduplikasi pesan yang disalin dan menambahkan kutipan untuk produk yang bahkan tidak mendekati apa yang kamu minta.

3. Hubungi Supplier dan Minta Penawaran

Salah satu teknik untuk mendapatkan pengiriman gratis di Alibaba adalah dengan menghubungi pemasok dan meminta harga dan pembelian sampel.

Komunikasi dengan suppiler Alibaba sangat sulit saat membeli di Alibaba dan mengimpor barang dagangan. Banyak calon importir berhenti karena mereka tidak dapat memperoleh perhatian pemasok.

Banyak penyedia, di sisi lain, sama tidak puasnya dengan konsumen yang tidak dapat diganggu untuk menawarkan persyaratan produk eksplisit.

Jika kamu ingin mendapatkan notifikasi yang terhubung, kamu harus menyediakan informasi produk yang relevan dan terperinci kepada supplier.

Berikut ini adalah empat alasan yang sering terjadi mengapa vendor Alibaba mungkin tidak menanggapi pertanyaan:

  • Pembeli gagal menawarkan spesifikasi produk yang ditentukan.
  • Pelanggan tidak menentukan kebutuhan sertifikasi produk apa pun.
  • Pembeli tidak membedakan antara memesan barang saat ini dan memesan produk OEM (Desain kustom).
  • Pembeli tidak menawarkan informasi kontak apa pun.
  • Vendor Alibaba sangat sibuk dan mendapatkan beberapa pertanyaan setiap hari. Mereka dapat membedakan antara importir asli dan oportunis yang tidak pernah membeli apa pun.
Baca Juga:  Apa itu Perbedaan Cash dan Kredit? Ini Pengertiannya

Apabila kamu mengajukan 20-25 pertanyaan kepada 20-25 supplier, kamu akan mendapatkan separuh dari tanggapan mereka.

Jika kamu tidak memberikan spesifikasi produk secara eksplisit “Tingkat konversi” kemungkinan akan jauh lebih rendah. Sangat penting bahwa kutipan tersebut menyertakan informasi berikut:

  • Gambar produk atau Tautan ke halaman produk Alibaba.
  • Informasi Produk.
  • Harga untuk Jumlah pesanan minimum.
  • Incoterms kemasan ekspor.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat mendekati supplier:

  • Kuantitas pesanan minimum (MOQ): Jumlah yang harus kamu beli untuk beroperasi dengan penyedia.
  • Biaya sampel: kamu hampir selalu harus membayar untuk sampel. Tentukan berapa biayanya.
  • Biaya produksi yang tepat: Kisaran harga, seperti 1 – 10USD per unit barang, adalah tipikal. Ini menyiratkan bahwa barang dengan jumlah minimum berharga 10USD per potong, sedangkan pembelian yang lebih besar mungkin berharga 1USD per potong.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk produksi: kamu harus tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permintaan kamu. kamu juga harus memperhitungkan waktu pengiriman. Ketahuilah bahwa ini mungkin memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.
  • Ketentuan pembayaran: Pelajari bagaimana kamu harus membayar. Terus bayar melalui Alibaba, terutama jika kamu membayar di muka. Cari tahu apakah kamu dapat membuat rencana pembayaran lain jika kamu membentuk hubungan jangka panjang.

Kamu harus menyadari bahwa supplier Alibaba yang paling terkemuka dan terhormat mendapatkan ratusan pertanyaan setiap hari.

Ini menyiratkan bahwa kamu harus menyusun permintaan kamu dengan hati-hati, tahu persis apa yang ingin kamu dapatkan, dan lebih khusus dalam pertanyaan kamu.

Memesan Sampel Produk

4. Memesan Sampel Produk

Sampel jarang gratis dan bahkan ketika mereka biasanya membutuhkan pembayaran untuk menutupi biaya pengiriman udara atau darat dari China:

  1. Pesan sampel dari banyak supplier.
  2. Informasikan kepada pemasok kamu tentang barang yang kamu inginkan sampelnya dan berapa banyak dari masing-masing barang.
  3. Kecuali jika kamu berniat untuk mendapatkan barang yang sangat disesuaikan yang membutuhkan cetakan, informasikan kepada pemasok kamu bahwa kamu mengantisipasi sampel produk agar sesuai dengan produk akhir.
  4. Berikan alamat pengiriman kamu kepada supplier dan minta agar barang diberi label sebagai “Barang sampel”.

5. Negosiasikan Harga

Setelah kamu melihat sampel dan merasa senang, jangan ragu untuk tawar-menawar harga dengan vendor. Pada kenyataannya, semua pemasok di China menginginkan beberapa jenis tawar-menawar.

Namun, kapasitas kamu untuk bernegosiasi sangat dipengaruhi oleh jumlah pesanan kamu. Jika ini adalah pembelian pertama kamu dan kamu memiliki volume pesanan yang tidak terlalu banyak, kekuatan negosiasi kamu mungkin terbatas.

Harap diingat bahwa harga negosiasi kamu mungkin atau mungkin tidak termasuk pengiriman. kamu harus mengetahui biaya pengiriman dan menjamin bahwa harga produk yang ditetapkan dengan cara ini tidak menghambur-hamburkan uang kamu.

Namun demikian, jika kamu sudah mengumpulkan cukup informasi dari banyak vendor, kamu harus memiliki gambaran yang adil mengenai berapa harga produk kamu.

Selain itu, kamu jangan pernah menegosiasikan harga sampel dengan vendor kamu. Ini akan membuat kamu tampak tidak berpengalaman dan akan menciptakan kesan negatif pada penyedia.

6. Menyiapkan Pesanan

Mungkin perlu waktu berbulan-bulan untuk sampai ke tahap ini, jadi saya harap kamu memiliki setidaknya satu pemasok dan produk yang memenuhi kriteria kualitas dan keuangan kamu.

Jangan terburu-buru membeli, tetapi jika penyedia menaikkan harga atau sampel tidak sesuai dengan harapan kamu, mulailah lagi atau hubungi sumber lain. Pertimbangkan hal berikut saat memilih penyedia untuk melakukan pemesanan saat membeli di Alibaba:

  • Apakah sampel produk memenuhi spesifikasi produk dan standar kualitas kamu atau tidak.
  • Harga.
  • Jumlah pesanan minimum (MOQ).
  • Komunikasi dengan pemasok.

7. Siapkan Pembayaran

Bahkan saat ini, sebagian besar pembayaran diproses di luar gateway pembayaran Alibaba sendiri, intl.alipay.com. Akibatnya, kamu harus menegosiasikan kondisi langsung dengan penyedia.

Baca Juga:  Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank

Biasanya, 30% jatuh tempo sebelum produksi dimulai, dan 70% sisanya jatuh tempo sebelum produk dikirim. Saya sangat menyarankan kamu untuk tidak melakukan hal berikut ini:

  1. Transfer uang menggunakan Western Union. Metode pembayaran ini tidak digunakan oleh penyedia nyata, tetapi populer di kalangan vendor penipuan karena uang tidak dapat dilacak. Untuk menggunakan pembayaran ini, kamu harus memiliki sejarah panjang berurusan dengan pemasok Alibaba.
  2. Bayar penuh di depan. Jika ada yang salah selama pembuatan, kamu harus memotivasi pemasok kamu untuk memberikan kompensasi. Ini jauh lebih sederhana jika kamu menyimpan uangnya, atau jika kamu membayar 70% dari jumlah tersebut.

8. Periksa Pesanan

Sebelum kamu mulai mengirimkan pesanan, pekerjakan importir untuk memeriksa barang kamu sebelum sumber atau produsen mengirimkannya kepada kamu.

Karena setelah barang dikirim kepada kamu, tidak mungkin untuk berkomunikasi dengan importir dan sangat mahal untuk mengembalikannya ke China jika ada yang tidak beres.

Ketika pesanan kamu datang, sangat penting bagi kamu untuk memeriksa semuanya dengan benar. Hitunglah hal-hal untuk memeriksa bahwa semuanya telah disepakati. Juga, periksa setiap produk. Apakah ada masalah? Apakah sanitasi? Apakah paketnya memuaskan?

Jika ada masalah dengan pembelian kamu, terutama jika rusak, kamu dapat menghubungi pemasok atau bahkan Alibaba untuk mempelajari cara meminta pengembalian dana.

Secara teknis, Alibaba Trade Assurance melindungi klien jika pemasok gagal mengirimkan produk tepat waktu atau jika kualitas produk menyimpang secara signifikan dari apa yang telah disepakati.

Cara Belanja di Alibaba Gratis Ongkir Bagi Pemula

Cara Mendapatkan Ongkir Murah di Alibaba

Supaya kamu bisa mendapatkan cara ongkir murah Alibaba dan bisa berhemat ketika melakukan pengiriman. Beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengiriman di Alibaba adalah sebagai berikut ini:

1. Negoisasi dengan Supplier

Metode lain untuk mendapatkan pilihan yang murah. kamu dapat melakukan tawar-menawar dengan pemasok untuk mendapatkan harga terbaik. Atau, kamu dapat membeli dalam jumlah besar atau dalam jumlah besar untuk menghemat uang.

Dengan membeli barang grosir di Alibaba, kamu dapat menghemat uang. kamu juga dapat menggunakan negosiasi pemasok untuk mendapatkan harga yang lebih rendah.

2. Memaksimalkan Packaging Barang

Jika kamu ingin mendapatkan harga yang lebih murah, maksimalkan pengemasan barang. Biaya pengiriman sangat dipengaruhi oleh kemasan produk. kamu dapat menggunakan strategi ini untuk mengurangi biaya pengiriman.

Gunakan paket secara maksimal. Silakan manfaatkan ruang kosong agar lebih efisien dan menghilangkan kebutuhan untuk pengepakan.

Kamu memiliki pilihan untuk menggunakan kemasan plastik atau kardus. Kemasan yang kamu pilih akan membantu kamu menghemat uang dan menerima biaya pengiriman yang terjangkau di Alibaba.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara belanja di Alibaba gratis ongkir, yakni:

Bagaimana Cara Import Barang dari Alibaba?

  1. Kamu harus memiliki akun Alibaba.
  2. Cari barang yang dibutuhkan.
  3. Silakan hubungi penjual Cina.
  4. Pilih Ekspedisi.
  5. Pembayaran harus diproses.
  6. Barang sudah sampai.

Berapa Biaya Bea Cukai Alibaba?

Pembelian di Alibaba dikenakan pajak dengan sistem harga produk minimal Rp 45.000, dengan pajak mulai dari 32,5% hingga 50% dari harga produk.

Apa Bedanya Aliexpress dan Alibaba?

Alibaba sering menjual barang dalam jumlah besar atau grosir, dengan komoditas yang dijual kembali ke pelanggan baru oleh para pelaku bisnis.

Karena tidak ada persyaratan pembelian minimum di Aliexpress, pelanggan dapat melakukan pembelian eceran dan bahkan satuan.

BACA JUGA:

Pengertian, Jenis Dan Contoh Marketplace
Cara Buka Toko Di Shopee Lewat Hp Untuk Pemula
Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Seller Paling Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara belanja di Alibaba gratis ongkirs ini perlu kamu ketahui. Pastikan kamu harus mengetahui cara ini supaya kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.