Begini Cara Masuk Akun Shopee Lama

Infoyunik.com – Cara masuk akun Shopee lama itu sangatlah gampang-gampang susah. Sering dicari oleh pengguna yang sudah memiliki akun baru tetapi kamu ingin kembali login akun sebelumnya.

Mungkin ada bagi kamu yang membuat akun lebih dari 1 untuk berburu promo di Shopee. Karena terlalu fokus dengan akun baru jadi lupa cara masuk ke akun Shopee lama.

Yang penting bukanakun terblokir karena terbukti melakukan aktivitas melanggar kebijakan pasti dapat kembali login.

Bahkan bisa dilakukan tanpa nomor telepon yang digunakan untuk daftar. Kuncinya kamu harus benar-benar pemilik asli akun Shopee tersebut.

Akun lama sempet bermasalah sehingga kamu tinggalkan begitu saja. Bisa saja karena dibatasi atau diblokir, terindikasi aktivitas mencurigakan, keluar sendiri namun tidak bisa login, nomor sudah tidak aktif ataupun hilang berssama handphonenya.

Akhir-akhir ini tidak ada sedikit pengguna Shopee yang mengeluhkan akun tidak bisa diakses karena aplikasi Shopee gangguan. Namun kebanyakan akses akun Shopee terkunci karena kesalahan pengguna.

Contohnya saja akun Shopee lama kamu tidak dibuka sehingga akses akun dibatasi. Atau mungin kamu lupa username atau kata sandi karena sudah lama tidak digunakan.

Pada intinya sangat jarang sekali terjadi akun Shopee tiba-tiba hilang jika tidak ada orang lain yang mencuri akun tersebut. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan Shopee hilang atau nonaktif.

Jika hal ini terjadi pada kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan akun Shopee yang lama, sudah dihapus atau di curi oleh orang lain.

Cara Masuk Akun Shopee Lama

Cara Masuk Akun Shopee Lama

Pelanggan Shopee memiliki beberapa opsi login akun. Misalnya, nomor ponsel, alamat email, nama pengguna, Facebook, Google, Apple atau kode QR (hanya situs Shopee).

Sebagian besar orang mendaftar menggunakan nomor ponsel mereka karena ini adalah pilihan yang paling nyaman jika dibandingkan dengan alternatif lain. Setiap kali kamu mencoba masuk, kode OTP akan dikirimkan ke nomor ponsel yang dikonfirmasi.

Idenya adalah untuk memperkuat keamanan sehingga tidak dapat dengan mudah diretas, terutama jika ada perilaku yang aneh.

Bagi kamu yang masih menggunakan nomor telepon akun sebelumnya. Cukup mudah untuk cara masuk akun Shopee Lama:

  1. Masuk ke aplikasi atau situs web Shopee.co.id lalu klik Login.
  2. Klik Login dengan Nomor Handphone pada halaman Login. Teknik login akun Shopee ini tidak perlu menggunakan kata sandi. Sejujurnya, saya sudah berkali-kali kehilangan kata sandi dan tidak pernah mengalami masalah untuk masuk hanya dengan nomor telepon saya.
  3. Masukkan nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftarkan akun selanjutnya.
  4. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, klik Next.
  5. Silakan lengkapi verifikasi gambar atau teks captcha.
  6. Shopee akan meminta izin untuk mengirimkan kode OTP melalui Whatsapp. Selain Whatsapp, kamu dapat mengubah metode verifikasi menjadi panggilan telepon atau SMS. Pilih salah satu yang paling nyaman bagi kamu.

Shopee akan memberi kamu kode OTP dalam beberapa detik. Cukup masukkan kode dan tekan tombol berikutnya:

  1. Jika kode tidak sampai, kamu dapat mengirimkannya kembali atau menggunakan metode verifikasi lain.
    kamu seharusnya dapat mengakses akun kamu sebelumnya, yang sudah lama tidak kamu gunakan.
  2. Situasinya menjadi lebih bermasalah jika nomor telepon yang digunakan untuk membuat akun sebelumnya tidak lagi beroperasi. Sulit untuk mengakses tanpa kode OTP, khususnya bagi mereka yang tidak menggunakan cara verifikasi lainnya. Kami harus menyediakan dokumentasi untuk mengonfirmasi kepemilikan akun.

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Lama

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Lama

Apakah kamu bisa atau tidak bisa ditentukan pada bagaimana sistem memandang akun pengguna. Jika sistem telah menandainya sebagai akun bermasalah dan telah dibatasi atau dinonaktifkan secara permanen, memulihkan akun akan sangat sulit.

Di sisi lain, jika akun normal tetapi pengguna lupa kata sandi, nomor ponsel tidak lagi aktif, atau smartphone hilang, itu mudah dilakukan. kamu bisa mendapatkannya kembali selama kamu tidak pernah melanggar syarat dan ketentuan Shopee:

1. Lupa Password

  1. Jika kamu lupa kata sandi atau nama pengguna, kamu dapat dengan mudah masuk menggunakan nomor ponsel kamu. Cukup masukkan nomor telepon dan konfirmasi dengan kode OTP yang diberikan.
  2. Masuk lalu Login, kemudian Lupa. Masukkan nomor ponsel akun.
  3. Sistem akan menghasilkan kode OTP dan memasukkan 6 digit angka tersebut ke kolom yang diberikan. Jika OTP tidak sampai, coba kirim ulang atau beralih ke SMS, telepon, atau Whatsapp.
  4. Masukkan kata sandi baru; Shopee menyarankan setidaknya satu huruf kecil dan satu huruf kapital, dengan total 8-16 karakter. Tidak ada salahnya menggunakan angka dan tanda baca untuk memperkuatnya.
  5. Lupakan kata sandi. Email juga bisa digunakan jika sudah divalidasi, namun kebanyakan orang hanya memverifikasi nomor ponsel karena itu diwajibkan.
Baca Juga:  Ide Menu Masakan Harian Hemat, Mudah dan Enak

2. Nomor Sudah Tidak Aktif

  1. Jika nomor akun Shopee kamu yang terdaftar tidak lagi aktif atau telah hilang bersama dengan ponsel kamu, kamu dapat masuk menggunakan alamat email dan kata sandi yang terlupakan. Prosedurnya mirip dengan tahapan yang diuraikan sebelumnya.
  2. Jika akun belum diautentikasi melalui email, ganti nomor ponsel. Dengan mengonfirmasi surat-surat seperti KTP atau SIM atau Kartu Keluarga, pengguna dapat login meski tanpa nomor OTP.
  3. Silakan buka halaman Login Shopee di aplikasi dengan terlebih dahulu mengklik tab Saya. Pilih Ubah nomor telepon setelah mengklik Lupa kata sandi.
  4. Masukkan informasi yang diperlukan pada halaman perubahan nomor telepon. Ingatlah bahwa kita perlu memvalidasi nomor baru yang akan didaftarkan ke Shopee.
  5. Langkah selanjutnya adalah mengunggah bukti identitas, yang dapat berupa SIM, KTP, atau Kartu Keluarga. KK hanya tersedia untuk mereka yang berusia 16 tahun ke bawah.
  6. Ingatlah untuk mengikuti prosedur verifikasi wajah, di mana program akan meminta pengguna untuk melakukan gerakan tertentu sebagai bukti verifikasi.
  7. Silakan klik Kirim setelah kamu melengkapi semua kolom dan yakin dengan kualitas foto bukti identifikasi. Cukup tunggu tiga kali sehari untuk pengajuan untuk ditinjau oleh staf yang sesuai.
  8. Jika bukti foto jelas, nomor baru belum pernah didaftarkan, dan pengajuan tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan Shopee, maka pengajuan akan diotorisasi.

3. Akun Bermasalah

  1. Sistem Shopee cukup ketat untuk menjaga marketplace ini dari perilaku pengguna yang curang. Bukan untuk keuntungan pribadi mereka, tetapi untuk memastikan kenyamanan dan keamanan konsumen Shopee saat bertransaksi.
  2. Akibatnya, jika teridentifikasi adanya pelanggaran, sistem akan segera menonaktifkan akun tersebut. Batas checkout, ketidakmampuan untuk memanfaatkan voucher, logout akun dan ketidakmampuan untuk masuk kembali, atau ketidakmampuan untuk menggunakan Shopee PayLater adalah semua kemungkinan.
  3. Tidak ada yang salah dengan mengajukan banding untuk orang-orang yang akunnya telah dibatasi atau, dalam skenario terburuk, dinonaktifkan secara permanen.
  4. Kemungkinan akan kembali jika itu adalah kesalahan sistem atau orang lain. Sebaliknya, mereka yang sengaja menipu berkali-kali, mungkin tidak akan diizinkan untuk kembali.
  5. Isi semua info profil penting, mulai dari Nama Lengkap, Nama Pengguna (wajib diisi dengan tepat tanpa kesalahan), alamat email yang terdaftar, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  6. Isi hambatan yang menurut kamu menyebabkan akun kamu dibatasi. Untuk mempermudah staf Shopee dalam memutuskan apakah akun akan diaktifkan atau tidak, penjelasannya harus menyeluruh namun sederhana.
  7. Misalnya, kamu mungkin telah ditipu oleh seseorang yang menyamar sebagai administrator Shopee dan kemudian memberikan nomor OTP kepada orang lain. Mungkin juga karena seorang teman meminjam aplikasi untuk masuk ke akunnya, sehingga terdeteksi banyak akun.
  8. Biasanya terjadi ketika kamu menggunakan emulator android di PC kamu untuk melakukan transaksi. Jujurlah dan katakan bahwa kamu membuka akun Shopee menggunakan emulator karena ponsel kamu lamban. Sistem Shopee tampaknya telah menandai emulator sebagai perangkat yang rentan terhadap eksploitasi voucher dan promo.
  9. Ingatlah untuk memberikan bukti dalam bentuk tangkapan layar dalam format PNG, JPG, atau JPEG. Bukti ini harus sesuai dengan batasan yang muncul.
  10. Sertakan alasan mengapa akun perlu diaktifkan kembali. Berikan penjelasan ringkas sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan sebelumnya. Akhiri dengan janji untuk lebih berhati-hati di masa mendatang untuk menghindari masalah seperti ini.
  11. Mereka yang ingin berbuat curang harus mengakui kesalahannya dan berkomitmen untuk tidak mengulangi perilaku curang tersebut. Jika kamu baru saja menipu sekali, Shopee dapat menawarkan kamu kesempatan kedua dengan mengaktifkan akun kamu.
  12. Sebagai dokumentasi pendukung, berikan gambar KTP dan kartu keluarga kamu. Jika kamu memiliki lebih dari satu akun yang masuk di perangkat yang sama, tuliskan nama pengguna akun lainnya.
  13. Terakhir, tekan tombol Kirim dan tunggu tanggapan dari Tim Shopee. Shopee akan merespons melalui email dalam waktu tiga hari.
  14. Jika kamu tidak puas dengan tanggapan email, silakan hubungi Layanan Pelanggan melalui telepon atau LiveChat. Untuk menemukan solusi dalam kasus ekstrim, kamu harus berkomunikasi secara langsung.
Baca Juga:  Cara Mengirim Barang Shopee Untuk Pemula

Cara Mencari Akun Shopee yang Lama

Cukup klik halaman toko untuk memeriksa kondisi terkini dari akun kamu sebelumnya. Bagi yang lupa, URL toko ini adalah “shopee.co.id/username.” Jika nama pengguna kamu adalah angtho2007, URL toko kamu adalah shopee.co.id/angtho2007.

Ini sedikit lebih sulit jika kamu juga lupa nama pengguna kamu, tetapi bukan tidak mungkin untuk ditemukan. Jika kamu mengingat nomor telepon yang digunakan untuk membuat akun sebelumnya, kamu dapat mencarinya menggunakan kontak meskipun nomor tersebut tidak lagi aktif:

  • Simpan nomor lama di Kontak ponsel kamu sebagai Nomor Lama, misalnya.
  • Buka aplikasi Shopee dan pilih Saya di sudut kanan bawah.
  • Di bawah nama pengguna, klik simbol Pengikut.
  • Di sudut kanan atas, klik ikon Kontak.
  • Cari nama kontak dari nomor telepon daftar akun sebelumnya. Cukup klik di atasnya, dan semua informasi terbaru dari profil akun Shopee kamu sebelumnya akan ditampilkan.

Penyebab Akun Shopee Hilang

Penyebab Akun Shopee Hilang

Setidaknya tiga faktor dapat menyebabkan akun Shopee kamu hilang atau dihentikan oleh sistem Shopee. Biasanya ada pemberitahuan yang menunjukkan akun kamu sedang ditinjau.

Namun, dalam keadaan yang jarang terjadi, akun kamu benar-benar hilang dan kamu tidak dapat masuk. Namun, jika nomor telepon atau alamat email kamu juga hilang.

Akun Shopee kamu tidak dapat diaktifkan kembali menggunakan teknik yang dijelaskan di atas. Akibatnya, perhatikan alasan berikut mengapa akun Shopee kamu mungkin hilang:

1. Login Shopee Pakai Emulator

Emulator diperlukan untuk mengubah PC kamu menjadi Android. Hal ini sepertinya dilarang oleh sistem Marketplace, khususnya Shopee.

Karena itu bisa dianggap sebagai pelanggaran. Bahkan jika kamu tidak ingin menipu atau melakukan pemesanan palsu, menggunakan emulator PC untuk mengakses Shopee masih dilarang.

2. Double Login Akun Shopee

Kamu memiliki beberapa akun, yang merupakan alasan kedua. Beberapa akun ditentukan untuk dapat menempatkan pesanan palsu secara logis.

Orang yang memiliki banyak akun mungkin akun Shopee mereka dihentikan secara permanen. Karena ini merupakan pelanggaran terhadap pedoman pasar Shopee. Jadi, untuk alasan apa pun, kamu harus menghindari hal ini.

3. Transaksi Mencurigakan

Melakukan kecurangan transaksi merupakan tindakan yang dilarang oleh Shopee seperti yang tertulis di Terms dan Condition Shopee.

Melakukan transaksi palsu ataupun membuat orderan palsu (Fake order) Sistem di dalam marketplace Shopee sudah sangat canggih.

Sehingga kamu bisa mendeteksi hal-hal semacam itu, maka dari itu pastikan untuk menghindari segala bentuk kecurangan agar akun yang kamu miliki tetap aman dan tidak hilang.

4. Akun Shopee Dicuri

Beberapa modus pencurian akun semakin bertambah. Sebelumnya kita sudah menjelaskan modus pencarian akun Shopee yang bisa kamu baca agar lebih waspada.

Dan kamu juga bisa menghindari pencurian akun dengan cara mengamankan data akun dan data login serta mengganti password Shopee secara sering.

Untuk Selain itu kamu juga harus melaporkan penipuan Shopee untuk mengantisipasi hal yang sama terjadi ke akun Shopee lain.

5. Akun Shopee Lupa Data Login

Kehilangan akun Shopee ini juga bisa disebabkan oleh hilangnya data login yang dibutuhkan untuk masuk akun Shopee seperti username, email dan password.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara masuk akun Shopee lama, yakni:

Bagaimana Cara Login Shopee Tapi Nomor Sudah Tidak Aktif?

  • Shopee Layanan Pelanggan melalui Telepon
  • Hubungi 1500702 untuk menghubungi Layanan Pelanggan Shopee.
  • Tunggu sampai kamu menghubungi Layanan Pelanggan Shopee.
  • Customer Service Shopee akan meminta informasi terkait akun Shopee kamu, seperti username, nama lengkap, nomor telepon lama, KTP, dan sebagainya.

Apakah Bisa Login Shopee Tanpa Nomor HP?

Kamu juga dapat menggunakan Email atau Username untuk masuk ke Shopee jika kamu tidak memiliki nomor telepon.

Jika kamu diminta untuk memverifikasi nomor ponsel kamu, kamu harus terlebih dahulu mencoba memperbarui nomor telepon Shopee kamu. Kuncinya adalah pergi ke aplikasi Shopee dan pilih Login. Lalu pilih Lupa.

Berapa Lama Pemulihan Akun Shopee?

Kamu harus mengajukan banding untuk pemulihan akun Shopee kamu dalam waktu 30 hari setelah menerima informasi bahwa akun Shopee kamu telah dibekukan atau dibatasi. Namun, jika banding tidak diajukan dalam waktu 30 hari, akun Shopee akan dikunci secara permanen.

BACA JUGA:

Cara Daftar Shopee Mall dan Persyaratannya
Apa itu Shopee Pay? Kelebihan Fitur dan Cara Aktivasi
Cara Bayar Shopee Paylater Lewat Atm Terbaru

Baca Juga:  Cara Cek BI Checking Online Via Hp Secara Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara masuk akun Shopee lama ini sangatlah mudah jika semua data yang diperlukan saat mengajukan pemulihan akun lengkap dan benar.

Jika tidak berhasil kamu bisa langsung menghubungi customer service lewat nomor telepon Shopee yaitu 1500-702, jika sudah terhubung kamu bisa ceritakan permasalahan kamu.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.