Begini Cara Berjualan di Bukalapak Untuk Pemula

Infoyunik.com – Cara berjualan di Bukalapak untuk pemula ini tidaklah sulit. Kamu bahkan berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo khusus untuk seller. Perkembangan teknologi ini membuat praktek jual beli semakin cukup mudah.

Bukalapak ini menjadi salah satu e-commerce yang banyak digunakan untuk berdagang, cara jualan di Bukalapak ini cukuplah mudah sehingga banyak penjual yang merasa terbantu dengan adanya platform ini.

Seperti marketplace lainnya, Bukalapak ini juga menghadirkan berbagai keuntungan untuk seller yang memiliki toko di Bukalapak. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Berjualan di Bukalapak untuk Pemula

Cara Berjualan di Bukalapak untuk Pemula

Untuk berjualan di platform jual beli ini, kamu harus terlebih dahulu mendaftar melalui websitenya Bukalapak. Adapun langkah-langkahnya untuk cara berjualan di Bukalapak untuk pemula, yakni sebagai berikut:

1. Kunjungi Situs Bukalapak

Untuk langkah yang pertama cara berjualan di Bukalapak untuk pemula kamu harus melakukan yakni mengunjungi situs Bukalapak.com.

Selanjutnya kamu bisa klik opsi ‘Daftar yang ada di dagian kanan atas.Lalu kemudian kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran selanjurnya.

2. Mengisi Formulir

Cara berjualan di Bukalapak untuk pemula langkah yang kedua berjualan di Bukalapak berikutnya yakni isi formulis pendaftaran lalu masukkan data penting seperti nama lengkap, email atau nomor handphone, jenis kelamin dan data penting lainnya.

3. Pilih Nama Toko

Untuk selanjutnya cara berjualan di Bukalapak untuk pemula yang bisa kamu lalakukan ketika ingin berjualan di Bukalapak yakni membuat nama toko.

Gunakan nama yang mudah diingat dan unik. Hal ini bertujuan untuk mempermudah orang mengetahui toko online milik kamu.

4. Buat Password

Cara jualan di Bukalapak berikutnya yakni buat password untuk akun toko online ini. Gunakan password yang sulit namun mudah diingat.

5. Baca Syarat dan Ketentuan

Untuk cara berjualan di Bukalapak untuk pemula yang kelima kamu jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Setelah itu kamu klik kolom check list di kolom ‘Setuju’.

Klik Daftar

6. Klik Daftar

Selanjutnya cara berjualan di Bukalapak untuk pemula yakni kembali seluruh data yang telah kamu isikan, kemudian klik opsi ‘Daftar’ lalu kemudia pendaftaran pun telah selesai.

7. Konfirmasi E-mail

Berikutnya cara berjualan di Bukalapak untuk pemula ini adalah konfirmasi email dengan cara kamu buka email lalu klik opsi ‘Konfirmasi emai’ setelah itu, akun kamu sudah bisa digunakan untuk berjualan.

8. Lengkapi Profil Toko

Setelah akunnya terbuat, kamu bisa langsung melengkapi profil toko. Kamu juga bisa masuk ke menu ‘Pengaturan’ lalu kemudian isi seluruh data yang dibutuhkan.

Kamu juga bisa memasukan syarat pengiriman, pembayaran, jumlah produk dan lain sebagainya. Buatlah akun semenarik mungkin agar banyak pengguna Bukalapak yang tertarik berkunjung.

9. Mengunggah Foto Produk

Lalu cara berjualan di Bukalapak untuk pemula langkah terakhir kamu bisa membuat katalog produk menjadi cara jualan di Bukalapak selanjutnya. Kamu bisa menggungah foto produk di kolom yang tersedia.

Gunakanlah foto yang berkualitas baik dan menarik. Kamu juga harus melengkapi deskripsi produk tersebut untuk memberikan informasi kepada pembeli.

Setelah katalognya selesai dibuat, sekarang kamu bisa mulai mempromosikan produk yang akan kamu jual di Bukalapak ini.

Keuntungan Menjadi Seller Bukalapak

Keuntungan Menjadi Seller Bukalapak

Untuk penjual atau perusahaan skala kecil hingga besar yang memutuskan memilih berjualan di Marketplace Bukalapak ini akan memperoleh keuntungan yang menjual barang di Bukalapak ini. Berikut ini adalah keuntungan yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Banyak Pembeli Potensial

Penjual akan diuntungkan dengan banyaknya calon pembeli potensial jika berjualan barang di Bukalapak dan menjadi anggota pelapak Bukalapak.

Maksud dari banyak calon pembeli potensial adalah penjual bisa mendistribusikan barangnya ke banyak konsumen secara luas dan tepat. Akses Bukalapak diberikan secara gratis kepada para penggunanya.

2. Komunitas Pelapak

Penjual yang menjual barang di Bukalapak dan menjadi anggota komunitas penjual Bukalapak akan mendapatkan fasilitas seperti keanggotaan di komunitas penjual.

Mengapa komunitas penjual mungkin menjadi salah satu keuntungan berjualan di Bukalapak, karena penjual baru bisa bergabung untuk memberikan pengetahuan tentang cara berjualan di Bukalapak.

Bukalapak menawarkan komunitas khusus bagi para penjual untuk saling bertukar informasi di antara penjual lain di Bukalapak dan untuk saling membantu dalam meningkatkan penjualan.

Komunitas ini juga dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk mengidentifikasi pemasok atau informasi penjualan yang relevan.

Logistik Lengkap

3. Logistik Lengkap

Penjual akan mendapatkan kemampuan untuk melakukan pengiriman lintas kota atau bahkan tempat terpencil dengan menjual barang di Bukalapak dan menjadi anggota pelapak Bukalapak.

Karena seluruh layanan logistik disediakan di Bukalapak. Hal ini akan mempermudah pelapak untuk menawarkan produknya di Bukalapak.

4. Channel Jualan

Penjual akan mendapatkan keuntungan dari prospek pendapatan penjual Bukalapak yang diperluas dengan menjual barang di Bukalapak dan menjadi bagian dari komunitas penjual Bukalapak. Karena Bukalapak memiliki banyak kanal jualan yang terbuka di waktu yang bersamaan.

Strategi Dan Tips Untuk Berjualan di Bukalapak

Strategi Dan Tips Untuk Berjualan di Bukalapak

Berjual melalui toko online ini memang seharusnya tidak boleh asal-asalan. Harus mempunyai strategi yang dipikirkan secara matang, bagi para pemula sebaiknya kamu bisa simak strategi dan tips untuk berjualan di Bukalapak ini, antara lain yakni:

1. Patuhi Kebijakan dan Peraturan Bukalapak

Berjualan online, seperti halnya berjualan di Bukalapak, memiliki kebijakan dan peraturan yang harus diikuti. Mengingat aktivitas online penuh dengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:  Begini Cara Menghitung Suku Bunga Deposito

Peraturan tertentu harus diterapkan untuk memastikan bahwa kegiatan jual beli online berjalan lancar. Peraturan yang diberlakukan bisa bersifat umum dan tidak terlalu spesifik, seperti tidak menyerahkan data pribadi seperti KTP kepada orang yang tidak dikenal.

Data pribadi, seperti KTP, biasanya tidak digunakan untuk jual beli online namun, hal ini bisa jadi ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Percantik Tampilan Lapak

Memiliki bisnis internet harus dilihat sama dengan memiliki toko fisik. Ketika tata letak atau tampilan visual berubah, ini cukup penting untuk membuat klien merasa nyaman menjelajah dan menemukan kebutuhan mereka hanya di lapak kamu.

Tampilan stand fisik tidak harus diubah setiap hari setidaknya seminggu sekali, ide baru diperkenalkan. Membuat foto-foto produk dengan tema tertentu, misalnya, akan memastikan bahwa desain toko tidak terkesan monoton karena hanya itu-itu saja.

3. Optimasi SEO di Bukalapak

Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan akun toko untuk SEO ini adalah langkah penting yang diabaikan oleh banyak pedagang baru.

Prosedurnya panjang dan efeknya tidak dapat dirasakan dalam waktu dekat mereka membutuhkan keteguhan untuk dirasakan.

Saat ini, beberapa perusahaan, seperti Bukalapak, menyediakan layanan optimasi SEO di banyak platform marketplace.

Jadi, jika kamu masih merasa seperti pemula dan kurang paham, tidak masalah jika kamu memanfaatkan layanan ini pada awalnya sambil mempelajari cara-caranya.

4. Terima Tantangan dari Bukalapak

Layaknya marketplace lainnya, Bukalapak ini juga sering memberikan tantangan kepada para sellernya. Baik yang baru maupun yang perfesional ini akan sama-sama mendapatkan tantangan yang sesuai rating atau bintang mereka di Platform tersebut, hasilnya tentu berguna untuk meningkatkan performa toko.

Biasanya tantangan ini juga akan diberikan beragama, contohnya ada kompetisi seller terbaik yang harus mengumpulkan pesanan dengan jumlah yang tertentu.

Jika dirasa mampu untuk mengikutinya tidak ada salah bergabung, semakin banyak kesempatan makan toko kamu semakin bagus juga.

5. Gunakan Fitur Promosi di Bukalapak

Biasanya ini banyak pemula yang kurang menyadari fungsi dari fitur-fitur yang disediakan oleh Bukalapak. Seringkali para seller yang baru hanya upload foto produk, nama, deskripsi produk copas, pasang tagar sudah sampai situ saja.

Sebenarnya langkah-langkahnya juga seperti itu juga tidak salah, hanya saja kurang maksimal jika untuk meningkatkan penjualan apalagi untuk toko baru.

Sebaiknya juga saat awal bergabung mulai coba dan pahami masing-masing fungsi dari fitur promosi. Dengan begitu kamu juga bisa cepat memaksimalkan fungsinya, optimasi toko lebih baik dan bisa meningkatkan penjualan dari waktu.

Lalu saat awal bergabung mulai coba dan dipahami masing-masing fungsi dari fitur promosi. Dengan adanya begitu kamu juga bisa cepat memaksimalkan fungsinya.

Optimasi toko juga lebih baik dan bisa meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu daripada hanya jualan dengan cara biasa.

Upgrade Menjadi Super Seller

6. Upgrade Menjadi Super Seller

kamu juga dapat meningkatkan ke penjual luar biasa untuk meningkatkan kinerja toko kamu dalam perspektif konsumen kamu.

Hanya saja aturan dan ketentuan khusus harus dipenuhi agar pengajuan untuk menjadi penjual teratas dapat dicapai secara efektif.

Misalnya, memastikan bahwa setidaknya satu transaksi dilakukan dalam waktu 30 hari. Status toko juga selalu aktif setiap hari dan ada satu produk yang mungkin dianggap sebagai top seller dan best seller di pasaran. Dengan pertimbangan tersebut, toko tersebut umumnya dapat menjadi best-seller.

7. Pilih Produk yang Sesuai

Sebelum memilih untuk berjualan online di Bukalapak, kamu harus memastikan bahwa ide tersebut sesuai dengan target pasar.

Hal ini sangat penting agar kedepannya, kamu bisa membangun toko sesuai dengan ide yang telah dibuat, daripada bingung dan akhirnya tidak berkembang sama sekali.

Karena ada saingan lain yang menjual barang yang sama, kamu juga perlu mempertimbangkan kualitas produk. Hal ini dilakukan agar bisnis kamu menonjol dari yang lain. Kesesuaian produk dengan target pasar Bukalapak sudah pasti akan berujung pada peningkatan penjualan.

8. Pilihan Produk Banyak

Memperbanyak pilihan produk adalah salah satu cara untuk membuat klien merasa nyaman dalam bisnis. Selain menjaga kualitas, kamu harus mampu menciptakan, seperti menawarkan pilihan warna yang tidak tersedia di toko lain.

Tentu saja, semakin banyak pilihan produk yang sesuai dengan target pasar, semakin baik namun demikian, tidak ada salahnya melakukan riset awal untuk mengetahui kesukaan dan minat pasar yang ada. Tidak masalah untuk sesekali menawarkan barang yang sedang tren di pasar untuk menarik klien.

Jika kamu hanya memiliki beberapa item dan tidak dapat memproduksi lebih banyak, pertimbangkan untuk membuat produk bundel untuk membuat produk tampak lebih menarik.

9. Jumlah Pengikut Banyak

Jika kamu ingin langsung dikenal oleh banyak orang, kamu harus terus aktif di akun toko setiap hari. Selain itu, kamu dapat melakukan kegiatan iklan dan promosi di platform media sosial lain untuk meningkatkan jumlah pengikut, jadi jangan hanya masuk ke akun toko seminggu sekali.

Memang sulit untuk mendapatkan pengikut saat kamu masih pemula. Tapi, bagaimanapun juga, jika kamu tidak melakukannya, toko kamu akan tetap stagnan, bahkan saat saingan maju.

10. Mengikuti Program Khusus Dari Bukalapak

Perlu diingat bahwa Bukalapak sering mengadakan kursus atau gathering untuk para pelapak. Biasanya ada yang tersedia untuk umum, namun ada juga yang hanya memperbolehkan pelapak tertentu saja yang bisa bergabung.

Baca Juga:  Begini Cara Pesan Makanan di Kfc Melalui Store dan Online

Sesi lokakarya sering kali mencakup berbagai topik. Mungkin tentang cara menjadi penjual yang sukses, meningkatkan omzet penjualan, literasi digital atau sejumlah tema lain yang dibahas pada pertemuan tersebut.

Program seperti ini biasanya juga gratis, jadi jika kamu diminta untuk mengikuti program khusus atau jika ada, bergabunglah.

11. Tidak Menjual Barang yang Dilarang Pihak Bukalapak

Bukalapak biasanya memberikan syarat dan ketentuan di awal proses pendaftaran. Ketika kamu menyetujuinya, kamu berkomitmen untuk mematuhinya dengan demikian, bacalah dengan seksama agar kamu tidak menjual barang-barang yang dilarang Bukalapak.

Contohnya saja, ada barang-barang tertentu yang dilarang oleh Bukalapak, yang berarti kamu juga harus mematuhinya. Jika kamu nekat berjualan, akun toko kamu bisa dihukum dan toko bisa langsung dihentikan oleh Bukalapak.

Perbaiki Feedback Penjualan

12. Perbaiki Feedback Penjualan

Saran penjualan Bukalapak berikut ini adalah untuk memperbaiki umpan balik klien yang negatif. Jika kamu menemukan hal ini, kamu harus segera memperbaikinya, dengan menggunakan layanan yang ada.

Misalnya, meningkatkan kualitas produk, responsivitas layanan pelanggan dan lain sebagainya. Buatlah titik untuk menanggapi komentar atau kekhawatiran konsumen secepat mungkin.

Seperti halnya berkencan, komunikasi yang sangat baik sangat penting untuk menjaga sejarah hubungan positif dengan klien.

13. Menaikkan Skor Performa Lapak

Langkah terakhir adalah memaksimalkan peringkat atau skor kinerja kios. Banyak faktor internal dan eksternal yang akan mempengaruhi kinerja warung. Misalnya, ulasan pelanggan yang jujur dan perolehan bintang.

Alhasil, agar pelanggan tetap puas, kamu harus pandai-pandai agar bisa memenangkan hati mereka. Usahakan untuk tidak mengecewakan mereka dengan layanan yang telah kamu berikan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama.

Tutorial Video Cara Berjualan di Bukalapak untuk Pemula

Source YT Iyandri Tiluk Wahyono

Tanya Jawab Cara Berjualan di Bukalapak Untuk Pemula

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara berjualan di Bukalapak untuk pemula, yakni:

Berapa Keuntungan Bukalapak?

Harga saham BUKA, di sisi lain, anjlok selama pengumuman kinerja perusahaan. Manajemen Bukalapak melaporkan laba sebesar Rp8,59 triliun pada semester pertama 2022 dalam pengumuman resmi pada Senin, 1 Agustus 2022, jauh lebih baik dari kerugian Rp766,23 miliar pada semester pertama 2021.

Apakah Bukalapak Bisa COD?

Fungsi ini dapat diaktifkan melalui Seller Center dan aplikasi Bukalapak untuk Android v4.71 dan iOS v2.65. Penjual yang dapat mengaktifkan COD memiliki 3 ulasan positif dan merupakan Super Seller.

Pada pengaturan layanan pengiriman, penjual mengaktifkan opsi pembayaran COD dengan memilih SiCepat REG dan J&T REG.

Isi Saldo Bukalapak Minimal Berapa?

Saldo DANA minimum untuk berkontribusi adalah Rp10.000. Saldo DANA maksimum yang dapat dikontribusikan oleh pengguna non-account upgrading adalah Rp 2.000.000.

BACA JUGA:

Cara Mendapatkan Dana Paylater Secara Mudah
Cara Aktivasi Debit Online BCA Melalui Hp
Jenis Bisnis Online Yang Menghasilkan Uang

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara berjualan di Bukalapak ini sangatlah mudah dan tidak sulit mendapatkan keuntungan atau peningkatan omset di Bukalapak dari wakti ke waktu. Semua bisa didapatkan asalkan konsisten dan rajin melakukan bentuk usaha tersebut.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.