Empat Amalan yang Pendatang Rezeki di Bulan Ramadhan - Kumpulan Info Unik

Empat Amalan yang Pendatang Rezeki di Bulan Ramadhan

Ramadhan menjadi bulan paling mulia bagi umat Islam. Begitu banyak karunia yang diberikan Allah SWT pada bulan ini. Ada pintu ampunan yang dibuka selebar-lebarnya, amal kebaikan yang dilipatgandakan pahalanya, serta malam Lailatul Qadar yang lebih mulia dari seribu bulan.

Pada bulan ini Allah juga mempermudah hamba-Nya yang menginginkan kelimapahan rezeki.  Ada begitu banyak bentuk rezeki, mulai dari kehidupan, kebahagiaan, jodoh, harta benda dan lain sebagainya. Untuk memperoleh semua itu tentu bukanlah sebuah perkara mudah.

Sebenarnya ada beberapa amalan yang dianjurkan kepada umat Islam untuk dilakukan agar mendatangkan rezeki. Terlebih lagi apabila amalan ini dilakukan pada saat bulan Ramadhan, maka semakin banyak pula rezeki yang akan diperoleh. Lantas amalan apa saja yang harus dilakukan? Berikut informasi selengkapnya.
1. Bersedekah
Amalan pertama yang ternyata bisa menjadi sumber datangnya rezeki ketika bulan Ramadhan adalah dengan bersedekah. Sedekah diartikan sebagai pemberian yang kita miliki kepada orang lain. Ketika seseorang bersedekah kepada orang lain, maka Allah SWT menjanjikan ganti yang sangat luar biasa. Allah Ta’ala berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yg dikeluarkan oleh) orang-orang yg menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dan sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir berisi seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (Al-Baqarah:261)

Oleh sebab itu, bersedekahkah walaupun sedikit. Sebab Allah akan menggantinya dengan berlipat ganda terlebih lagi apabila kita melaksanakannya di bulan Ramadhan. Namun, hal yang harus digarisbawahi adalah jangan bersedekah hanya karena berharap balasan dunia. Namun lakukan hal ini dengan niat yang ikhlas untuk mendapatkan ridha dari Allah Ra’ala/

2. Perbanyak Syukur

Amalan kedua yang mendatangkan rezeki di bulan suci yaitu memperbanyak syukur kepada Allah SWT. Bersyukur menjadi suatu hal yang harus selalu kita lakukan, sebab dengan syukur tersebut maka Allah akan memberikan kenikmatan yang lebih dari pada apa yang diperoleh. Berbanding terbaik dengan orang yang tidak bersyukur, maka mereka akan mendapatkan azab yang sangat pedih. Allah Ta’ala berfirman:

“(Ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kalian bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”. QS. Ibrahim: 7.

3. Membaca Surat Al Waqiah
Pada saat bulan suci, banyak orang yang menyempatkan untuk membaca Al-Qur’an. Selain bernilai pahala, ternyata ada sebuah surat dalam Al-Qur’an yang dikenal dengan surat pendatang kekayaan. Surat yang dimaksud adalah surat Al-Waqiah, di dalamnya berisi kandungan mengenai iman dan tauhid. Selain itu juga ada bukti kekuasaan Allah SWT serta adanya hari kebangkitan saat hari kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

“Ajarkanlah Surat Al Waqiah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

4. Banyak Beristigfar
Amalan pendatang rezeki di bulan Ramadhan terakhir adalah dengan memperbanyak istighfar. Seperti yang kita ketahui bahwa istighfar merupakan dzikir yang dianjurkan untuk dilakukan kaum muslim. Maknanya adalah untuk memohon ampun atas segala dosa yang pernah diperbuat.

Istigfar juga menjadi salah satu amalan penjemput rezeki. Terkadang dosa-dosa yg kita lakukan akan menutup pintu rezeki dalam diri. Sehingga meski sudah berusaha semaksimal mungkin, namun tetap saja rezeki yang diinginkan tidak kunjung didapatkan.

Imam Al-Hasan Al-Bashri juga menganjurkan agar manusia beristighfar jika mengalami  kegersangan, kefakiran, sedikitnya keturunan dan kekeringan kebun-kebun. Jadi perbanyaklah istigfar jika rezeki tidak kunjung hadir. Allah SWT berfirman:

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepadaNya. (Jika kamu mengerjakan yg demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yg baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yg telah ditentukan, dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yg mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari Kiamat”. (Hud : 3)

Demikianlah informasi mengenai empat amalan yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan rezeki ketika bulan Ramadhan. Semoga dengan melaksanakan amalan di atas dapat membuat kita menjadi hamba yang lebih bertakwa dan senantisa mendapat kelimpahan rezeki dari Allah SWT.
Tag : Amalan, Islam
3 Komentar untuk "Empat Amalan yang Pendatang Rezeki di Bulan Ramadhan"

waktu yang tepat untuk membaca surat Al-Waqiah itu kapan ya utama nya ?

Mau bertanya kalu bersedekah kan mendapatak pahala atau rezeki atau hartanya takan berkurang ...nah pertanyaan nya ..bagai mana kalo sedekah nya itu orang yang tidak bekerja ??? Rezeki kan haris di cari berikhtiar

Jazzakalaah infonya.....





http://margioneztoyota.wordpress.com

Back To Top