Nikmatnya Lauk-Pauk Penduduk Surga - Kumpulan Info Unik

Nikmatnya Lauk-Pauk Penduduk Surga

Surga merupakan sebuah tempat di akhirat yang diperuntukkan bagi manusia yang semasa hidupnya beriman dan beramal saleh. Di sini penghuninya akan diberi kenikmatan atas balasan amal yang dilakukan saat hidup di dunia.

Salah satu kenikmatan yang akan dirasakan adalah menu makanannya. Nantinya, manusia akan mencicipi lezatnya lauk pauk dengan rasa yang tidak terbayangkan sebelumnya. Mereka juga diizinkan untuk menyantap makanan dan minuman yang mereka inginkan dan mereka pilih.

Berikut ini beberapa lauk pauk yang akan dirasakan penghuni para surga. Ternyata, namanya tidak berbeda dengan lauk pauk yang ada saat ini. Namun, rasanya lebih nikmat tujuh ribu kali lipat dibanding saat menyantapnya di dunia. Apa saja?

1. Hati Ikan
Hati ikan menjadi hidangan pertama para penghuni surga. Ikan merupakan hewan laut yang menunjukan unsur kehidupan di bumi. Saat ini saja, banyak sekali manfaat  hati ikan secara kedokteran bagi makanan penduduk bumi. Dalam hadist Rasulullah SAW dalam Shahih Bukhari yang artinya:

Abdullah bin Salam bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di awal kedatangannya di Madinah, “Apa yang pertama kali yang dimakan oleh penduduk surga ?” Beliau menjawab, “Hati ikan.” (HR Bukhari).

Rasulullah SAW dalam riwayat Dalam Shahih Muslim dari Tsauban, “Ada seorang Yahudi bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apa yang diberikan kepada mereka ketika mereka masuk surga ?” Rasulullah bersabda, “Hati ikan.”

Kata ‘An-Nun’ dalam hadist Nabi menurut kesepakatan mayoritas ulama adalah ikan laut. Sedangkan kata “Zaidahul kibdi’” bermakna potongan tersendiri yang ada di bagian hati dengan rasa yang paling enak. (Syarkh Muslim, 17/135-136).

Berdasarkan hasil penelitian, disebutkan bahwa hati ikan dapat menurunkan kolesterol, menurunkan minyak di tubuh, meringankan sakit di persendian tulang dan ia sangat kaya dengan vitamin D.

2. Daging Sapi Surga
Daging sapi juga menjadi menu hidangan yang akan dicicipi para penghuni surga. Sapi termasuk hewan darat yang menunjukkan cocok tanam dan berusaha di atas bumi.  Dan pasti Allah SWT memiliki alasan kebaikan mengapa menyediakan hidangan ini untuk hamba-hambaNya. Berdasarkan Hadits Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim terdapat diriwayat dari Abu Sa’id, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

”Pada Hari Kiamat bumi ini menjadi seperti sebongkah roti, digenggam oleh Yang maha Kuasa dengan tangan-Nya, seperti seorang dari kamu sekalian menggenggam rotinya dalam perjalanan, sebagai suguhan pertama bagi penghuni surga.” Maka datanglah seorang Yahudi lalu berkata,”Semoga Allah memberkatimu, hai Abul Qasim. Benarkah penghuni mendapat suguhan pertama pada Hari Kiamat?”

“Benar,”tegas beliau. “Perlukah aku ceritakan kepadamu suguhan pertama penghuni surga?”“Tentu,” Jawab Yahudi itu. Maka beliau bersabda:”Bumi ini akan menjadi seperti bongkahan roti pada Hari Kiamat.” Dan Sabda beliau pula: “Perlukah aku ceritakan kepadamu lauk mereka?” “Tentu,” jawab yahudi itu pula. Maka sabda Rasul: “Lauk mereka adalah Lam dan Nun.” “Apakah itu?” tanya orang-orang. Maka beliau menerangkan: “Ialah sapi dan ikan Nun. Sari hati seekor dari kedua binatang itu dimakan oleh tujuh puluh ribu orang.” (HR. Muslim).

3. Daging Burung Panggang
Lauk penduduk surga lainnya yang juga nantinya akan dirasakan adalah daging burung panggang. Dalam surat Alwaqiah ayat 21 dijelaskan bahwa penghuni surga akan mendapatkan daging burung dari apa yang mereka inginkan.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya “Sungguh kamu pasti akan melihat daging burung di surga. Lalu kamu menginginkannya maka (seketika) dia tergeletak di depan mu dalam keadaan sudah terpanggang,” (Tafsir Ibnu Katsir)

Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda, " Burung surga, besar seperti unta yang panjang lehernya, yang berada di pepohonan surga " Lalu Abu Bakar berkata, wahai Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam sungguh itu adalah burung yang nikmat dipandang!, beliau Shallallahu'alaihi wasallam bersabda, " memakannya jauh lebih nikmat dari pada memandangnya ", (Nabi Shallallahu'alaihi wasallam) mengatakannya tiga kali, dan sesungguhnya aku berharap kamu termasuk orang yang akan memakannya, wahai Abu Bakar".  (HR Ahmad 26:380 No 12833).

4. Semua lauk pauk yang diinginkan

Allah SWT juga menjanjikan akan memberikan semua lauk pauk yang diinginkan oleh para penghuni surga.  Di dalam surga seseorang makan dan minum bebas sekehendaknya sesuai selera.

Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini.  (QS Ath Thur : 22).

“Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (QS. Al-Waqi’ah: 20-21).

Begitu nikmatnya balasan Allah SWT kepada para manusia beriman dan beramal saleh. Semoga, menu lauk pauk tersebut nantinya dapat kita nikmati. Bukan di dunia, namun di akhirat nanti.
Tag : Info Unik, Islam
0 Komentar untuk "Nikmatnya Lauk-Pauk Penduduk Surga"

Back To Top