Dua Dosa yang Tetap Mengalir Meski Sudah Meninggal - Kumpulan Info Unik

Dua Dosa yang Tetap Mengalir Meski Sudah Meninggal

Sebagian manusia bisa dengan mudah melakukan perbuatan dosa dalam kehidupan sehari-hari. Karena seringnya dilakukan, tindakan tersebut terkadang dianggap biasa sehingga tidak terasa seperti dosa. Padahal dosa bukanlah perkara main-main.

Balasannya mutlak neraka yang sudah disiapkan Allah SWT bagi hamba-Nya yang ingkar. Ternyata, setelah meninggal tanggungjawab terhadap dosa maksiat yang pernah dilakukan tidak terputus begitu saja.

Selama perbuatan maksiat tersebut masih berdampak dan berpengaruh kepada orang lain, maka dosanya akan tetap mengalir kepada pelakunya meski Ia sudah meninggal. Apa saja dosa-dosa tersebut? Berikut ulasannya.

Jika biasanya kita mengenal amal jariyah yang pahalanya mengalir meski sudah meninggal, maka ada juga dosa jariyah yang di janjikan Allah SWT akan diterima manusia. Saat sudah meninggal, seseorang akan tetap mendapatkan dosa karena perbuatannya semasa di dunia masih berpengaruh buruk terhadap orang lain.

Padahal di alam barzah manusia sangat membutuhkan limpahan pahala sebagai pertolongan mereka menunggu hari kiamat. Namun karena dosa jariyah ini mereka justru harus menanggung dosa-dosa yang dilakukan orang lain, akibat pengaruh atas tindakan maksiat yang pernah Ia lakukan semasa hidup.

“Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Yasin: 12)

Lantas apa saja dosa yang akan terus mengalir ini?

1. Menjadi Pelopor Maksiat
Pelopor merupakan orang yang pertama melakukan suatu tindakan sehingga yang lain turut mengikuti. Pengikutnya bersedia meniru baik dengan paksaan maupun tanpa diminta sama sekali. Kondisi ini akan sangat bagus jika menjadi pelopor untuk tujuan yang baik. Namun bagaimana jika menjadi pelopor maksiat?

Dalam hadis dari Jarir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam islam, maka dia mendapatkan dosa keburukan itu, dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka.” (HR. Muslim).

Orang yang menjadi pelopor ini sama sekali tidak mengajak orang di lingkungannya untuk berbuat maksiat serupa. Ia juga tidak memberikan motivasi kepada orang lain untuk mengikutinya. Namun karena perbuatannya ini Ia berhasil menginsipirasi orang lain melakukan maksiat serupa.

Itulah mengapa anak Nabi Adam, Qabil, yang menjadi orang pertama yang membunuh manusia harus bertangungjawab atas semua kasus pembunuhan di alam ini. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak ada satu jiwa yang terbunuh secara dzalim, melainkan anak adam yang pertama kali membunuh akan mendapatkan dosa karena pertumpahan darah itu.” (HR. Bukhari 3157, Muslim 4473 dan yang lainnya).

Tidak bisa dibayangkan, bagaimana dosa yang akan ditanggung pelopor dan pendesign rok mini, baju you can see, penyebar video porno dan masih banyak tindak maksiat lainnya. Sebagai pelopor dosa mereka akan terus mengalir hingga hari kiamat kelak.

2. Mengajak Orang lain Melakukan Kesesatan dan Maksiat
Berbeda dengan pelopor yang hanya menginspirasi orang lain, orang yang satu ini dengan nyata mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan tindakan maksiat. Merekalah merupakan juru dakwah kesesatan, atau mereka yang mempropagandakan kemaksiatan.

Dalam Alquran Allah SWT menceritakan bagaimana orang kafir kelak akan menerima dosa dari kekufurannya. Belum lagi dengan dosa-dosa orang-orang yang juga mereka sesatkan.

“Mereka akan memikul dosa-dosanya dengan penuh pada hari kiamat, dan berikut dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan).”(QS. an-Nahl: 25)

Ayat ini memiliki makna yang sama dengan  hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang mengajak kepada kesesatan, dia mendapatkan dosa, seperti dosa orang yang mengikutinya, tidak dikurangi sedikitpun.” (HR. Ahmad 9398, Muslim 6980, dan yang lainnya).

Contoh mudah terkait hadist ini adalah orang-orang yang menjadi propaganda kesesatan, mereka menyebarkan pemikiran-pemikiran yang menyimpang, mengajak masyarakat untuk berbuat kesyirikan dan bid’ah.

Merekalah para pemilik dosa jariyah, lantas bagaimana dosa mereka? Selama masih ada manusia yang mengikuti apa yang mereka serukan, maka selama itu pula orang ini turut mendapatkan limpahan dosa, sekalipun dia sudah dikubur tanah.

Termasuk juga mereka yang mengiklankan maksiat, memotivasi orang lain untuk berbuat dosa, sekalipun dia sendiri tidak melakukannya, namun dia tetap mendapatkan dosa dari setiap orang yang mengikutinya.

Semoga kita lebih berhati-hati dalam bertindak, dan lebih banyak melakukan amal shaleh dibanding dosa-dosa maksiat. Karena hidup tidak hanya semata di dunia lalu selesai ketika sudah meninggal. Namun perjalanan masih panjang untuk menuju kehidupan yang kekal.
Tag : Islam
68 Komentar untuk "Dua Dosa yang Tetap Mengalir Meski Sudah Meninggal"

jika demikian, bagaimana kah kita dapat di selamatkan?

Hanya Sholawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yg bisa memberikan keselamatan dan diberikan Syafa'at dari Junjungan kita Nabi Muhammad atas dasar Sholawat kita.
Maka perbanyaklah Sholawat..

Semoga kita tidak termasuk yang demikian . .

apakah dosa2 tersebut tidak bisa diampuni???
bagaimana dengan janji alloh bahwa dosa yg tidak diampuni adalah menyekutukan NYA??
dan dua perkara tadi bukan lah hal yang menyekutukan alloh swt??apa dalil tersebut kuat?dan bagaimana hukumnya bila orang tersebut mati dalam keadaan sudah tobatan nasuha???

mari selalu berlindung kepada allah dam selalu waspada

Juhkanlah diri kita dari pelopor kema'siatan, dan jadilah pelopor jalan ibadah kepada Allah SWT

Maaf jika jawaban saya kurang berkenan. Tp menurut saya justru wacana ini mengingatkan untuk kita semua agar jgn bertindak seperti itu. Dan apa bila sudah terjadi segera benar2 bertaubat. Dan jangan pernah ulangi. Allah S.W.T jg akan melihat keihklasan dan kesungguhan hati kita yg benar benar taubat. Terima kasih.

Astaghfirullah.. Nauzubillahiminzalik...

naudzubillahminminzalik , artikel yang sangat bermanfaat ^_^

musrik gimana ... menyebah tuhan selain alloh

1. Dosa kepada Alah SWT., banyak kalau ditata mah, yg terbesar syirik. 2. Dosa kpd sesama makhluk, dosa-dosa ini sblm minta ma'af kpd Allah harus minta ma'af dulu kpd orng pernah didholimi. Kalau tidak diakhirat akan jdi masalah besar. Tak akan bisa masuk suga sebelum dia dima'afkan oleh yg didolimi.....dll sebagainya, sehingga amal ibadahnya org dholim oleh Allah SWT harus dibayarkan kpd orng yg didholimi. Bahkan kissah dalam hadits banyak orang yang muflis/ failit yakni semua amala ibadahnya habis dipakai membayar dosa-dosanya sehingga dos-dosa orang didholimi itu oleh Allah dipindahkan kpd orng yng medholimi dst...

jika Nabi Muhamman disholawatkan utk keselamtan sejak Nabi meninggal sampai sekarang sudah ratusan tahun oleh setiap orang yg datang dan pergi (lahir dan mati) di dalam kehidupan sebagi orang islam bagaimana dengan anda yg hanya disholawatkan oleh keluarga dan sedikit warga,,,, apakah anda akan selamat? Apakah hanya dengan Sholawat umat Islam dapat diselamatkan?

Naudubillahi min dalik, mudah2an Allah menjauhkan diri kita dari pelopor kemaksiatan, tetapi menjadikan kita pelopor kebaikan tidak karena selain Allah , Amin

Makanya Bertobat sebelum ajal menjemput

Anda salah pemahaman
Janji allah adalah, mengampuni orang2 yg mau bertaubat dan berjanji menjalankan perintah dan menjauhi larangan
Dan hanya taubatan nasuhah yg diampuni oleh allah SWT

Tiba2 kok teringat sama Jonruug yah?? O.o

Waspadalah
-----------
https://votreesprit.wordpress.com/2013/11/29/agenda-2025-yahudi-illuminatifreemasonary-melenyapkan-indonesia-dan-pakistan/#more-6406

Benar Sekali Bu Lara.....Amiinn Ya Rabbal 'Alamin

hanya perbuatan baik yg bisa menyelamatkan kita semua

seandainya manusia didunia ini adalah yang bersifat seperti nabi dan rasul allah maka dosa dosa tidak akan ada dan tidak pernah ada.

semoga kita semua dijauhkan oleh kemaksiatan..amiiiiin

Yaaa....dilogika sajalah. Allah SWT sudah berbaik hati memberikan pahala amal jariyah, ilmu yg bermanfaat dan anak sholeh, dimana kita akan tetap mendapat pahala apabila ketiganya dipakai dan digunakan oleh orang-orang sepeninggal kita. Lha kalo kita meninggal dan dikenal sebagai pelopor baju bikini, pencipta G-String pokoke yg maksiat-maksiat....mosok Allah SWT ga hitung dosanya jika orang-orang masih pakai barang kita itu. Cuma Alhamdulillah nya....pencipta barang-barang maksiat itu banyakan...kaum kafir, jadi yaaaa gak ngaruh cuy...

Tepat sekali... bertaubat sebelum ajal

Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat....

Hati hati terjebak dalam persepsi dan logika kita sebagai makhluk, Cara berfikir Allah tidaklah sama dengan makhluknya ... Dosa dan Pahala hanyalah praduga, vonislah segala sesuatu dengan bijak, tidak semua racun harus membunuh kita, seperti meracuni diri dengan hal hal yang baik. Toh surga dan neraka, kebahagian dan siksa itu kita sendiri yang buat, tidak harus menunggu alam kubur dan akhirat, kita sedang mengalaminya hari ini. :)

Kenapa harus jd banyak di pertanyakan ini dan itu,tinggal kita jauhi perbuatan2 itu mudahkan,,,

Alhamdulillah.... terima kasih atas segala nasihatnya.... Tolong Lanjutkan buat yang masih awam tentang Islam!!!! seperti saya ini...

Beneran baru tau, brarti nanti pahala kebaikan seseorang bisa minus kalo nularin kebiasaan maksiat ke orang lain...

Mudah-mudahan kita tidak termasuk orang yang musryk, karena dosa terbesar yang tdk pernah terampuni............berhati-hatilah jangan sampai menomerduakan Nya dan menomersatukan yang lainnya..sekalipun itu sangat dekat denganNya...karena hati tdk bisa berbohong..atas keyakinan dan suaranya...

Ya...Allah.,ampunilah semua dosa dosa kami,dan jauhkanlah kami semua dari siksa api nerakaMu.

Soal diampuni atau tidak atas dosa yang kita perbuat didunia itu urusan Allah SWT. yang terpenting bagi kita adalah berusaha berbuat kebaikan dengan ikhlas, menjauhi segala yang dilarang dan menjalankan segala yang diperintahkan, mari kita jadikan apapun yang kita lakukan menjadi suatu ibadah yaitu dengan niat semata-mata mengharap keridhoan dari Allah SWT.

@mawan hanya belas kasih Allah lah yang dapat menyelamatkan kita. Amal kita yang sedikit tak akan sebanding untuk 'membeli' keselamatan kita di surga. Dosa kita banyak. Kebaikan yang kita lakukan pun juga karena karunia dari Allah?
Oleh karena itu, berbaik-baiklah dan merapatlah kita pada Allah untuk memohon belas kasihNya.

Dosa bisa juga yak kayak MLM

istilah artikel diatas sama dengan istilah dosa investasi, sekedar ngasih contoh lain dosa investasi yaitu ketika ada sebuah kebijakan yang memang bertentangan dengan hukum Alloh tapi dia berikan kebijakan itu, seperti larangan minuman keras karena keharamannya, larangan pelacuran/perzinahan, karena keharamannya akan tetapi ada yang membolehkan itu dilaksanakan karena sebuah kebijakan, maka yang mengeluarkan kebijakan membolehkannnya itupun mendapatkan dosa investasi meskipun dia sendiri tidak melakukan secara langsung dosa tsb, akan tetapi ketika dia mengeluarkan kebijakan boleh, maka dia mendapatkan balasan dosanya, jika ada 1 orang yang mengikuti kebijakannya maka dosa 1 orang itupun dia terima, akan tetapi jika ribuan bahkan jutaan orang yang mengikuti kebijakannya yg salah maka na'udzubillahhi min dzalik.....maka itulah sesungguhnya orang yang rugi.

Menjadi Renungan setiap Umat

Wah, semoga saja terhindar dari sifat-sifat yang disebutkan di atas.. tak senang dunia akhirat jika banyak dosa

Yang sudah terlanjur, maka hendaklah bertorbat karena Allah SWT tidak mengampuni dosa kecuali musyrik

SEMOGA KITA TERHINDAR DARINYA.. AAMIINN

Maha suci Allah dg segala firmanNYA....

AmBil hikmah dan positifnya..untuk bahan renungan kita semua.

Tidak satu manusiapun yg dpt mempertanyakan rahasia Tuhan.

ALLAH maha pengapun, walaupun dosa sebanyak buih diblautan, kalau bertaiubat dngan sungguh pasti di ampuni,

Tidak usah kaget sekarang ini bila banyak orang yang cuek setelah diberitakan demikian. akhirat urusan belakangan, kita masih muda nanti kalo sudah tua saja bertobat. Emang ada jaminan kalian bisa hidup sampai tua? hehe

ya emg bener kok dosa menyukutukan allah itu tidak akan pernah di ampuni oleh-NYA ,.yang di jelaskan di atas bukan berarti dosa itu tidak akan di ampuni,dosa itu akan ampuni oleh allah jika saat hidup nya ia masih sempat untuk bertaubat dan jika orang itu tidak sempat untuk bertaubat alias keburu mati maka kegiatan 2 jenis dosa itu akan mengalir terus sampai seseorang itu mati dan meskipun dirinya sudah ada di dalam kubut, wallahu'alam

Naudzubillah...alangkah baiknya tegakan amar makruf nahyil munkar

Sadarkanlah mereka yang belum bisa tunduk kepadamunya allah,,, amien ya robal alamin

Bismillaah..
Ada satu besar yg sekarang hampir semua orang lakukan karena alasan cinta dunia yaitu " riba ".
Padahal dlm sebuah hadist shohih disebutkan bahwa dosa riba itu ada 73 pintu, dan pintu yg paling pertama adalah seperti kita berzina dgn ibu kandung kita sendiri.
Ayo saudara2ku mari kita tinggalkan dan jauhi segala bentuk riba : kredit mobil, motor, rumah, kartu kredit dan segala bentuk riba yg lainnya yg menjerumuskan kita menjadi orang konsumtif dan hubuddunya..

Bismillaah..
Ada lagi satu dosa yg sangat besar yg hampir semua orang diantara kita melakukannya dgn alasan kebutuhan mendesak, ingin cepat punya, atau dgn alasan2 pembenaran lainnya hingga menganggap itu sebuah hal yg biasa..dosa itu adalah " riba ".!!
Padahal jelas sekali di dlm AlQuran bahwa riba adalah musuh Allah dan Allah Azza wa Jalla akan memerangi para
pelakunya.
Dlm banyak hadist shohih banyak pula dijelaskan bahwa betapa besarnya dosa riba,
salah satu hadist shohih tersebut menjelaskan bahwa riba itu terdiri dari 73 pintu. dan pintu yg paling pertama adalah dosa riba itu seperti kita berzina dengan ibu kandung kita sendiri.
Wahai saudara2 ku yg se iman, ayo kita tinggalkan dan jauhi segala bentuk riba seperti, kredit mobil, motor, kartu kredit dan segala bentuk riba yg lainnya yg dikemas begitu apik dan menariknya oleh para kaum kapitalis agar kita semakin menjadi konsumtif dan begitu cinta terhadap materi/dunia (hubuddunya).

izin copas ya gan.
kuunjungi juga ya www.youtekno.com - info seputar teknologi

Terimakasih pencerahannya

semoga kita bukan golongan orang orang tersebut..amin

iya benar ..untuk saling mengingatkan ..diambil sisi positive nya ..

Yg bilang manusia tidak ditolong oleh nabi Muhammad saat ajal itu salah, yg bener nabi akan mencari dan menolong mereka.... Maka perbanyaklah sholawat

keren artikelnya cerita bikin merinding,,,semoga tidaak seperti itu na'udzubillahmindzaliq

menurut saya islam itu mudah dan tidak pernah mempersulit ummatnya... hanya 2pasal'pertama ikuti PERINTAH NYA dan JAUHI LARANGAN NYA... inshaa Allah kita tidak perlu mengkhawatirkan kapan kita MATI"bagaimana kita setelah MATI.. jika kita menjalankan proses 2pasal di atas..

WASSALAM

menurut saya jalankan 2perkara
1. ikuti perintah Allah SWT
2. jauhi larangan Allah SWT
inshaa Allah selamat dunia dan akhirat

Amin allahuma amin

Sebanyak apapun dosa kita Allah SWT akan memberi ampunan, karena itu janji Allah SWT dan kita dilarang berputus asa karena dosa yg besar yg terlanjur dilakukan apakah sadar atau tidak, tapi saratnya kita BENAR- BENAR BERTOBAT dan melakukan sarat2 tobat yg diperintahkan itu dg sungguh2, misalnya jika kita terlanjur menyakiti org lain segeralh minta maaf padanya, kalo tetlanjur mengambil milik org lain srgera kembalikan, terlanjur menjadi provokator segera datangi org2 yg diprovokator dan bilng kalo tindakan kita sudah salah dan minta maaf..., itulah salah satu cara tanda kita benar2 menyadari kesalahan/ dosa yg pernah kita lakukan dan tdak mengulangi lagi, kemudian perbanyak melakukan kebaikan utk org lain, serta slalu dan slalu instrospeksi diri mungkin dg membuat catatan harian tentang apakah hari ini saya melakukan kesalahan/ kekilafan lagi atau tidak, saya sudh melakukan kebaikn apa hari ini. Kedengarannya ribet tapi setelah dijalani dg sungguh2 malah terasa hidup lebih tenang, bahagia, terarah, dan terasa enak menjadi org yg baik dan taqwa itu. Masih banyak lagi cara agar dosa2 kita diampuni asal tobat yg sungguh2 dan utk mengetahui itu semua rajin mengikuti pengajian serta membaca buku2 agama.., dan Allah SWT pasti membantu kita

tolong cantumkan dalilnya, haditsnya dan ayat2 dalam alqur'annya : maaf maklum lagi belajar! karena klo mo belajar sama orang2 harus berdasar qur'an dan Hadits....

terimakasih atas wejangannya mbak.. semoga kita semua selalu di jauh dari segala perbuatan dosa ...

Hati hati dalam berkomentar,,bisa saja komentar anda merubah pemikiran orang lain,,dan itu blm tentu benar,,dan secara tidak langsung mengajak orang lain ke dalam pemahaman y salah karna harus disertai surah dan hadis,,yg masalah riba anda sudah pahami belum? Ulama2 kita sudah membahas masalah riba (kredit barang) berdasarkan dalil dan hadis,,silahkan anda cari referensi nya,,wallahualam

1. menjalankan perintahNya
2. menjahui laranganNya
3. bertaubat jika berdosa
4. perbanyak istighfar
5. berbuat baik kepada sesama manusia

Ampunilah dosaku ya allah.berikan jalan yang lurus.

Benar apa yang Di Difirmanxan Allah swt

Back To Top