Enam Hal yang Dianggap Modern, Namun Sudah Ada Sejak Masa Lalu - Kumpulan Info Unik

Enam Hal yang Dianggap Modern, Namun Sudah Ada Sejak Masa Lalu

Teknologi mengalami kemajuan yang begitu pesat dan  berkembang disegala aspek kehidupan. Dengan segala kecanggihan yang ada, manusia yang hidup pada masa sekarang mengganggap bahwa zaman ini merupakan era modern karena berhasil menemukan hal-hal baru yang tidak bisa diciptakan pada masa lalu. Sementara pada zaman lalu, hal-hal yang ada terkait terknologi mustahil diciptakan karena peralatan yang kurang mendukung.

Namun ternyata, tidak semua hal yang dianggap baru saat ini tidak ada pada zaman kuno. Bahkan beberapa diantaranya justru sudah ada sejak ribuan tahun lalu atau Sebelum Masehi. Dengan artefak dan peninggalan yang ada, dapat diketahui bahwa sebenarnya hal-hal yang kita anggap baru saat ini ternyata sudah ada sejak zaman kuno. Hal ini menunjukan bahwa peradaban masa lalu tidak kalah hebatnya dengan penemuan-penemuan yang ada saat ini. Apa saja hal yang dianggap baru, namun sudah ada sejak masa lalu? Berkut ulasannya.

1. Lemari Es

Lemari es atau lemari pendingin ditemukan pertama kali oleh William Culen pada abad ke-18. Hal ini didasari keinginannya untuk dapat membuat makanan awet dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Setelah melalui berbagai tahapan panjang, lemari es akhirnya bisa sempurna dan dimodifikasi dengan berbagai keguanaan seperti sekarang ini.

Ternyata lemari es sudah ada sejak 400 tahun Sebelum Masehi dan digunakan oleh bangsa Sumeria kuno. Mereka membuat ruangan pendingin yang terletak jauh di bawah tanah ditengah gurun pasir. Ruangan ini digunakan untuk menyimpan es pada musim panas dan persediaan makanan mereka. Lemari es primitif ini disebut “yakchal” dan peninggalannya masih ada hingga saat ini. 

2. Mall

Mall yang ada saat ini dianggap modern karena menjadi lambang kapitalisme tingkat tinggi. Berdasarkan literatur yang ada, mall berkembang setelah terjadinya Revolusi Industri di Eropa pada awal abad ke-19. Ada juga yang mengatakan bahwa Mall modern seperti sekarang dibangun oleh peradaban Islam pada abad ke-15 di Istambul, Turki.

Ternyata bangunan tempat berdagang yang saat ini biasa disebut mall tersebut sudah ada sejak zaman Romawi Kuno. Tepatnya pada 113 Sebelum Masehi, Bangsa Romawi sudah memiliki konsep mall seperti sekarang. Mall jaman dahulu disebut dengan Trajan Market, bangunan ini memiliki konsep yang sama dengan Mall yang ada sekarang. Trajan Market merupakan bangunan besar yang dipetak-petak seperti kios yang menjual berbagai kebutuhan seperti pakaian, perhiasan, kosmetik, bahkan restoran fast food. 

3. Elevator

Elevator alias lift merupakan angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang dalam sebuah ruangan yang bertingkat. Lift yang sering digunakan saat ini merupakan penemuan dari Elisha Graves Otis, pada tahun 1852. Ini sudah mengalami berbagai modifikasi sehingga aman digunakan untuk mengangkut barang atau manusia.

Ternyata elevator sudah ditemukan oleh Archimedes sejak tahun 236 Sebelum Masehi pada zaman Yunani Kuno.  Ternyata benda yang kita anggap modern ini sudah umum digunakan pada masa itu di di Coloseum untuk mengangkut para gladiator dari ruang bawah tanah ke arena. Bedanya, saat itu teknologi untuk menaikkan atau menurunkan elevator masih menggunakan manusia atau hewan. 

4. Kosmetik

Tidak hanya manusia zaman kini yang bisa berubah cantik dengan berbagai kosmetik yang dipakai. Sejak tahun 10.000 Sebelum Masehi, manusia sudah memiliki dorongan untuk selalu tampil cantik. Kosmetik pertama kali berkembang di Mesir Kuno dan tidak hanya digunakan oleh wanita, namun juga pria. Pada tahun tersebut, masyarakat kuno Mesir menciptakan sunblock pertama untuk menghalau panas matahari. Pada tahun yang sama, mereka juga menciptakan parfum sebagai wewangi-wangian. Pada tahun 4000 Sebelum Masehi wanita sudah memiliki kebiasaan membawa kosmetik mereka dengan sebuah kotak sama dengan yang dilakukan wanita zaman sekarang. Pada tahun 3.000 SM, orang-orang Tionghoa menggunakan pewarna kuku (kuteks) dan tahun 1.000 SM, bangsa Yunani menggunakan lipstik dari serbuk besi untuk memerahkan bibir mereka.

5. Bedah Plastik

Bedah plastik atau operasi plastik merupakan upaya memperindah diri dengan menghilangkan atau menambah bagian tubuh tertentu untuk tampil sempurna. Saat ini bedah plastik sangat digandrungi oleh masyarakat Korea Selatan yang berlomba-lomba mengubah bentuk wajahnya. Meski saat ini terkenal di Korsel,  ternyata bukan bangsa tersebut yang menjadi pelopor bedah plastik.

Namun bangsa India yang sudah melakukannya sejak 2000 tahun Sebelum Masehi.  Pada tahun 600 SM, seorang tabib India bernama Sushruta menerbitkan buku pertama yang berisi tentang panduan operasi bedah plastik dan operasi yang paling sering dilakukan saat itu adalah rhynoplasti alias memperbaiki bentuk hidung.

6. Kaki Prostetik

Kaki prostetik atau kaki tiruan merupakan harapan bagi korban amputasi untuk hidup secara normal. Hal ini dianggap menjadi salah satu bentuk kemajuan teknologi yang ada pada zaman kini. Namun ternyata Kaki prostetik sudah lama digunakan bertahun-tahun lalu di Mesir sejak 2.700 SM. Selain itu, kaki prostetik dari bahan kayu dan tembaga juga ditemukan di Italia dan diperkirakan berasal dari tahun 300 SM.
Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "Enam Hal yang Dianggap Modern, Namun Sudah Ada Sejak Masa Lalu"

Back To Top