5 Jenis Makanan Penjaga Kesehatan Usus - Kumpulan Info Unik

5 Jenis Makanan Penjaga Kesehatan Usus

Usus merupakan salah satu bagian yang sangat penting di dalam proses pencernaan. Makanan yang kita konsumsi setiap harinya pasti melewati usus. Itulah sebabnya kita harus mengontrol makanan yang kita konsumsi. Terlebih lagi jika anda adalah penyuka makanan yang mengandung banyak minyak, lemak dan zat pengawet akan lebih beresiko terhadap kesehatan usus. Adapun penyakit yang biasanya didapat dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ini adalah penyakit kanker usus.

Untuk itu, anda harus lebih teliti dalam memilih makanan yang ingin dikonsumsi. Anda harus menimbang baik buruknya makanan tersebut terhadap kesehatan. Namun jangan khawatir, ternyata ada makanan yang baik untuk kesehatan usus. Berikut ini adalah lima jenis makanan yang mampu menjadi kesehatan usus kita.

1. Probiotik
Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk membantu memecah serta menghilangkan “limbah” yang ada dalam tubuh kita. Probiotik memang tidak selalu dibutuhkan oleh usus, namun ketika kita sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare, kembung maka makanan yang mengandung probiotik sangat diperlukan oleh usus. Contoh makanan yang mengandung probiotik adalah yoghurt dan kefir. Kedua jenis makanan ini dapat membantu menyeimbangkan sistem di dalam tubuh karena mengandung bakteri yang baik.

2. Sayuran hijau gelap
Banyak orang yang mengidentikan sayuran berwarna hijau gelap dengan seikat bayam. Namun, ternyata banyak sekali makanan yang berdaun hijau gelap sperti kale atau romaine. Sayuran yang berwarna hijau gelap ini ternyata mempunyai khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan usus. Di dalam tumbuhan ini banyak kandungan serat yang bermanfaat untuk membersihkan usus. Selain itu, terdapat juga kandungan folat, vitamin dan mineral di dalam tumbuhan berwarna hijau gelap. Meskipun tidak semua sayuran berwarna hijau gelap memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan usus seperti daun selada. Itu dikarenakan tumbuhan yang satu ini mempunyai kompenen utama berupa air. Perlu dicatat bahwa semakin gelap warna hijau gelap pada tumbuhan tersebut, maka semakin banyak manfaatnya bagi tubuh terutama di bagian usus.

3. Bawang putih
Jenis sayuran yang satu ini telah banyak diteliti sebagai antibakteri alami. Ada beberapa hasil penelitian kecil yang menyatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan adenoma, pertumbuhan non kanker di dalam usus besar. Di dalam bawang putih terdapat senyawa alami antaralain selenium, ariginin, dan ajoene. Senyawa alami tersebut mempunayi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yakni untuk membuah kotoran dari dalam tubuh dan membantu memperbaiki mekanisme tubuh kita. Bawang putih juga dapat menjadi penyembuh gejala penyakit lambung yaitu diare.

4. Biji flax seeds
Biji flax seeds merupakan biji yang berasal dari bunga flax. Biji flax seeds ini bisa ditambahkan pada smoothies, sereal ataupun makanan lainnya. Tumbuhan yang satu ini mmepunyai kandungan phytonutrients dan dapat meningkatkan kandungan serat pada setiap makanan yang dikonsumsi. Selain itu, flax seeds ini juga menjadi sumber omega 3 alami yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan menjadi jenis sayuran terakhir yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Di dalam kacang-kacangan banyak kandungan serat, antioksidan, serta protein tumbuhan lignan dan saponin. Saponin ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang merah menjadi salah satu contoh kacang-kacangan yang mengandung rendah lemak, kaya akan protein, serta sumber nutrisi yang memberi mkan bakteri baik di dalam tubuh kita. Selain itu, kacang jenis ini juga bisa dihidangkan sebagai lauk ataupun menu utama dalam sajian makan keluarga

Itulah lima jenis sayuran yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan usus. Selain mengkonsumsi beberapa jenis sayuran tersebut, anda juga harus mengontrol setiap makanan yang akan dicerna oleh usus. Cobalah untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat di menu keseharian anda.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "5 Jenis Makanan Penjaga Kesehatan Usus"

Back To Top