Ilmuan: Puasa Bikin Awet Muda - Kumpulan Info Unik

Ilmuan: Puasa Bikin Awet Muda

Umat Muslim yang tengah menjalankan puasa patut berbangga. Pasalnya selain merupakan ibadah wajib yang dijalankan saat bulan Ramadhan, perintah dari Allah SWT untuk menahan lapar dan dahaga ini juga memiliki khasiat medis. Penelitian ilmua baru-baru ini mengungkapkan bahwa berpuasa dapat mencegah penuaan dini atau membuat awet muda.

Peneliti dari  Universitas Southern California menguji respondennya dalam dua kelompok. Kelompok pertama harus memperhatikan asupan kalori yang masuk dengan berpuasa, sedangkan kelompok kedua boleh makan sesuai kebiasaan.

Pada hari pertama dimulainya penelitian ini, kelompok yang pola makannya diatur diberi makanan dengan kalori 1090. Jumlah ini dikurangi pada hari kedua menjadi hanya 725 dan berlangsung hingga hari kelima. Jika pada pola makan tiga kali sehari, kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa mencapai 2000-2500 kalori.

Uji ini berlangsung selama tiga bulan. Kelompok dengan pola makan yang teratur ternyata lebih sehat. Mereka juga mendapati bahwa puasa mampu mengurangi zat IGF1 yang mampu mengurangi proses penuaan sebanyak 24%. IGF-1 adalah  zat yang mirip dengan insulin dan merupakan faktor pendukung untuk mempercepat pertumbuhan sel.

“Mengurangi kalori antara 34 sampai 54% dapat membantu memperlambat proses penuaan diri, serta mengurangi penyebab resiko kanker dan diabetes.” ungkap peneliti dikutip dari Telegraph.

Tercatat pada saat berpuasa juga terjadi penurunan radikal bebas yang  bisa merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penuaan hingga menjcapai 90 persen. Radikan bebas sebenarnya adalah efek dari   metabolisme tubuh. Hal ini bisa merusak sel tubuh yang pada gilirannya akan mempercepat proses penuaan.

Uji ini kemudian diterapkan pada tikus, dimana hasilnya, peneliti kembali mendapati adanya adanya tanda-tanda  kekebalan sel, tulang, otot, hati dan otak hewan tersebut.

Namun demikian, perlu asupan yang lengkap untuk memastikan anda mendapat asupan vitamin penting, mineral, dan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.  Namun, hal ini tak banyak mafaatnya bila setelah anda berbuka puasa anda memakan dengan makanan yang berlebih-lebihan.

Jika ilmuan barat saja sudah  menemukan khasiat berpuasa, bagaimana dengan kita  umat mukmin yang memang sudah diperintahkan sejak bertahun-tahun silam? Semoga kita senantiasa berpuasa dan tidak dengan alasan agar awet muda,  namun untuk menjadi orang yang bertaqwa***
Tag : Islam
1 Komentar untuk "Ilmuan: Puasa Bikin Awet Muda"

terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

Back To Top