Awas, Jenis Makanan Ini Menurunkan IQ - Kumpulan Info Unik

Awas, Jenis Makanan Ini Menurunkan IQ

IQ merupakan tingkat keceradasan seseorang. Selain faktor genetika, tingkat kecerdasan intelegensi juga dipengaruhi oleh makanan. Nutrisi yang baik akan diserap oleh otak dan meningkatkan ketajaman daya ingat. Sebaliknya beberapa jenis makanan ini justru harus dihindari karena bisa menyebabkan IQ menurun. Jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, makanan ini bisa menyebabkan kebodohan.

1. Makanan Berpengawet
Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna dan zat kimia menjadi penyebab utama kemerosotan fungsi otak. Jika otak sudah tidak berfungsi optimal, maka tingkat IQ otomatis akan menurun.   Sayangnya saat ini makanan jenis ini banyak beredar di pasaran. Dengan warna dan ketahanan sampai berhari-hari, makanan jenis ini malah semakin diminati.

2. Makanan yang Digoreng
Makanan yang digoreng jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menyebabkan lemah otak dan penurunan IQ. Kandungan minyak dan lemak, lama kelamaan akan menumpuk di pembuluh darah. Jika sudah begitu, aliran darah akan terganggu termasuk yang menuju otak. Padahal Otak sangat memerlukan oksigen yang diantarkan oleh darah untuk bisa berfungsi secara optimal.

3. Makanan Manis
Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, jenis makanan ini bisa melemahkan fungsi otak. Kebanyakan mengonsumsi makanan mengandung gula juga berpotensi menyebabkan diabetes dan mendukung pertumbuhan sel kanker.

4. Daging olahan
Daging memang penting bagi tubuh karena mengandung protein yang dibutuhkan. Namun berbeda dengan daging olahan yang dijual dalam kondisi tidak berwujud, meski komposisi utamanya adalah daging, namun komposisi proteinnya sangat sedikit sehingga tidak memenuhi nutrisi yang dibuutuhkan. Belum lagi dengan kandungan zat pengawet dan zat aditif lainnya yang memberikan efek buruk pada otak.

5. Junk Food
Junk food adalah menu favorit bagi orang-orang dengan tingkat kesibukan tinggi karena lebih cepat, praktis dan enak. Namun bahaya yang mengintai juga tidak kalah karena makanan ini mengandung serentetan bahan kimia berbahaya seperti lemak, garam tinggi, bahan pengawet, serta gula berlebihan. Bahan ini mampu menyebabkan perubahan kimia di otak dan mengarah pada gangguan otak seperti kecemasan dan depresi.

6. Makanan Bergaram tinggi
Makanan tanpa garam memang akan terasa hambar dan tidak enak. Namun  konsumsi yang berlebihan juga akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.  Selain menyerang tubuh, makanan dengan tingkat garam yang tinggi juga membahayakan kesehatan otak. Penurunan memori menjadi salah satu akibat dari terlalu banyaknya mengonsumsi garam.

Nah sudah tahu kan makanan yang dapat melemahkan fungsi otak? Selektif memilih menu menjadi hal yang harus dilakukan demi kesehatan saat ini dan masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "Awas, Jenis Makanan Ini Menurunkan IQ"

Back To Top