Penjelasan Ilmiah Tentang Misteri Langit ke Tujuh dalam Al-Qur’an - Kumpulan Info Unik

Penjelasan Ilmiah Tentang Misteri Langit ke Tujuh dalam Al-Qur’an

Langit merupakan bagian atas dari permukaan bumi yang memiliki komposisi berupa gas dan udara. Pada siang hari, langit cerah biasanya akan terlihat biru yang disebabkan adanya pemantulan cahaya. Namun langit juga akan berubah warna jika menjelang sore dan malam atau ketika akan turun hujan.

Langit tidak hanya menyajikan keindahan dan fenomena alam yang menakjubkan saja, namun juga penuh dengan misteri. Salah satunya misteri tentang langit yang tidak hanya terdiri dari satu lapis, namun memiliki tujuh lapisan dan mempunyai  fungsi berbeda.

Sejak kemunculannya 1400 tahun silam, Al-quran sebagai kitab yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW sudah menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan langit sebanyak tujuh lapis. Bahkan dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW sudah sampai ke sana untuk menerima perintah Shalat dari Allah.

Manusia terus mencari pembenaran ilmiah  tentang ucapan Allah dalam Al-quran tersebut. Hasilnya, mereka baru berhasil menemukan kebenaran bahwa langit memang memiliki tujuh lapisan pada abad ke-20. Padahal kebenaran ini sudah ada dalam Al-Qur’an sejak ribuan tahun yang lalu.

Allah menjelaskan dalam Surat 2 Al-Baqarah ayat 29 bahwa langit memiliki tujuh lapisan dan memiliki fungsi yang berbeda. Arti ayat tersebut adalah sebagai berikut.

Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan dia maha mengetahui segala sesuatu. (Surat 2 Al-Baqarah ayat 29)

Ayat lain yang menyatakan bahwa Langit itu terdiri dari 7 lapis adalah dalam Surat 41 Fushshilat ayat 11, yang artinya:

Maka dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan yang maha perkasa lagi maha mengetahui. (Surat 41 Fushshilat ayat 11).

Ayat di atas menjelaskan bahwa setiap lapisan langit memiliki urusannya sendiri-sendiri. Hal ini berarti setiap lapisan langit memiliki fungsi masing-masing.

Barulah pada abad 20 ini, para ilmuan membuktikan kebenaran Al-Qur’an tentang adanya tujuh lapisan dilangit. Adalah sebuah keajaiban besar bahwa fakta-fakta ini, yang tak mungkin ditemukan tanpa teknologi canggih abad ke-20, secara jelas dinyatakan oleh Al Qur’an 1.400 tahun yang lalu.

Para Ilmuwan telah menemukan bahwa bumi diselimuti 7 lapisan atmosfer yang dibedakan berdasarkan kepadatan serta ketinggiannya dengan beragam manfaat masing-masing yang dimiliki setipa lapisan tersebut.
  1. Troposfer, lapisan terdekat bumi yang membentuk sekitar 90% dari keseluruhan berat atmosphere.
  2. Stratosfer, lapisan diatas tropospher.
  3. Ozonosfer, lapisan yang mengembalikan sebagian besar sinar Ultraviolet dan radiasi bahaya lainnya.
  4. Mesosfer, lapisan diatas Ozonospher.
  5. Termosfer, lapisan diatas Mesosfer.
  6. Ionosfer, lapisan dimana gas-gas terionisasi membentuk lapisan ini.
  7. Eksosfer, bagian terluar dari Atmosfer yang membentang
Demikian penjelasan ilmiah tentang misteri langit ke tujuh dalam Al-Qur’an. Semoga informasi ini bisa memberi pengetahuan baru untuk anda.
Tag : Fakta, Islam
62 Komentar untuk "Penjelasan Ilmiah Tentang Misteri Langit ke Tujuh dalam Al-Qur’an"

Apa tidak terlalu pendek jika 7 langit dimaknai dengan lapisan atmosfer?

Surah Fussilat, Verse 12:
فَقَضَاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ فِي يَوْمَيْنِ وَأَوْحَىٰ فِي كُلِّ سَمَاءٍ أَمْرَهَا وَزَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَحِفْظًا ذَٰلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.
(Indonesian)

via iQuran

Dan sejauh yg saya tau, bintang tidak terletak di atmosfer.
"Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang..."

Belum tentu juga kita bisa men-sensor/melihat keberadaan langit di atas langit terdekat (mungkin maksudnya langit pertama *butuh ahli Tafsir Al-Qur'an) yg berhias bintang. Sbg kemungkinan permisalan adalah konsep dimensi. Kita tidak bisa menjangkau dimensi di luar dimensi kita, kecuali dg pertolongan-Nya. (Film Interstellar [http://www.imdb.com/title/tt0816692/] bisa sedikit direview utk memahami konsep dimensi)

Sungguh..,
Allah Lebih Tau,
Wallahu a'lam

Apakah pusat dari tujuh lapis yg disebutkan dalam teori itu bumi? Bagaimana langit pada galaksi lain, selain Bima Sakti yg secara teori jumlah galaksi banyak?

menurutnya pendapat saya bukan itu dah yg dimaksud dalam alquran, karena setelah ada langit masih ada langit yaitu langit alam semesta,.. dan langit-langit brikutnya yg tidak bisa di capai oleh manusia,,.. kalau di artikan seperti di artikel terlalu kecil kuasa ALLAH yang hanya mengartikan langit dgn langit bumi, krn smua planet pasti memiliki langit...

Wah... kayanya terlalu dangkal kalau di maksudkan lapisan2 tersebut diatas.

Alam semesta, langit tempat tinggal jin, langit tempat para nabi yang bertingkat2, dsb...

Mungkin akan lebih tepat dengan menggunakan pendekatan "Dimensi"

Bahwa Dimensi (langit) yang lebih tinggi mewadahi dimensi yang lebih rendah.

(reference: Buku karya Agus Mustofa.)

ngaco akh itu bukan 7 langit tapi 7 lapisan atmosfer

Betul tuh....koq jadi tujuh lapisan langit atau atmosfer yang melingkupi bumi saja... Dalam Weda ( yang usianya 6000 tahun atau lebih, jadi lebih tua dari kitab-kitab samawi) disebutkan tujuh lapisan langit atau alam semesta ini, yaitu Bhur loka, Bhuwah Loka, Swah Loka, Maha Loka, Jana Loka, Tapa Loka dan Satya Loka. Kalo 7 lapisan Atmosfer diatas harusnya masih dalam dimensi Bhur Loka menurut Weda.

crescent smile>> daya imajinasi ente keterlaluan jika harus ambil referensi dari film fiktif untuk bahan pertimbangan. dengan mempercayai konsep dimensi sesuai film tersebut,saya dapat pastikan anda tidak ilmiah,dan saya bs pastikan jg anda akan selalu bertentangan dengan al-quran. walah beberapa kajian anda beralasan,bukan berarti fakta al-quran terbantahkan..hanya perlu menunggu penjelasan lebih lanjut dari temuan bersangkutan yg lebih kompleks.

Yang dimaksud disitu langit alam ghaib. bahkan ada nabi yang ditempat kan di langit tersebut. hanya Allah yang mengetahui keberadaan langit2 tersebut. kalau manusia terbatas kemampuan nya.

terima kasih atas perhatiannya Mas Ivan :)

Assalamuallaikum,

coba perhatikan comment saya lebih adem, Mas.
saya tulis "Sbg kemungkinan permisalan", karena konsep dimensi di atas dimensi 3 kita itu masih sekedar teori matematis.
Yang artinya dimensi di atas dimensi 3 sebagai langit lapis berikutnya, itu bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Sedangkan film Interstellar itu sekedar sebagai penggambaran bagi orang awam saja tentang konsep dimensi di atas dimensi 3 yang kita tinggali.
Mas coba pelajari klo ingin penjelasan logisnya: https://www.youtube.com/watch?v=C6kn6nXMWF0
Semoga wawasan Panjenengan terbuka :)

film science-fiction itu tidak bisa kita bilang semua salah dan tidak benar, krn sebagian ada kebenaran, dan sebagian ada teori yang masuk akal. Pinter2 aja kita memilah dan mempelajari dari referensi lain :)
Karena tidak semuanya pasti benar juga.
Itulah kenapa saya berangkatnya dari Qur'an Surat Fussilat ayat 12.

dan sebagai sedikit koreksi utk Mas Ivan:
"saya dapat pastikan anda tidak ilmiah", mengatakan hal itu harus dengan pembuktian ilmiah juga.

"saya bs pastikan jg anda akan selalu bertentangan dengan al-quran", itu juga butuh dalil juga (Qur'an ataupun Sunnah Nabi)

"bukan berarti fakta al-quran terbantahkan", dan saya justru bilang yang benar itu Qur'an. Pembahasan tentang lapisan atmosfer adalah lapisan langit, kurang tepat klo kita mereferensi ke Qur'an.

Klo Mas Ivan tetap berpendapat kalau saya salah dalam menyebutkan bahwa lapisan atmosfer (dalam artikel ini) bukanlah lapisan langit yg disebutkan dalam Al-Qur'an,

Bila melihat Q.S. Fussilat:12 "Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang...",
Coba Mas Ivan jawab apakah di lapisan atmosfer itu merupakan tempat bintang-bintang yang cemerlang diperhiaskan? :)

Islam itu bukan agama doktrin. Coba cek Quran ada berapa kata "bagi orang2 yang berfikir" disebutkan :)

semoga saya terhindar dari emosi nafsu ketika membalas comment Mas Ivan..

Wallahu a'lam

setuju, Mas Handono...
Konsep dimensi lebih mendekati, namun konsep dimensi itu pun bukan satu2nya kemungkinan yang paling mendekati. ada beberapa teori:
https://www.youtube.com/watch?v=Ywn2Lz5zmYg

Tapi saya rasa memang paling menarik konsep dimensi ini. Seperti di video ini:
https://www.youtube.com/watch?v=C6kn6nXMWF0
Dan teringat peristiwa Nabi Isra' Mi'raj bersama Malaikat Jibril ^^

Namun konsep dimensi itu tetaplah teori, yg penting kita tau kalau Ilmu Allah itu Maha Luas (Al-Wasi'), dan ilmu pengetahuan kita tidak ada apa2nya..

Mr. Ivan, pengetahuan andalah yg terlalu dangkal mas...
Mr. Crescent Smile sangat benar, bahwa bintang tdk terletak di atmosfir. Bintang itu bagian dari galaksi. Satu galaksi sekelas Milkyway bisa memiliki 200 milyar bintang. Sementara alam semesta terdiri dari milyaran galaksi.
Bintang terdekat adalah matahari, jaraknya 8 menit cahaya, dan itu sudah sangat jauh di atas atmosfir. Bintang terdekat di luar tata surya adlh Alpha Centaury jaraknya 4.3 tahun cahaya. Nah bayangkan dengan bintang-bintang jauh di luar galaksi yg jaraknya milyaran tahun cahaya dr bumi?
Jadi yg dimaksud dgn langit dlm Alquran itu pastilah bukan atmosfir bumi yg jaraknya cuma ribuan km (tidak sampai satu detik cahaya), krn di dalam atmosfir tdk ada bintang.

Saya setuju dgn pendapat mas-mas yg menyatakan bahwa 7 langit yg dimaksud di sini BUKAN 7 lapisan atmosfir. Jelas sekali dlm ayat di atas bhw langit terdekat (langit pertama) dihiasi oleh bintang, sementara di dalam atmosfir tidak ada bintang.
Bintang terdekat dari bumi adalah matahari, jaraknya 8 menit cahaya. Bintang trdekat dari tata surya adlh Alpha Centaury berjarak 4.3 tahun cahaya. Lalu bagaimana dgn bintang2 yg ada di luar galaksi yg jaraknya bisa mencapai milyaran tahun cahaya? Smtnara tinggi atmosfir dr permukaan bumi tdk sampai satu detik cahaya.
Sy yakin yg dimaksud dengan langit terdekat (langit pertama) di sini adlh alam semesta kita yg berisi milyaran galaksi, di mana bumi adlh salah satu dari anggotanya dlm galaksi Milky Way (Bima Sakti)...

Saya sangat setuju dg crescent smile

Semua komentarnya bagus dan mempunyai dasar, dan itu akan menambah ilmu kita, Rosulullah pernah berpesan, "Ikhtilafiii ummatii Rohmatun.." mungkin itu yang perlu dijadikan dasar, "perbedaaan seluruh ummatku adalah Rohmat" Amiin.... moga bermanfaat.

Saya juga setuju crescent smile....

Yg dimaksud 7 langit tentu bukan lapisan atmosfer. Penafsiran ini terlalu dipaksakan. Allah lebih tau.

Jika 7 langit ditafsirkan sebagai 7 lapisan atmosfer, berarti Allah itu hanya Tuhan di Bumi dong? Lalu, siapa Tuhan Merkurius, Venus, Mars, dll?

Setahu saya, Allah itu Tuhan semesta alam, Dia yang menciptakan 7 lapis langit dan Dia benar-benar meninggikannya dan meluaskannya.

*think again*

Maaf sadaraku ..Yang dimaksud WA ZAIYANNASSAMAADDUNYA BI MASHOBIH artinya dan aku hiasi langit langit dunia dengan bintang bintang yang gemerlapan Bukan langit yang dekat dengan bintang . Dengan katalain kita ini masih dalam lingkup langit yang pertama yang disebut dalam Alquran SAMA UDDUNYA . wallohu a'lam

7 Lapis Langit semua ada fungsinya masing2 Buat Perlindungan Di BUMI kita.,
Pernahkan anda Memikirkan Gimana Kalo Langit Cuman ada 2-3 Lapis aja>>> apa Dampak Di BUMI tercinta kita Ini....<>

Rupanya kita berhadapan dengan salah seorang penganut yg bersifat taklid buta....
Padahal kita diperintahkan utk berfikir.
Saya salut dg pemikiran Crescent smile....

coba lihat video ini gan,https://www.youtube.com/watch?v=FVv-yhBjJco . mungkin bisa membantu

Saya salut dengan ibu saya

saya rasa saat ini otak manusia blm sanggup menjangkaunya .. secanggih apapun .. tp saya percaya ada langit ke 7 ..

Saya percaya langit ke 7 pasti ada .. dan imajinasi kita spertinya blm dpat menjangkaunya ..

Good job crescent smile! Keep on!

Setuju sama crescent smile.
Di Intersteller: di salah satu planet, diceritakan kalo satu jam di planet itu sama dengan 7 tahun di planet bumi.

Sejak nonton film itu, saya jadi mikir : mungkin seperti itu juga perbandingan waktu dunia dan akhirat. Satu hari di akhirat sama dengan seribu tahun di dunia. (Kalo ga salah, kalo salah tolong benerin :D).

Setuju sama crescent smile.
Di Intersteller: di salah satu planet, diceritakan kalo satu jam di planet itu sama dengan 7 tahun di planet bumi.

Sejak nonton film itu, saya jadi mikir : mungkin seperti itu juga perbandingan waktu dunia dan akhirat. Satu hari di akhirat sama dengan seribu tahun di dunia. (Kalo ga salah, kalo salah tolong benerin :D).

hii..hii... "demen ne lek eyel eyelan.. enek seng kurang bener di kandani seng pener..."
jangan di kroyok plus di dangkala dangkal kan...
hiii...hiii... piss mas bro..

Setuju sama mas Crescent Smile, saya juga sempat berfikir bahwa
7 langit itu lebih cocok dengan konsep dimensi, lebih jelas bisa lihat video ini sebagai referensi dan ilustrasi
https://www.youtube.com/watch?t=38&v=hf2CxZPl7KI

Menurut saya surah albaqorah yg si share di atas itu penafsirannya cuman di bumi,tempat kita berpijak.langit yg di maksud di perkirakan bener aja atmosfir yg 7 lapis..kalau alam semesta beda lagi ayat dan penafisirannya,baru kita bicara galaxy 2 bintang bintang ..langit dalam kajian bahasa atap,atap yg luas,atap nya bumi,kalau di luar bumi adalah ruang angkasa,ga bisa di sebut langit,jadi sah sah saja 7 atmosfir itu kita bilang langit,atau kata lain atap.makanya dalam surah albaqorah di bilang segala yg ada di bumi,sedangkan di surah fusilat yg langit di hiasi bintang2 itu artinya langit kita di hiasi bintang bukan bintangnya yg di langit kita,kita bisa melihat sejauh mata memandang sehingga kita bisa menyaksikan langit kita di hiasi bintang2..coba deh cari ayat yg isinya alam semesta,

Dear suka suka,
7 atmosfir tidak bisa kita judge sbg langit. Karna jarak langit 1 dgn yg satunya jaraknya sangat jauh sekali.
Atmosfir itu hanya lapisan bumi , bukan langit.

الَّذِيْ خَلَقَ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ طِبَاقًا ؕ مَا تَرٰى فِيْ خَلْقِ الرَّحْمٰنِ مِنْ تَفٰوُتٍ ؕ فَارْجِعِ الْبَصَرَ ۙ هَلْ تَرٰى مِنْ فُطُوْرٍ
yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Tidak akan kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih. Maka lihatlah sekali lagi, adakah kamu lihat sesuatu yang cacat?
[QS. Al-Mulk: Ayat 3]
Lihat semua bro jawabanya.langit itu ada tujuh dan berlapis lapis.

Langit 7 itu letaknya setelah Bumi Bulan, Matahari,bintang2 dan diatas langit 7 ada Sidratil Muntaha lalu ada Kursi...Surga..Air dan Arsy

saya hanya tau bahwa pengertian tujuh adalah tidak terhingga....

saya setuju dengan diri saya sendiri

terimakasih anda sudah menjawab komen saya,jadi anda di ruang komen ini ibarat dalangnya,terserah mau di batalkan atau dipakan itu terserah karnah anda yang membuat ruang ini, itu yang saya maksud tadi

Pengetahuan manusia itu terbatas ..
Ilmu Allah tidak terbatas..
Apakah mungkin manusia mampu memikir sesuatu yg tidak terbatas ?? ^_^

Alqurkan diturunkan dengan cara luar biasa jadi memahamipun harus dengan cara luar biasa pula.

Angka 7 dalam kebiasaan arab dahulu merupakan jumlah yang tidak tidak terbatas, sama dengan kita mengatakan "kejujuran nomer satu, kalo uang mah nomer delapan" misalnya. Jika ditanya apa saja urutan angka dari nomer 1 sampai nomer 8? Pasti repot menjelaskan.

Sebagai tambahan pengayaan bahasa bahwa angka 7 memang angka yang tidak terbatas sebut saja pahala shalat berjamaah adalah 27 pahala daripada shalat sendirian (ada angka7), pahala yang sangat banyak. Dan masih banyak contoh-contoh lain dalam Alqur'an yang menyebutkan angka 7.

Wallahu a'lam

Ayo..belajar lebih giat lagi..mari berlomba-lomba menuju langit berikutnya....Allah menantang kita golongan jin & manusia dlm Al-Quran Surat Ar-Rohman:33
"Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan"

lah udah mbuang waktu ternyata eh ternyata yang di bahas lapisan atmosfer wah becanda ni yang nulis, kalo lapisan langit itu atmosfer manusia biasa juga bisa malah sering bolak balik. tolonglah kalo bikin bacaan jangan ngasal dan bikin orang bodoh.

suatu saat manusia akan mampu menjelajah langit dan menembus bumi, saat itu manusia memahami ilmu haq

Saya setuju persist dengan Crescent Smile. Dan tambahan lagi di setiap lapisan langit ada Malaikat penjaga pada saat isra'mi'raj

Nyimak z lah dari pada salah komen karna saya belum cukup ilmu

bener komeanan di atas nga masuk akal kan kalo lapisan atmosfer bumi di kategorikan yang di maksud alquran 7 lapis langit ..saya perah dengar dalam suatu acara isro mi raj nabi muhammd bahwa 1 lapis langit bisa di capai oleh manusia dengan 200ribu tahun untuk mencapai langit pertama entah dengan kecepatan seperti apa ..tapi saya meyakini bahwa langit ke satu saja mungkin masih belum bisa ketahui sebab itulah kuasa allah sesab tiada yang tidak mungkin bagi allah dan perlu diingat bahwa seberapa besarnya alam semseta ini dibanding allah adalah seperti satubuah cincin di padang pasir sahara dan cincin itu adalah alam semesta dan padang pasir itu adalah kursinya allah dan bagaikan sebuah cincin di tengah padang pasir juga kursi nya allah di banding arsy nya allah bisa di bilang sesuatu yang tidak mungkin di akal dan nalar manusia hanya allah yang tau segalanya

Tai semuanya...
��

sbenarnya Tuhan itu tdak ada,coba berpikir jngn dng 1 patokan

Aslmkm.wr.wb.
Selama masih ada gugusan bintang: galaxi (yang jumlahnya trilyunan galaxy), maka ia nya masih langit pertama...
(QS Al Buruj ayat 1)

Assalamu'alaikum
Saya nggak setuju dg postingan di atas karena langit ketujuh (al arsyi) tidak dapat dilalui manusia bahkan dalam peristiwa isra' mi'raj diceritakan bahwa malaikat jibril tidak mampu melebihi batas itu yang bisa hanya nabi muhammad SAW sedangkan manusia saat ini pernah mengirim robot ke mars yang jauh diluar atmosfer
Jadi kesimpulannya atmosfer bukanlah langit yang dituliskan dalam al quran tpi langit yaitu berkumpulnya milyaran galaksi yang tidak dapat dijangkau manusia (bahkan hanya melihat dg teleskop) yang itu hanya selapis langit dan masih ada enam langit lain wallahu a'lam bish showab

Asyik juga perdebatan disini.
Berbeda pendapat itu biasa, cuma saja ada aturan main agar tdk membuat sakit hati dan perpecahan, sebaliknya jika yg punya postingan merasa di gurui juga harus berlapang dada sambil mikir mana yg lebih pas. Pembaca yg lain juga bisa mikir sekaligus nambah wawasan & ilmu.
Maka perbedaan bisa jadi indah tanpa perpecahan. Jadikan bahan diskusi aja.
Dlm menterjemahkan Al Quran memang susah2 gampang, ada yg tersurat ada yg tersirat.
7 langit adalah ghoib, sorga dan neraka juga ghoib.
Pengertian ghoib juga luas ... Ada ghoib dan ada makhluk ghoib.
Ghoib tdk bisa dilihat dgn mata kita.
Hanya org2 tertentu / org2 yg dikehendaki yg bisa melihat ghoib.
Utk melihat makhluk ghoib aja susah, harus belajar, tirakat dll apalagi mau melihat ghoib.
Maaf jika keliru

Ternyata gak ada yang menyimak lapisan eksosfer ya? Lapisan itu kan adalah lapisan terluar yang hampa udara,tempat semua galaksi,bintang dan seluruh tata surya emangnya kurang jelas ya...makanya di sebutkan nabi muhammad saw. Perlu melewati ketujuh langit termasuk eksosfer yang membentang luas tempat semua galaksi untuk sampai ke arsy tempat Allah SWT...logika boleh asal kita benar2 simak:)

la haula wala quwwata illa billah
http://dua-perkara.blogspot.com/2012/05/jangan-berbantah-bantahan.html?m=1

Gak perlu bingung. Bumi itu sebenarnya datar guys, bukan bola. Mau saya jelasin tapi panjang banget hehe. Coba belajar dulu tentang bumi datar, jangan judge kepercayaan bumi datar itu gak berpengetahuan, sebelum belajar hal itu terlebih dahulu. Karena semua teori bumi datar ada di internet dan youtube.

Semua hal yang disebutkan al quran tentang kejadian dan fakta alam semesta akan cocok dengan teori bumi datar. Contohnya aja tentang 7 langit ini akan masuk akal dengan teori bumi datar kok. Ada ayat yang menyebutkan bahwa langit itu ditinggikan (bukan diluaskan).

Don't blind believe to NASA, banyak orang2 amerika yahudinya disitu, jangan terima fakta mentahnya aja dari mereka sehingga semua manusia dicuci otak dengan seluruh konsep mereka. Be intelligent but not imagination.

Anak anak ku pinter semua....yok main ke langit tujuh dg sholat tahajud dan sholat subuh

Langit ke7 adalah badan kita mulai dr kulit ari sampai tulang kita..coba hitung pasti ada 7 lapisan..langit pertama di hiasi bintang karna hanya kulit ari yg bs lihat bintang...(yg bc jgn emosi ya islam bukan untuk di perdebatkan islam uda mutlak ke benarannya dan Zat Allah di mana mana ada dan Allah tidak perna kemana mana)...hehehe

argumentasi berdasar paham cocoklogi dipublikasi..
mohon lebih bijak lagi

Back To Top