Tugas Dari Akuntan Pendidik Terlengkap

InfoYunik.com -Kami akan membahas mengenai tugas dari akuntan pendidik terlengkap , yuk simak penjelasan lengkap dan jelasnya pada artikel dibawah ini ya!

Apakah kalian pernah mendengar kata akuntan pendidik? Akuntan mempunyai perbedaan yang sangat tipis dengan Akuntansi.

Akuntan pendidik berhubungan dengan guru ataupun dosen, karena dia bersifat pendidik yang artinya mengajar. Yuk simak penjelasan lebih jelasnya.

Tugas Akuntan

Apa itu Akuntan?

Akuntan pendidik sering kali disamakan dengan akuntansi, padahal pada kenyataannya akuntan dengan akuntasi berbeda.

Akuntan ialah profesi yang mengajarkan para Akuntansi agar menjadi Akuntan yang handal, akuntan pendidik sendiri bisa dibilang seorang guru, dosen ataupun pengajar, bisa dilembaga ataupaun perguruan tinggi.

Pengertian Akuntan Pendidik Menurut Para Ahli

Berbagai macam definisi akuntan pendidik yang dikemuka kan oleh beberapa para ahli, yuk simak pengertiannya:

Restuningdiah

Menurut ahli Restuningdiah, Akuntan pendidik merupakan akuntan yang memberikan jasanya dalam bentuk pengajaran atau pendidikan akuntansi kepada anak murid di perguruan tinggi ataupun lembaga, yang dimana bisa membangun jiwa profesional dalam diri seorang akuntan.

IAI ( Ikatan Akuntan Indonesia )

Menurut pendapat adalah akuntan pendidik merupakan akuntan yang bidangnya sebagai seorang pendidik, yang dimana memiliki tugas untuk mengajar, meneliti, mengembangkan mengenai ilmu akuntasi dan menyusun kurikulum bagi para dosen di perguruan tinggi.

Soemarsi

Menurut ahli Soemarso akuntan pendidik adalah accounting yang bekerja pada bidang pendidikan akuntansi, yang tugasnya adalah menyusun kurikulum bagi dosen, dan melakukan penelitian.

Syarat Akuntan

Ada beberapa syarat untuk menjadi akuntan, apa saja ya? Yuk simak!

Baca Juga:  Jasa SEO Pekanbaru, Tempatkan Produk Anda di Halaman Satu Google

1. Melakukan UNA ( Ujian Nasional Akuntansi ) test tersebut diadakan oleh konsorsium pendidikan tinggi ilmu ekonomi yang sesuai dengan Surat Keputusan Menteri RI pada tahun 1979.

2. Pernah menjadi mahasiswa jurusan akuntansi di fakultas ekonomi dan mendapatkan gelar akuntasi.

Selain syarat, untuk menjadi pengajar akuntan juga harus mempunyai beberapa bidang dan skill yang dikuasai, yaitu:

1. Bisa melakukan alih dalam pengetahuan yaitu ( Transfer of Knowledge) terkait pembelajaran akuntansi kepada anak murid.

2. Menguasai skill tingkat pendidikan yang tinggi dan juga harus menguasai tentang ilmu bisnis, ilmu akuntansi, dan ilmu informasi.

3. Mampu untuk mengembangkan pengetahuan yang dikuasai dengan melakukan sebuah penelitian.

Tugas Akuntan

Berikut ini beberapa tugas dari accounting, yuk simak!

1. Membuat kurikulum ajar tentang akuntansi, sehingga harus bisa menguasai skill pendidikan yang tinggi mengenai dasar – dasar akuntan dan teknologi informasi

2. Harus melakukan transfer of knowledge atau pengalihan pengetahuan kepada anak ajarnya atau anak didik.

3. Membuat penelitian mengenai akuntansi supaya bisa mengembangkan ilmu akuntansi yang akan diajarkan.

Kode Etik Seorang Akuntan Profesional

Di setiap pekerjaan sudah pasti kita mempunyai kode etik, kali ini InfoYunik akan menjelaskan kode etik seorang Akuntan:

Tanggung Jawab

Sebagai Akuntan, harus mempunyai rasa profesionalisme dan bersikap tanggung jawab terhadap profesinya sendiri. Mengapa demikian?

Setiap anggota memiliki peranan yang sangat penting di dalam masyarakat dan mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap jasanya.

Baca Juga:  Rumah Sehat Kunci Kebahagiaan Keluarga

Integritas

Seorang akuntan wajib mempunyai integritas. Jadi sikap jujur dan tegas harus ada dalam diri akuntan yang berhubungan dengan profesionalisme maupun bisnis.

Objektivitas

Akuntan wajib mempunyai objektivitas, untuk mencegah adanya perpecahan, konflik, serta kepentingan dari orang lain.

Kompeten

Seorang akuntan harus mempunyai jiwa yang kompeten dan sungguh – sungguh, akuntan juga mempunyai tugas yang berhubungan untuk menjaga pengetahuan dan skill yang dimiliki.

Dapat di Percaya

Wajib dan harus menjaga kerahasiaan para klien atau customer yang sudah memakai jasa akuntannya, terkecuali jika akuntan sudah mendapatkan izin dari klien yang memakai jasanya.

Kerahasiaan yang wajib dijaga adalah hubunga bisnis profesional antara klien dan akuntan yang tidak boleh dipakai untuk kepentingan pribadi.

Profesional

Seorang akuntan harus bisa bersikap profesional dengan cara mentaati hukum dan peraturan yang telah ditetapkan untuk menghindari tindakan yang dapat mencemari nama baik profesi

Peran Akuntan

Dibawah ini adalah beberapa peran seorang akuntan, apa saja ya perannya? Yuk simak!

Konsep Debet

Konsep debet dan kredit merupakan konsep dasar untuk membuat jurnal umum, yaitu debet dalam jurnal berada di posisi sebelah kiri baris pertama dan kredit berada di posisi sebalah kanan baris kedua

Posting Jurnal ke Buku Besar

Posting jurnal merupakan memindahkan transaksi ke buku besar, masing – masing dari transaksi dicatat pengeluarannya pada buku besar.

Pembuatan Neraca percobaan

Neraca percobaan adalah jenis jurnal yang didalamnya terdapat debet dan kredit sesuai keberlakuannya, dan setiap saldo masing – masing dimasukan ke buku besar, dan dicatat dalam neraca percobaan dan saldo debet maupun kredit akan sama rata

Baca Juga:  Tafsirweb.com, Sarana Belajar Tafsir Alquran Terpercaya

Pembuatan Laporan Keungan

Dalam dunia akuntansi ada yang namanya laporan keungan, ada banyak jenis laporan keuangan dan masing – masing mempunyai peran dalam menghitung saldo perusahaan. Yuk simak jenis laporan keungannya:

1. Neraca

Neraca adalah laporan keungan yang menghitung tentang aset perusahaan, contohnya seperti: aktiva lancar, aktiva tetap dan utang perusahaan.

2. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan yang menghitung harga pokok penjualan yang dibandingkan dengan pendapatan dan pengeluaran, apakah perusahaan mengalami untung atau rugi pada akhir periode.

3. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menghitung adanya penambahan ataupun pengurangan jumlah didalam investasi modal dan terpampang jelas akumulasi laba pada perusahaan.

4. Laporan Arus Kas

Cash flow atau laporan arus kas merupakan laporan yang menghitung transaksi penerimaan didalam kas pengeluaran terhadap pengoperasian dan investasi dari perussahaan.

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tugas dari akuntan pendidik terlengkap, semoga bermanfaat dan berguna ya sobat unik.

Kalian juga bisa membaca artikel lainnya pada web kami, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, dll. Yuk kunjungi web InfoYunik kami dan temukan informasi yang kalian butuhkan.