Kode Bank Mandiri Syariah Terbaru, Ini Cara Transfernya!

Infoyunik.com – Ketika kamu ingin transfer dari bank lain ke bank mandiri syariah, terutama saat akan transaksi di mesin atm, maka kamu harus tahu terlebih dahulu kode bank mandiri syariah terbaru. Kenapa? Karena ini merupakan salah satu syarat yang harus kamu penuhi saat kamu ingin mengirim uang ke beda bank.

Kode bank akan jadi kode identifikasi transaksi buat bank ketika melakukan transaksi berbeda bank. Bukan hanya bank mandiri syariah saja, melainkan setiap bank juga melakukan hal yang sama.

Kamu akan butuh kode bank ini hanya ketika akan melakukan transaksi pengiriman uang melalui mesin atm yang berbeda bank.

Jika kamu transaksi ke sesama rekening bank, maka kamu tidak perlu dan tidak akan membutuhkan kode bank untuk melakukan transaksinya.

Walaupun sekarang bank mandiri syariah sudah merger bersama 2 bank bumn syariah lainnya, tetap saja ketika transaksi, kamu harus menggunakan kode bank mandiri syariah.

Kode Bank Mandiri Syariah Terbaru

Kode mandiri syariah, yang berupa tiga digit angka, sama dengan kode bank-bank lain. Meskipun berada di bawah manajemen yang sama, setiap bank memiliki kodenya sendiri-sendiri. Mandiri syariah dan mandiri konvensional, misalnya, memiliki kode yang berbeda.

Kode bank mandiri syariah adalah 451 dan kode bank Mandiri Konvensional adalah 008. Ketika mentransfer uang ke rekening Mandiri Syariah, kode yang harus dimasukkan adalah 451 bukan 008.

Kamu memasukkan kode ini ke dalam menu transaksi, diikuti dengan nomor rekening bank Mandiri Syariah yang akan dijadikan sebagai nomor tujuan transaksi atau tujuan transfer dana yang dituju.

Jika kamu menggunakan SMS Banking, kode ini akan muncul terlebih dahulu, sebelum nomor rekening bank tujuan transfer. Kode ini diikuti dengan nomor rekening dan jumlah uang yang akan ditransfer.

Jika kamu tidak memasukkan kode bank, transaksi kamu akan gagal. Karena transaksi kamu akan ditolak oleh sistem perbankan.

Sistem transaksi bank tidak akan mengenali rekening yang kamu gunakan sebagai tujuan transfer jika kamu tidak mencantumkan kode bank dalam input transaksi.

Cara Transfer ke Bank Mandiri Syariah Menggunakan ATM

Cara Transfer ke Bank Mandiri Syariah Menggunakan ATM

Untuk melalukan transfer dari rekening bank lain ke nomor rekening mandiri syariah bisa menggunakan beberapa cara tergantung ketersediaan fasilitas rekening bank yang kamu miliki.

Namun umumnya semua bank pasti bisa menyediakan fasilitas transfer menggunakan atm. Sekarang kita akan membahas langkah-langkah yang umumnya bisa di lakukan untuk transfer ke mandiri syariah memalui atm:

1. Cari Gerai ATM Terdekat

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari lokasi atm terdekat.
  • Misalnya, jika kartu atm kamu berlogo mastercard atau visa, kamu dapat melakukan transaksi baik di dalam maupun luar negeri, sedangkan logo GPN (Gerbang pembayaran nasional) memungkinkan kamu hanya melakukan transaksi di dalam negeri.
  • Namun, kali ini kami hanya akan membahas cara transfer uang menggunakan atm di Indonesia. Jika kartu atm kamu berlogo atm Bersama, kamu dapat menggunakan atm dari bank mana pun untuk melakukan transaksi ke bank lain atau antar bank.
  • Jaringan atm Bersama saat ini memiliki sekitar 94 bank sebagai anggota. Periksa apakah logo ATM Bersama ada di belakang kartu atm kamu.
  • Jika kamu menjawab ya, kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak dapat menemukan ATM dari bank kamu.
  • Kamu bisa menggunakan atm mana saja asalkan biaya admin transfernya sama di setiap bank, yaitu rata-rata Rp. 6500 rata-rata. Namun, ada beberapa bank yang membebaskan biaya ini.

2. Masukan Kartu ATM kamu dan Tunggu Beberapa Saat

  • Masukkan kartu atm kamu sekali di dalam bilik atm. Jangan paksakan kartu atm ke dalam slot mesin ATM jika tidak dapat dimasukkan.
  • Periksa apakah posisi kartu sudah benar atau belum. Simbol petunjuk biasanya ditemukan di dekat chip emas atau perak pada beberapa kartu atm.
  • Atau, masukkan kartu dengan chip menghadap ke depan dan jari telunjuk kamu menyentuh garis hitam panjang di bagian belakang kartu.
  • Jika posisinya benar, mesin akan secara otomatis memasukkan kartu ATM kamu. Setelah beberapa saat, mesin akan membaca kartu atm kamu. Layar akan menampilkan langkah selanjutnya jika jaringan dan mesin ATM tidak mengalami masalah.

3. Pilih Bahasa Untuk Proses Transaksi

  • Mesin ATM akan meminta kamu untuk memilih bahasa yang akan kamu gunakan untuk melakukan transaksi.
  • Biasanya ada dua pilihan: “Bahasa indonesia” dan “Bahasa inggris.” Pilihlah berdasarkan preferensi pribadi kamu.
  • Untuk memilih, tekan tombol di sisi kanan layar mesin ATM atau, jika mesin ATM memiliki teknologi layar sentuh, tekan menu langsung di layar.
Baca Juga:  Cara Bayar Pbb Online Terbaru dan Mudah

Masukan Nomor PIN ATM Sesuai Perintah yang Tertera di Layar ATM

4. Masukan Nomor PIN ATM Sesuai Perintah yang Tertera di Layar ATM

  • Kamu kemudian akan diminta untuk memasukkan PIN ATM kamu, yang biasanya berupa 6 digit angka. Jika kamu yakin, pilih menu “Correct”.
  • Masukkan pin atm dengan hati-hati, karena jika kamu salah memasukkan kode PIN kurang lebih tiga kali, maka kartu ATM kamu akan terblokir, dan kamu harus ke kantor cabang untuk membuka blokirnya.
  • Jika kamu tidak yakin dan ingin mengulang nomor pin, tekan tombol “Clear” pada mesin ATM, atau “Cancel” jika kamu ingin mengeluarkan kartu terlebih dahulu.

5. Pilih Menu Transfer ke Bank Lain

  • Ada beberapa ATM yang memiliki perbedaan kecil dalam menu transfer ke bank lain, tetapi hal ini tidak menjadi masalah karena perbedaannya kecil.
  • Untuk memulainya, tekan menu “Transaksi lainnya” lalu menu “Transfer” untuk mengakses menu transfer ke bank lain. Setelah itu, kamu bisa langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Namun, pada ATM lain, kamu harus memilih menu “Transfer” terlebih dahulu, kemudian menu “Online antarbank”. Terakhir, ada yang mengharuskan kamu memilih “Ke rekening bank lain” dari menu “Transfer”.
  • Kata-kata yang digunakan oleh mesin ATM mungkin berbeda, tetapi makna yang mendasarinya sama: transfer ke bank lain.
  • Agar kamu tidak bingung jika kamu menekan kata yang berbeda di ATM lain, kuncinya adalah menemukan menu transfer terlebih dahulu.

6. Masukan Kode Bank Mandiri Syariah dan Nomor Rekening Tujuan

  • Jika kamu sudah masuk ke menu transfer ke bnk lain, kamu harus mengisi kolom kode transfer Mandiri Syariah serta nomor rekening tujuan.
  • kamu sudah mengetahui kode transfer bank mandiri syariah 451? Sebagai contoh, perhatikan hal berikut ini: 4517755443322. Kemudian, pilih menu “Benar”.
  • Pastikan nomor rekening tujuan sudah benar. Nomor rekening Mandiri Syariah biasanya terdiri dari sepuluh digit.
  • Jika kamu tidak yakin dan ingin mengubah nomor rekening, tekan tombol “Clear” pada mesin ATM. Kemudian, masukkan kembali nomor rekening tujuan dan klik “Benar.”

7. Masukan Nominal Uang yang Ingin di Transfer

  • Jika kamu sudah memasukkan kode transfer mandiri syariah dan nomor rekening tujuan, sekarang kamu harus memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer dan tekan “Benar”.
  • Nominal tersebut biasanya dinyatakan dalam satuan Rupiah (Rp). Jika kamu ingin menarik uang dalam mata uang lain dari ATM, biasanya kamu harus mendaftar program tertentu berdasarkan kebijakan bank yang kamu pilih.
  • Pastikan jumlah uang yang ingin kamu transfer dimasukkan dengan benar. Karena tidak ada jaminan bahwa kesalahan nominal akan diperbaiki setelah struk transaksi dicetak.
  • Saat mentransfer uang, baik itu terlalu banyak atau terlalu sedikit sesuai dengan kepentingan kamu sendiri. Alhasil, jika kamu menemukan kesalahan pada nominal, kamu bisa menghapusnya dengan menekan tombol “Clear” dan mengulangi langkah sebelumnya.

8. Konfirmasi Kembali Identitas dan Jumlah Transfer

  • Setelah kamu memasukkan kode, nomor rekening Mandiri Syariah, dan jumlah uang yang akan dikirim, layar akan menampilkan notifikasi konfirmasi.
  • Notifikasi tersebut akan berisi nama dan nomor rekening penerima, nomor referensi, jumlah uang yang ditransfer, dan biaya transaksi. Ini adalah kesempatan terakhir kamu untuk memeriksa ulang bahwa semuanya sudah benar.
  • Jika sudah benar, pilih menu “Correct”; namun, jika masih ada yang perlu diperbaiki, tekan tombol “Cancel”; namun, kamu harus mengulangi langkah-langkah dari awal.

9. Silahkan Tunggu Struk Transaksi dan Keluarkan Kartu ATM dari Mesin

  • Transaksi kamu akan diproses dalam beberapa detik jika kamu telah mengkonfirmasi semua data transaksi dan mengklik menu “Benar”.
  • Struk transaksi secara otomatis tercetak di beberapa ATM, tetapi kamu dapat memilih untuk mencetaknya atau tidak di ATM lain.
  • Setelah struk, layar mesin ATM akan meminta kamu untuk melanjutkan atau membatalkan transaksi.
  • Jika kamu tidak ingin melakukan transaksi lagi, pilih “Tidak,” dan kartu ATM akan ditarik secara otomatis.
  • Pastikan kartu ATM kamu tidak tertinggal di mesin ATM untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan. Karena ada banyak kasus kartu ATM tertinggal setelah transaksi uang berhasil atau setelah mesin mencetak struk karena orang terburu-buru.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar kode bank mandiri syariah terbaru, yakni:

Baca Juga:  Cara Bayar Paylater Gojek dan Mengaktifkannya

Bank Mandiri Syariah Kodenya Apa?

Setelah selesainya masa integrasi, kode bank syariah indonesia (eks mandiri syariah, BRI syariah, dan BNI syariah) akan secara resmi bergabung dan menggunakan kode “451”.

Hasilnya, proses identifikasi transaksi seharusnya lebih sederhana dan cepat, dengan potensi kesalahan transaksi yang lebih sedikit.

Berapa Angka Bank Mandiri Syariah?

Dari tiga digit angka acak ini, kode khusus bank syariah mandiri adalah 451.

Apakah Harus Menambahkan Kode Transfer ke Mandiri Syariah?

Saat ini, semua bank di Indonesia memiliki kode transfer sendiri-sendiri untuk memfasilitasi transfer antar bank, termasuk ke Bank Mandiri Syariah. Namun, jika kamu ingin mentransfer dana ke rekening Mandiri Sayariah lain, kamu tidak memerlukan kode transfer.

BACA JUGA:

Daftar Kode Bank Syariah Indonesia dan Cara Transfernya
Cara Daftar Internet Banking Bri di Https Ib Bri Co ID
Cara Membuat Internet Banking BCA

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa kode bank mandiri syariah terbaru ini merupakan transaksi secara mudah dan lancar.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.