Jenis Bisnis Online Yang Menghasilkan Uang

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai jenis bisnis online yang menghasilkan uang ,yuk simak penjelasan lengkap pada artikel yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Belakangan ini, banyak sekali bisnis atau usaha online menjadi salah satu trend baru dalam dunia perbisnisan dan juga niaga.

Banyak dari masyarakat indonesia yang sudah banyak menekuni dunia bisnis online, tetapi ada juga banyak orang yang ingin mencoba bisnis online tapi tidak tahu memulai dari mana.

Bahkan banyak yang tidak mengetahui banyak soal bisnis online.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai bisnis online, yuk simak ulasannya!

Apa itu Bisnis Online
by: pexels @fauxels

Apa itu Bisnis Online?

Banyak sekali definisi bisnis online, dan setiap definisi mempunyai arti yang berbeda.

Tetapi secara mendasar ini didefinisikan menjadi suatu kegiatan bisnis jual beli barang dan jasa, yang dilakukan atau dilibatkan oleh sarana media online.

Atau jika ingin lebih singkatnya adalah, jual beli barang dan jasa yang dipasarkan secara online melalui media internet atau marketplace.

Jenis Bisnis Online

Berikut beberapa jenis bisnis online yang perlu kamu ketahui:

1. Jual Barang dan Jasa

Jenis bisnis online yang pertama adalah jenis usaha online yang sangat menguntungkan, mengapa demikian? Jika kamu punya jasa atau suatu produk sendiri yang siap untuk dipasarkan. Kamu cukup dengan hanya belajar mempromosikan lewat media online.

Beda Jenis Barang dan Jasa Beda Juga Media Promosinya

Banyak sekali ditemukan kasus dimana banyak dari mereka yang mempunyai produk dan jasa tapi mereka tidak tahu bagaimana cara promosi produk tersebut.

Contoh media atau sarana promosi online:
  1. Google Ads
  2. Facebook Ads atau Instagram Ads
  3. SEO
  4. Google My Business
  5. Marketplace

Nah secara teknis kamu bisa langsung mempromosikan produk dan jasa menggunakan sarana dan media mana pun yang kamu sukai.

Berikut Contoh Sederhana Bisnis Online Menjual Produk

Jika kamu memproduksi pernak pernik seperti gelang, kalung, atau aksesoris, maka fashion toko online akan cocok untuk kamu.

Kamu bisa membuat akun marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan masih banyak lagi marketplace lainnya yang bisa kamu buat.

Misalnya kamu adalah seorang pengusaha gorden, maka kamu bisa membuat website sebagai media promosi, dengan cara mempromosikan website kamu dengan menggunakan bantuan Google Ads.

Ini merupakan cara yang banyak atau sering dilakukan para pembisnis untuk mendapatkan klien – klien.

Penggunaan media sosial sendiri contohnya seperti Facebook dan Instagram juga sangatlah efektif, terlebih lagi dalam urusan menjual produk – produk tertentu. Seperti perlengkapan make up dan kecantikan.

Jadi jika kamu masih bingung dengan beberapa jenis usaha, kamu cocokan mana media atau sarana yang pas untuk kamu mempromosikan produk tersebut.

Contoh Bisnis Online Sebagai Penyedia Jasa:

Untuk poin yang kedua hampir mirip dengan jual beli barang, tetapi untuk promosi lewat jasa sepertinya akan menjadi lebih sederhana dan tidak terlalu rumit, karena kamu tidak perlu stok atau produksi barang untuk persediaan customer.

Nah jika kamu adalah seorang design grafis, maka kamu bisa mempromosikan jasa kamu lewat website – website freelance, seperti Upwork, Fiverr, dll.

Atau kamu juga bisa membuat blog portofolio, itu termasuk cara yang mudah.

Dan jika kamu mempunyai jasa perawatan untuk kolam renang, kamu bisa mempromosikannya hanya dengan lewat website yang diiklankan.

2. Affiliate atau Makelar Online

Jenis bisnis online yang kedua ini hampir sama seperti produk jasa, yang dimana kamu tidak perlu membutuhkan barang dalam mempromosikan hal tersebut. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi sobat.

Baca Juga:  Inilah Mobil Tempur Buatan Indonesia Berkelas Dunia

Salah satu jenis bisnis online, yang banyak sekali dijalankan oleh beberapa pakar – pakar dunia online adalah Affiliate.

Apa itu Affiliate

Apa itu Affiliate?

Banyak dari mereka yang belum mengetahui mengenai Affiliate, nah Affiliate ini adalah seseorang yang melakukan promosi produk dan jasa orang lain hanya dengan lewat sosial media online.

Nah jika terjadi atau dilakukannya sebuah penjualan lewat media online milik orang tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi.

Jadi hanya dengan berbisnis online afiliasi, banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilannya secara rutin dengan jumlah yang lumayan.

Dan jika dipehatikan memang bisa ada penurunan komisi yang diterima dari bulan ke bulan.

Afiliasi Dalam dan Luar Negeri

Banyak produk atau jenis afiliasi dilaur negeri. Produk dan jasa ini diluar negeri juga sangatlah beragam.

Sedangkan di Indonesia jenis-jenis pada afiliasi belum terlalu banyak, meskipun sudah lumayan banyak dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Bahkan beberapa marketplace atau e- commcerce besar dan terkenal seperti Lazada, Tokopedia, BliBli, dan juga menyiapkan program afiliasi.

Artinya adalah jika seseorang membeli sebuah produk handphone di marketplace di Lazada.co.id lewat link affiliasi dan kamu akan mendapatkan komisi.

Semakin banyak barang yang dipromosikan maka semakin banyak dengan yang membeli lewat link maka semakin banyak juga penghasilan yang akan kamu dapatkan

3. Blogging dan Adsense

Jenis bisnis online yang ketiga adalah jenis bisnis online yang bisa dibilang susah – susah gampang. Menjadi blogger dan rutin menulis, ternyata bisa menjadi sumber penghasilan kamu loh sobat. Dan Bagaimana cara kerjanya? Yuk simak ulasannya

Cara Kerja Bloggger

Bagaimana sih cara kerja seorang blogger supaya bisa mendapatkan adsense? Secara sederhana, google akan menampilkan iklan- iklan yang ada pada blog kamu.

Nah ketika seseorang tertarik dan mengklik iklan tersebut, iklan itulah yang akan menjadi pendapatan untuk kamu.

Kamu hanya perlu melakukan pencarian pengunjung yang banyak untuk mengunjungi blog kamu.

Semakin banyak pengunjung ke blog yang kamu buat, maka semakin banyak pula iklan – iklan yang akan di klik. Jika banyak iklan yang diklik maka pendapatan mu akan terus menerus bertambah.

Tetapi sebelum itu ada hal yang harus kamu perhatikan, yaitu kamu diharus kan untuk mendaftar ke program Google Adsense sebelum permintaan kamu disetujui untuk ditampilkan iklan oleh pihak Google Adsense.

4. Creative Digital Stock Market

Banyak yang belum mengtahui mengenai apa itu stock market. Stock market adalah sebuah pasar yang dimana kita bisa menjual footage dan template design.

Dimulai dengan post card, logo, font, foto, video, template power point, theme website, dan lain – lain.

Ada banyak Marketplace yang bisa kamu temui dan daftar untuk menjual desain, foto, dan properti kreatif kamu yang lainnya.

Contohnya seperti ShutterStock, CreativeMarket, Freepik, dll.

Misalkan sebuah perusahaan desain butuh jenis – jenis font tertentu yang tidak pasarkan yang akan mereka untuk mempromosikan brosur, flyer, website dan beberapa media promosi.

Dan mereka akan membeli sebuah font dari stock market yang ada.

Nah selain itu sebuah desain bisa di beli berkali – kali oleh customer yang berbeda beda.

5. Selebgram atau Influencer Online

Jika kamu adalah seseorang yang gaul dan eksis, perlu kamu ketahui bahwa hobi kamu itu bisa menghasilkan sebuah adsenses loh, hanya dengan menjadi selebgram atau influencer kamu bisa menghasilkan uang.

Cara Menjadi Influencer

Jika kamu mempunyai akun Instagram yang menarik, yang dilengkapi dengan posingan yang banyak dan unik serta followers yang banyak maka akan ada vendor – vendor yang ingin beriklan di akun Instagram kamu.

Baca Juga:  Samsung Galaxy Note 5, Teknologi Bermutu Di Ujung Kuku

Kamu bisa memasang harga mulai dari Rp 200.000 – Rp 2.000.000, dan itu tergantung pada jumlah followers yang kamu miliki karena untuk endorsment, dihitung dari berapa postingan kamu untuk memostingkan iklan tersebut.

6. Content Creator di Youtube

Jika berbicara soal content creator biasanya pembahasannya pun tidak terlalu jauh mengenai YouTube.

Meskipun istilah pada content creator tidak lagi asing jika dihubungkan dengan YouTube, tetapi saat ini tidak hanya YouTube, kini content creator bisa ditujukan juga untuk platform – platform yang lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan banyak kegiatan sehari – sehari kamu untuk bisa dijadikan konten dalam channel YouTube, contohnya seperti video tutorial, video DIY, video make up, video prank, video travelling,dll. ┬áItu merupakan berbisnis dalam bidang Content Creator.

Bagaimana Sumber Penghasilannya?

Pendapatan yang dihasilkan oleh YouTube, terbagi menjadi 2 yaitu penghasilan dari Google Adsenses. Sistem google ini akan menampilkan iklan – iklan divideo yang kamu putar secara otomatis.

Kemudian sumber pendapatan yang kedua berasal dari endorsment, seperti contoh jika kamu mempunyai channel mengenai make up.

Nah kamu bisa mempromosikan atau mereview beberapa produk kecantikan mereka, dan tentu setelah itu kamu akan mendapat bayaran dari endorsment.

Perlu kamu ketahui semakin banyak subscribe dan views video maka akan semakin banyak penghasilan kamu dari jenis bisnis online.

Freelancer Online

7. Freelancer Online

Freelancer sebenernya hampir mirip dengan menjual jasa sendiri, hanya saja perbedaannya adalah pasarnya tidak hanya pasar lokal, namun internasional dan semua komunikasi dengan klien yang dilakukan secara online.

Banyak sekali website – website freelance contohnya seperti Fiveer dan Upwork, dimana kamu bisa mendaftar menjadi seorang yang ahli dan profesional di dalam bidang kamu.

Begitu banyak jenis kategori keterampilan yang bisa kamu pilih sesuai dengan bidang dan ahli kamu. Jika kamu mempunyai beberapa bidang dan ahli yang kamu bisa, cobalah untuk daftarkan diri kamu untuk membuka jasa Freelancer Online.

FAQ

Berikut pertanyaan mengenai jenis usaha online

Berapa Subscribe untuk mendapatkan uang dari youtube?

Jika ingin mendapatkan keuntungan di YouTube kamu harus bisa mencapai kurang lebih 1.000 subscriber. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan Galeri Merchandise maka kamu harus berusia 18 tahun terlebih dahulu dan sudah mempunyai 10 ribu subscriber.

Apakah TikTok bisa menghasilkan uang?

Untuk bisa menghasilkan uang, akun TikTok kamu harus mencapai 1.000 followers. Dan kamu akan mendapatkan kurang lebih USD2 yang bila dirupiahkan berkisar Rp28.000 setiap postingannya.

Produk apa yang laku dijual online?

Berikut ini dalah beberapa produk untuk jualan online yang banyak peminatnya:

  1. Menjual Pakaian Anak-Anak.
  2. Menjual Fashion Wanita.
  3. Menjual Pakaian Muslim.
  4. Menjual Peralatan Ibadah.
  5. Menjual Produk Kesehatan.
  6. Menjual Produk Perawatan dan Kecantikan.

BACA JUGA:

Cara Membaca Rekening Koran dan Kegunaanya
Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Seller Paling Mudah
Cara Tarik Tunai Gopay Tanpa Kartu ATM BCA

Kesimpulan

Demikian lah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai jenis bisnis online yang menghasilkan uang , semoga bermanfaat dan berguna ya sobat unik!

Kalian juga bisa membaca artikel kami yang lainnya pada website InfoYunik, ada beberapa kategori yang bisa kamu temui seperti Daftar Harga, Review , Info Yunik, Tips, Teknologi, dll. Yuk kunjungi website kami dan temukan informasi yang kamu butuhkan.