Syarat dan Cara Membuat Npwp Online di Hp

Infoyunik.com – Ketika kamu ingin membuat npwp secara online kamu harus tau syarat dan cara membuat NPWP di hp ya sobat unik. NPWP wajib dimiliki oleh masyarakat baik warga negara indonesia (WNI) maupun warna negara asing (WNA) yang memiliki penghasilan tetap wajib pajak tahunan.

Npwp ini ada dua jenis yakni npwp pribadi dan npwp badan. NPWP pribadi wajib dimiliki oleh masyarakat yang memiliki penghasilan tetap di indonesia.

Sedangkan NPWP badan dimiliki oleh perusahaan yang memiliki penghasilan tetap di indonesia. Untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Syarat Membuat Npwp Secara Online

Berikut ini adalah beberapa syarat membuat NPWP secara online yang perlu kamu ketahui:

1. Orang Pribadi yang Tidak Menjalankan Usaha

  • Untuk warga negara Indonesia, fotokopi ktp.
  • Untuk orang asing, salinan paspor dan kartu izin tinggal sementara atau permanen diperlukan.

2. Orang Pribadi yang Menjalankan Usaha

  • Untuk warga negara Indonesia, diperlukan fotokopi ktp. Untuk orang asing, diperlukan fotokopi paspor dan kitas atau kitap.
  • Surat pernyataan bermaterai yang menguraikan aktivitas perusahaan dan lokasinya.
  • Surat pernyataan tertulis atau elektronik dari penyedia layanan aplikasi online yang menjelaskan hubungan kamu dengan penyedia layanan aplikasi online.

3. Perempuan yang ingin Melaksanakan Hak dan Kewajiban Pajak Terpisah Dari Suami

  • Untuk warga negara Indonesia, salinan kartu identitas mereka.
  • Untuk orang asing, salinan paspor dan kitas atau kitap diperlukan.
  • Salinan kartu NPWP suami.
  • Jika pasangannya adalah orang asing, diperlukan dokumen perpajakan asing. salinan kartu keluarga.
  • Salinan surat nikah.
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan kesediaan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan secara terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.
  • Surat pernyataan bermaterai dari pemohon yang merinci kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang dilakukan serta lokasi kegiatan usaha atau pekerjaan bebas tersebut.
  • Surat pernyataan tertulis atau elektronik dari penyedia layanan aplikasi online yang menjelaskan hubungan kamu dengan penyedia layanan aplikasi online.

Cara Membuat Akun Npwp

Cara Membuat Akun Npwp

Berikut ini adalah cara membuat akun NPWP yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Buka situs web pajak.go.id dan klik “Pendaftaran NPWP” di halaman utama.
  • Pilih opsi registrasi, lalu masukkan alamat email aktif dan kode captcha yang disediakan, lalu klik “Daftar.”
  • Tautan verifikasi akan dikirim melalui email ke alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya. Untuk mengaktifkan akun kamu, klik tautan tersebut.
  • Isi informasi pribadi kamu secara menyeluruh dan hati-hati setelah mengaktifkan akun kamu.
  • Klik “Daftar,” dan akun NPWP kamu dibuat.

Cara Mendaftar Npwp Online di Hp

Setelah kamu mempersiapkan syarat-syarat di atas sesuai jenis dan kategori NPWP, berikut ini adalah cara membuat NPWP Online di Hp yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  1. Buka browser seluler kamu dan buka ereg.pajak.go.id.
  2. Pilih opsi “Daftar akun”, lalu masukkan alamat email dan kata sandi kamu saat ini.
  3. Setelah itu, kamu akan mendapatkan email dengan tautan untuk mengaktifkan akun kamu.
  4. Klik link tersebut untuk mengaktifkan akun kamu, kemudian coba check in dengan e-mail dan password yang sebelumnya kamu gunakan.
  5. Kamu kemudian akan dikirim ke halaman pendaftaran, yang mencakup formulir pendaftaran NPWP. Isi formulir pendaftaran secara lengkap, cermat dan akurat berdasarkan kriteria yang kamu siapkan.
  6. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik “Daftar.” Kantor pelayanan pajak akan menangani formulir pendaftaran tersebut.
  7. Jika kantor pelayanan pajak menemukan kebenaran informasi pada formulir pendaftaran NPWP, maka status pendaftaran akan ditampilkan pada halaman utama website Ereg Pajak. Kemudian, di bawah status pendaftaran, klik tombol kirim token setelah memasukkan captcha dan memilih opsi “Kirim”.
  8. Token kemudian akan dikirimkan ke alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar sebelumnya.
  9. Salin token tersebut dan tempelkan ke menu token situs web Ereg Pajak. Setelah itu, kamu akan diberikan kode unik untuk digunakan saat mengajukan permohonan NPWP.
  10. Jika pengajuan NPWP online wajib pajak diterima, maka npwp akan dikirimkan ke alamat wajib pajak.

Npwp Online Bermasalah

Pengertian Wajib Pajak Dalam Negeri dan Luar Negeri

Wajib pajak orang pribadi diklasifikasikan menjadi dua kelompok berdasarkan kriterianya yaitu wajib pajak dalam negeri dan wajib pajak luar negeri.

Wajib pajak orang pribadi didefinisikan sebagai subjek pajak dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan Nomor 36 Tahun 2008.

Orang pribadi yang bertempat tinggal dan menetap di Indonesia, orang yang berada di Indonesia lebih dari 183 hari dalam satu tahun kalender.

Dan orang yang berada di Indonesia lebih dari 183 hari dalam satu tahun kalender dianggap sebagai wajib pajak dalam negeri.

Wajib pajak luar negeri digunakan sebagai subjek pajak luar negeri berdasarkan Undang-Undang Pajak Penghasilan Nomor 36 Tahun 2008.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Orang yang tidak bertempat tinggal di Indonesia lebih dari 183 hari dalam setahun dan menjalankan usaha atau melakukan kegiatan bentuk usaha tetap atau BUT di Indonesia.

Dan orang yang tidak bertempat tinggal di Indonesia lebih dari 183 hari dalam setahun dan menerima penghasilan dari Indonesia melalui kegiatan bentuk usaha tetap (BUT) di Indonesia, dianggap sebagai Wajib Pajak Luar Negeri.

Jenis-Jenis NPWP

Jenis-Jenis NPWP

NPWP Pribadi dan NPWP badan adalah dua bentuk NPWP. NPWP Pribadi adalah jenis NPWP yang tersedia untuk semua orang yang menghasilkan uang.

Sementara NPWP badan diberikan kepada organisasi atau perusahaan korporasi yang menghasilkan pendapatan. NPWP Pribadi dan NPWP Perusahaan dibagi lagi menjadi berbagai kategori:

1. Pribadi

  1. Pribadi: diberikan kepada pembayar pajak lajang dan pasangan yang menjadi kepala rumah tangga.
  2. Hidup terpisah: diberikan kepada wanita yang sudah menikah yang dikenakan pajak secara terpisah sebagai akibat dari hidup terpisah atau perceraian sebagaimana ditentukan oleh pengadilan.
  3. Properti terpisah: diberikan kepada suami dan istri yang dikenakan pajak secara terpisah sebagai hasil dari surat wasiat tertulis yang mencakup perjanjian untuk memisahkan properti dan pendapatan.
  4. Pemilihan terpisah: diberikan kepada wanita yang sudah menikah yang tidak memenuhi kriteria untuk hidup terpisah atau pemisahan harta. Wanita yang dikenakan pajak secara terpisah karena mereka lebih memilih untuk menggunakan hak yang berbeda dan memenuhi kewajiban pajak yang berbeda dari pasangan mereka.
  5. Warisan yang tidak terbagi: NPWP adalah organisasi tunggal bebas pajak yang menggantikan atau menggantikan mereka yang berhak atau ahli waris.

2. Badan

  1. Badan: istilah yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan orang atau uang yang berfungsi sebagai satu kesatuan, baik yang melakukan bisnis maupun tidak.
  2. Operasi bersama: diberikan kepada jenis operasi bersama yang memberikan produk atau jasa kena pajak dengan nama jenis operasi bersama.
  3. Kantor perwakilan asing: diberikan kepada wajib pajak perwakilan asing atau kantor perwakilan perusahaan asing.
  4. Bendahara: gelar yang diberikan kepada bendahara pemerintah yang bertanggung jawab untuk membayar gaji, honorarium, tunjangan, upah, dan pembayaran lainnya. Mereka juga berkewajiban untuk memotong atau memungut pajak.
  5. Diberikan kepada empat wajib pajak bisnis sebelumnya yang melakukan pembayaran dengan cara apa pun yang relevan dengan pelaksanaan suatu kegiatan.

Npwp Online Bermasalah

Npwp Online Bermasalah

Pendaftaran npwp secara online ini bukan tidak mungkin untuk memiliki resiko yang gagal. Ada wajib pajak yang tidak berhasil buat NPWP, ada pula juga yang mengalami registrasi di tolak.

Sebagian lainnya bahkan mengalami NPWP atau tidak sampai ke alamat tempat tinggal, kalau sudah begini bagaimana solusinya? Berikut ini adalah solusinya:

1. Gagal Daftar

Wajib pajak bisa saja gagal mendaftar NPWP secara online karena berbagai alasan, termasuk alamat email yang tidak aktif, alamat tempat tinggal yang tidak sesuai dengan ktp, memasukkan kombinasi kata sandi yang salah, gagal memperbarui ktp dan kk dan gagal memenuhi persyaratan untuk mendapatkan NPWP.

Jika sekiranya mengalami kegagalan karena salah satu dari beberapa sebab diatas, ada sedikit tips untuk dapat menghindarinya, diantaranya adalah:

  • Gunakan akun email yang masih aktif dan sering digunakan untuk komunikasi.
  • Lengkapi formulir dengan informasi yang akurat dan sesuai dengan ktp.
  • Saat mendaftar, pastikan ktp dan kk telah diperbarui.
  • Pastikan apakah wajib pajak telah memenuhi syarat-syarat pengajuan NPWP.

2. Registrasi Ditolak

Sistem dan otoritas pajak dapat menolak pendaftaran NPWP wajib pajak. Jika kamu mendapatkan penolakan tersebut, alasannya dapat langsung diketahui dari pemberitahuan tersebut.

Secara umum, alasannya sama dengan tidak mendaftar, seperti data yang tidak sesuai dengan KTP, kurangnya berkas atau surat-surat krusial yang mendukung kriteria, atau bahkan tidak melengkapi persyaratan pengajuan NPWP.

Untuk dapat melakukan prosedur pendaftaran NPWP ulang, silakan ikuti petunjuk yang diberikan dalam pemberitahuan tersebut.

3. NPWP Belum Sampai, Hilang, atau Rusak

Setelah melakukan pendaftaran online dengan benar, wajib pajak tinggal menunggu NPWP dikirimkan kepada mereka.

Namun, jika NPWP rusak saat diterima, jika tidak diterima dalam jangka waktu yang ditentukan, atau jika kartu hilang di jalan, wajib pajak dapat melakukan registrasi ulang NPWP di kantor pelayanan pajak setempat untuk mendapatkan NPWP baru.

Fungsi Npwp Bagi Wajib Pajak

Jika kamu belum tahu ternyata ada fungsi npwp. Inilah fungsi npwp bagi wajib pajak yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  1. Masyarakat yang sudah bekerja dan berpenghasilan seharusnya sudah mengetahui NPWP. Namun, bagi yang belum terbiasa, NPWP adalah urutan nomor seri yang digunakan sebagai tanda pengenal dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.
  2. NPWP diwajibkan bagi setiap wajib pajak yang hendak melakukan transaksi perpajakan seperti membayar dan melaporkan pajak. Bahkan, wajib pajak yang diwajibkan untuk mendapatkan NPWP tetapi gagal melakukannya dapat menghadapi tuntutan pidana.
  3. Karena sistem perpajakan Indonesia adalah self assessment, maka kewajiban NPWP itu ada. Tanggung jawab wajib pajak untuk melaporkan sendiri jumlah pajak yang harus dibayarkan dari penghasilan yang diperoleh merupakan inti dari sistem ini.
  4. Npwp diperlukan dalam skenario ini karena berfungsi untuk mengetahui identitas wajib pajak yang sebenarnya, menjaga ketertiban pembayaran pajak, dan pengawasan administrasi perpajakan.
  5. NPWP berfungsi untuk mengurangi kemungkinan penghindaran pajak dan menjamin administrasi pajak yang tepat.
Baca Juga:  3 Cara Beli Pulsa di M Banking BCA dengan Mudah

Tutorial Cara Membuat Npwp di Hp

Sumber YT Riri Fajrh

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara membuat NPWP online di Hp, yakni:

Apakah Bisa Daftar Npwp Online Lewat Hp?

Perorangan dan badan usaha di Indonesia wajib memiliki NPWP. Mendaftar NPWP secara online di ereg. pajak.go.id. NPWP merupakan prasyarat untuk membuat paspor, pengajuan kredit, dan layanan publik lainnya, selain sebagai salah satu cara administrasi perpajakan atau acuan untuk membayar pajak.

Apa Nama Aplikasi Untuk Membuat NPWP Online?

Aplikasi program e-Registration dapat digunakan untuk membuat NPWP (Nomor pokok wajib pajak).

NPWP Untuk Apa Sih?

NPWP ini digunakan untuk mengidentifikasi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Selain sebagai tanda pengenal wajib pajak, NPWP juga berfungsi untuk memastikan kepatuhan pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.

BACA JUGA:

Pengertian Pajak Pusat Dan Fungsinya
Cara Bayar Pajak Motor Secara Online
Cara Menggunakan BPJS Kesehatan untuk Operasi

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara membuat NPWP online di hp yakni mulai dengan membuat akun di laman tersebut, kemudian mengisi formulir pendaftaran dan mengirim dokumen persyaratan secara online.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.