10+ Cara Menambah Penghasilan Tambahan Melalui Hp

Infoyunik.com – Cara menambah penghasilan tambahan melalui internet sebenarnya ada banyak sekali dan hampir semuanya cukup mudah untuk kamu coba di era digital sekarang ini. Dunia online juga membuka banyak sekali peluang bagi kamu.

Untuk cari uang lewat internet atau mendapatkan penghasilan tambahan online. Dan jika hanya mengandalkan gaji utama, belum tentu cukup untuk mengcover semuanya. Sehingga inilah yang mau tidak mau.

Kamu perlu mencari penghasilan tambahan agar kebutuhan sehari-hari kamu terpenuhi dengan baik. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Menambah Penghasilan Tambahan

Cara Menambah Penghasilan Tambahan

Semua detail ini nanti kita akan jelaskan dibawah ini untuk membantu kamu memahami semua prosesnya. Berikut ini adalah cara menambah penghasilan tambahan melalui Hp yang perlu kamu ketahui, diantaranya yakni:

1. Jualan Foto dan Video Online

Kalau kamu suka foto-foto atau merekam video cobalah kamu jual foto online atau konten lainnya untuk cari uang online dari hoby ini. Sambil menyelam minum air, kamu bisa menjelankan hobi sambil mendapatkan penghasilan sampingan.

Banyak bisnis dan pengusaha menginginkan materi stok untuk upaya pemasaran, periklanan dan situs web mereka. Pembeli ini terus mencari informasi dan sudut pandang baru dan berbeda untuk membantu bisnis mereka mendapatkan lebih banyak klien.

Kamu dapat membuat situs web fotografi dan menjual foto-foto di dalamnya. Kamu juga dapat bergabung dengan pasar lain dan mengirimkan barang digital.

Mengapa kamu membutuhkan situs web? Tujuannya adalah agar kamu dapat memperkenalkan dan mempromosikan merek kamu sendiri. Kamu bisa cobala situs web ini untuk menjual gambar dan film dan menghasilkan uang secara online:

  1. Shutterstock: Menyediakan beberapa tingkat pendapatan tergantung pada jumlah unduhan.
  2. Kredit foto: Getty Images Royalti berkisar dari 15% hingga 45%, tergantung pada kesepakatan eksklusivitas lisensi.
  3. VideoHive: Sebagai bagian dari ekosistem Envato, ada platform untuk film dan stok gambar. Jumlah uang yang kamu hasilkan secara online ditentukan pada jumlah barang yang kamu jual dan jika kamu menjualnya sepenuhnya di platform ini.
  4. Dissolve: Terutama untuk menjual film HD dan gambar stok, dengan pemasok non-eksklusif mendapatkan royalti normal hingga 30% dari harga jual bersih. Donatur eksklusif mungkin mencari tarif yang lebih besar.

2. Menjadi Tester Website

Apakah kamu tertarik dengan desain dan pengembangan web? Jangan lewatkan kesempatan untuk menghasilkan uang secara online dengan menjadi penguji situs web.

Ini adalah pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai freelancer, menghasilkan uang dengan cepat dan cukup sederhana untuk pemula.

Sebagai website tester, kamu harus mampu berpikir kritis dan logis, berkomunikasi secara efektif dan memiliki pemahaman yang kuat tentang fungsi dan desain website. Elemen-elemen ini dapat membantu kamu meningkatkan prospek pekerjaan serta kualitas pelaporan kamu.

Biasanya, sistem pembayarannya berbasis proyek dan tarifnya ditentukan oleh metode pengujian dan kebijakan pasar.

UserTesting, misalnya, membayar antara Rp. 62.000 dan Rp. 1,8 juta per tes, dengan bayaran tertinggi diberikan kepada penguji yang menguji dalam percakapan langsung dengan klien.

Jual Barang yang Tidak Terpakai

3. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Ingin mendapatkan uang tambahan sambil membersihkan rumah dan menjalani gaya hidup yang lebih minimalis? Kamu bisa dapat menghasilkan uang dengan menjual barang-barang yang tidak dibutuhkan di rumah.

Kamu juga mungkin akan kagum dengan seberapa banyak yang bisa kamu jual, karena biasanya ada banyak produk tidak berguna yang diabaikan.

Dengan teknologi saat ini, kamu cukup memotret apa yang ingin kamu jual dan mengunggahnya ke berbagai situs web. Jika kamu tertarik untuk menghasilkan uang secara online sebagai penguji situs web, antara lain:

  • Ubertesters: adalah layanan pengujian crowdsourced yang berspesialisasi pada pengujian aplikasi dan game seluler.
  • UserBrain: Alat online untuk menilai kegunaan situs web dan prototipe produk digital.
  • Testbirds: Pengujian UX untuk barang digital seperti situs eCommerce, aplikasi smartphone dan monitor kebugaran disediakan oleh Testbirds.
  • Userlytics: Marketplace ini menyediakan proyek yang berkonsentrasi pada evaluasi iklan video selain menguji situs web dan aplikasi.
  • TryMyUI: Menawarkan pengujian tayangan situs web dan aplikasi seluler melalui pengujian video yang direkam atau umpan balik berbasis survei.

4. Melakukan Investasi

Kamu mungkin mempertanyakan mengapa kamu ingin menghasilkan lebih banyak uang namun harus mengeluarkan uang untuk investasi.

Pada dasarnya, investasi adalah sesuatu yang harus dilakukan sesegera mungkin. Berinvestasi adalah salah satu pilihan untuk menghasilkan pendapatan pasif di masa depan.

Penghasilan pasif ini akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak uang tanpa harus bekerja ekstra atau bahkan sama sekali. Namun, untuk mencapai semua itu membutuhkan waktu dan yang terbaik adalah memulainya sesegera mungkin.

Bahkan jika kamu saat ini sedang berusaha memenuhi kebutuhan hidup dan mencari lebih banyak uang, sisihkan uang untuk berinvestasi.

Tidak perlu banyak yang penting adalah kamu melakukannya secara konsisten. Ketika keadaan mulai membaik, kamu dapat meningkatkan alokasi uang.

Jika kamu percaya bahwa investasi membutuhkan uang dalam jumlah besar, kamu keliru. Bahkan produk keuangan seperti saham atau reksa dana kini bisa dibeli dengan modal kurang dari Rp1 juta.

Namun, jika kamu masih ragu untuk berinvestasi, khususnya di instrumen saham, kamu bisa memulainya dengan melakukan pembiayaan di produk pendanaan KoinP2P.

Baca Juga:  Cara Melihat Nomor Rekening di Kartu Atm Dengan Mudah

Melalui sistem peer-to-peer lending, kamu bisa mendanai atau meminjamkan sejumlah dana kepada peminjam yang mayoritas adalah UKM Indonesia di KoinP2P, minimal hanya Rp100.000. Nantinya, kamu bisa mengharapkan imbal hasil efektif hingga 18% setiap tahunnya.

Tidak perlu khawatir karena produk pembiayaan ini sepenuhnya disetujui dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, ada Dana Proteksi untuk membantu pemberi pinjaman membatasi kerugian.

Memulai Bisnis Dropshipping

5. Memulai Bisnis Dropshipping

Kamu juga dapat menghasilkan uang di internet tanpa memiliki uang tunai jika kamu menjadi dropshipper. Cukup menjual barang langsung dari pemasok ke pembeli, tanpa terlebih dahulu menyimpan barang di gudang.

Langkah-langkahnya juga sederhana. Ketika kamu memasang iklan dan ada pelanggan yang meresponnya, kamu hanya perlu menghubungi supplier untuk memesan barang. Penyedia akan menangani prosedur pengiriman. Bukankah itu sederhana?

Namun, untuk mendirikan perusahaan dropship, kamu harus mempertimbangkan banyak kriteria. Salah satunya adalah persaingan yang kuat.

Dan penyedia yang tidak jujur. Jadi, sebelum kamu memulai metode menghasilkan uang dari internet ini, lakukan riset dan survei terlebih dahulu.

6. Menjadi Freelancer

Ada beberapa situs web yang menawarkan pekerjaan freelance di internet. Klien akan memposting iklan untuk menemukan seseorang yang memenuhi persyaratan mereka atau kamu bisa menawarkan layanan kamu agar klien menemukan kamu.

Permintaan akan pekerja lepas meningkat akhir-akhir ini dan kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan uang dari internet tanpa menginvestasikan uang.

Untuk dipekerjakan melalui empat saluran yang disebutkan di atas, tentukan kemampuan dan pengalaman kamu dan buatlah ceruk untuk diri kamu sendiri.

Jika kamu ingin bekerja sebagai penulis lepas, misalnya, pilihlah spesialisasi yang berkisar pada penulisan artikel, tutorial dan sebagainya.

Jangan pernah mengaku sebagai freelancer untuk semua jenis pekerjaan. Cukup pilih satu bakat dan fokuskan usaha kamu di sana. Perbaiki profil kamu, buat sampel pekerjaan atau portofolio dan mulailah mencari pekerjaan.

Gabung Program Afiliasi

7. Gabung Program Afiliasi

Bergabung dengan program afiliasi adalah metode sederhana lain untuk menghasilkan uang di internet. Sebagai afiliasi, kamu bisa mendapatkan uang dengan memasarkan barang.

Layanan atau perusahaan di berbagai platform. Kamu juga akan mendapatkan bagian dari pendapatan jika konsumen mengklik tautan afiliasi dan membeli produk.

Secara umum, seorang blogger dapat menghasilkan ratusan hingga puluhan ribu dolar secara online melalui pemasaran afiliasi, tergantung pada jumlah program afiliasi yang mereka ikuti dan ukuran pemirsa blog mereka.

Sekarang ada beberapa program afiliasi yang tersedia untuk kamu. Ingatlah untuk bergabung dengan program yang relevan dengan keahlian kamu.

Misalnya, jika kamu menjalankan blog tentang komputer dan teknologi, kamu dapat mendaftar untuk program afiliasi. Berikut ini adalah beberapa program afiliasi terbesar untuk menghasilkan uang secara online:

  • Afiliasi Shopee: Dapatkan komisi 2,5% hingga 10% jika kamu berhasil membantu konsumen lain dalam menemukan barang yang mereka cari di Shopee.
  • Blibli: Dapatkan komisi hingga 4% dari penjualan yang dihasilkan oleh spanduk Blibli yang dipasang di situs web kamu.
  • Tokopedia: Memberikan komisi hingga 10% jika kamu secara aktif menjual barang di Tokopedia melalui media sosial, menjadikannya alternatif yang sangat baik untuk menghasilkan uang secara online melalui ponsel.
  • TripAdvisor: cocok untuk kamu yang suka bepergian dan traveling. Tawarkan reservasi hotel kepada penumpang di TripAdvisor dan dapatkan komisi hingga 50% jika mereka memesan hotel menggunakan tautan kamu.
  • Lazada: Seperti platform pasar lainnya, kamu dapat menghasilkan uang secara online dengan bergabung dengan program afiliasi Lazada dan mendapatkan komisi hingga 15% dari penjualan yang dilakukan melalui tautan afiliasi kamu.

8. Content Creator di TikTok

TikTok telah berkembang jauh dari awal berdirinya sebagai Musical.ly. TikTok telah berevolusi dari sekadar hosting materi bertema musik menjadi salah satu platform video paling populer di sejumlah negara dengan beragam konten.

Di sana termasuk informasi instruksional, seni, tutorial, duet musik dan bahkan konten yang tidak terlalu membantu tetapi sangat menyenangkan. Namun, kamu dapat menggunakan platform ini untuk mendapatkan uang dari internet.

Sebagai produser konten TikTok, kamu dapat menghasilkan uang secara online dengan membuat konten bersponsor.

Menerima kontribusi dari pemirsa saat live atau memberikan layanan produksi konten. Ada berbagai metode untuk menjadi pembuat konten TikTok, diantaranya yakni:

  • Berusahalah untuk memasukkan video kamu ke FYP.
  • Unggah barang secara teratur.
  • Gunakan tagar dan tren untuk keuntungan kamu.
  • Perhatikan kualitas video kamu.
  • Pelajari cara membuat transisi yang efektif.

Menjadi YouTuber

9. Menjadi YouTuber

Ada berbagai metode untuk menghasilkan uang di YouTube, tetapi langkah pertama dan terpenting adalah bergabung dengan Program Mitra YouTube dan memastikan bahwa saluran kamu dapat dimonetisasi.

Cara paling umum untuk menghasilkan uang secara online melalui YouTube adalah melalui iklan, tetapi kamu juga dapat mencoba langganan saluran, Super Chat dan Super Stiker, barang dan YouTube BrandConnect.

YouTube mengizinkan hampir semua bentuk materi, dari komentar game hingga vlog tentang kehidupan sehari-hari.

Membuat saluran YouTube mirip dengan membuat blog karena kamu harus mengirimkan materi secara teratur dan konsisten untuk mendapatkan penayangan dan pelanggan.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Buka Rekening BTN Online

Untuk mendapatkan kualitas HD dan menarik lebih banyak orang, gunakan perangkat lunak pengeditan video dan kamera yang layak.

Ingatlah untuk menguasai taktik SEO YouTube seperti menggunakan kata kunci dan tag yang relevan dalam judul video dan meningkatkan deskripsi untuk mesin pencari.

Menyediakan Jasa Penulisan CV

10. Menyediakan Jasa Penulisan CV

Epidemi COVID-19 di Indonesia telah mengakibatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan, bahkan puluhan ribu orang. Berbagai perusahaan terpaksa melakukan pengurangan besar-besaran untuk menghemat uang.

Namun, ketika tingkat infeksi mulai turun sekitar akhir tahun 2021, sektor industri lain mulai tumbuh dan membuka lapangan kerja.

Banyak pencari kerja yang masih berjuang untuk membuat CV yang solid dan tepat yang dapat diproses dan disaring oleh ATS atau sistem pelacakan pelamar (Applicant Tracking System).

Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk menawarkan layanan penulisan CV atau resume yang akan lulus tes ATS. Ada beberapa contoh CV untuk kriteria ini yang bisa kamu periksa untuk mulai menghasilkan uang dari internet.

11. Menjadi SEO Specialist

Selama orang menggunakan Google dan platform yang sebanding untuk mengakses informasi, pintu untuk menjadi Spesialis SEO tetap terbuka. Kamu hanya perlu mempelajari rahasia dan metode untuk meningkatkan peringkat web Google kamu.

Kamu juga dapat bergabung dengan beberapa forum SEO untuk mempelajari semua yang perlu diketahui tentang pengoptimalan mesin pencari dan menjadi pakar SEO.

Tanya Jawab Cara Menambah Penghasilan Tambahan

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara menambah penghasilan tambahan, yakni:

1. Uang Nganggur Buat Apa?

Di sisi lain, kamu dapat memanfaatkan uang menganggur untuk memberikan hadiah kepada orang yang kamu cintai, membantu kerabat yang sedang merintis perusahaan, memberi makan anak yatim piatu dan yang membutuhkan, serta membantu pembangunan tempat ibadah.

2. Apakah Bisa Dapat Uang dari Facebook?

Saat ini, Facebook juga menawarkan kemungkinan bagi pembuat konten. Alasannya karena hanya update video di fanpage atau halaman Facebook yang dapat mendatangkan rupiah.

3. Apakah Edit CapCut Dapat Uang?

Program CapCut adalah salah satu perangkat lunak pengeditan video dengan banyak fitur yang dibuat khusus untuk pengguna ponsel pintar dan sekarang dapat menghasilkan uang.

BACA JUGA:

Cara Mengaktifkan Kembali M Banking BCA Via Bank dan Hp
Kode Bank Mandiri Syariah Terbaru, Ini Cara Transfernya!
Syarat dan Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara menambah penghasilan tambahan ini bisa dijadikan penghasilan sampingan.

Kamu tidak perlu melakukan semuanya, cukup pilih salah satu yang paling kamu sukai lalu asah kemampuan kamu. Perlu diingat juga bahwa yang kita bahas ini tidak serta-merta mendatangkan banyak uang.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.