Tiga Cara Halau Agar Setan Tidak Masuk ke Tubuh Saat Menguap

Menguap menjadi salah satu pertanda bahwa seseorang merasa ngantuk ataupun kelelahan berlebihan. Rasa ingin menguap bisa timbul kapan saja tanpa terkecuali ketika kita tengah menjalankan ibadah seperti halnya salat.

Meskipun tidak dilarang namun kebiasaan menguap ini harus sebisa mungkin dihindari. Terlebih lagi jika kita menguap tanpa adab, hal yang demikian ini justru bisa memicu masukkan setan ke dalam diri. Ketika setan sudah masuk, maka orang tersebut bisa saja digoda agar malas melakukan ibadah.

Oleh sebab itu, kita harus mengetahui tata cara menguap yang baik dan benar sesuai dengan syariat. Tujuannya adalah agar menghalau masuknya setan ke dalam diri. Lalu, bagaimanakah caranya? Berikut informasi mengenai tiga cara halau setan agar tidak masuk ke tubuh saat menguap.

1. Berusahalah untuk Menolak Rasa Ingin Menguap
Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menghalau setan tidak masuk ke dalam tubuh ketika menguap adalah dengan menolaknya. Ketika hendak menguap, berusahalah keras mungkin untuk menolak dan menahannya terutama ketika sedang shalat. Dengan demikian maka kita akan terhindari dari masuknya setan ke dalam diri. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri RA, Rasulullah bersabda,“Apabila salah seorang dari kalian menguap dalam shalatnya, hendaklah ia berusaha menahan menguapnya sebisa mungkin karena setan bisa masuk.” (HR Muslim).

Syekh Nada menambahkan, bagaimana setan bisa masuk? Tak perlu heran. Setan adalah makhluk yang tercipta dari api, bisa berubah bentuk, berpindah, dan bergerak seperti hawa dan angin.

2. Tutup Mulut Ketika Menguap
Akan tetapi tidak semua orang bisa menolak ataupun perasaan ingin menguap. Jika hal ini terjadi, maka langkah ang harus diambil adalah dengan dengan meletakkan tangan di mulut dan menutupnya. Hal ini bertujuan agar saat kita menguap mulut tidak tersebut.

Alasan lainnya adalah ketika manusia menguap dan mulutnya tidak tertutup maka ia akan terlihat birik dan saat itu setan akan mentertawakannya. Anjuran untuk menutup mulut saat menguap ini tertuang dalam sabda Rasulullah SAW.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda, “Jika salah seorang dari kalian menguap, tutuplah mulutnya dengan tangannya.” (HR Turmudzi).

3. Tidak Mengeluarkan Suara
Cara terakhir agar setan tidak masuk ke dalam tubuh ketika menguap adalah dengan tidak mengeluarkan suara. Ternyata mengeluarkan suara saat menguap adalah adab yang buruk dalam ajaran Islam.

Akan tetapi, banyak orang yang belum mengetahui mengenai hal tersebut. Bahkan ada di antara mereka yang dengan sengaja menguap sekaligus mengeluarkan suara agar mendapatkan kepuasan diri atapun juga dianggap lucu bagi oang yang ada di sekitarnya.

Padahal sebenarnya, perbuatan yang demikian ini sangat dekat dengan perilaku setan. Dalilnya masih merujuk riwayat Turmudzi tersebut. Disebutkan bahwa bila seseorang menguap lalu mengeluarkan suara “aahh”, maka setan tertawa di dalam perutnya.

Demikianlah informasi mengenai tiga cara yang dapat diterapkan agar setan tidak masuk ke dalam tubuh ketika seseorang menguap. Kita harus menyadari bahwa menguap menjadi salah satu jalan bagi setan untuk masuk dan menjerumuskan manusia ke dalam lembah kesesatan.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Amalan, Islam
0 Komentar untuk "Tiga Cara Halau Agar Setan Tidak Masuk ke Tubuh Saat Menguap"

Back To Top