Lima Amalan Agar Hidup Lebih Istiqomah - Kumpulan Info Unik

Lima Amalan Agar Hidup Lebih Istiqomah

Kehidupan dunia sejatinya adalah ujian bagi manusia. Setiap saat kita dihadapkan dengan berbagai persoalan sebagai bentuk ujian terhadap keimanan. Tidak hanya kesedihan, kebahagiaan juga merupakan bentuk ujian bagi manusia.

Apakah manusia akan bertambah taat? atau ujian tersebut justru membuat orang terjerumus untuk  melakukan maksiat. Itulah sebabnya kaum muslim harus senantiasa istiqomah atau teguh pendirian.

Sikap ini mencakup pelaksanaan semua bentuk ketaatan kepada Allah lahir dan batin, serta meninggalkan semua bentuk larangan-Nya. Lalu bagaimana caranya agar menjadi insan yang istiqomah? Berikut informasi selengkapnya.

1. Sholat Lima Waktu
Amalan pertama yang membuat hidup lebih istiqomah adalah dengan melaksanakan shalat lima waktu. Seperti yang diketahui bahwa shalat merupakan ibadah yang memiliki hukum wajib bagi setiap muslim untuk melaksanakannya. Bahkan dalam keadaan sakit dan dalam perjalanan atau sesibuk apapun kita tetap harus shalat lima waktu.

Mengapa shalat sangat penting dalam ajaran Islam? Hal tersebut dikarenakan Allah tidak akan mewajibkan suatu hal kecuali yangg mendatangkan kebaikan bagi umatnya. Ada ilustrasi menarik yang disampaikan oleh Rasulullah SAW mengenai shalat.

Beliau bersabda, “Bagaimana pendapat kalian seandainya di depan pintu seorang dari kalian terdapat sebuah sungai. Setiap hari ia mandi lima kali di dalamnya. Apakah masih ada kotoran yang melekat di tubuhnya?”

Mereka menjawab, “Tidak ada!” Rasulullah bersabda, “Itulah perumpamaan shalat lima waktu. Dengannya Allah menghapus semua kesalahan.” (HR Bukhari Muslim).

Dari ilustrasi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa apabila dalam sehari semalam kita senantiasa melaksanakan shalat lima waktu tanpa bolong-bolong maka tubuh kita akan bersih, wangi dan sehat. Hal ini akan menambah kepercayaan diri dan membuat hidup menjadi lebih istiqomah.

Dengan senantiasa melaksanakan shalat maka kita akan belajar untuk membuat sebuah perencanaan waktu yang baik, tradisi yang positif, dan menghindarkan diri untuk melakukan perbuatan yang akan merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

2. Membaca Al-Qur’an
Amalan yang kedua yakni dengan senantiasa membaca Al-Qur’an. Mungkin terlihat sederhana, akan tetapi apabila amalan ini dilakukan dengan kesungguhan hati maka akan menimbulkan banyak kebaikan bagi mereka yang mengamalkannnya.

Dengan membaca Al-Qur’an akan menghindarikan diri kita dari kejahilan dan kelak. Orang yang gemar membaca Al-Qur’an akan memiliki kehidupan yang luar biasa. Tidak hanya akan senantiasa bertahan secara pribadi, akan tetapi mereka juga sangat berkontribusi besar bagi kehidupan umat Islam bajan dunia.
Jika diingat, saintis Muslmi terdahulu hampir semuanya hafal Al-Qur’an. Katakanlah seperti Ibn Sina, Fakhrudin Ar-Razi, Ibn Khaldun dan lain sebagainya. Itu berarti bahwa kebiasaan ini selain bernilai ibadah juga akan membuat diri menjadi hebat oleh sebab itu bangunlah tradisi membaca Al-Qur’an setiap harianya agar kehidupan kita menjadi lebih baik dunia-akhirat.

3. Silaturrahim
Amalan selanjutnya yakni menjalani silaturahim. Hal ini sangat penting, sebab di zaman yang serba canggih ini kita membutuhkan hubungan yang baik dengan banyak orang. Tidak hanya itu, dengan bersilaturahim juga baik untuk kehidupan akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” (HR Bukhari).

Dengan menjalankan perintah bersilaturahim ini makan bisa membuat kehidupan manusia menjadi lebih dinamis, progresif dan tentu saja bermanfaat bagi sesama. Oleh karena itu, mulailah jalin silaturahim dengan sesama.

4. Sedekah
Sedekah juga menjadi amalan yang dapat membuat hidup menjadi lebih istiqomah. Orang yang sudah sukses, tentu merasakan betul manfaat dari sedekah yang dilakukan, Kalau cerita Muhammad Assad, hidupnya semakin lebih baik semenjak dirinya selalu bersedekah. Maka kesimpulan dia satu, “Sedekah Membawa Berkah”.

Akan tetapi, jangan khawatir jika memiliki ekonomi yang masih pas-pasan. Kita tetap bisa bersedekah, sebab amalan ini tidak hanya dilakukan dengan uang. Kita bisa membantu teman yang sedang kesulitan, senyum kepada sesama dan lain sebagainya.

5. Tahajud
Amalan terakhir yang membuat hidup lebih istiqomahadalah melaksanakan tahajud. Seperti yang diketahui bajwa selain akan mengangkat derajat kita di sisi Allah SWT, dengan melaksakan shalat tahajud juga potensi doa kita akan didengar oleh Allah. Tidak hanya itu, pelaksanaan shalat tahajud mengharuskan kita mengatur diri sedemikian rupa.

Selain itu, tahajud juga bisa meningkatkan percaya diri seseorang. Sebab waktu melaksanakan shalat tahajud sangat tenang, udah sangat steril, sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik manusia.

Demikianlah informasi mengenai lima amalan yang bisa membuat hidup lebih istiqomah. Tidak hanya itu selain bernilai pahala, dengan mengamalkan hal tersebut dengan baik setiap harinya akan membuat jiwa dan raga kita senantiasa hidup dan terus menyala. Menghilangkan perasaan galau dan sifat negatif lainnya sehingga membuat kita dapat teguh pendirian dalam ajaran Islam.
Tag : Islam
1 Komentar untuk "Lima Amalan Agar Hidup Lebih Istiqomah"

Amiin,,sangat berkah DAn bermanfaat

Back To Top