Baca Doa Ini Agar Hati Menjadi Teguh - Kumpulan Info Unik

Baca Doa Ini Agar Hati Menjadi Teguh

Hati merupakan bagian yang paling penting dalam tubuh manusia. Ia memiliki kedudukan yang tinggi dan menjadi tempat datangnya cahaya ilahi. Bagi mereka yang berfungsi hatinya, maka ia akan berhasil mengenali diri dan Tuhannya.

Namun, hati begitu mudah terbolak balik. Dalam satu kondisi, bisa saja seseorang menjadi begitu taat terhadap keimanannya. Akan tetapi, manusia dengan tingkat keimanan rendah bisa dengan cepat tergoda bujuk rayu iblis. 

Hal ini disebabkan karena tidak memiliki ketetapan dan keteguhan hati. Ternyata ada doa yang bisa dibaca agar hati menjadi lebih teguh. Doa-doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar iman umatnya tidak mudah goyah. Bagaimana bacaan doanya? Berikut informasinya.

1. H.R. Muslim
Rasulullah SAW adalah sosok teladan umat manusia. Meskipun merupakan makhluk Allah yang mulia namun beliau senantiasa berdoa agar diberikan ketetapan dan keteguhan hati di dalam memahami ajaran Islam. Doa yang pertama berasal dari hadist riwayat  Muslim. Rasulullah SAW bersabda:

“Allahumma musharrifal qulub, sharrif qulubana ala tha’atika.”

“Ya Allah, yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepada-Mu.” (H.R. Muslim)

2. H.R. At-Tirmidzi, Ahmad, dan al-Hakim
Dalam mengahadapi cobaan hidup, Rasulullah SAW senantiasa meminta petunjuk kepada Allah. Beliau tidak pernah melupakan Allah walau sedetik pun. Rasulullah selalu meminta agar hatinya teguh berada di Allah SWT. Rasulullah SAW berdoa:

“Ya muqallibal qulubi tsabbit qalbi ala dinika.”

“Wahai Rabb yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu.” (H.R. At-Tirmidzi, Ahmad, dan al-Hakim)

3. Q.S. Ali Imran: 18)
Doa yang terakhir dapat kita peroleh dari sumber segala ilmu yakni Al-Qur’an yang diturunkan Allah SWT kepada baginda Muhammad SAW. Allah SWT berfirman:

“Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lanaa min ladunka rohmatan, innaka antal wahhaab.”

“Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Mahapemberi (karunia).” (Q.S. Ali Imran: 8)

Demikianlah informasi mengenai doa yang bisa dibaca untuk memperoleh keteguhan dan ketetapan hati dai Allah SWT. Sadarilah bahwa kebeningan hati akan membawa ketenangan dan senantiasa membuat kita dekat dengan Sang Maha Kuasa, Allah SWT.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Baca Doa Ini Agar Hati Menjadi Teguh"

Back To Top