Ngeri, Seperti ini Gambaran Hukuman Perokok di Akhirat - Kumpulan Info Unik

Ngeri, Seperti ini Gambaran Hukuman Perokok di Akhirat

Bagi sebagian kalangan, merokok menjadi gaya hidup yang susah untuk ditinggalkan. Meski sudah mengetahui akibat yang ditimbulkan dari kegiatan ini, namun tetap saja para perokok enggan untuk meninggalkan benda yang dinikmati dengan cara dihisap tersebut.

Berbagai efek negatif bisa ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Mulai dari risiko penyakit biasa, sampai risiko kematian yang sudah banyak terjadi. Tidak hanya berakibat buruk bagi mereka yang sudah candu, kebiasaan merokok juga membahayakan orang sekitar yang bukan perokok.

Akibat dari rokok ternyata tidak hanya dirasakan di dunia. Membahayakan diri dan orang lain karena asap rokok juga akan mendapat ancaman pedih di akhirat. Meski tidak dijelaskan secara gamblang, namun banyak ayat dan hadist mengarah pada kebiasaan buruk merokok ini. Seperti apa pedihnya siksaan para perokok? Berikut ulasannya.

Pada tahun 2009, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram merokok di ruang publik. Hal ini menimbulkan reaksi keras berbagai kalangan terutama bagi mereka yang merokok. Pasalnya sebagian mengkalim bahwa hukum merokok adalah mubah yakni tidak dilarang dan tidak pula diperintahkan.

Apapun hukumnya, merokok adalah tindakan merusak diri sendiri. Paparan asap rokok mengandung ribuan zat kimia berbahaya diantaranya tar, nikotin, karbon monoksida (CO) dan masih banyak lain. Selain zat berbahaya tersebut, kini juga sudah terindikasi sekitar 7000 zat kimia lain yang ada dalam asap rokok.  Dinas kesehatan sudah menggolongkan sekitar 70 komponen asap sebagai kemungkinan penyebab penyakit yang terkait dengan merokok, seperti kanker paru, penyakit jantung, dan emfisema.

Dengan fakta tersebut, jelas bahwa merokok adalah tindakan yang membahayakan tubuh. Dalam pandangan Islam, segala bentuk tindakan yang membahayakan tubuh adalah haram. Sedangkan hukumannya teramat pedih dan tidak senikmat dengan rasa rokok yang saat ini membuat candu. Beginilah gambaran bagi para perokok yang sebenarnya menyakiti dirinya sendiri.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang sengaja menjatuhkan dirinya dari gunung hingga mati, maka dia di neraka Jahannam dalam keadaan menjatuhkan diri di (gunung dalam) neraka itu, kekal selama lamanya. Barangsiapa yang sengaja menghirup/menenggak racun hingga mati maka racun itu tetap ditangannya dan dia menghirupnya/menenggaknya di dalam neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya. Dan barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu akan ada ditangannya dan dia tusukkan ke perutnya di neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya”. – (HR Bukhari no. 5778 dan Muslim no. 109).

Juga dijelaskan dalam hadist dari Tsabit bin Dhahhak radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang membunuh dirinya dengan cara tertentu di dunia maka dia akan disiksa ada hari kiamat dengan cara yang sama.” – (HR. Ahmad 16041 dan Muslim 164)

Merokok menjadi salah satu tindakan yang menyiksa diri sendiri seperti yang disebutkan di atas. Mereka akan diancam masuk neraka dan diberi siksaan menghirup racun (rokok) tersebut secara terus-menerus di neraka jahanam. Tentunya rokok diakhirat akan sangat menyiksa organ tubuh dibanding dampak yang dihasilkan rokok saat ini.

Allah SWT juga dalam beberapa ayat memerintahkan Hamba-Nya untuk mencintai diri dan menjauhkan dirinya dari tindakan yang merusak diri sendiri.

“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. – (QS. Al Baqarah: 195).

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu“. – (QS. An Nisaa: 29).

Mungkin, tulisan ini tidak akan berpengaruh dan merubah anda yang kini sedang menikmati rokok lalu berhenti menggunakannya. Tapi kami yakin bahwa anda menyadari bahaya menikmati rokok bagi anda dan orang-orang tersayang di sekitar. Bahkan, anda adalah orang pertama yang akan marah ketika melihat anak anda merokok. Allah SWT sama seperti anda, yang menyayangi anak anda dan melarangnya untuk merokok. Sehingga Allah melarang anda juga karena kasih sayangnya.
Tag : Islam
41 Komentar untuk "Ngeri, Seperti ini Gambaran Hukuman Perokok di Akhirat"

"innamal a'malu bi niat." Sesungguhnya segala perbuatan tergantung niat. Dan saya yakin tak seorangpun yg merokok dengan niat bunuh diri....

Lebay, miras yg jelas haram aj nga di bikin tulisan begini. Aneh yg masih perdebatan di bela dengan segala cara, yg Dahvjelas haram di jual di mini market nga ada komentarnya.

klo miras udah jelas di larang dodol.... ini tuh pembahasannya masalah rokok bukan miras..gak bisa baca yah bro

Q mrokok brarti masuk NERAKA,,.,MONGGO di persilakan bagi penulis masuk surga duluan bersama - sama kluarga anda,.lebih cepat lebih baik

gtu ya,,tpi ko di tempat saya para alim ulama seperti ustad doyan banget tuh ngeroko..

Bgitupun juga kita yakin org mkn babi, minum khamr tiada niat utk bunuh diri..logika kacau.

Kalo gitu kenapa p3merintah gk berani menutup pabrik rokok

Itu dia... Berart pabrik rokok itu adalah sarana ke neraka... Kok madih berdiri... Kalo hasil produknya di permasalahkan kenapa pabrik yang memproduksi tidak pernah di permasalahkan....?????

Begitulah orang yg blm paham,di ingatkan malah cari-cari alasan lain,berdalih untuk cari pembenaran.
"Barang siapa mengerjakan kebajikan,maka itu utk dirinya sendiri,dan barang siapa mengerjakan kejahtan,maka itu akan menimpa dirinya sendiri,kemudian kepada Tuhanmu kamu dikembalikan."(QS.Al-Jaasiyah:15)

Merokok = tindakan Bunuh diri dengan pelan.
Orang yg merokok adalah orang yg lagi diliputi rasa bosan, jenuh, byk pkiran atau sekedar ikut2an biar keren, gaul, disegani teman2 biasanya (ank muda) nh gan. Intinya merokok itu salah! Rokok itu murah tapi obatnye mahal! Lht aja usia 40 smpe 50 pling udeh KO Atau gk nyusahin kluarga klo dy ngrkok dari abg atau smp. Naudzubillah.

tolong kalau bisa tutup semua pabrik rokok. jangan hanya andelin ayat2 Allah dan hadist nabi.

merokok membunuhmu....tapi pabrik rokok justru menghidupi ribuan pekerjanya...

Gek podo perang kono,,aku tak rokokan kambek nonton,wkkwkwkwkwk

Gek podo perang kono,,tak nonton kambek rokok an wwkkwkwwkwk

Main logika? Minum obat itu racun dalam dosis rendah.. berarti haram?

Hukum biarlah hukum, tidak perlu menjustis....Allah pasti memberi balasan kebaikan dan keburukan dan tak kan terlewat walau sebiji zarrah....
Yang penting perbanyak berbuat baik bagi sesama dan banyak2 instrospekti........

Apa yang ada dipikiran kalian .... Jika sudah dikatakan/diingatkan sebuah keburukan namun kalian malah berusaha mencari pembenarannya. Ibarat sesuatu yang haram namun mati-matian kau cari penghalalannya

wes wes.... ojo do padu ... cukup eling rasah do ngeling eling

Orang pintar blm tentu nggk merokok,
Tp org yg paham, so pasti nggk akn merokok.

Sakit ku salah 1 pentebabnya adalah rokok, aku bersykur saat masih didunia Allah berikan peringatan keras buat ku dari sakit yg ku derita yg bgitu menyiksa. Aku bersyukur didunia ini pl aku bisa menghentikan perbuatan burukku dengan merokok, yg mn merokok sama dengan menyiksa diri sendiri. Lebih baik dihukum didunia dengan rasa sakit yg teramat pedih melalui SAKITKU INI, tp masih bsa bertaubat dan menghentikan kegiatan merokok ku, dari pd tersiksa di akhirat yg tiada henti dan teramat pedih. Pengalama pribadiku, terimakasih buat penulis atas artikelnya.

Mau jwb pertanyaan org yg blm paham.. Kalo pabrik rokok ditutup itu akan menghambat pertumbuhan negara, karena menyebabkan banyak tenaga kerja yg kehilangan pekerjaannya. Dan kalo obat itu racun dlm dosis rendah, bukannya sembuh yg minum malah mati dong.. Setau saya, obat itu zat penyembuh dgn cara menambah hal yg kurang dalam tubuh sehingga menyebabkan org tsb sakit.. Suwun....
Kalo rokok itu emang membunuh gan, tapi pabrik rokok bisa menghidupi semua pekerjanya itu karena tingginya angka permintaan thd rokok tsb. Jalan satu"nya ya pemerintah / kita sendiri sebagai penerua bangsa harus mbuka lapangan pekerjaan biar kalo pabrik rokok dihentikan, pekerja" tsb masih tetap bisa cari duit buat hidupnya. Kalo negara kita udah maju dgn rakyatnya yang makmur, mungkin Rokok gak di-Gila"in kaya di sekarang, karena rakyatnya yg paham akan bahaya rokok.. Maaf , lan suwun gan..

Di Neraka jg bakal ada milyaran bahkan triliunan org lho..ikut??

mas mas mnutup pabrik rokok ga semudah nutup jualan..bnyk prtimbangan makax sbgai umat yg beriman penulis mengingatkan bahaya merokok.segala sesuata jika tdk dmulai dr diri sendiri sp yg mau brubah.perubahan kecil perubahan bsr bgi bngsa dan negara

kebaxakan kalian yg ngomet tak BEROTAK YAA,,seharus xa kalian bersyukur mendapatkan penjelasan tentang hukum merokok dengan penjelasan secara isi kandungun ayat al-qur'an dan hadist,, tpi malah jawaban kaalian pergi xa ke penutupan pabrik rokok,, loe pikir t pabrik bapak kalian yg puxa bisa sewenang2 xa d tutup,,???

al-baqrah 42 " jangan lh kalian mencampur adukan kebenaran dwngan kebatilan dan janganlah kamu sembuxikan kebenarn, sedangkan kamu mengetahui,,"

ini lh bukti kebenaran, bahwa al-qur'an menjelaskan tentang hukum merokok yg d jelas kan dari web d ATAS,,

Tulisan tidak berbobot. Ente tutup dulu seluruh pabrik rokok dan PHK semua karyawanx

Pabrik rokok terkaya di indo, lah holang pemerintah aja kalah. Kalo di tutup, sapa yang mau kasih pekerjaan?
Rumit. Kata-katanya jg ambigu, katanya "Merokok membunuhmu" ? tp kenapa masih di jual ya? '-'

bagi anda yg suka mencari-cari alasan, saat pulang kerumah menemui istri anda dan 2 anak anda yg berumur 7 dan 5 tahun merokok bagaimana? kalau anda melarang mereka semua anda sangatlah bodoh karena mereka meniru apa yg dicontohkan pemimpin keluarga mereka.

Nyimak sambil rokok'an & nyruput kopi.....

Semua btuh proses gan, mungkin kalian yg setuju dgn info d atas klian tdk merokok makanya kalian setuju, coba kalau kalian perokok, mngkin akn brpikir dlu setuju tw tdknya .. Kalian jgn hnya menyalahkan yg merokok saja, kalian ga tau rsa nya kalau sdah candu merokok, kami jg para perokok sbnrnya pngen brhenti tpi smua tu btuh proses gan ..merokok tw tdk merokok smua nya psti akn mati, jdi jgn sekali2 klian yg tdk perokok blg yg perokok tuh cpet mati tw gmpang kena penyakit, tw yg lbh parah klian blg kmi akn msuk neraka, tpi apakah mngkin yg tdk merokok akn sehat trs, trs umurnya akn panjang gto, trs akan msuk surga gto ..??? Smua nya ga ada yg tau gan, cm Allah yg maha mengetahui ..

jangan asal nulis saja kalau ngga tau hukum yg sebenarnya bikin kacau

Alhamdulillah dulu sy perokok berat..sehari bisa sampai 2 atau 3 bungkus..dan Alhamdulillah sdh berjalan 3 thn..selama niat kita tulus dan kuat utk berhenti merokok Insha ALLAH ada jalan dan bisa kok buat berhenti merokok..Insha ALLAH tdk ada yg susah utk berhenti merokok..

Yg ngeroko lanjutin ngeroko nya..
Yg gk ngeroko jgn cari2 masalah.. Urusin aja diri sendiri..!!!

Tiap Ayat di Al Quran itu ada perawinya. Main asal comot aja.

Pabrik rokok ditutup aja. Rasulullah SAW bersabda: jika engkau meninggalkan sesuatu karena ALLAH, maka ALLAH akan menggantinya dengan sesuatu yg lebih baik. Sy yakin jika para karyawan pabrik dengan ikhlas meninggalkan pekerjaannya yg memproduksi racun (rokok) itu karena takut pada ALLAH, Insha ALLAH akan diganti dengan pekerjaan yg lebih baik.
Jadi anda" tidak usah mati"an mengadakan pembenaran, beragama memang sulit, masuk surga memang sulit, maka tinggalkanlah rokok. Karena Rasul SAW bersabda segala sesuatu yg berbahaya bagi tubuh haram hukumnya. Meninggalkan rokok emang susah, tapi lebih susah lagi menghadapi siksaan di neraka yg tidak membiarkan kita istirahat walaupun cuma sedetik.

Coba mikir pake otak...jgn pake dengkul....apa manfaatnya rokok....

Coba mikir...apa manfaatnya rokok untuk tubuh kita....

Kasihanilah dirimu sendiri, sebelum api neraka akan membakarmu

Sekedar berlogika, rokok = beracun dan berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.. disini yg beracun asapnya ya..
Trus, qt pandang asap lainnya gan, asap kendaraan bermotor = beracun dan membahayakan diri sendiri dan orang lain,,,
#intropeksi diri dulu mas mbak, kalo merokok dilarang, tolong pengendara bermotor juga dilarang.. sama2 polusi nya, sama2 merusaknya..
Kalo menurut ku, merokok hukumnya makruh, dikerjakan silahkan, gak dikerjakan silahkan...

Sesungguhnya dirimu telah mengada-adakan hukum dan anda memasuki ranah bid'ah tanpa terasa.

Back To Top