Inilah Dosa yang 1000 Kali Lebih Besar dari Berzina - Kumpulan Info Unik

Inilah Dosa yang 1000 Kali Lebih Besar dari Berzina

Perilaku zina merupakan salah satu perbuatan dosa besar yang sangat dibenci Allah. Begitu banyak ayat dalam Alquran menjelaskan tentang hukuman yang akan diterima para pelakunya  baik saat di dunia maupun ketika di akhirat.

Jika dilakukan oleh orang yang belum menikah, maka pelaku zina harus dirajam di hadapan penduduk sebanyak seratus kali. Sementara bagi yang sudah menikah namun melakukan zina dengan yang bukan muhrimnya, maka hukumannya dirajam sampai mati.

Bahkan dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa Nabi Musa as tidak memaafkan pelaku zina karena dianggap sangat hina. Ia mengusir wanita pelaku zina yang ingin bertaubat dan  meminta petunjuk darinya. Hal ini membuktikan bahwa zina merupakan dosa besar yang sulit diampuni.

Meski demikian besar ancaman dosa yang akan diterima oleh pelaku zina, namun ternyata ada dosa yang besarnya 1000 kali lebih besar dari dosa ini. Ancaman bagi pelaku dosa tersebut adalah hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat. Apakah dosa yang 1000 kali lebih besar dibanding zina? Berikut ulasannya.

Ternyata dosa yang sedemikian besar tersebut adalah dosa orang yang sengaja meninggalkan salat lima waktu. Salat merupakan kewajiban utama umat Islam yang menjadi pondasi dasar agama Allah ini. Meninggalkannya sama dengan meruntuhkan tiang agama dan membuat Allah SWT menjadi murka. Tidak hanya saat di dunia, hukuman bagi orang yang meninggalkan salat, di akhirat juga sangat pedih.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah –rahimahullah- mengatakan, ”Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah, hal. 7)

“Rasulullah SAW, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: “Siapakah ini wahai Jibril”? Jibril menjawab: “Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Sholat fardhu”. (Riwayat Tabrani).

Dalam riwayat yang lain juga dijelaskan bagaiamana kejamnya siksaan bagi mereka yang meninggalkan shalat. Ibnu Abbas r.a. berkata Jika langit sudah terbuka, maka malaikat akan datang dengan membawa rantai sepanjang 7 hasta. Rantai ini akan digantungkan kepada orang yang tidak melaksanakan shalat. Kemudian dimasukkan dalam mulutnya dan akan keluar dari duburnya. Kemudian malaikat mengumumkan, “ini adalah balasan orang yang menyepelekan perintah Allah.” (Ibnu Abbas r.a).

Nisbah dosa yang diterima oleh orang yang meninggalkan shalat adalah antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Jika satu kali meninggalkan shalat subuh, maka hukumannya adalah masuk neraka selama 30 tahun, sedangkan satu hari di neraka sama dengan  60.000 tahun di dunia. Artinya satu kali tidak melaksanakan salat subuh, maka kita akan mendekam 60 ribu tahun di neraka.
  2. Meninggalkan satu kali salat zuhur, sama dosanya dengan dosa membunuh  1.000 umat Islam
  3. Dosa satu kali meninggalkan shalat ashar sama dengan dosa meruntuhkan Ka’bah
  4. Dosa satu kali meninggalkan shalat maghrib sama dengan dosa berzina dengan ibunya (jika laki-laki) atau berzina dengan ayahnya (jika perempuan)
  5. Satu kali meninggalkan shalat isya, tidak akan di-ridhoi oleh Allah untuk tinggal di Bumi dan akan didesak mencari bumi atau tempat hidup yang lain.
Semoga kita menjadi orang-orang yang senantiasa mendirikan salat, melaksanakannya tepat waktu, serta mampu mengajak keluarga lainnya untuk salat tepat waktu. Semoga saja tulisan ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Islam
192 Komentar untuk "Inilah Dosa yang 1000 Kali Lebih Besar dari Berzina"

Kok bisa tw hitungan2 itu yaa??...

ya Alloh Lindungilah kami , keluarga kami serta saudara-saudara seiman ya Alloh.........amin......

Allah maha pengampun dan maha penyayang. Mari menjauhi larangan Allah sebisa mungkin.

Na'udzubillahimindzalik...

Aamiin...moga keluarga kita jadi ahli ibadah n diridhoi oleh_NYA.aamiin

ahaha... ngaraaangg.... preettt laahh....

Kalo da 10 thn ga pernah shalat, gmn hitungannya ya?

Smg kami dpt menjd hamba2Mu yg selalu taat beribadah d menjalankan apa yg engkau perintahkan .agar kami dapat menggapai keridhoanMu yaa Allah .Amiin yaa Robb...

Dosa 1000x lipat adalah melalaikan sholat
Tapi dosa yang lama di ampuni adalah berzina

Kan smua`x ada di quran n hadist..
Jd jgn smbrangn ngmong..
Yg nulis artikel jg gk bklan asal nulis..
Smua`x pke ilmu..
Klo ngrasa lbih pinter bwt artikel yg lbih bagus n masuk akal..

Intinya semua makhluk di bumi masuk neraka..surga kosong donk..bihong aja ada umat muslim yg ampe ga lewat sholat dlm hidupnya walau sehari aja..

Semua makhluk di dunia masuk neraka donk karna ga mungkin ada satu org pun yg selalu inget sholat pasti ada bolongnya walau sekli..

Maaf... non muslim lebih baik gak usah komen lah kita beda kepercayaan pst beda jg pemahamannya..

Buat yg muslim, harusnya kita bersyukur dan berterimakasih pd yg membuat artikel, karna kebodohan kita tdk memahami alquran dan hadis. Gk perlu kita menunjukan kebodohan kita dg komentar seolah tak percaya dan memperolokan artikel tersebut.

Mohon maaf bila ada yg tersinggung
Terimakasih

Hanya org goblok ga punya ilmu pengetahuan yg bilang ini semua omong kosong,dasar penyebah dajjal yg ngeremehin artikel diatas rasakan neraka,rasakan kepedihanmu saat disiksa ga ada yg nolong kecuali amal kamu sendiri

Kata siapa ga da yg ga pernah sholat...
kayanya anda kurang gaul mas,,

Semua sudah tertera dengan sangat jelas dalam al qur'an dan al hadist, semua ada ilmunya. Mulai tata cara makan, menuntuut ilmu, mandi besar, berdagang, dan lain sebagainya sudah sangat jelas tertera, tinggal bagaimana kita, niat atau tidak membaca qur'an dan al hadist. Semua sama2 dosa besar, baik berzina, ataupun melalaikan sholat. Karena sholat adalah amalan yang pertama kali di pertanyakan setelah kebangkitan. Semoga Allah selalu menyadarkan dan membuat kita memagari diri dari apa yang Allah benci, aamin

emang tuhanloe yg mana sih yesuskah allahkah roh kuduskah ?

makanya ngaji bro... biar tau ilmu... jd gk asal comment.... comment mu menunjukkan kualitas agama dan akhlakmu....

,,, semoga kita terhindar dari segala laranganya,,, dan senantiasa menjalankan dan taat dalam menjalankan perintahnya,, amin,,,

http://herbalindonesiaku.com

Komenmu sungguh berkualitas bro (y) @prima rhadie

Hanya orang yang beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW yang memahami hitungannya...

saya masih suka tinggalin...Astagfirullah...tapi mungkin yang lebih parah berzina dan juga meninggalkan sholat..inalillahi

Coment yang gak pada bermutu, menghargai buat gambaran hidup kek bukannya palah dihujat.. emang kualitas hidup loe ky apa? Keliatan gak tau tentang agama tuh yg coment gak bermutu

Mari kita sama2 menjadi penghuni neraka jahanam

Smoga kita termasuk orang2 yg akan jadi penghuni surga nya Allah.....Amin

Tuhan kami maha menghitung dengan sebenar-benarnya,tak akan terlewat satu hitungan pun,,,, maka anda/kita akan dihukum sebanyak dosa yang kita lakukan didunia bagi yang muslim, bagi anda yang non mislim surga anda ada didunia, jadi tak perlu memikirkan neraka...

sy sering bertanya kemana hati dan pikiran sy ketikan sholat, atau sholat yang khusuk, sampai sekarang sy belum mendapat jawaban , sy mohon bantuannya. trima kasih

Astagfirullah.. Ngeri banget ya... Tapi sebagai muslim kita masih bisa bersyukur karena Allah itu maha Pengasih lagi Maha Penyayang.. Pula Maha Penerima Taubat.. Mumpung masih di kandung badan, marilah kita bertaubat. Dosa sebesar apapun akan di ampuni, kecuali dosa syirik.. Dan tentunya taubat yg sungguh2 yg di terima, semoga kita semua termasuk dalam orang yg di terima taubatnya, di ampuni dosa2nya.. Dan kelak saatnya tiba kita pergi dalam keadaan Husnul khatimah.. Aamiin ya rabbal alamin...

yah kan sholat itu kewajiban umat muslim

Betul sekali..
Cm biasanya kaum kafir, kristen, yahudi, dan kroni2nya gk setuju.. Mereka pengen msk syurga dngn menyembah berhala..

Buat melli saya hanya menginfokan coba anda pergi ke toko buku untuk mencari buku bagaimana agar khusyu dlm shalat.
Saya sempat baca tapi saya lupa judulnya dan lupa pengarang serta penerbitnya. Mungkin jika ada waktu saya bisa cari buku tsb dan memberitahukan anda di sini.

Terima kasih...

cek kebenarannya di link ini :

http://www.rumahfiqih.com/x.php?id=1416599256&=dosa-tidak-shalat-ashar-sama-dengan-meruntuhkan-ka

Ane tanya niih,
Sholat itu kewajiban apa kebutuhan

Baca al-qur'an juga perlu baca terjemahnya vrooh, biar faham

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

menurut pendapat ane dri artikel diatas tdk perlu diperdebatkan pro n kontrany(benar tdknya), tetapi kita ambil intinya BAhwa sholat 5 waktu itu ada Hukumny wajib. secara logika saja apapun yg wajib apabila ditinggalkan sudah pasti mendpt Dosa... Tidak ada dosa besar yg tdk diampuni apabila bertobat dan tidak ada dosa kecil yg apabila dilakukan sering/terus meneruz jdi intinya dosa kecl yg trus mnerus sm aj mnjdi dosa besar.

Suatu ketika sahabat nabi...syaidina ali r.a diuji oleh Rasullulah s.a.w dlm mnjlnkan sholat khusuk,jika syaidina ali berhasil akan diberikan hadiah oleh Rasulullah s.a.w....namun di rakaat ke2 syaidina ali tdk kuat...syaidina ali r.a menangis.syaidina ali tdk kuat..apalagi kita yg hny manusia biasa.sholat yg tdk khusuk itu namanya khoflah....raga kita sholat tp hati kita tdk sholat.maka dr itu...setiap kita sholat usahakan selesai sholat sll berdzikir.jd hbs sholat jgn jadi org lamcing....hbs salam plencing...usahakan hbs sholat berdzikir.sperti yg dilakukan sholat berjamaah di masjid.berdzikir ini untuk menutup ghoflah2.itu mngkin yg bs sy smpaikan,mhon maaf klu ada keliruan.kebenaran hny milik Allah s.w.t...sy hny org biasa...Wassalam

Yg pasti allah intinya maha pengampun dan maha penyang allah pasti menyayangi kita yg mau bertobat sungguh minta ampun mohon taubatan nasuha ,cape ga nyampe otak suruh ngitung yg mudah saja mulai sekarang jalankan perintahny jauhi lalarangany dan tobat sungguh sungguh

Tergantung dari mana anda melihat, anda sudah diberi kehidupan di setiap detiknya apakah anda tidak ada rasa bersyukur walau hanya untuk menjalakan salah satu perintahnya atau anda memang perlu melaksanakan itu untuk masuk ke surganya ?
Sekarang mana yg lebih anda takuti, tidak masuk surga atau masuk neraka ?

Guru Ngaji, Guru Agama sd smp sma, gak pernah ngomong kyk gitu.. gak pernah denger aku

klo anda bilang artikel ini ngarang,tlg jelaskan yg benar itu bagaimana sesuai penjelasan kitab Al-Qur'an dan Al-Hadist, tp maaf klo anda non-muslim,itu sdh beda pembhasan.

Keliatan amat lue ini jarang shalat lur..takut dan membohongi diri dari fakta hukuman yaa makanya bilang "ngarang" buat artikel diatas..wkwkwk,.ciyaannnn,.tobat woey,.

allah itu maha pengampun maha penyayang
tapi disisi lain dia juga memberikan ancaman siksaan yg pedih
katanya kalau timbangan pahala kita lebh banyak daripada dosa kita. kita bakal masuk surga
dan katanya juga, kalau dosa kita sekecil apapun bakal dibalas di neraka
mana yg bener
kaya semuanya bertentangan semua
tau ah pusing
yanaapurple27.blogspot.com

rasis bodoh , dosamu besar menghina agama lain

Hahha bagi yg muslim: apa utama yg ada pada islam ? Itu adalah sholat, di artikel kan dijelaskan, sholat adalah tiang agama umat muslim, sudah pastikan meninggalkan sholat adalah dosa paling besar, zina terjadi krna jauh dari allah, dan tidak melaksanakannya,saya percaya org yg rajin dan dekat dengan allah tidak akan berzina, saya percaya itu, disitu kan bisa kita simpulkan, kalau zina berawal dari jauhnya kita terhadap allah.. Coba deh brobro baca lagi dan pahami artikel di atas.. Secara logika kita bisa ambil keputusannya kok, yg penting artikelnya bisa di pahami..

Bagi yg non muslim : kita berbeda pendapat dan kitab, jadi, ngak usah berkoar2 kayak org mabok, saling menghargai itu lebih baik..

Terima kasih :)

masih ada bulan rhomadhon, setelah puasa sebulan kita kembali bersih suci

Ya Allah ampnilah sgla dosa2 ku ke2 org tuaku smw aggta klurgaku dan smua saudr2ku kaum mslimin dan muslimat
amin....

Ente ngaji di kelas anak2 SD ya gak ada materi bgni. SD baru diajarkan baca tulis Arab dan Hafalan Juz-Amma

Iya kl masih ada umur, kalau tidak ada umur bagaimana? Dirikanlah sholat krn amalan pertama yg di tamyakan adalah sholat.

Terkadang kita berfikir menunda nunda dan meninggalkan waktu sholat itu hal yg sepele, dan kita lebih mementingkan urusan dunia,ingat amalan pertama yg di tanyakan adalah bagaimana sholat kita,maka dirikanlah sholat sebelum engkau di sholatkan. Ingat siksa nerakan sangat pedih

Yah pada kelihatan dari komentnya sudah berapa kali pada meninggalkan sholat???

Astaufirullah dosa besarlah baginya

tapi yang aku tahu dosa yang paling besar adalah berzina ، kalau ada orang yang bilang "aku sering meniggalkan sholat selama ini berapa banyak dosaku ,hukumanku" ،suatu saat orang itu bilang lagi "pacarku mengajak aku untuk berzina aku bilang ya/tidak ... oh aku bilang ya saja, aku tahu dosa terbesar adalah meniggalkan sholat walaupun satu kali sedangkan berzina dosanya tidak lebih besar dari meniggalkan sholat" pikiran seperti INI salah besar ,dosa terbesar adalah berzina jika anda berfikir seperti orang tadi anda salah besar, berzina adalah dosa besar ,intinya bagi pelaku zina amal ibadahnya tidak diterima selama 40 tahun ,itu yang aku tahu

ya...Alloh..ampunilah dosa hamba..hamba mmng tak pnts berada di surga..,tp hamba juga takut dgn api neraka...lindungilah kami dr api neraka..aamiin...

aamiin...mudah"di ringankan utk mnjlnkannya..

Yaa.. Jalan ajah tidak pelu hitung2an pahala atau dosa, tetap berusaha belajar sadar sabar
Jd lebih baik dari kemarin mencapai ridho-Nya. Urusan pahala dan dosa cukup ALLAH SWT yg mengetahui, menentukan dibalas atau tidak!

Masih baik brow ada yang ngingatkan kan kebaikan...yg maha sempurna hny Allih...mari kita jalankan kebaikan ok

ya anda benar, pokoknya kita harus berusaha mematuhi perintah ALLAH SWT dan menjauhi larangannya

tambahan ,tetapi bagi pelaku zina jika tidak mau melaksanakan sholat maka dosanya akan ditambah sesuai dengan dosa meniggalkan sholat

--------------------------------------------------
KEBENARAN ADALAH PENOPANG YANG TIDAK DAPAT DI ROBOHKAN OLEH SEORANG PUN.
Meskipun
Seluruh Jin dan Manusia berkumpul
Untuk melakukanya.
--------------------------------------------------
. ibnu qoyyim al jauziyah

Keduanya, Sholat 5 waktu merupakan Kewajiban yang ditetapkan bagi setiap Muslimin & muslimat, karena itu perintah langsung dari Allah SWT (lewat peristiwa Isra Mi'raj), Sholat juga menjadi kebutuhan jasmani dan rohani karena kita butuh Allah bukan sebaliknya, untuk selalu ingat kepada-Nya dan sebagai bentuk rasa syukur kita juga lewat pertolongan dan perlindungan-Nya. :)

Kalau zina, amal ibadah tidak diterima selama 40tahun. Kalau tidak mendirikan sholat itu kan seluruh amal ibadah lain tidak diterima.

Subkhanallah, semoga sholatku selalu terjaga..sungguh menegakkan sholat adalah perkara yg sangat sulit :(

Bisa di share gk yaa, cz this is important for brother and sister and each other as moslem.

setiap manusia tdak luput dari dosa..

Tergantung brow, mw dibawa kemana niat dalam sholatnya...wajib jika kita sebagai mahluk ciptaannya "tidaklah qu ciptakan jin dan manusia untuk menyembahqu"
Nah, lain cerita kalo bicara masalah kebutuhan, jika dikaitkan dengan syarat masuk surga...yaaaa harus di laksanakan....maaf kalo ane salah2 kata....salam kenal.

Terjemahan aja blom cukup, mesti mempelajari tafsirnya.

Saya pikir kok gak mungkin ya... Sholat gk pernah bolong mulai akhil baliq sampai dengan ajal menjemput. Bagaimana dg orang yg bertobat yg sblmnya gk sholat trus akhirnya jd ustad?. manusia tdk ada yg sempurna,ada kalanya manusia itu khilaf.

Saya pikir kok gak mungkin ya... Sholat gk pernah bolong mulai akhil baliq sampai dengan ajal menjemput. Bagaimana dg orang yg bertobat yg sblmnya gk sholat trus akhirnya jd ustad?. manusia tdk ada yg sempurna,ada kalanya manusia itu khilaf.

Pasti adalah org yg meninggalkan sholt dgn sengaja atw jg khilaf.. tapi inget ya Allah Swt itu Maha Pengasih dan Penyayang... Barang spa yg memohon Ampun dan bertoubat sblm nafas di krongjongan pasti di maafkan.. bagimu agamamu bagiku agamaku..

Udah Ga Usah Ngurusin Agama Orang Lain Semua Agama Itu Bener Semua Mengajarkan Yang Baik-Baik Tapi Kalo MANUSIANYA YG TOLOL Ga Ada Tau....

Hanya allah yg tau semuanya..

ngarang.. tapi anyway sholat itu memang wajib. dan andai masuk surga trgantung amalan kita..pastinya tdk ada satupun yg akan masuk surga..coz tdk ada yg memnuhi syarat. masuk surga itu atas rahmat allah. seorang pelacur masuk surga kana ngasi minum seekor anjing yg kehausan.

Alloh itu maha esa.maha pengampun.maha pengasih,maha penyayang .

lu itu bego gak usah komen jika tidak tau

Ya Allah lindungi kami dan keluarga kami dari siksaan Mu.

Sudah...jangan saling menunjuk...1 jari ke depan, 3 jari ke diri sendiri..cukup...perbaiki diri sendiri, buat hari ini lebih baik dari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini...lebih baik mantan preman dari pada mantan ustad/kyai..tingkatkan kualitas hidup dgn lebih mendekatkan diri...karena manusia tak lepas dari ke khilafan...

benar bangat,,, sepatutnya kita bersyukur,, bahwa masih ada lho saudara kita yang mengingtakan kita dengan kewajiban kita di dunia

kenapa berani gak memungkinkan (baca: memastikan) kalo gak ada satu orang pun yang sholatnya tidak pernah bolong, pak gun awan? metodenya -sampai bisa punya kesimpulan begitu- bagaimana?

Sholat tu uda wajib bagi muslim...kan sbelum kt lahir ke dunia uda buat perjanjian dgn Tuhan !!!!

Kalau ada orang mengajarkan yg baik d dengarkan atau d baca dan pahami. Urusan kita mau atau tidak urusan masing2. Semua manusia pasti punya pemikiran yg berbeda. Inti nya kalo percaya ikut kalo tidak percaya ya sudah ga usah ngajak2 orang. Dengan memberi taukan itu bohong. Dia cuma memberi tau kalo ga percaya ya udah jangan banyak cingcong. Bencong

Yg penting menjalankan sholat itu harus ikhlas jgn dianggap kewajiban aja tapi kebutuhan hidup.

kacang goreng kacang godok, mijon mijon, cang goreng cang godok.
kacangnya mas,....
kacangnya mbak....

Memang kita semua tak lepas dari dosa dan tak luput dari kekhilafan, satu langkah bisa berarti antara dosan dan pahala.
Mari kita semua bersama" tobat untuk mencari ridho dan rahmatNya, hanya dengan rahmatNya kita bisa masuk surgaNya aminn ya robb.

"RahmatKu mendahului murkaKu (HR. TARMIDZI)"

gak pernah ngomong gitu,,, wong gak pernah masuk waktu ngaji atau pelajaran agama .....hhhhhhhh maaf... guyon

Jika ada artikel religi seperti ini kemudian membacanya lalu mengucapkan istighfar menandakan bahwa suka akan artikel seperti ini, krn bisa jadi pengetahuan sekaligus pengingat agar tdk melakukan hal demikian berdasarkan artikel tsbt, namun jika tdk suka akn artikelnya tdk perlu coment apalagi mencemoohkn. Sebaiknya hidup saling menghargai satu sama lain.

umat muslim yg masuk neraka itu karena semasa hidup tidak pernah taubatan nasuha. maka sebelum mati ajal menjemput segeralah bertaubat, Allah itu maha penerima taubat, maha pengampun, jika meminta pasti diberi ,maka memintalah kepadanya. jangan berputus asa dari rahmatnya. tidak ada manusia yg luput dari kesalahan besar atau kecil. yg penting belajar dari kesalahan jangan sampai terulang kembali. sebelum habis umurmu dan Allah memangilmu ,siapkanlah amal ibadahmu yg akan menjadi teman dialam kuburmu. Allah maha penerima taubat dosa besarpun akan dihapuskannya dari dirimu jika engkau mau meminta maaf kepadanya dengan sungguh-sungguh. amin

Diusahakan harus ada perawi atau periwayat . sumbernya juga penting dari mana, seperti hitung hitungan diatas , sumbernya dari siapa riwayat siapa agat pembaca lebih percaya.

Nabi Muhammad, shlat terus tuh.. #msukAkal#orangBeriman

Hablumminallah wa Hablumminannas...
Sebaik baik manusia adalah yg berhubungan dgn Allah(lewat sholat) Dan berhubungan baik sesama manusia.

Gak mutu x comentar loe boss,,,,bodoh jgn d liat2 kn x la,,,bikin malu loe
mcm org gak berpendidikan coment anda

Gak mutu x comentar loe boss,,,,bodoh jgn d liat2 kn x la,,,bikin malu loe
mcm org gak berpendidikan coment anda

Masya allah kalian..
Ucapkan sj wallah'alam.
Tdk usah saling mengatai.

Allah maha kuasa..tulisan diatas sesuai al quran dan hadits..yg tdk percya bkn orng muslim...naudzubillah.minzhalik..

Gak setuju....byk yg selalu inget

Setuju...byk yang selalu ingat

Bismillah..
Ini semua sudah allah kabarkan di dalam al-quran dan berdasarkan tuntunan..
msalah hitung-hitungan, coba temen-temen buka al-qur'an dan hadits-hadits yang menjelaskan tentang itu..
ini sedikit yg ana tahu..
“Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS. Al Hajj: 47).

“Orang beriman yang miskin akan masuk surga sebelum orang-orang kaya yaitu lebih dulu setengah hari yang sama dengan 500 tahun.” (HR. Ibnu Majah no. 4122 dan Tirmidzi no. 2353. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)



“Dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun” (QS. Al Ma’arij: 4). Ayat ini menunjukkan pengkhususan dari maksud umum yang sebelumnya disebutkan atau dipahami bahwa waktu tersebut begitu lama bagi orang-orang kafir. Itulah kesulitan yang dihadapi orang-orang kafir,

wallahu a'lam bishawab..

Ga usah kaya gitu kamu...Hargai ya,walaupun km beda agama!

Masalah Kita ke neraka atau surga itu urusan Allah, toh semua ada penerangannya dalam Al Qur'an,dan itu rules yg tidak ada tawar menawarnya, ketika seseorang lalai atau meninggalkan sholat dgn kata lain melakukan dosa maka satu2nya dengan taubatan Nasuha dan tidak mengulanginya lagi...insyaAllah rules di atas mungkin terlewatkan & Allah begitu maha memaafkan & pemurah selama umatnya benar2 taubat & memperbaiki diri. Wallahualam

Gue bilangin sama lo semua nih semua orang pasti bakalan masuk neraka untuk membersihkan dosa-dosanya kemudian baru dimasikkan ke surga (bagi yg muslim)

Mbak artikelnya ok pisan...smoga kita bisa lebih baik antara hablu minallahi dan habluminannas amiin....
Bwat non muslim,knpa see kalian selalu bikin title KRISTEN VS MUSLIM...knpa nggak KRISTEN VS BUDHA,HINDU,dsb...
Dari situ juga bisa d simpulin yg benar pasti d musuhi sama yg salah....
Jadi bwat kalian kafir kalian manusia pasti bisa berfikir agama kalian itu benar ato hanya organisasi!!???

yang terpenting hidup itu, melaksanakan sholat,tdk durhaka ma ortu, baik dg sesama...berbagi dech....

Pada ngajiii semuaaaa,
Ngaji diri,ngaji nahan, ngaji semuaaaa
Biarr ngertii dan tau sendirii..
Bicara itu menunjukan akhlak dan pribadi kaliann wahaiii saudara seimann
Ampunilahh saya. Dan keluarga saya ya allah

kalau ndak ngerti ndak usah komentar,agama islam itu alarannya bagus tifak ada yg dalah

Artikel yang sangat berguna.Semoga kita selalu dilindungi Allah dari lalai dan lupa dan dari hal-hal yg merugikan kita baik di dunia maupun di akhirat

Amiin Ya ALLAH .... Saya stuju dngan pendapat kak ita

Amiin Ya ALLAH ... Saya sangat setuju dengan pendapat kak ita

Assalamualaikum...buat saudara-saudari semua...selaku umat muslim/pun non muslim...kita semua tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna selain nabi muhammad saw.andaikan ada maka manusia itu adalah yang BAIK tutur katanya,prilakunya, sifatnya,amal ibadahnya,& segala sesuatu yang menyangkut kehidupan dunia ini.jadi tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan dosa/salah.baik itu di sengaja ataupun tidak.jadi tinggal gimana caranya supaya kita bisa memperbaiki dan terhindar dari siksa neraka.semua orang di dunia ini pastinya akan merasakan sakitnya siksa neraka sebelum akhirnya diterima di surga yang dijanjikan allah kepada kita semua.lama atau tidaknya..itu tergantung seberapa besar/kecil,dosa yang telah kita perbuat.......
wassalam

Allah itu maha pengasih dan penyayang klo kita sholat di masjid berjamaah itu dihitung 27x dan klo kita tinggal kan sholat itu dihitung 1x.maka nya nabi muhammad menganjur kan kita sholat tepat waktu di masjid

Assalamualaikum sodara,sodari smua.. Alhamdulillah dari semua yg koment artinya pasti sudah membaca artikelnya,banyak sedikitnya pasti ada manfaatnya.yg mbuat artikel sudah melaksanakan dakwah,inshllah pahala disisiNya.Semoga Allah SWT membukakan pintu Rahmat dan Hidayah seluas-luasnya buat kita semua.Amin ya Rabbal Alamin..

siapa bilang semua umat muslim nggak adaa yg holat setiap hari.??? muhammad dan kaumnya sebelum kita rajin sholat kok, hanya kaumnya yg sekarang ajaA yg pura2 nggak sadar diri N nggak tau diri... sekarang udah taukan hukumnya bagi orng yg meninggalkan shalat itu apa.??? jadii kita cukup mengerjakannya dan mengingatkan mereka yang belum sholat untuk mengerjakannya, yahh selanjutnya itu urusan pribadi masing2...

Agama yg paling benar di sisi Allah memang cuma Islam. Namun sudah beragama Islam pun tak menjamin masuk surga. Semua tergantung kesatuan jiwa & raganya dlm beragama. Maaf aku gak asal memenangkan agamaku, tapi memang Tuhan Yang Maha Esa hanya ridla terhadap Islam semata.

Jangan saling menghakimi.. Biarin aja mereka, soalnya kalo maksud dan perbuatan mereka berasal dari ajaran salah pasti seiring waktu akan lenyap.. tetapi kalo memang asalnya dari Allah, anda tidak mungkin dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, kemungkinan anda melawan kehendak Allah. karena mubgkin Allah mengizinkan adanya perbedaan kepercayaan seperti di dunia ini. kenapa Allah tidak melenyapkan para orang yang kita satu sama lain anggap sesat dan kafir? hanya Allah yang tau.. suatu saat nanti pasti ada penghakiman diatas.. jadi bukan wewenang kita untuk menghakimi satu sama lain.. terima kasih atas kesadarannya.
#respect all religions
#respect others
#human rights
#Pancasila
#Bhinneka tunggal ika


untuk author.. terimakasih.. post ini sangat membantu teman saya bertobat hehehe.. teman saya muslim, walaupun saya bukan muslim, tapi saya mengirimkan post ini beberapa hari yang lalu, dan akhir" ini dia menjadi lebih sering beribadah dan mulai meninggalkan kegiatan duniawi

Namun demikian rasullulah juga menganjurkan amalan amalan seperti berdzikir subhanallah walhamdullilah wallaillahailallah wallauakbar yg dapat memberi pengampunan thd dosa 2kita walau seluas buih di lautan sekalipun ,dan amalan amalan sunnah lainnya,intinya kita tak perlu terpaku pada salah satu hadist tertentu ,bahwasannya quran itu perlu penafsiran yg benar, dan lebih luas cakupannya

Mau tahu yg sebenarnya, pergi ke pesantren tuntut ilmu disana... kita akan tahu semuanya dengan lengkap. Lakum diinukum waliyadin....., NA'Uzubillah Minha Minzallik...

Yang pasti kerjakan ibadah ya termasuk shalat itu yang wajib, lebih baik lagi kalau shalat sunnah, benar kata nabi muhammad SAW bahwa sebagian umat terlalu banyak tanyanya (komentarnya) sehingga yang sudah pasti disuruh dikerjakan oleh Allah SWT malah ditunda-tunda

Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).
Apa saja perbuatan keji dan mungkar?
Silahkan cari tahu sendiri.

Guru saya mengajarkan kalau Islam adalah agama yang "benar" bukan yang "paling benar" kenapa? karena di bawah "paling benar" ada kata "benar" jadi jika kita mengaku Agama yang paling benar Islam lalu agama yang lain "benar" nah jadi mulai sekarang berhenti berbicara Agama "paling benar".

Itu Jepang gimana yak??? :v

Astaghfirullah, semoga kita selalu dilindungi oleh Allah dan diberikan kekuatan agar tidak pernah sekali-kali meninggalkan salat fardhu. Aamiin.

pasrah ke pada allah yang maha esa

Kalau pingin selamat dunia dan akhirat harus menjalankan apa yg telah allah perintahkan dan yg tidak diridhoinya jangan dijalankan.. Itu saja cukup, smoga kita smua dalam lindungannya

Ody permana...
Neraka itu bukan tempat pencucian dosa..
Neraka itu hukuman bagi mereka yg lalai dan kekal didalamnya

Kampungan bagi yg tidak tau sholat dan agama islam, contoh gw sholat tp jujur gak tau diterima sama alloh swt atau gak,? Yg jelas q slalu berusaha agar solatku duterima amin. Dan manusia yg slalu sholat ialah rosul rosul alloh dan sahabat rosul. Itulah islam walaupun dlm sehari berkali kali harus ibadah tp umat tetap ikhlas karena alloh, bukan ibadah seminggu sekali bahkan jarang2. lagi malas karena dosa sudah ada yg nebus,

Poll ibadah nya..
Bagi yg sholat nya rajin..
Bagi yg belum sholat, masih ada kesempatan..

Thanks artikel nya..

Laa ilaha illallah "TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH"
inna dina indallahil islam,,,sesungguhnya agama yang diridhoi Allah adalah Islam
islam terdiri dari 5 pilar "2 kalimat syahadat,shalat,zakat,puasa, dan haji"
mengenai soal hitung2 si penulis boleh jadi bahkan lebih parah dari apa yg beliau utarakan lewat artikelnya,,penulis mungkin hax ingin memotivasi qt semua agar setelah membaca kita bisa sadar bahwa kita ini hamba yg harusnya malu tdk berbakti kepada Allah yang Maha memberi kan kita berbagai macam nikmat dan kenikmatan,,,

Maka bertobatlah sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang amin....

Kl sudah berzina berarti nunggu 40thn dong kl mo ibadah lg..sebaiknya yg kumplit kl kasi penerangan Allah maha pengampun

dosanya orang yang udah sholat 5 waktu tapi masih suka ngebom itu apa?

Penyesalan datang ketika nyawa sampai dikerongkongan

Yang punya HAK menentukan siapa yang masuk surga dan neraka hanya Allah SWT. Tidak usah ribut hitungannya bener atau ngga dari artikel ini, yang penting mencoba yang terbaik untuk melakukan amal ibadah. Bukannya sudah ada cerita seorang yang sangat rajin ibadah tapi tidak masuk surga, juga ada cerita pelacur yang masuk surga karena kebaikannya di akhir hayatnya?!. Ingat, Allah itu memiliki kehendakNya, jadi biar Allah SWT aja yang memutuskan :) Semangat... !!!

Ya Allah,jauhkanlah kedua orang tuaku,anak istriku dan diriku dari kerugian dunia dan akhirat,..sungguh Engkau adalah satu2 nya Dzat yang Maha Agung,Maha Perkasa lagi Maha Pengasih..amin..
Buat penulis makasih udah ngingetin,..

Intixa hdup n mati it dtangan allah n allah lh yg mengatur smua it, tentu kalia smuah pda tw SUNNAH n WAJIB lw sunnah aja jrang kita lakukan gmna dngan k,wajiban kita,, hdup kita msh dlm htungan ×+÷- kalau =... kita blm tw, mkaxa bxak2 berbuat baik dripda kjahatan biar gk k,bablasan.. hehee mksh

maaf klau mnurut opini ane, sebaiknya setiap riwayat hadits itu juga disertai kekuatan hukumnya apakah shahih,hasan,dhoif dll menurut para ulama yg terpercaya… yg dikawatirkan itu mudhoratnya karna artikel ini semacam fatwa, manusia tdk lepas dari dosa, jadi sebaiknya disertai juga hadits ttg penawar dari hukuman kelalaian tsbt… walahualam

maaf banyak artikel yg membuat yg baca salah persepsi, jadi sebaiknya kalo ada artikel lihat sumber penulis tercantum atau tidak jgn jadi perdebatan yg saling merugikan. Islam itu indah, lebih indah lagi kalo kita tau ilmu dan dasarnya semoga wawasan dan ilmu kita bertambah secara benar, karena kebenaran adalah milikNya.

Rame ya ckckck ...kadang sy bingung dgn org yg komentar ..apalagi yg koment anti dgn agama tertentu... Semoga ALLAH SWT memberikan kita ilmu dan jalan yg lurus seperti org2 saleh

assalamualakkum..
saudaraku..
Sudah jelaskan Allah SWT telah menganugrahkan Al-Qur'an kpd kita..
untuk apa...???
tentunya ya untuk menjadi ladasan,pedoman,ilmu pengetahuan,hukum dan masih banyak lagi yg terkandung di dalamnya.
kalau untuk perintah sholat lima waktu buat apa lagi di perdebatkan lagi di sini,,
toh dalam Al-Qur'an sudah jelas perintahnya,rincian amal pahalanya,dan rincian balasannya..
tinggal kembali pada hati kita masing"..
sudah benar2 mengimani dan memahami isi Al-Qur'an belumm...???
yg telah di turunkan oleh Allah SWT kpd baginda Rasullulloh SAW,dgn tutur bahasa dan sastranya yg tidak ada bandingannya di dunia ini..

pelajari,pahami,dan imanilah Al-Qur'an,,jika sudah benar2 faham megerti isinya dan meyakini isi dan berita di dalamnya,maka tidak akan ada lagi pertanyaan dan perdebatan tentang amal,balasan dan perhitungannya,karena semua sudah jelas jawabannya dan itu ada qhak dari Allah SWT..

kecuali kalau anda bukan muslim,karena ke imanan itu letaknya di hati..


mohon maaf kalau ada salah kata,karena saya hanyalah orang belum mengerti apa-apa,tapi setidaknya saya yakin bahwa Allah itu maha adil dan maha mengetahui apa yg tidak di ketahui makhluknya,,

wassalamu'alaikum..

assalamualakkum..
saudaraku..
Sudah jelaskan Allah SWT telah menganugrahkan Al-Qur'an kpd kita..
untuk apa...???
tentunya ya untuk menjadi ladasan,pedoman,ilmu pengetahuan,hukum dan masih banyak lagi yg terkandung di dalamnya.
kalau untuk perintah sholat lima waktu buat apa lagi di perdebatkan lagi di sini,,
toh dalam Al-Qur'an sudah jelas perintahnya,rincian amal pahalanya,dan rincian balasannya..
tinggal kembali pada hati kita masing"..
sudah benar2 mengimani dan memahami isi Al-Qur'an belumm...???
yg telah di turunkan oleh Allah SWT kpd baginda Rasullulloh SAW,dgn tutur bahasa dan sastranya yg tidak ada bandingannya di dunia ini..

pelajari,pahami,dan imanilah Al-Qur'an,,jika sudah benar2 faham megerti isinya dan meyakini isi dan berita di dalamnya,maka tidak akan ada lagi pertanyaan dan perdebatan tentang amal,balasan dan perhitungannya,karena semua sudah jelas jawabannya dan itu ada qhak dari Allah SWT..

kecuali kalau anda bukan muslim,karena ke imanan itu letaknya di hati..


mohon maaf kalau ada salah kata,karena saya hanyalah orang belum mengerti apa-apa,tapi setidaknya saya yakin bahwa Allah itu maha adil dan maha mengetahui apa yg tidak di ketahui makhluknya,,

wassalamu'alaikum..

assalamualakkum..
saudaraku..
Sudah jelaskan Allah SWT telah menganugrahkan Al-Qur'an kpd kita..
untuk apa...???
tentunya ya untuk menjadi ladasan,pedoman,ilmu pengetahuan,hukum dan masih banyak lagi yg terkandung di dalamnya.
kalau untuk perintah sholat lima waktu buat apa lagi di perdebatkan lagi di sini,,
toh dalam Al-Qur'an sudah jelas perintahnya,rincian amal pahalanya,dan rincian balasannya..
tinggal kembali pada hati kita masing"..
sudah benar2 mengimani dan memahami isi Al-Qur'an belumm...???
yg telah di turunkan oleh Allah SWT kpd baginda Rasullulloh SAW,dgn tutur bahasa dan sastranya yg tidak ada bandingannya di dunia ini..

pelajari,pahami,dan imanilah Al-Qur'an,,jika sudah benar2 faham megerti isinya dan meyakini isi dan berita di dalamnya,maka tidak akan ada lagi pertanyaan dan perdebatan tentang amal,balasan dan perhitungannya,karena semua sudah jelas jawabannya dan itu ada qhak dari Allah SWT..

kecuali kalau anda bukan muslim,karena ke imanan itu letaknya di hati..


mohon maaf kalau ada salah kata,karena saya hanyalah orang belum mengerti apa-apa,tapi setidaknya saya yakin bahwa Allah itu maha adil dan maha mengetahui apa yg tidak di ketahui makhluknya,,

wassalamu'alaikum..

Selalai-lalainya kita sebagai manusia di bumi ini, kita harus ingat ya teman.. Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Allah Maha Pengampun bagi hamba-Nya yg mau berubah dengan sungguh sungguh.. :)
Allah Maha Baik. Kalau ada ayat yg menerangkan satu ayat mengenai hukuman atas dosa yg diperbuat manusia, jangan mengabaikan ayat yg lainnya.. Allah itu penuh Cinta, Kasih, dan Sayang.. Wassalam

Kok bisa dikata ngawur??? Apakah kalian sudah tanya sama orang yg ngepost darimana dalilnya. Kalo gk dijawab berarti dia ngawur. Memang bisa saja orangnya ngawur, tapi juga bisa saja orangnya lupa ngasih dalilnya. Kalaupun dia ngawur kan tujuannya juga mengingatkan.

Sholat harus sesuai dengan kelakuan, ini mah sholat rajin supaya di lihat orang ngga sesuai sama kelakuan, masih punya sifat serakah, riya, sombong, pendendam, dengki, sirik, pemarah, pendusta,semua penyakit hati, krn sebagai Muslim kita hrs tau makna dari pada sholat itu. Sholat itu sesungguhnya kita bersumpah kepada ALLAH SWT,Dengan mengetahui makanya,maka sempurnalah sholat kita, kokohlah iman kita sebagai mukmin yg bertaqwa.Amin.

Yg dibilang kan meninggalkan sholat dengan sengaja..atau ketika ilmunya belum sampe..contohnya ketika kita sdh baliqh tp umur masih belasan..blm mengerti hukumnya meninggalkan sholat..blm banyak mengetahui ilmu agama..insya allah itu semua pengecualian..tp barang siapa yg ketika sdh tahu dan paham tg sholat tp masih juga meninggalkannya dg sengaja,isnya allah hukumnya mmg berat..tp seberat apa?wallahu hu a'lam bishawab..hanya Allah yang tahu

Assalamualaikum wr. Wb.
Buat saudaraku seiman.. ini ada beberapa tips agar sholat kita khusyu', :
1. Perbaiki gerakan sholat, yang tuma'ninah ya guys sholatnya. Jangan terlalu cepat,sampai bacaan berantakan. Pelan2 saja, rasakan kedamaiannya ☺
2. Perbaiki bacaan sholat kita, seperti yg kita tau. Bacaan sholat adalah doa. Jangan sampai ada kalimat yg terlewat ya,, ayo check bacaan sholat kita guys...☺
3. Fahami arti bacaan sholat kita, seperti yg kita tau.. saat sholat banyak sekali permohonan kita kepada Allah lewat bacaan sholat.. nah, masa iya kita minta ke Allah tapi ga tau apa yg kita minta? 😁 . dengan memahami bacaan sholat,kita juga akan lebih meresapi sholat kita.
4. Shalatlah seperti itu adalah sholat terakhir kita..😢
Sbg manusia, kita tentu tak ada yg tau kapan meninggal. Maka, ketika kita ingat mati saat sholat. kita tak akan berminat sedikitpun untuk bermain2 atau menyepelekan sholat... insyaallah air mata pun menetes dgn mengingat nya...

Mungkin cukup sekian,,
Mohon dicoba sekali2, insyaallah pengen tiap hari.. saya sarankan di1/3 malam. Lebih terasa kehadiran Nya.
Wassalamualaikum wr wb.😊

kenapa baru sekarang tahu ya..
padahal dulu sering bolong solatnya.
nyesel dah.

Orang yg beriman pasti tidak akn bolong sholatnya..kecuali dia lagi sakit.tidak ada alasan untuk meninggalkan sholat dalam 5 waktu.

Artikel yg brmanfaat.. Smoga bsa trus mmprbaiki iman dan ibadah.. Amin

Yang jelas MENINGGALKAN SHOLAT ITU DOSA,dan yang tau perhitungan persisnya HANYA ALLAH swt,memang mungkin kadang atau bahkan sering kita meninggalkan sholat,tapi Allah SWT itu maha Pemaaf,pastinya jika kita meminta maaf tentu Dia akan memaafkan,tapi bukan berarti dengan itu kita bisa seenaknya meninggalkan sholat,tetap Istiqomah itu yang terbaik.
Saran untuk penulis ,
Coba sertakan dalil yang jelas,dari Al Qur'an dan tentunya hadist yang sahih,apalagi mengenai permasalahan sholat,

kesimpulanya gini melakukan zina sholatnya Selama 40 tahun ga di terima .. kalo 1 kali aja meninggalkan sholat azab nya sudah seperti itu bayangkan kalo selama 40 tahun sholatnya ga di terima dosanya sudah seperti apa :( kesimpulanya dosa zinah sudah pasti sangat amat besarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

Shalat artinya berdoa.. Setiap keyakinan apa pun punya cara sendiri2 dalam berdoa.. Mungkin judul nya terlalu di hiperbola sehingga menyulut pro dan kontra.. Sampaikanlah sesuatu sebagaimana mestinya.. Tanpa harus di tambahkan dan dikurangkan.. Tanpa harus mengurangi nilai lain sebuah tindakan.. Dan jangan meperbandingkan sebuah perbuatan dosa.. Karena itu hak mutlak Allah SWT untuk memutuskan.. Bacalah dengan hati bukan dengan kepentingan..

Ada benarnya artikelnya mendidik tapi juga ada yg aneh apakah hitungannya udah benar wallahu alam hanya allah yg tahu kita sebagai manusia sangat terbatas dan rentan lalai karna manusia tidak ada yg sempurna kecuali malaikat allah sebab itu manusia diciptakan dan diberi karunia akal,pikiran dan hawa nafsu jd saya rasa manusia itu tidak ada yg sempurna karna rentan lalai lupa karna hawa nafsunya yg bekerja maka sebaik baik manusia adalah yg mampu menjaga hubungan baik dng makhluk nya hablum minanaas ,hub dng allah hablum minallah dan hubungan dng linkungannya dan jauhi larangan allah itu saja insyaallah tuhan maha pengampun lg maha penyayang bismillah...

Saudara2 seiman, mari kita jadikan pelajaran..
1. Bahwa benar Dosa yg sgt bsr krn meninggalkan shalat
2. Bhawa benar kasih Syg Allah Sgt luas, mK Allah maha penerima taubAt
3. Bahwa hidup DiDunia ini hanya 1 kali. Sekedar mampir sekejap mata, jd mari kita gunakan kesempatan hidup yg tersisa ini untuk bertaubat ats sgl kehilafan, perbanyak istighfar, perbaiki amal shalat dan perintahNya, jauhi larangan Allah
4. Jangan pernah berniat u saling menyalahkan satu sm lain.. Karena umat islam itu bersaudara
5. Berharaplah ridhanya Allah semata, krn itu lebih baik dari dunia dan isinya
6. Maafkan sy jika ada kata yg salah, itu murni kesalahan saya. Jikapun itu benar, itu karena dtgny dr Allah smt

Seram kali artikelnya , jd takut saya, jd ingin berubah dan sholat

AJIB!!!!! SUNGGUH BERMANFAAT 👍👍👍👍👍

pernah denger nih dipengajian,dosa meninggalkan shalat dg disengaja lbh besar drpd berzina,tp kalau soal itungan saya krg tau pasti'y,yg jls shalat itu termasuk dlm rukun Islam... ingat bro sis termasuk rukun Islam ya!!!rukun Islam...

Semoga kita semua yg membaca post selalu mendapat berkah & hidayahnya amiin.. Saya pecaya surga, neraka, goib, & pencipta manusia. Dia maha segalanya.. Allah swt.

bagus artikelnya mbak yu wiwik jian mantap pojoke...untuk yg koment negatip semoga dapat hidayahNya..

Dirikanlah solat, aplikasikanlah makna solat dalam kehidupan sehari2, sehingga tercipta selalu menjadi pribadi yg senantiasa selalu ikhlas, sabar, rendah hati, bersikap pasrah dengan kaidah2 seorang muslim, krn semua larangan dan yang diharamkan itu apapun bentuknya pasti berdampak negatif utk dirinya dan semua anjuran untuk kaum muslim pasti berdampak positif.. Mari kita menjadi seorang muslim yg saling menyelamatkan sesama, bukan menghakimi dan menilai org lain dengan istilah2 yg ekstrim dan seolah2 musuh.. Padahal seorang muslim sejati adalah penyayang..

Ya Allah kulo nyuwon pangapunten ingkang katah...

intinya yang sholatnya bolong-bolong jangan bolong2 lagi, sempurnakan sholatmu jadi 5 waktu di masjid. kita tggl di dunia cm sementara paling cuma 70-100th. amalan yg prtama kali di tanya sama Allah di akhirat ya Sholat baru selanjutnya amalan yang lain spt sedekah, dll. semoga tulisan ini menyadarkan bagi pembacanya. Amien

Bermanfaat, smga kita snntiasa Istiqomah dlm mnjga Sholat kita.

Heh,jangan sekali kali menghina umat islam karena akan di balas di akhirat nanti (islam 100%)



Astagfiruloh......agama jangan buat perdebatan tp diyakini dan dijalani sesuai keyakinan masing2...jangan ngomongin surga atau neraka...itu semua masih ghoib blm pernah ada yg nyobain atau merasakan kan. Wassalam....salam damai

Menurutku hitungannya terlalu lebay. Apalagi meruntuhkan Ka'bah membunuh 1rb umat muslim. Hati2 ini membuat org yg jarang shalat jd menyepelekan zina dan membunuh. Inikah tanda akhir zaman...

Itu dosanya masih besar dosa kita2 yg sering gak shalat. Klo ngebom paling gak nyampe 1000 org. Klo kita gak sholat 1x24 jam berarti 5000 org udah kita bom.

#Buat Penulis.

Hal ini sebenarnya sudah lama diketahui oleh para ulama'. Tapi mereka tidak membeberkan karena sebagian umat belum siat terkait minsite dan keilmuan. ibarat orang sekolah ada jenjangnya. Anloginya, Jika Bahan ajar perkuliahan di berikan sama Anak SMA/SMP maka kesesatan berpikir yang terjadi karena pondasinya masih Rapuh.
Ini DUMAY tidak semua warga dumay(Baca muslim) Punya pondasi yang kuat dlm keagaannya. Jadi pikir matang2 untuk ngepost. Hal yang baik kadang menjadi BURUK jika tidak sesuai objek dan konteksnya.

#Untuk yang Koment.

Nabi mengajkan kita berbicara pakai Ilmu dan bebicara pakai perbuatan! Jadi jika ada yg meremehkan shalat kita buktikan pakai ilmu. Antara Zina dan shalat, kenapa shalat dikatakan Tiang Agama, Kenapa waktunya Ada 5 untuk shalat fardu? benarkah shalat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar? Apa saja manfaat shalat dlm kehidupan?. semua pertanyaan tersebut bukan lantas kita meragukan shalat Tapi mencari makna dibalik itu semua!!! dengam kita mengetahui maka akan semakin Nikmat ibadah yang kita jalani, Tanpa mengerti apa yg kita lakukan maka akan hambar Rasnya.
Kemudian kenapa Zina dilarang dam sebagainya. Coba kita pikirkan dan kita buktikan! MEMIKIRKAN BUKAN BERARTI MERAGUKAN HUKUM MELAINKAN AGAT DAPAT MEMAHAMI DAN MEMEBERI TAHU KEPADA YANG MEMBUTUHKAN.

Jadi kita tak usah saling debat. Tapi Buktikan.! Malu dong Sama Nabi kita berbicara kebenaran Tapi kita juga belum menemulan kebenaran sejatinya. Nabi mengajarkan kita berbicara pakai ilmu bukan Nafsu apalagi Emosi.

Back To Top