Empat Perawatan Kecantikan Terlarang Bagi Muslimah - Kumpulan Info Unik

Empat Perawatan Kecantikan Terlarang Bagi Muslimah

Memiliki wajah yang cantik adalah impian bagi setiap wanita. Tidak heran, jika mereka memberikan perhatian lebih terhadap penampilan, kesehatan dan kecantikannya. upaya mempercantik diri dilakukan dengan perawatan dari ujung kaki sampai ke ujung rambut.

Biasanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, wanita akan menyerahkan urusan tersebut dengan datang ke salon kecantikan. Di sana mereka bisa memilih apa saja perawatan yang bisa membuat penampilan semakin menarik. Namun diantara beberapa jenis perawatan yang ditawarkan, kaum wanita khususnya muslim harus tahu, bahwa beberapa jenis perawatan terlarang dilakukan.

Akan tetapi beberapa diantara perawatan yang terlarang tersebut, kini justru menjadi trend yang biasa dilakukan. Padahal, tindakan ini termasuk tidak mensyukuri nikmat Allah yang berujung pada ancaman hukuman yang amat pedih. Apa saja? Berikut rangkuman empat perawatan kecantikan terlarang bagi muslimah .

1. Mencabut Bulu Alis
Saat ini memakai alis adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh seorang wanita demi menambah kecantikan. Untuk mendapatkan alis yang bagus, tidak jarang wanita justru membentuk bulu alisnya dengan cara mencabut, menggunting atau mencukurnya. Padahal sebenarnya, di dalam Islam perbuatan yang demikian adalah suatu hal yang diharamkan.

"Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, Dan Dia mengampuni dosa yang lain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka, yang dila'nati Allah dan syaitan itu mengatakan:"Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya), dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merobah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merobahnya". Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata." (QS. 4:116-119)

2. Merenggangkan Atau Meruncingkan Gigi Demi Kecantikan
Banyak hal yang dilakukan wanita untuk dapat terlihat cantik. Salah satunya adalah dengan mengikuti tren masa kini yaitu merenggangkan atau meruncingkan gigi. Pada dasarnya perbuatan tersebut diharamkan dalam Islam jika bertujuan demi kecantikan. Namun lain halnya apabila untuk tujuan terapi dan pengobatan. Misalnya, seorang wanita yang mempunyai gigi menonjol yang mengganggu aktivitasnya untuk makan, maka diperbolehkan untuk mencabutnya. Akan tetapi, jika perawatan ini dilakukan hanya untuk bergaya maka terdapat ancaman bagi orang yang melakukannya.

Dalam Shohih Sunan An-Nasa’I dari hadits Abdullah bin Mas’ud berkata: “Rasulullah melaknat orang-orang yang memasang tato, menajamkan giginya, mencabut alis matanya, dan yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. An-Nasa’I 5253, dan dishohihkan oleh Syaikh al-Albani dalam shohih Sunan An-Nasa’i).

3. Menyambung Rambut
Perawatan kecantikan berikutnya yang dilarang oleh Allah SWT adalah menyambung rambut. Banyak wanita yang mungkin belum mengetahui bahwa menyambung rambut, baik dengan rambut manusia atau selainnya adalah haram. Tidak hanya menyambung rambut saja, memakai wig dan konde juga memiliki hukum yang sama.

Hal ini ditegaskan oleh Al-Allamah Asy-Syaukani rahimahullah berikut ini: “Menyambung rambut adalah haram, karena laknat tidaklah terjadi untuk perkara yang tidak diharamkan.” (Imam Asy-Syaukani, Nailul Authar, 6/191)

Bahkan menurut Al-Qadhi ‘Iyadh, menyambung rambut itu adalah maksiat dan dosa yang besar, lantaran adanya laknat bagi yang melakukannya. Tidak hanya orang yang menyambung rambut saja yang akan mendapatkan dosa. Akan tetapi, semua orang yang terlibat akan mendapatkan dosa yang serupa. Jadi, jangan sekali-kali menyambung rambut baik dengan rambut manusia ataupun yang berbahan plastik sekalipun.

4. Mentato Tubuh
Perawatan kecantikan terakhir yang dilarang dalam Islam adalah mentato tubuh. Banyak wanita yang ingin menunjukkan cinta kepada kekasihnya dengan membuat tato gambar orang tersebut di bagian tubuhnya. Namun, seperti halnya hukum mentato tubuh sama halnya dengan menyambung rambut. Baik bagi yang bertato ataupun orang yang membuatnya adalah sama haram serta termasuk maksiat kepada Allah SWT.

keduanya di-athafkan (dikaitkan) dalam satu hadits sebagaimana riwayat Ibnu Umar radliyallah 'anhuma.Dari Ibnu Umar radliyallah 'anhu, katanya bahwa Rasulullahshallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
“Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya, dan wanita pembuat tato dan yang bertato.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi).

Hukum bertato atau bagi pembuatnya adalah sama haram dan termasuk maksiat kepada Allah Ta’ala. Imam Ibnu Baththal memberikan syarah terhadap hadits ini:

“Karena keduanya saling tolong menolong dalam merubah ciptaan Allah, dan hadits ini merupakan dalil bahwa siapa saja yang menolong perbuatan maksiat, maka dia ikut serta dalam dosanya.” (Imam Ibnu Baththal, Syarh Shahih Bukhari, 9/174).

Itulah empat perawatan kecantikan yang dilarang dalam Islam. Menjadi muslimah yang cantik memang diperolehkan, akan tetapi harus memperhatikan aturan yang terdapat dalam Islam, tidak boleh menyalahi syariat dan hanya boleh ditujukan untuk suami saja.
Tag : Islam, Lifestyle
14 Komentar untuk "Empat Perawatan Kecantikan Terlarang Bagi Muslimah"

Apakah detox atau suntik putih juga haram? Bagaimana dengan sulam alis?

Ada bny hal yg jauh lebih besar/hukum yg lbh bsr drpd menuruti hal sekecil ini, mungkin sambung rambut/pake wig diharamkan krn mengganggu pemakaian jilbab kalee .. aneh bener
pemikiran org jadul

Yg namanya haram mau kecil atau besar tetep aj haram.....ninggalin yg kecil aj gbs apalagi yg besar...

@habit purnomo mas nya ini knapa ya? ☺
Ya tentu lah pemikiran org jadul(jaman dulu),kan firmanNya pun dtgnya pd jaman dulu.dan ada di Al-quran lho mas.klo jasek(jaman sekarang) mh pemikirannya udh laen ya mas?maunya semaunya sndiri tnpa liat k dasar/acuan hidup(al-quran)..yg dsebutkn d atas emg bner lho mas,bisa dliat sumber yg dsebutkn d tulisannya😊
Yg mau taqwa y djalankan printahNya dan jauhi laranganNya,yg ngga mau ya ada wktunya 😊😊😊

@habit purnomo = lebih baik punya pemikiran jadul, drpd SOK GAHOL tp menyalahi ketentuan agama πŸ‘ŽπŸ˜πŸ‘Ž

Hal yang dianggap kecil, lama kelamaan akan menggunung. Pola pikir yang sempit. Haram, ya. haram. Baik kecil atau besar.

Bener banget @fadilla siti sarah...
Buat bapak @habit purnomo kalau ngaku islam y jalankan perintah Allah dan jauhi larangan Allah.
Islam itu tidak memaksa... islam itu simpel, kalau kita sudah yakin pasti secara otomatis kita akan menjauhi y... Allah melarang karena pasty ada keburukan... Allah itu maha baik loh pak ?
Berkali kali Allah mengingatkan, tetapi manusia yang diingatkan y berulang kali melakukan kesalahan yang sama tapi Allah masih mau mengingatkan bahkan Allah jauh lebih sabar... karena dia tidak langsung mengazab kita .. tetapi dia masih mau memberikan kita kesempatan untuk bertobat...
Itulah tuhan yang kita sembah...

pada dasar nya muslimah itu sudah cantik tidak perlu membentuk alis, penyulam bibir dll, karna yang membedakan muslimah cantik itu pada ahlak dan ketaatan kepada Tuhannya.. :)



afwan :)

Dimana mana untuk memulai sesuatu yang besar tidak bisa melangkahi hal hal yg kecil. Ingat surat al zalzalah yah. Sadari kebaikan sekecil apapun. Kita kan hanya saling mengingatkan

Sulam alis kan tattoo, jd haram juga..
Detox or suntik putih, klo merubah ciptaan Nya haram juga sis

Artikel yang bagus.
Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
Ada banyak souvenir cantik untuk pengajian, haji, pernikahan.

Bukannya manusia itu adalah mahluk yang sempurna, mungkin itu karna nafsu saja jadi selalu ingin berbuat sesuatu yang lebih. karna kalo semua mengikuti hawa nafsu apapun itu pasti di rasa kurang aja, kurang cantik lah, kurang ini dan itu.

Artikelnya cukup menarik dan mudah di pahami. jangan lupa kunjungi blog kami juga http://januarikedesember.blogspot.co.id/

Terimakasih Atas Informasinya

Back To Top