Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri - Kumpulan Info Unik

Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam menu makanan yang khas. Sebut saja rendang, nasi goreng atau sate yang namanya sudah mendunia, dan menjadi menu favorit wisatawan saat datang ke Indonesia. Makanan khas ini begitu mudah ditemukan karena banyak dijual, mulai pedaganga kaki lima hingga di restoran-restoran ternama. Tidak heran jika kuliner ini menjadi ciri khas Indonesia dimata orang asing.

Namun demikian, ternyata tidak semua makanan yang populer ini asli berasal dari Indonesia. Beberapa diantaranya justru  berasal dari luar negeri, namun diolah dengan cita rasa lidah orang Indonesia. Akan tetapi di negara asalnya makanan-makanan ini justru tidak sepopuler di Indonesia. Apa saja makanan tersebut?

1. Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi makanan yang melekat dengan lidah orang Indonesia. Namun ternyata  makanan berbahan dasar nasi ini berasal dari Negara Tiongkok. Konon nasi goreng sudah ada sejak 4000 Sebelum Masehi. Sejarahnya makanan ini tercipta karena kebiasaan masyarakat Tionghoa tidak mau makan nasi sisa kemaren. Sehingga nasi sisa ini dimasak kembali agar bisa dihidangkan menjadi menu makanan. Kehadiran nasi goreng sendiri dibawa oleh orang-orang Tionghoa yang datang ke Indonesia.

Di Indonesia sendiri nasi goreng sering menjadi menu sarapan pagi atau menu makan malam. Kini nasi goreng diolah dengan berbagai varian mulai dari nasi goreng seafood, rasa sosis, nasi goreng kambing dan masih banyak lagi.  Nasi goreng Indonesia memang terkenal lezat bahkan pernah menempati urutan kedua makanan terenak di dunia setelah rendang.

2. Bakso

Ternyata bakso juga bukan merupakan makanan asli Indonesia. Makanan yang enak disantap ketika cuaca dingin ini rupanya berasal juga masih berasal dari Tiongkok. Penyebarannya juga dibawa oleh masyarakat Tionghoa yang datang ke Indonesia.  Bakso berasal dari kata Bak-So, yang dalam Bahasa Hokkien yang berarti daging giling.

Namun masyarakat Indonesia begitu melekat dengan makanan yang terbuat dari daging yang diolah menjadi bulat-bulat ini. Terlebih jika dimakan ketika hujan, maka rasa bakso akan semakin menambah selera makan. Selain dijual dengan gerobak atau warung-warung pinggir jalan, bakso juga kini menjadi salah menu di restoran ternama. Bakso ditanah air memang memiliki cita rasa yang berbeda.  Bahkan Presiden Amerika Serikat menanyakan bakso saat berkunjung ke Indonesia.

3. Mie

Menu makanan berbahan dasar mie juga banyak ditemukan di Indonesia. Anda  tidak akan kesulitan mendapatkan mie di Indonesia karena jumlah pedagang yang begitu banyak. Meski populer di Indonesia, ternyata makanan ini tidak berasal dari Indonesia. Banyak negara yang mengkalim menjadi negara pertama yang menghasilkan Mie. Seperti Italia, Tiongkok, dan Arab yang mengaku sebagai negara penemu mie. Tapi sebuah tulisan tertua mengenai mie itu ternyata berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Jadi mungkin bisa dipastikan mie itu berasal dari Tiongkok.

4. Siomay

Makanan lain yang populer di Indonesia namun berasal dari luar negeri adalah Siomay. Makanan sampingan yang terbuat dari tepung dan daging ini memang menjadi teman ketika sedang lapar.  Di Indonesia sendiri, siomay dimodifikasi menjadi banyak varian seperti berisi ikan, daging kambing atau pun sapi. Siomay juga didukung sama kol, kentang, tahu, telor, kacang, kecap, dan jeruk nipis. Tapi kalau kamu merasa siomay itu adalah makanan asli Indonesia, maka kamu salah, karena ternyata siomay itu ditemukan bangsa Mongolia.

5. Soto

Sepertinya dari sabang sampai merauke ada banyak soto. Hebatnya bentuk, cara penyajian, dan rasanya beda-beda. Ada soto Betawi, soto Padang, soto Makasar, soto Pekalongan, soto Madura, soto Medan, soto sop. Ya pokoknya banyak banget soto di Indonesia. Walaupun melekat banget sama Indonesia tapi konon ternyata soto itu berasal dari Tionghoa. Ada juga yang bilang soto adalah bentuk pembauran antara masakan Tionghoa, India, dan masakan lokal Indonesia.

Semoga informasi ini menambah pengetahuan baru bagi pembaca setia. Jika ada info terkait artikel di atas, maka silahkan meninggalkan pesan pada kolom di bawah ini. Terimakasih sudah membaca.
Tag : Info Unik
1 Komentar untuk "Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri"

kuliner indonesia memang membuat ngiler aja kalau cuma di lihat,,jadi penasaran ingin merasakannya

Back To Top