Awas, 5 Hal Sepele Ini Berbahaya Dilakukan Setelah Makan - Kumpulan Info Unik

Awas, 5 Hal Sepele Ini Berbahaya Dilakukan Setelah Makan

Makan merupakan kegiatan penting untuk mendapatkan energi bagi tubuh agar bertenaga menjalankan aktivitas seharian. Biasanya setelah menyantap makanan seseorang akan melakukan kegiatan lain misalnya bersantai sejenak sebelum melanjutkan aktivitas lainnya.

Namun beberapa orang melakukan kegiatan yang membahayakan tubuhnya setelah makan. Hal ini dilakukan karena kegiatan tersebut terlihat sepele dan dianggap tidak membahayakan. Padahal jika berlangsung dalam rentang waktu yang panjang, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal. Apa saja hal sepele ini berbahaya dilakukan setelah makan? Berikut ulasannya.

1. Minum Air Dingin
Setelah makan, biasanya seseorang bisa meneguk minuman dingin untuk menghilangkan rasa pedas atau sekedar membersihkan tenggorokan. Terlebih jika cuaca panas atau makanan yang dihidangkan terasa pedas, maka air dingin menjadi pilihan yang begitu nikmat untuk diminum. Ternyata tindakan ini ternyata berbahaya bagi tubuh.

Air Es yang bersuhu rendah bisa menyebabkan partikel makanan yang mengandung minyak menjadi beku. Hal ini bisa mengangganggu proses pencernaan makanan, karena usus dalam tubuh menyempit sehingga proses penghancuran dan penyerapan makanan dalam usus terganggu. Jika proses pencernaan terganggu, maka akan berdampak pada proses metabolisme tubuh lainnya.


2. Makan Buah
Aktivitas makan buah setelah makan sudah menjadi budaya karena buah dianggap sebagai makanan penutup. Ternyata kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Menurut ahli buah yang dimakan setelah makan justru membahayakan proses pencernaan. Pasalanya buah mengandung karbohidrat yang biasa diserap oleh bagian usus kecil. Jika disantap setelah makan, maka pergerakannya akan lambat karena terhalang oleh makanan yang baru dikonsumsi. Ini akan menyebabkan beberapa gangguan pencernaan seperti kembung, asam lambung dan diare. Ada baiknya buah dimakan 30 menit sebelumnya, agar kandungannya bisa dicerna terlebih dahulu.

3. Tidur
Setelah makan biasanya orang akan diserang oleh perasaan kantuk yang bergitu berat. Namun jangan langsung buru-buru tidur karena kegiatan tersebut berbahaya bagi tubuh. Proses penyerapan makanan oleh usus akan berjalan lambat saat tubuh sedang tertidur. Makanan di dalam usus tidak dicerna dengan baik dan berdampak buruk pada proses penyerapan sari makanan oleh darah. Kegiatan tidur setelah menyantap makan juga bisa menjadi sebab pokok timbulnya obesitas sebab lemak dan kalori akan menumpuk dalam tubuh.

4. Berjalan  
Karena aktivitas yang padat biasanya orang akan tergesa-gesa saat makan. Agar tidak menghabiskan waktu, biasanya orang akan segera berjalan untuk kembali melakukan aktivitasnya yang sempat tertunda karena makan. Tindakan ini ternyata menganggu sistem pencernaan di dalam tubuh. Pada saat berjalan, otot-otot perut saling bersinergi dengan otot yang lain untuk menghasilkan gerakan. Ini membuat usus susah mencerna makanan di dalam tubuh karena organ lain juga sedang bekerja keras agar dapat melakukan gerakan. Imbasnya, penyerapan makanan oleh darah akan terganggu sehingga akan berdampak pada pusing, lemas meski sudah makan, atau mual-mual.

5. Mandi
Ternyata mandi juga menjadi aktivitas terlarang jika dilakukan setelah makan.  Saat mandi, suhu air bisa menaikkan aliran darah ke kaki, tangan dan badan. Hal ini membuat darah di bagian perut berkurang dan bisa bisa menyebabkan gangguan untuk penyerapan makanan di dalam tubuh.

Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan pembaca setia agar tidak melakukan tindakan di atas setelah makan. Dapatkan informasi unik dan menarik lainnya hanya di Infoyunik, membuka tabir keunikan. Terimakasih sudah membaca.
0 Komentar untuk "Awas, 5 Hal Sepele Ini Berbahaya Dilakukan Setelah Makan"

Back To Top