Tips Cara Bikin Daftar Belanja Rumah Tangga

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai Tips Cara Bikin Daftar Belanja Rumah Tangga . Yuk simak penjelasan lengkapnya yang sudah kami rangkum pada artikel dibawah ini ya!

Merencanakan dan menyusun daftar belanja bulanan rumah tangga penting dilakukan dengan benar karena jika tidak maka akan boros yang kemudian berdampak pada status keuangan kamu.

Misalnya, bulan belum berakhir, uang sudah habis. Berikut adalah cara bikin daftar belanja bulanan untuk membantu kamu menghindari masalah seperti ini.

Cara Bikin Daftar Belanja Rumah Tangga

Cara Bikin Daftar Belanja Hemat Rumah Tangga

Merencanakan belanja bahan makanan bulanan kamu memiliki beberapa manfaat. Karena kamu hanya membeli apa yang benar-benar kamu butuhkan, kamu akan menjadi lebih disiplin dalam jangka panjang.

Kedua, kamu akan menghemat lebih banyak uang karena kamu hanya membeli barang-barang yang paling penting bagi kamu.

Berikut ini adalah daftar lengkap tugas bulanan yang dapat menghemat belanja kamu di sekitar rumah. Hal-hal berikut ini merupakan kebutuhan.

1. Beras, Minyak, dan Bumbu Dapur

Beras dan minyak adalah kebutuhan pokok yang harus ada dalam daftar belanja bulanan kamu. Karena berat dan harga beras dan minyak yang ditawarkan di pasar bervariasi, berhati-hatilah untuk hanya membeli apa yang kamu butuhkan secara bulanan.

Misalnya, jika kamu dan keluarga jarang makan di rumah setiap hari, sebaiknya tidak membeli 20 kg beras melainkan membeli 5 kg beras.

Jika kamu jarang memasak dengan minyak, aturan yang sama berlaku: jangan membeli dua liter. Tidak perlu lebih dari satu liter ini.

Selain itu, untuk kebutuhan bumbu dapur kamu, kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan sehari-hari dan rutinitas makan kamu. kamu tidak boleh membeli banyak lada, misalnya, jika keluarga kamu tidak suka pedas.

2. Mie Instan dan Roti

Persediaan cadangan mi instan harus selalu tersedia meskipun itu bukan kejadian penting dalam daftar belanja rumah tangga itu.

Penting untuk diingat bahwa meskipun nyaman, mie cepat tidak direkomendasikan sebagai makanan biasa atau camilan. Camilan dan sarapan mungkin termasuk roti, yang merupakan karbohidrat sekaligus sumber makanan.

3. Telur

Selain mie instan, telur yang dianggap sebagai sumber protein juga penting karena jika anggaran kamu terbatas ada banyak makanan olahan yang berasal dari telur seperti telur orak-arik untuk sarapan, ditaruh di salad, atau sebagai menu tambahan. sambil makan nasi goreng.

Baca Juga:  Aneh, Tanpa Hamil Gadis Ini Tiba-tiba Melahirkan

4. Sayur dan Buah

Sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, selada, kangkung, tomat, dan seledri dapat membantu kamu menghemat uang untuk tagihan belanjaan bulanan kamu setiap daftar tahun.

Semua sayuran ini jika disimpan di lemari es yang dingin dapat bertahan seminggu dan kamu dapat menyiapkan atau memasaknya sesuai dengan preferensi kamu.

Untuk buah, pisang dan apel bisa menjadi prioritas. Pisang dan apel bergizi dan memuaskan, menjadikannya ideal untuk sarapan. Harganya juga terbilang cukup murah.

Di sebagian besar pasar, kamu bisa mendapatkan pisang Sunpride dengan harga kurang dari Rp 30.000. Sedangkan satu kilo apel yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dihargai Rp. 50 ribu.

5. Ikan, Ayam, atau Daging

Penting juga bagi kamu untuk memasukkan ketiga jenis makanan ini ke dalam daftar belanja bulanan rumah tangga kamu setiap bulan. Ini karena mereka adalah sumber protein.

Jika daging sapi di luar kisaran harga kamu, gunakan ikan atau unggas atau buat bakso sebagai gantinya. Buat yang penting kamu mendapatkan cukup protein setiap hari.

6. Makanan Frozen

Saat kamu tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan dari awal, sosis dan nugget beku mungkin bisa menjadi penyelamat. Sosis dan nugget mudah dibuat karena hanya digoreng, keduanya siap disantap.

Beberapa merek sosis dan nugget tersedia dengan harga kurang dari Rp50 ribu per 500 gram, sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran belanja bulanan sambil tetap menikmati produk berkualitas tinggi.

7. Sabun Cuci

Sabun cuci, baik itu sabun cuci, pewangi, sabun cuci piring, maupun sabun untuk membersihkan ruangan-ruangan penting, sudah termasuk dalam daftar belanjaan kamu.

Aturan praktis yang baik adalah memilih yang terendah yang dapat kamu temukan, selama wewangian yang kamu sukai.

8. Tisu

Jangan lupa untuk memasukkan tisu ke daftar belanja bulanan kamu. Ada berbagai jenis tisu, termasuk tisu wajah, tisu kamar mandi, dan tisu dapur. Ada baiknya untuk membeli ketiganya tetapi belilah sesuai dengan kebutuhan kamu dan jangan berlebihan.

9. Perlengkapan Mandi

Sabun mandi, sampo, pencuci muka, pasta gigi, dan sikat gigi sama pentingnya untuk kamu masukkan dalam daftar belanja bulanan murah kamu.

Baca Juga:  Fakta Alam Semesta yang Membuat Manusia Lebih Bersyukur

Tipsnya jangan memilih, misalnya sampo atau sabun mandi cair yang ukurannya terlalu besar. Cukup untuk konsumsi satu bulan.

10. Penunjang Barang Elektronik

Elektronik pendukung disini adalah baterai, baik itu baterai besar, AA, maupun AAA. Baterai AA biasanya digunakan untuk remote televisi. Saat kamu menggunakan pemanas air, kamu akan membutuhkan baterai besar dan baterai AAA.

Pastikan untuk memverifikasi inventaris kamu terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian baterai. Jika kamu masih membelinya sesuai kebutuhan.

11. Vitamin dan Obat-obatan

Item penting pada daftar belanja setiap bulan adalah obat pertolongan pertama. Sangat penting untuk membeli obat bebas jika kamu atau anggota keluarga kamu tiba-tiba menjadi tidak sehat, bahkan jika penyakitnya tidak mengancam jiwa.

Selain itu, penting juga agar kamu membeli vitamin setiap bulan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tips dan Cek Daftar Belanjaan Bulanan untuk Tabungan Rumah Tangga

Berikut adalah beberapa petunjuk yang perlu diingat saat kamu pergi berbelanja untuk menghemat uang untuk keluarga.

1. Susun Skala Prioritas

Perlu kamu sadari bahwa tidak semua daftar belanja bulanan hemat harus dibeli pada waktu yang sama di awal bulan dan setiap bulan.

Mungkin ada persyaratan tertentu yang bisa didapat bulan depan. Karena itu, sebelum berbelanja, pertimbangkan barang apa yang ingin kamu prioritaskan di bulan ini.

2. Catat Daftar Belanja Kamu

Buat daftar semua yang kamu perlukan untuk bulan depan bahkan sebelum kamu berpikir untuk pergi ke toko atau memesan sesuatu secara online.

Dan buat daftar belanja langsung selama 1 minggu hingga 1 bulan. Kenapa ada 1 minggu? Karena hal-hal seperti sayuran dan buah sering tidak bertahan sebulan, kamu juga perlu membuat daftar belanja mingguan.

Menyimpan daftar belanja membantu kamu membeli pengeluaran kamu untuk kebutuhan seperti makanan, minuman, obat-obatan, sabun cuci, dan produk perawatan pribadi lainnya.

3. Waktu Belanja yang Tepat

Kunjungi supermarket pada waktu yang tepat, seperti menjelang akhir bulan, pada hari libur, atau pada hari Minggu, untuk menghemat uang.

Biasanya supermarket memberikan diskon atau potongan harga yang memungkinkan kamu untuk lebih berhemat. Untuk menghindari keramaian dan antrean panjang di kasir, berbelanjalah di luar jam sibuk seperti jam 11 pagi atau setelah makan siang.

Baca Juga:  Keunikan Sidik Jari Sudah Dijelaskan Dalam Alquran

4. Bandingkan Harga

Saat berbelanja bahan makanan, kamu mungkin menemukan bahwa harga sangat bervariasi dari satu supermarket ke supermarket berikutnya. Ada baiknya untuk membandingkan harga terlebih dahulu.

Karena banyak supermarket dan minimarket sekarang menyediakan layanan belanja online, menyelesaikan pekerjaan rumah kamu di internet adalah pilihan yang layak. Jika toko tidak dapat diakses secara online, kamu dapat bertanya kepada keluarga.

5. Manfaatkan Kupon Belanja

Manfaatkan kupon belanja yang kamu miliki sebaik mungkin, karena dengan kupon belanja kamu biasanya akan menerima produk gratis. Kupon belanja terutama diperoleh melalui hasil belanja sebelumnya, promosi dari aplikasi, atau lainnya.

6. Bayar dengan Uang Tunai

Bayar dengan uang tunai jika kamu bisa. Kamu tidak akan menyia-nyiakan apa pun dengan cara ini. Hindari memastikan kamu tidak terlalu memaksakan diri dengan memanfaatkan kartu kredit atau aplikasi pinjaman internet.

7. Beli Produk Lokal dan Obat Generik

Beli dan manfaatkan barang-barang lokal karena lebih murah daripada produk makanan atau barang dagangan impor.

Jika setiap bulan kamu membeli vitamin dan obat-obatan, jika ada pilihan obat generik, beli saja obat generik karena harganya juga lebih murah.

8. Kartu Supermarket

Saat kamu membeli di tempat belanja, kamu akan sering memiliki pilihan untuk menggunakan kartu diskon. Ini mungkin tampak seperti pengeluaran yang tidak perlu pada awalnya, tetapi ada beberapa keuntungan untuk membeli bahan makanan dengan kartu supermarket supermarket.

9. Jangan Bawa Anak

Saran ini berlaku bagi kamu yang memiliki anak di bawah 15 tahun. Kebanyakan anak muda akan membeli jika mereka tidak diberi apa yang mereka inginkan.

Jika kamu memiliki pilihan, pertahankan anak kamu di rumah saat kamu berbelanja bahan makanan setiap bulan. Ada baiknya untuk mulai mengajari anak kamu tentang uang di usia muda jika kamu tidak memiliki kerabat yang dapat dipercaya dengannya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Bikin Daftar Belanja. Semoga bermanfaat dan membantu ya teman – teman, kalian juga bisa membaca beberapa informasi lainnya di web kami yaitu InfoYunik mengenai daftar harga barang dan info lainnya.