Peluang Kerja Jurusan Hubungan Internasional Paling Lengkap

InfoYunik.com – Kami akan membahas mengenai peluang kerja jurusan hubungan internasional paling lengkap , yuk simak penjelasan lengkap dan jelasnya pada artikel dibawah ini ya!

Bekerja di kancah dunia international tentunya menjadi impian dan keinginan banyak orang, selain kamu bisa berkunjung ke berbagai macam negara kamu juga bisa bertemu dan bahkan bergabung dengan beberapa organisasi negara lain yang memang bersifat international.

Tentunya, untuk bisa bekerja di dunia international sudah dipastikan kamu harus memiliki ilmu yang mempelajari tentang dunia international, atau yang biasa disebut adalah Ilmu Hubungan International.

Apa itu Ilmu Hubungan International

Apa itu Ilmu Hubungan International?

Ilmu hubungan internasional adalah jurusan atau prodi yang fokus mempelajari mengenai politik, dan hubungan dunia intenasional yang menghubungkan berbagai macam negara yang terlibat.

Akan ada banyak aspek yang dipelajari mahasiswa jurusan Hi, seperti peran antar negara, hubungan antar negara, organiasi antar pemerintah, organisasi non pemerintah, perusahaan multinasional,dll.

Hubungan internasional sendiri bisa berupa persahabatan, persengketa, permusuhan, peperangan antar negara.

Ada beberapa faktor yang memperngaruhi ilmu Hi, yakni diantaranya adalah faktor internal dan erksternal, keduanya merupakan pengaruh akan adanya ilmu Hi.

Nah dibawah ini akan kami jelaskan mengenai berbagai macam prospek kerja jurusan Hi, yuk simak!

Prospek Kerja Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Berikut ini peluang kerja jurusan Hi:

Diplomat

Bekerja sebagai diplomat merupakan pekerjaan yang banyak diincar oleh para mahasiswa jurusan Hi, peranan seorang diplomat yaitu bekerja di Kementrian Luar Negeri atau Kemenlu, dan menjadi representasi negara diberbagai macam negara, dipolmat juga bekerja kantor Kedutaan Besar RI.

Baca Juga:  Tips Aman Membeli Rumah Dijual Lelang

Staf Kedutaan

Prospek kerja yang kedua adalah Staf Kedutaan. Tugas sebaga staff kedutaan adalah membantu tugas duta besar sesuai bidang dan skill yang kamu punya, misalnya kamu bisa dalam hal ekonomi maka kamu bisa saja ditempatkan dibagian analisis ekonomi atau perdagangan dan pajak.

Government Relation Officer

Selain bekerja di dunia pemerintahan, mahasiswa jurusan Hi juga bisa bekerja di perusahaan, seperti perusahaan swasta kamu bisa menjadi Government relation officer, yang berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan pemerintah mengenai kebijakan.

Jurnalis

Prospek kerja yang keempat adalah bekerja sebagai jurnalis. Peranan menjadi jurnalis sendiri adalah menganlisa suatu peristiwa yang bersifat internasional.

Negosiator

Peluang kerja lainnya adalah menjadi seorang Negosiator, mahasiswa jurusan hubungan internasional bisa bekerja menjadi Negosiator profesional, yang tugasnya adalah bernegosiasi dalam urusan pemerintah, bisnis dan keamanan.

Internasional Officer

Mahasiswa jurusan HI bisa juga bekerja sebagai internasional officer untuk pemerintah, atau untuk organisasi dan atau untuk NGO internasional.

Konsultan Internasional

Berikutnya ada Konsultan Internasional. Tugas utama seorang Konsultan internasional adalah menganalisa berbagai macam hal yang berhubungan dengan antar negara.

Dan kamu juga akan menyajikan suatu data tentang suatu negara kemudian data tersebut akan digunakan untuk keperluan perusahaan biasanya untuk pemasaran produk atau jasa.

Politikus

Prospek kerja yang kedelapan adalah Politikus atau Politisi. Mahasiswa hubungan internasional bisa bekerja menjadi seorang politisi, dengan memiliki kemampuan dan pemahaman mengenai bidang politik terutama di dunia internasional.

Baca Juga:  Cara Menggunakan BPJS Kesehatan untuk Operasi

Risk Analsyt

Mahasiswa hubungan internasional juga bisa menjadi Risk Analyst. Nah peranan seorang risk analyst sendiri tidak jauh berbeda dari anlisis, kamu harus menganalisa data, membuat laporan dan riset mengenai dunia internasional untuk perusahaan baik sektor publik, komersil, ataupun industri.

Dosen

Peluang kerja yang terakhir adalah Dosen atau Pengajar. Selain bekerja di bidang yang kami sebutkan diatas, kamu juga bisa bekerja sebagai pengajar yang memberikan ilmu dan pengajaran yang berkecimpung di dunia HI dan menjadi lebih siap untuk menyambut cita – cita juga masa depan.

Prospek Kerja Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

International Foundation

Kamu juga bisa bekerja di salah satu International Foundation. Entah sebagai konsultan, data researcher, atau yang lainnya. Gaji yang Kamu dapat bisa bervariasi mulai dari Rp 5 juta hingga 7 jutaan.

Staff Ahli

Prospek kerja lainnya adalah staff ahli. Peranan staff ahli banyak ditemukan pada anggota legislatif dan eksekutif di tingkat daerah ataupun pusat. Tugasnya adalah mengumpulkan informasi, menjadi penasehat, dan menganalisis.

FAQ

Berikut ini pertanyaan mengenai peluang kerja jurusan hubungan internasional:

1. Berapa Gaji Menjadi International Officer?

Gaji yang di dapat ketika menjadi Internasional Officer lumayan besar loh, kamu bisa saja mendapatkan gaji kisaran Rp 3.000.000 sampai Rp 5.000.000.

Apa yang Harus Disiapkan Jika Ingin Masuk Jurusan Hubungan Internasional?

Ada banyak yang harus kamu siapkan ketika ingin masuk jurusan HI:

  1. Skill Bahasa Asing
  2. Kemampuan dalam berpikir kritis
  3. Skill dalam Berkomnikasi atau Public Speaking
  4. dll
Baca Juga:  Cara Membuat Jus Buah Kekinian untuk di Jual

Apakah Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional Harus Bisa Bahasa Inggris?

Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan HI diwajibkan untuk bisa berbahasa inggris, karena jurusan tersebut berkontribusi di dunia internasional yang dimana hampir rata – rata memakai bahasa inggris.

Berapa Lama Kuliah Jurusan Hubungan Internasional?

Untuk menempuh pendidikan jurusan HI dibutuhkan waktu 4 tahun dan 8 semester, sama seperti jurusan pada umunya kecuali Kedokteran.

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai peluang kerja jurusan hubungan internasional paling lengkap , semoga bermanfaat dan berguna ya sobat unik.

Kalian juga bisa membaca artikel lainnya pada web kami, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, dll. Yuk kunjungi web InfoYunik kami dan temukan informasi yang kalian butuhkan.