Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Luntur

InfoYunik.com – Kami akan memberikan beberapa tips atau cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Luntur, nah bagi kamu penyuka baju warna hitam yuk simak tipsnya pada artikel dibawah ini ya!

Hari-hari ini, fashion datang dan pergi cukup cepat. Oleh karena itu, mengenakan baju berwarna hitam merupakan strategi untuk beradaptasi dengan tren yang sangat dinamis dan banyaknya model pakaian baru yang bermunculan.

Bahkan jika itu bukan sesuatu yang istimewa, pakaian hitam akan selalu memiliki kesan canggih tentang mereka, terlepas dari seberapa “keluar dari tren” mereka. Namun, warna hitam kehilangan intensitasnya dengan sangat cepat.

Agar warna hitam pada pakaian kehilangan penampilan “mengkilap” dan terkadang menjadi abu-abu. Baju hitam, seperti pakaian warna-warni atau pakaian putih, perlu ditangani secara berbeda dari jenis pakaian lainnya.

Mengikuti panduan perawatan pakaian hitam ini akan memastikan bahwa pakaian gelap kamu mempertahankan ronanya yang dalam dan pekat dan tidak menjadi lebih terang seiring waktu.

Mencuci Menggunakan Air Dingin

Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Pudar

Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mencuci baju hitam tapi tidak luntur warnanya, yuk simak:

1. Membalik Baju

Dimungkinkan untuk mempertahankan warna gelap pakaian hitam dengan mencuci dan mengeringkannya secara terbalik. Saat pengeringan di bawah sinar matahari langsung, warna hitam mungkin menjadi kurang terlihat.

Dalam nada yang sama, saat mencuci. Pembalikan pakaian dapat mencegah pakaian hitam terkena deterjen secara langsung, yang dapat mencegah warna memudar jika deterjen terlalu “kuat” untuk warna hitam.

Baca Juga:  Tips Sewa Apartemen

Beberapa jenis deterjen mungkin terlalu “kuat” untuk warna hitam karena dapat menyebabkan warna hitam memudar.

2. Mencuci Menggunakan Air Dingin

Saat mencuci, sebaiknya lakukan dengan air dingin agar warnanya tidak kusam. Tapi sebelum kita masuk ke dalamnya, kamu harus memeriksa seberapa kotor pakaian hitam kamu.

Disarankan untuk memulai dengan mencuci tangan setiap komponen yang kotor. Setelah itu, saya cukup menggunakan mesin cuci untuk membersihkan semuanya.

Gunakan air yang telah didiamkan semalaman agar suhu air turun untuk mencuci pakaian kamu dengan air dingin jika mesin cuci kamu tidak memiliki pilihan mencuci dengan air dingin.

Ini adalah salah satu tips untuk orang yang memiliki mesin cuci yang tidak memiliki pilihan mencuci air dingin. Pastikan untuk memanfaatkan waktu sesingkat mungkin saat mencuci pakaian di mesin cuci. Warna hitam pakaian kamu akan semakin terang seiring dengan proses pencucian yang berlangsung lebih lama.

3. Menambahkan Cuka

Saat mencuci pakaian hitam, menambahkan cuka dapat membantu menjaga warnanya agar tidak terlalu pudar. Rahasianya adalah dengan cepat merendam pakaian hitam kamu dalam larutan yang terdiri dari satu ember air dan satu cangkir cuka sebelum mencucinya dengan sabun.

Rendam pakaian dalam waktu singkat, mulai dari 5 hingga 10 menit, lalu peras air rendamannya sebelum mencuci pakaian dengan deterjen.

4. Memilih Detergent yang Sesuai

Jangan gunakan deterjen khusus untuk pakaian putih pada pakaian hitam karena dapat menyebabkan warna gelap memudar.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Humidifier Ruangan untuk Bayi

Disarankan untuk menggunakan deterjen yang diformulasikan khusus untuk pakaian berwarna karena tidak mengandung klorin dalam jumlah berlebihan.

5. Pisahkan Baju Warna Hitam dengan Warna Lainnya

Saat kamu mencuci pakaian putih, kamu juga harus mengikuti prosedur yang sama untuk mencuci pakaian hitam. Pisahkan pakaian hitam dengan pakaian berwarna lain agar warna lain tersebut tidak terserap oleh pakaian hitam.

Hal ini juga membantu untuk menyortir pakaian menurut beratnya dan bahan dari mana mereka dibuat sebelum mencucinya.

6. Hindari Menjemur Baju Hitam di Bawah Terik Matahari Langsung

Tidak hanya penting untuk membalik cucian saat sedang mengering, tetapi kamu juga harus berusaha untuk menjauhkan pakaian gelap dari sinar matahari langsung.

Sinar matahari adalah musuh utama warna gelap dan dapat menyebabkannya memudar lebih cepat. Saat kamu segera mengeringkannya, warnanya tidak akan pudar dan menjadi lebih redup.

7. Cuci Baju Hitam Sesuai Kebutuhan

Jika kamu terlalu sering mencuci pakaian, pakaian menjadi lebih rentan rusak. Hal ini terutama berlaku untuk pakaian hitam pekat, karena pencucian berulang kali akan mengencerkan warnanya, membuatnya tampak lebih tipis daripada sebelumnya.

Oleh karena itu, kamu harus mencoba untuk menghindari mencuci pakaian hitam terlalu sering dan mencucinya hanya jika benar-benar diperlukan.

Misalnya, tergantung pada jenis aktivitas yang kamu lakukan, kamu dapat menggunakan kembali pakaian seperti sweter atau celana panjang sebanyak empat hingga lima kali.

Baca Juga:  Ide Desain Kamar Tidur Cantik

Dengan demikian tidak perlu terlalu sering mencucinya, kecuali jika pakaian hitam tersebut adalah pakaian dalam atau T-shirt yang telah dipakai setelah hari yang sangat panas dan lembab.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips mengenai cara mencuci baju hitam agar tidak luntur, semoga bermafaat dan berguna ya sobat.

Kalian juga bisa membaca berbagai kategori pada web kami ya, yang diantaranya Daftar Harga , Tips dll, yuk kunjungi web kami.