Cara Membuat Kerajinan Dari Lilin

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai cara membuat kerajinan dari lilin , yuk simak beberapa penjelasan detailnya pada artikel dibawah ini ya!

Jauh sebelum berbagai jenis lampu yang memanfaatkan listrik sebagai sumber listrik, lilin telah diciptakan. Oleh karena itu, lilin sebelumnya memainkan peran penting dalam keberadaan manusia.

Sejak 3000 SM, lilin telah digunakan, meskipun pada saat itu hanya memiliki sumbu yang terbuat dari alang-alang dan penutup sumbu yang terbuat dari lemak sapi yang mengandung asam stearat.

Sejak penemuan listrik, lilin telah kehilangan kegunaannya. Hanya penerangan darurat, seperti lilin, yang digunakan saat listrik padam.

Sumbu lilin berada di tengah dan dilapisi tebal dengan lilin. Ternyata lilin dapat digunakan untuk lebih dari sekedar penerangan; mereka juga dapat dibuat menjadi kerajinan dan mainan (plastisin).

Jenis – Jenis Lilin

Setelah mengtahui banyak tentang sekilas tentang lilin, kamu juga perlu tahu jenis lilin hias yang bisa digunakan untuk bahan kerajinan. Yuk simak!

Lilin Pilar

Biasanya lilin ini digunakan untuk penerangan, yang bisa menghasilkan cahaya ambien. Lilin pilar ini juga mempunyai kulit tebal dan berbentuk seperti silinder.

Lilin pilar merupakan jenis lilin hias yang terbaik dan sering digunakan untuk rumah dengan menggunakan penahan lilin, supaya tidak panas ketika memegangnya.

Aga terlihat lebih indah dan bagus, kamu bisa mengukir lilin ini dengan ukiran yang kamu suka. Karena ukiran yang terdapat pada lilin pilar ini mempunyai nilai karya yang sangat tinggi.

Baca Juga:  Cara Memasak Daging Kornet Pronas Kalengan

Lilin Makan Malam

Berikutnya adalah lilin yang sudah sering dipakai ketika sedang berlangsung makan malam, lilin yang berbentuk silinder dan sedikit meruncing keatas ini tidak asing bagi sebagian banyak orang.

Lilin Aroma

Di urutan ketiga ada lilin beraroma, lilin ini sering digunakan untuk ruangan. Lilin yang berfungsi memberi ketenangan dan wangi ini menjadi incaran banyak anak muda.

Ketika proses pembuatan lilin, ada beberapa bahan yang dicampurkan dengan cairan parfum maka dari ketika lilin dinyalakan akan mengeluarkan wewangian.

fungsi lilin aroma:

1. Pelengkap sebuah acara (spa atau yoga)

2. Sebagai pewangi ruangan

Lilin Gel

Selanjutnya ada lilin gel, lilin ini terbuat dari parafin, wite oil, anti lengket, pewarna dan parfum jika ingin digunakan. Lilin gel atau biasa disebut dengan lilin jelly memiliki bentuk yang sangat transparan.

Mengapa demikian? Karena bentuk lilin ini berbentuk transparan, maka lilin ini dituang diberbagai wadah yang bening seperti kaca dengan bentuk yang berbeda-beda.

Lilin Mengambang

Kerajinan dari lilin mengambang ini memiliki keunikan yang tersendiri, lilin yang mengambang memang sengaja dibuat untuk bisa mengambang diatas air agar bisa menciptakan keindahan tersendiri, selain itu lilin yang mengambang pasti memiliki aroma.

Lilin Ulang Tahun

Lilin ulang tahun merupakan lilin yang sering digunakan untuk peniupan saat perayaan ulang tahun. Lilin ini juga menjadi suatu kesatuan atau kewajiban dan keharusan saat sedang merayakan ulang tahun.

Baca Juga:  Ini Rahasia Agar Anak Menjadi Cerdas

Lilin Elektrik (Flameless)

Lilin elektrik sendiri berbentuk Led flameles dalam penggunannya, yang sengaja didesain khusus agar tidak menimbulkan:

  1. Asap
  2. Lelehan
  3. Api

Cara Membuat Kerajinan dari Lilin Warna- Warni

Agar kamu bisa membuat hiasan dirumah, kami akan memberikanmm beberapa langkah dalam pembuatan lilin bisa yang mudah , simple tanpa mengurangi keestetikaan.

Alat dan Bahan

1. Crayon

2.Sendok

3. PNCI

4.Sendok

5. Lilin

6. Mangkok Stainles Steal

7 Cetakan Agar- agar

Jika kamu sudah menyiapkan bahan dam alat yang membuat lilin dihias warna warni, tahap berikutnya adalah membuat kerajinan lilin tersebut. berikut langkah – langkahnya:

1. Siapkan panci, lalu masukan air 1 liter kemudian rebus sampai mendidih

2. Kemudian, letakan mangkuk stainless stel diatas air tersebut kedalam mangkuk

3. Masukan lilin dan cryon yang sudah dipotong kecil dalam mangkuk tersebut

4. Setelah lilin meleleh buang sumbu yang ada pada lilin terhadap

5. Kemudian tuangkan lilin yang sudah berwarna tersebut kedalam cetakan agar-agar atau jely

6. Setelah itu matikan kompor

7. Tunggu sampai lilinnya mengering setelah itu angkat lilin dari cetakan

8. Langkah terakhir adalah cuci perlatan dan bersihkan semua ruangan yanh sudah digunakan

Cara Membuat Kerajinan dari Lilin Warna- Warni

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan mengenai cara membuat kerajinan dari lilin

Pewarna lilin pakai apa?

Berikut ini beberapa pewarna lilin yang sering digunakan adalah, krayon, cat minyak, lilin apkir atau pewarna khusus lilin.

Baca Juga:  Cara Ganti Pin Atm BRI di Atm dengan Mudah

Mengapa lilin sangat mudah untuk di bentuk?

Mengapa lilin mudah dibentuk, alasannya adalah lilin terbuat dari bahas dasar atau bahan baku, seperti prafin atau lilin lebah, tali sumbu dan air murni.

Apa manfaat lilin hias?

Ada beberapa banyak manfaat ketika kamu menggunakan lilin hias, di antaranya adalah bisa memberikan aroma yang energik bagi ruangan, dan juga memberikan kesan yang menawan dan vintage

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat kerajinan dari lilin , semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna untuk sobat unik ya!

Kalian juga bisa membaca artikel lainnya pada pada website kami, ada banyak kategori didalamnya seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, Teknologi, dll. Yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.