Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai manfaat bawang hitam , yuk kita simak penjelasan detailnya pada artikel yang sudah kami rangkum dibawah ini!

Banyak manfaat yang ada pada bawang hitam untuk kesehatan, khasiatnya dihasilkan dari hasil fermentasi bawang putih.

Di negara thailand dan korea sudah sejak lama memanfaatkan bawang hitam untuk kesehatan, kini popularitas bawang hitam semakin meluas ke berbagai negara di Asia, Eropa bahkan Amerika.

Bawang putih hitam bisa dikonsumsi secara langsung atau juga bisa ditambah sebagai penyedap makanan, manfaat pada bawang putih hitam ada pada kandungan antioksida dan nutrisi yang besar jumlahnya daripada bawang biasa.

Manfaat Bawang Hitam

Manfaat Bawang Hitam

Berikut ini manfaat pada black garlic, mari simak!

1. Meningkatkan Kekebalan atau Imun Tubuh

Perbedaan bawang putih hitam dan efek individu yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang putih hitam tak bermanfaat sebagai antikanker, tetapi black garlic juga bermanfaat sebagai antioksidan terkuat.

Black garlic juga mempunyai dampak yang lebih kuat untuk bisa meningkatkan kekebalan pada tubuh manusia.

Tidak hanya itu manfaat bawang putih bisa memliki dampak yang luas untuk kesahatan dan bisa membantu dalam hal pengobatan berbagai penyakit, mulai dair alergi, infeksi akut hingga autoimun.

2. Mencegah Kanker

Manfaat yang kedua adalah mencegah kanker. Bawang putih hitam sudah terbukti bahwa bisa mematikan sel – sel kanker, dan bermanfaat juga untuk mencegah metasis dan menghambat pertumbuhan tumor.

Baca Juga:  Contoh Model Lengan Baju Gamis Renda

Ekstrak bawang putih hitam yang sudah terlalu tua bisa menurunkan dalam penyebaran dan pertumbuhan sel – sel leukimia.

Dan para peneliti juga mempercayai bahwa efek yang dikeluarkan oleh bawang putih yang sudah tua berasal dari senyawa antioksidannya.

3. Menyehatkan Jantung

Black garlic memiliki antioksidan yang mendukung fungsi kardiovaskular yang dapat meningkatkan sirkulasi.

Nutrisi yang terkandung juga bermanfaat untuk orang yang mempunyai penyakit jantung koroner, seperti yang dikatakan oleh para peneliti bahwa black garlic bisa meningkatkan jantung dengan kadar antioksidan plasma

4. Menghilangkan Komedo

Manfaat yang keempat adalah menghilangkan komedo. Tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, bawang putih hitam juga berkhasiat untuk kecantikan.

Lantas bagaimana cara pemakaiannya? Ambil bawang hitam yang sudah disiapkan dan dihaluskan, lalu olekan pada bagian wajah yang berkomedo.

5. Mencegah Penuaan Dini

Banyak faktor yang menyebabkan penuaan dini, seperti radikal bebas, kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol.

Hal ini bisa kamu cegah dengan mengkonsumsi black garlic atau kamu bisa mencegah dengan cara mengatur pola hidup.

6. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka merupakan hal yang paling mengganggu dalam penampilan, terkadang bekas luka membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Tapi tidak perlu khawatir, kamu bisa menghilangkan bekas luka dengan black garlic, bagaimana cara pemakaiannya?

Siapkan black garlic lalu dihaluskan, setelah dihaluskan oleskan pada bekas luka. Lakukan hal itu secara rutin hingga bekas lukanya menghilang.

Baca Juga:  Alat Pemanas Kopi dan Teh Listrik Terbaru

7. Melindungi dari Infeksi

Dalam manfaat bawang putih hitam juga ada kandungan zat antimikroba, antibiotik dan antijamur dalam bahan aktif allicin. Zat – zat tersebut berfungsi untuk meningkatkan metabolisme yang bisa melindungi dari infeksi.

FAQ

Berikut ini pertanyaan mengenai manfaat bawang putih hitam tunggal

Apa efek samping makan bawang hitam?

Ada beberapa efek samping jika kamu terlalu sering mengkonsumsi bawang hita, yaitu mual, gangguan pencernaan, diare, bahkan meningkatkan kadar asam lambung. Gunakan secukupnya saja.

Kapan sebaiknya makan bawang hitam?

Waktu yang tepat dan bagus untuk mengkonsumsi black garlic adalah 3 kali sehari sebanyak 2-3 siung bawang, itu merupakan takaran black garlic untuk obat.

Sedangkan takaran untuk menjaga stamina tubuh, konsumsi black garlic 2 kali sehari sebanyak 1-2 siung setelah makan.

Berapa lama bawang hitam bisa disimpan?

Black garlic bisa bertahan sekitar 6 bulan didalam kulkas, tetapi kamu harus menyimpannya diwadah yang kering dan tidak terkena udara.

Kesimpulan

Demikian lah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat bawang putih , semoga artikel diatas bermanfaat dan berguna untuk sobat unik.

Kalian juga dapat membaca beberapa artikel lainnya di web kami, dan ada banyak kategori seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, dll, yuk kunjungi website kami dan temukan informasi yang kamu butuhkan.