Manfaat Getah Daun Jarak Untuk Sakit Gigi

InfoYunik.com – Manfaat daun jarak untuk sakit gigi ini dipercaya sebagai obat. Bagaimana cara penggunaannya? Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, sehingga menimbulkan rasa nyeri di gigi.

Untuk mengatasinya, nyeri gigi bisa dihilangkan dengan obat penghilang rasa sakit dan perawatan dokter gigi. Namun, beberapa orang memilih menggunakan obat nyeri gigi alami. Contohnya, getah jarak untuk sakit gigi terkadang menjadi solusi.

Getah jarak tumbuh di pagar di percaya bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sakit gigi. Bagaimana manfaat getah jarak dalam hal ini.

Nyeri Sakit Gigi Reda dengan Getah Jarak

Nyeri Sakit Gigi Reda dengan Getah Jarak

Manfaat getah daun jarak untuk sakit gigi sudah dibuktikan sejak. Bahan alami ini dipercaya memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri dan mikoorg lainnya.

Lalu, kandungan flavonoid dan saponin di dalam tanaman ini mampu merusak dinding sel bakteri. Saponin juga memiliki efek memperbaiki sel-sel yang rusak dan menghilangkan rasa sakit.

Cara Menggunakan Getah Jarak

Bagian dari tumbuh jarak yang digunakan sebagai pereda nyeri akibat sakit gigi adalah getahnya. Berikut ini adalah cara menggunakan getah daun jarak:

  1. Cara yang biasa dilakukan adalah meneteskan getah sebanyak 1-2 tetes pada lubang gigi yang sakit, kemudian ditutup kapas. Biasanya, setelah ini rasa nyeri sudah tidak kambuh lagi.
  2. Namun, cara mengobati nyeri gigi ini tidak di anjurkan. Karena, tetesan langsung getah membuat dosisnya menjadi sangat tidak akurat.
  3. Getah jarak dapat pula dioleskan pada lidah yang meradang akibat luka atau sariawan.
  4. Selain getahnya, akar tanaman jarak yang direbus juga berguna sebagai obat kumur untuk mengatasi gusi berdarah dan sakit gigi.

Efek Sampingnya

Sampai saat ini, efek samping dari dari daun getah jarak pada gigi ini belum ditemukan. Namun, penelitian lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mempertimbangkan potensi penggunaannya dalam kedokteran gigi.

Selain itu, tingkat keamanannyapun harus ditentukan terlebih dahulu. Sebab, tanaman jarak pagar memiliki kandungan zat beracun di dalamnya.

Rasa nyeri di gigi dapat diatasi secara alami dengan bahan tradisional seperti getah jarak pagar. Namun, sebenarnya kondisi inilah hanya bersifat sementara. Jika gigi yang berlubang tidak diatasi dengan benar, rasa sakit dapat muncul kembali sewaktu-waktu.

Manfaat Lain Daun Jarak bagi Tubuh

Manfaat Lain Daun Jarak bagi Tubuh

Nah, selain bisa ngobati sakit gigi daun jarak juga memiliki manfaat lainnya bagit tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui:

1. Menurunkan Gula Darah

Daun jarak ternyata akan sangat membantu bagi orang yang mengalami diabetes. Air rebusan daun ini mampu membantu menstabilkan dan menurunkan gula darah yang sangat tinggi pada tubuh. Kamu hanya perlu meminum air rebusannya secara rutin.

2. Mengatasi Masuk Angin

Terjadinya masuk angin dan juga perut kembung bisa disebabkan oleh gas yang berlebihan di dalam perut. Kamu dapat melayukan beberapa daun jarak diatas api (jangan sampai hangus)

Setelah layu, kamu dapat mengoleskan minyak kelapa atau telon atau minyak kayu putih, kemudian menempelkannya di perut ataupun pinggang. Perut kamu pasti akan menjadi lebih lega.

3. Mengobati Gangguan Kulit

Senyawa aktif yang terkandung dalam daun ini ternyata dapat mengobati berbagai masalah kulit, salah satunya adalah kurap.

Kamu dapat merendam daun ini dengan minyak kelapa selama beberapa jam. Kemudian kamu panaskan minyak daun di pancai. Oleslah minyaknya ke bagian kurap dan tutup dengan handuk yang kecil.

4. Memperbaiki Kerusakan Hati

Daun jarak bersifat hepatoprotektif yang mampu melindungi hati agar tidak mengalami kerusakan. Bagi orang yang mengalami sakit kuning, daun ini dapat menjadi pengobatan awal untuk menyembuhkannya.

Dan caranya adalah haluskan 20 lembar daun ini dan masukkan dalam air mendidih. Minumlah hasil rebusan tersebut secara rutin dua kali sehari.

5. Menurunkan Demam Pada Bayi

Selain mengatasi iritasi kulit, daun ini juga dapat meredakan demam pada bayi kamu loh. Kamu juga dapat mencampur daun ini dengan minyak kayu putih atau telon dan mengompresnya pada bayi kamu.

6. Mengencangkan Payudara

Ingin punya payudara yang bagus dan kencang? Daun jarak dapat menjadi solusinya. Haluskan daun jarak dan kemudian oleskan ke seluruh payudara selama 15 menit sampai kering. Rutinlah melakukan ini agar kamu dapat memiliki payudara yang sangat bagus.

Baca Juga:  Tips Travelling Nyaman dan Hemat ke Pekanbaru

Mengurangi Risiko Kanker Payudara

7. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Selain membuat bentuk payudara menjadi lebih bagus, daun ini juga dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara.

Rebus daun ini sampai menyusut dan minumlah air rebusannya secara rutin. Dengan begitu, kamu dapat membunuh sel kanker di dalam tubuhmu.

8. Mengatasi Sembelit

Kamu susah BAB atau sembelit? Cobalah untuk mengukus daun ini sampai matang dan konsumsilah sebagai pendamping makananmu. Masalah buang air kamu akan terselesaikan.

9. Meredakan Memar

Perubahan warna kulit di bagian tertentu menjadi biru atau merah dan terkadang akan sakit. Kamu dapat mengompres memar tersebut menggunakan daun jarak yang sudah dihaluskan.

10. Mengobati Rematik

Rematik merupakan kondisi saat sendi-sendi mulai kehilangan kelenturannya karena pelumas berkurang dan tentunya akan sangat sakit. Kamu dapat meminum rebusan daun ini untuk mengobati masalah tersebut.

11. Mengobati Batuk dan Mengencerkan Dahak

Kamu juga bisa dapat menyembuhkan batuk dan mengencerkan dahak menggunakan daun ini. Minumlah air rebusan daun ini secara rutin pada pagi dan sore hingga batuk kamu sembuh.

12. Mengobati luka luar

Daun jarak memiliki senyawa yang bersifat antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri yang ada pada luka. Dengan begitu, luka kamu tidak menjadi infeksi. Oleskan getah daun ini pada bagian luka dan diamkan hingga lukamu mengering.

13. Mengatasi Masalah Ketombe

Ketombe menjadi salah satu masalah yang sering mengehantui orang-orang. Ternyata daun ini dapat mengatasi masalah rambut satu ini. Haluskan daun jarak lalu oleskan ke akar rambut kamu secara merata. Diamkan 15 menit lalu bilaslah.

14. Mengobati Peradangan

Daun ini memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengobati masalah peradangan ini. Kamu dapat meminum air rebusan daun ini secara rutin hingga sembuh.

15. Mengatasi Keputihan pada Mulut Bayi.

Berpotensi mengalami keputihan pada mulutnya akibat terinfeksi bakteri candida yang menempel pada putih susu ibu. Jika hal ini kebetulan menimpa si kecil, maka selain menjaga kebersihan puting susu kamu, cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak.

Kandungan senyawa anti-bakteri pada daun jarak dipercaya ampuh untuk melawan bakteri candida penyebab keputihan pada mulut bayi tersebut. Ambil getah daun jarak yang terdapat di dalam batangnya, kemudian oleskan sedikit saja pada mulut bayi.

16. Penghasil Minyak

Mengapa tanaman ini dinamai Ricinus communis. Nah, getah ricin pada daun jarak ini lantas menghasilkan manfaat daun jarak untuk menghasilkan bahan bakar berupa minyak yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Manfaat getah daun jarak yang satu ini utamanya bisa kamu peroleh dari spesies daun jarak pagar dan daun jarak wulung.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar daun jarak, yakni:

Getah Daun Jarak Untuk Apa?

Manfaat getah daun jarak untuk sakit gigi telah lama diketahui. Komponen alami ini diduga dapat menghambat perkembangan bakteri dan mikroba lainnya.

Flavonoid dan saponin dalam tanaman ini kemudian dapat menyebabkan kerusakan pada dinding sel bakteri.

Apakah Daun Jarak Bisa Di Minum?

Daun jarak dapat dimasak dan kemudian diminum. Berhati-hatilah untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum direbus.

Teknik mengolah daun jarak ini dikatakan dapat membantu produksi ASI, menstruasi, meredakan panas, perlindungan hati, dan ketidaknyamanan perut. Banyak sekali manfaatnya.

Penyakit Apa Saja Yang Dapat Disembuhkan Oleh Tanaman Jarak?

Keputihan, iritasi telinga, sakit gigi, sariawan, perut kembung, sembelit, jamur, gatal-gatal, bengkak, luka, pendarahan, rematik, batuk, dan juga bermanfaat sebagai peluruh dahak adalah masalah-masalah yang dapat disembuhkan.

Apakah Daun Jarak Pagar Beracun?

Jarak dianggap sebagai tanaman beracun.

Amankah Daun Jarak Untuk Bayi?

Pereda demam pada bayi baru lahir. Manfaat kesehatan kedua dari daun jarak untuk anak kamu adalah pengobatan demam bayi.

Daun jarak dapat digunakan oleh ibu dengan mengoleskan daun yang sudah dicuci bersih ke dahi dan ubun-ubun bayi yang demam. Kompreslah daun jarak secara alami sampai demam anak kamu turun.

Baca Juga:  Promedia CCTV, Sediakan CCTV Pekanbaru yang Berkualitas dengan Harga Pas

BACA JUGA:

4 Khasiat Daun Pandan Bagi Kesehatan
Cara Memanjangkan Bulu Mata Alami dengan Mudah
Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa daun jarak untuk sakit gigi juga mempunyai manfaat lainnya. Air rebusan dari daun jarak dapat menstabilkan dan menurunkan kadar gula darah yang sangat tinggi. Semoga bermanfaat, berguna dan membantu ya sobat unik!

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.