Daftar Fakultas Psikologi Terbaik Di Indonesia

InfoYunik.com – Kami akan memberikan beberapa informasi mengenai Daftar Fakultas Psikologi Terbaik Di Indonesia . Yuk simak penjelasan yang sudah kami rangkum pada artikel dibawah ini ya!

Karena banyak universitas swasta juga memiliki kualitas terbaik, bersekolah tidak harus di universitas negeri. Mempelajari psikologi merupakan salah satu mata kuliah yang sangat diminati oleh calon mahasiswa.

Lulusan dengan gelar sarjana psikologi dapat mencari pekerjaan di berbagai bidang, seperti pelatihan, sumber daya manusia/HRD, sebagai perekrut, asesor, pendidik, atau penasihat karir.

Daftar Universitas Indonesia dengan Program Psikologi Terbaik

Kamu dapat memilih salah satu universitas top di Indonesia jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan psikologi. Perguruan tinggi di Indonesia menyediakan jurusan psikologi dengan berbagai manfaat. Jurusan psikologi teratas di Indonesia tercantum di bawah ini untuk pertimbangan kamu.

1. Universitas Sanata Dharma

Halo warga Jogja! Kali ini, kita akan mulai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah analisis mengungkapkan bahwa Universitas Sanata Dharma, salah satu universitas swasta ternama di Yogya, saat ini menduduki peringkat ke-66 universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics.

Program studi Psikologi USD yang memiliki akreditasi A BAN-PT ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi teman-teman yang berdomisili di DIY dan sekitarnya dan ingin melanjutkan studinya.

Secara khusus, pada tanggal 4 Juni 1996, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mengeluarkan Surat Keputusan No. 162/DIKTI/Kep/1996, yang menjadi dasar berdirinya Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Telah terjadi perpindahan lokasi untuk fakultas ini. Kampus Fakultas Psikologi USD memiliki lokasi di Kampus II Mrican saat pertama kali dibuka. Baru pada tanggal 18 Agustus 1999 Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma pindah ke Kampus III Painan.

Fakultas Psikologi USD kemudian bertempat tinggal tetap di gedung Unit I kampus Paingan sejak tanggal 10 Juli 2000, dan sampai saat ini menetap di sana. Laboratorium konseling, laboratorium tes psikologi, dan laboratorium eksperimental hanyalah beberapa dari sumber daya komprehensif yang tersedia di Fakultas Psikologi USD.

2. Universitas Padjajaran Bandung

Halo warga Bandung mana suaranya? Selain daya pikatnya bagi wisatawan, Bandung merupakan rumah bagi sejumlah institusi pendidikan ternama, termasuk UNPAD. Pada tanggal 2 September 1961 tepatnya, Fakultas Psikologi UNPAD resmi dibentuk.

Luar biasa, Pusat Psikologi Angkatan Darat (sekarang Dinas Psikologi Angkatan Darat), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Universitas Padjadjaran aktif membantu perkembangan Fakultas Psikologi UNPAD saat itu.

Seiring berjalannya waktu, program studi psikologi UNPAD terus berkembang, dan hingga saat ini, BAN-PT telah menganugerahkan fakultas psikologi UNPAD dengan akreditasi A.

Hasilnya, menjadi salah satu kampus di Indonesia dengan psikologi terbaik. jurusan. Universitas terbaik di Indonesia, UNPAD, saat ini menduduki peringkat ke-16 dalam pemeringkatan Webometrics.

3. Universitas Hasanuddin

Jadi kami perjalanan ke Makassar dari Kota Bandung, Paris Van Java. Serupa dengan UM, Universitas Hasanuddin (UNHAS) mendirikan Program Studi Psikologi yang diberikan kepada Fakultas Kedokteran pada tahun 2012, menjadikannya program studi yang tergolong baru.

Namun, Psikologi UNHAS akhir-akhir ini berhasil menunjukkan bahwa ini adalah program studi yang berkualitas dengan akreditasi A BAN-PT. Menurut Webometrics, UNHAS secara umum menduduki peringkat 14 universitas terbaik di Indonesia. Bagus, di sini! Ada yang berminat mendaftar UNHAS, kan?

4. Universitas Islam Indonesia

Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta ini menempati peringkat ke-34 versi Webometrics. Untuk program studi Psikologi berbasis BAN-PT, UII saat ini memiliki akreditasi A.

Fakultas Psikologi UII didirikan pada tahun 1995 dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dasar-dasar psikologi, mendekati masalah secara ilmiah, bekerja sebagai profesional, dan memiliki pola pikir yang mencerminkan cita-cita kebangsaan dan kenabian.

UII juga tak kalah agresif dalam membuat publikasi dan jurnal ilmiah dalam hal penelitian. Selain itu, UII mendukung nilai-nilai agama Islam dalam kegiatan belajar mengajarnya sebagai universitas yang berlkamuskan keislaman yang kuat.

Baca Juga:  Cara Membuat Jus Buah Kekinian untuk di Jual

Universitas Diponegoro

5. Universitas Diponegoro

Siapa yang tinggal di Semarang, ya? Menurut versi Webometrics, universitas yang lebih dikenal dengan nama UNDIP ini menduduki peringkat 11 universitas terbaik di Indonesia untuk program studi Psikologi yang telah mendapatkan akreditasi A BAN-PT.

Fakultas Kedokteran mendirikan program studi Psikologi UNDIP pada tahun 1995. Sebagai program akademik yang berkembang, Psikologi UNDIP mengharapkan mahasiswanya untuk memberikan kontribusi dalam studi bidang yang berhubungan dengan psikologi, termasuk psikologi klinis, sosial, industri dan organisasi, pendidikan, pengembangan, dan psikologi umum dan eksperimental, serta praktisi, pengusaha, pendidik, konselor, dan pelatih.

6. Universitas Sebelas Maret

Salut untuk warga Surakarta! Universitas yang lebih sering dikenal dengan UNS ini belakangan dengan senang hati menyebut dirinya sebagai “kampus hijau” karena menjunjung tinggi nilai-nilai keberlanjutan dan ramah lingkungan.

Program Studi Psikologi UNS, salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan jurusan psikologi, berkomitmen dan bekerja keras untuk mewujudkan visi dan misinya guna menghasilkan mahasiswa yang kompeten dan bereputasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Fakultas Kedokteran adalah salah satu institusi pendidikan yang paling signifikan di Indonesia. Menyelidiki perbandingan. UNS berhasil meraih akreditasi A pada program studi Psikologi, menempatkannya di antara 10 besar perguruan tinggi di Indonesia versi Webometrics.

7. Universitas Bina Nusantara

Selamat! Dengan peringkat 9 Prodi Psikologi, BINUS menjadi perguruan tinggi swasta pertama dalam daftar ini setelah berhasil masuk dalam 10 besar daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics. Hingga saat ini BINUS University memiliki akreditasi A dan terdaftar di BAN-PT sebagai program studi psikologi.

Tujuan pengajaran psikologi di BINUS adalah mempersiapkan mahasiswa untuk berkontribusi pada kemajuan masyarakat, termasuk dengan melakukan penelitian psikologi dan mendorong mahasiswa untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

BINUS bisa menjadi salah satu referensi kamu jika kamu tertarik untuk mendaftar di program studi psikologi di perguruan tinggi swasta.

8. Universitas Airlangga

Wow, Arek Suroboyo seharusnya senang dengan ini! Universitas yang dikenal dengan lambang Garuda Wisnu Kencana ini menduduki peringkat enam universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics.

Selain Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, UNAIR menjadi incaran teman-teman yang berdomisili di Jawa Timur karena data akreditasi terbaru prodi menurut BAN-PT juga menunjukkan prodi Psikologi UNAIR meraih predikat A.

Selain bekerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia lainnya, UNAIR mengembangkan kerjasama kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri, seperti Queensland University of Technology, Universiti Utara Malaysia, Zhejiang University, dan Zhejiang Sci-Tech University.

9. Universitas Indonesia

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) memiliki sejarah yang panjang. Lembaga Pendidikan Psikologi Asisten Psikologi, yang kemudian berubah nama menjadi Pendidikan Sarjana Psikologi dan secara administratif berada di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menjadi dasar berdirinya Fakultas Psikologi UI.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran & Kebudayaan Republik Indonesia No. 108049/U.U., Sarjana Pendidikan Psikologi tidak secara hukum diubah menjadi Fakultas Psikologi sampai tahun 1960.

Saya rasa tidak perlu lagi mempertanyakan kualitas pendidikan karena UI saat ini menduduki peringkat universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics dan terus memegang akreditasi A untuk program studi Psikologinya.

Selain Kasandra Putranto yang terkenal dengan kiprahnya sebagai psikolog forensik dan pendiri Kasandra & Associates, aktor senior Niniek L. Karim merupakan lulusan psikologi dari UI yang masih berprofesi sebagai psikolog.

Universitas Gadjah Mada

10. Universitas Gadjah Mada

Ya kau benar. Kampus Biru ada di sini! Menurut Webometrics, Universitas Gadjah Mada atau yang lebih dikenal dengan UGM kini menempati peringkat kedua universitas terbaik di Indonesia. Dari sisi jurusan, UGM merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia untuk jurusan psikologi.

Beberapa informasi menarik: Tahukah kamu bahwa program studi Psikologi UGM hampir setua program studi Psikologi UI? Awalnya bernama Departemen Psikologi di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi Terbaik ini berdiri  di UGM pada tahun 1958.

Baca Juga:  Begini Cara Mengubah Utang Menjadi Pahala

Departemen Psikologi UGM tidak berdiri sebagai fakultas sampai tahun 1965, menyusul keputusan Fakultas Pendidikan UGM untuk berubah.

Namanya menjadi IKIP Yogyakarta. Menurut data akreditasi universitas BAN-PT, program studi Psikologi UGM mempertahankan status akreditasi A hingga saat ini.

Tahukah kamu, UGM telah melahirkan banyak ahli psikologi terkemuka di Indonesia! Sebut saja Prof Soemadi Suryabrata, seorang peneliti

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Daftar Fakultas Psikologi Terbaik Di Indonesia. Semoga bermanfaat dan membantu ya sobat unik, kalian juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kami, ada banyak kategori bacaan yang bisa kamu temui disana