Cara Cek Tagihan Listrik Pasca Bayar Secara Mudah

Infoyunik.com – Pelanggan listik kini sekarang sangat dimudahkan dalam cara cek tagihan listrik pasca bayar, informasi tagihan listrik pln sekarang bisa diketahui secara online dan offline lewat aplikasi hingga telepon.

Tagihan listrik pln kini merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap rumah tangga yang menggunakan jasa pln. Cara cek tagihan listrik pln online dan offline disediakan oleh pln untuk pelayanan prima kepada pelanggan.

Pln juga bekerjasama dengan beberapa e-commerce untuk memudahkan cek tagihan listrik pln sebelum tanggal 20 tiap bulannya.

Bagi yang belum memiliki akun pln online nantinya perlu mentiapkan alamat email, id pelanggan atau nomor meter dan nomor hp.

Denda Telat Bayar Listrik Pln

Berikut perincian denda telat bayar listrik yang berlaku saat ini, antara lain yakni:

  1. 450 volt ampere (VA) adalah Rp3.000.
  2. 900 VA adalah Rp 3.000.
  3. 1.300 VA adalah Rp 5.000.
  4. 2.200 VA adalah Rp 10.000.
  5. 3.500-5.500 VA adalah Rp 50.000.
  6. Batas daya 6.600-14.000 VA adalah 3% dari tagihan listrik bulanan (minimal Rp 75.000).
  7. Batas daya di atas 14.000 VA adalah 3% dari tagihan listrik bulanan (minimal Rp 100.000).

Dokumen syarat dan ketentuan pemasangan baru atau perubahan daya online antar pelanggan memuat ketentuan mengenai denda karena tidak membayar listrik pln.

Pasal 10 dokumen tentang denda keterlambatan (bk) atau denda keterlambatan pembayaran listrik menyatakan hal ini.

Pelanggan pascabayar yang tidak membayar tagihan listriknya sampai dengan tanggal jatuh tempo dikenakan bk (denda keterlambatan pembayaran pln 2022).

Batas waktu pembayaran tagihan listrik adalah tanggal 20, yang berarti batas waktu pembayaran listrik 2022 adalah tanggal 20 setiap bulannya.

Pelanggan yang terlambat membayar tagihan listriknya, selain dikenakan bk, akan dikenakan sanksi pemutusan sambungan.

Untuk setiap tagihan, pengenaan bk atau denda keterlambatan pembayaran dibatasi maksimal tiga kali tarif bk, yang diatur sebagai berikut:

  • BK pertama dikenakan untuk setiap pelanggan yang tidak membayar tagihan listrik sampai batas akhir periode pembayaran sampai akhir bulan berjalan (bulan n).
  • BK kedua digunakan setelah BK pertama untuk membayar tagihan listrik dari tanggal 1 (satu) sampai akhir bulan berikutnya (bulan n+1).
  • BK ketiga digunakan setelah BK kedua untuk membayar tagihan listrik dari tanggal 1 (satu) sampai dengan akhir bulan berikutnya (bulan n+2).

 

Cara Cek Tagihan Listrik Pln

Berikut ini adalah bebrapa cara cek tagihan listrik pln yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu lakukan dirumah, diantaranya adalah:

1. Website

Yang pertama bisa melalui website, yakni:

  1. Pertama, berikut ini cara mengecek tagihan listrik pln di website secara praktis. Di browser kamu, buka https://layanan.pln.co.id/informasi-tagihan-listrik-pembelian-token-pln.
  2. Masukkan alamat e-mail, password, dan kode captcha untuk melanjutkan.
  3. Klik tombol login.
  4. Tampilkan informasi mengenai tagihan dan riwayat pembelian listrik.

2. Aplikasi

Kedua, pelanggan dapat menggunakan aplikasi praktis untuk mengecek tagihan listrik pln. Unduh aplikasi pln mobile dari google play store atau app store:

  1. Luncurkan pln mobile.
  2. Masuk menggunakan akun pln kamu.
  3. Pada dashboard, arahkan ke menu informasi.
  4. Pilih opsi informasi tagihan listrik dan token.
  5. Tagihan listrik, total, dan riwayat akan ditampilkan.

3. Melalui SMS

Di antaranya, berikut cara cek tagihan listrik via SMS:

  1. Kirimkan ke nomor 8123 dengan format sms rek(spasi)Nomor id pelanggan, misalnya rek 58394343439.
  2. Pln akan merespon pesan kamu secara otomatis dengan informasi seperti nomor id, nama pelanggan, tahun, bulan, dan tagihan listrik.
  3. Kamu juga dapat berlangganan notifikasi mengenai tagihan listrik dengan mengirimkan sms pln(spasi)on(spasi)12 digit id pelanggan ke 8123.
  4. Pengecekan tagihan listrik melalui sms, seperti halnya menelepon, dikenakan biaya pulsa.

Layanan yang Bisa Digunakan di Pln Mobile

Layanan yang Bisa Digunakan di Pln Mobile

Selain pengecekan tagihan listrik yang menjadi lebih cepat dan mudah, masih banyak keuntungan lain dari penggunaan aplikasi pt pln ini.

Berikut ini beberapa layanan aplikasi pln yang menawarkan banyak yang bisa digunakan, antara lain:

Baca Juga:  Cara Mengirim Pulsa ke Nomor Lain yang Beda Operator

1. Permohonan

Sejumlah permintaan dapat diajukan ke pln menggunakan fitur ini. Saat ini pelanggan dapat mengajukan tiga permintaan, yaitu permintaan pemasangan baru, permintaan mutasi tarif atau daya, dan permintaan penerangan sementara (pesta).

2. Pengaduan

Setiap pelanggan dapat mengajukan keluhan kepada pln mobile. Sebelumnya, kamu harus menghubungi call center untuk mengajukan keluhan sekarang, kamu dapat mengajukan keluhan secara online, yang lebih nyaman melalui aplikasi.

3. Informasi

Pelanggan bisa mendapatkan banyak hal dari fitur pln mobile ini. Pelanggan bisa mendapatkan informasi tagihan dan token listriknya, tarif listrik yang berlaku, simulasi pemasangan baru, simulasi perubahan daya, dan simulasi penerangan sementara.

Ada juga menu informasi kompensasi tingkat mutu pelayanan, yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui besaran kompensasi yang diterima akibat pemadaman listrik yang disebabkan pln.

4. Pembayaran

Aplikasi pln ini membantu dalam menentukan jumlah biaya yang harus disiapkan terkait dengan layanan pln yang digunakan.

Pelanggan dapat mengecek informasi total tagihan di fitur ini dengan memasukkan nomor pemesanan yang disediakan oleh pln.

Pelanggan diberikan petunjuk metode pembayaran apa yang harus digunakan selain untuk mengetahui biayanya. Sejauh ini, metode pembayaran yang tersedia antara lain layanan satu pintu (lsp), pembayaran melalui bank mandiri, dan transfer antar bank.

kamu tidak perlu lagi mengantri di kantor pln untuk membayar tagihan dengan fitur ini. Untuk melakukan pembayaran, yang kamu butuhkan hanyalah smartphone dan koneksi internet.

Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan dari perbedaan prabayar dan pascabayar yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Kelemahan dan Kelebihan Listrik Prabayar

Saat menggunakan listrik prabayar atau token listrik, kamu akan mendapatkan kemudahan mengendalikan pemakaian lisrik.

Tidak ada denda pemutusan dan keterlambatan pembayaran, pembelian dapat disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan tanpa pencatatan meter, tidak ada masa aktif kWh, dan privasi tidak terganggu.

Kelemahannya, kamu harus mengingat waktu terakhir kali membeli token listrik, pembelian token listrik bergantung pada koneksi internet.

Sistem kadang mengalami masalah, khususnya saat pembayaran di jam-jam tengah malam, bisa mati sewaktu-waktu saat token habis.

Kelemahan dan Kelebihan Listrik Pascabayar

Sebelum adanya listrik prabayar, semua orang menggunakan listrik pascabayar, yang memberikan keuntungan kepada pengguna yaitu listrik selalu tersedia sampai batas waktu pembayaran di akhir bulan.

Pengisian ulang token listrik yang mudah dan tidak merepotkan, serta pencatatan yang teliti dari petugas pln. Sedangkan kerugiannya antara lain pemakaian melebihi batas kemampuan membayar.

Listrik akan dipadamkan secara otomatis oleh pln jika ada tunggakan, dan petugas pln yang sering masuk ke halaman rumah membuat sebagian masyarakat tidak nyaman.

Tutorial Video Cek Tagihan Listrik Pasca Bayar

Source Yt ILMU LISTRIK

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cek tagihan listrik pasca bayar, yakni:

Tagihan Listrik Pasca Bayar Setiap Tanggal Berapa?

Batas waktu pembayaran tagihan listrik setiap bulannya adalah tanggal 20.

Cek Tagihan Listrik Apakah Sudah Dibayar Atau Belum?

Untuk mengecek tagihan listrik kamu, kunjungi https://web. pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik. Jika kamu belum memiliki akun, buatlah akun terlebih dahulu. Isi semua informasi pribadi kamu sesuai dengan petunjuk dan kolom yang disediakan.

Kenapa Tagihan Listrik Naik Drastis 2022?

Menurutnya, adanya kenaikan tagihan listrik untuk pembayaran bulan Juni 2022 disebabkan oleh kelalaian masyarakat. Dengan kata lain, penggunaan alat elektronik melebihi kapasitas normalnya.

BACA JUGA:

Cara Cek Tagihan Indihome Tanpa Aplikasi Secara Mudah
Alat Pemanas Kopi dan Teh Listrik Terbaru
Apa itu Shopee Pay? Kelebihan Fitur dan Cara Aktivasi

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita sampaikan bahwa cek tagihan listrik pasca bayar ini dapat kamu lakukan dengan secara mudah di smartphone.

Dan jika kamu mengalami kendala kamu sangat bisa hubungi langsung pihak pln melalui di nomor 123 atau emailnya pln123@pln.co.id

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Mtoken BTN dengan Mudah

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.