Cara Setor Tunai Mandiri Lewat Atm dan Teller

Infoyunik.com – Apakah kamu sudah tahu cara setor tunai mandiri lewat atm dan teller? Namun ada beberapa yang masih belum mengerti cara setor tunai. Contohnya, pemasukan atau gaji kamu ditransfer pada bank A tapi dalam sehari-hari kamu menggunakan bank lain untuk membayar tagihan.

Jadi sering kali kamu mesti memindahkan uang dari satu bank ke bank lain. Seiring dengan kemajuan teknologi yang memungkinkan kamu hany perlu melakukan transfer lewat anjungan mesin tunai atau atm.

Sedangkan dengan cara manual yakni melakukan setor tunai ke bank yang hendak dituju. Nah untuk lebih jelasnya lagi mengenai setor tunai kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa Itu Setor Tunai?

Untuk memperjelas, setoran tunai ini adalah pada tindakan memasukkan uang tunai ke dalam rekening. Atm Mandiri juga memiliki fitur setoran tunai.

Sehingga kamu dapat langsung menyetor uang ke rekening kamu tanpa harus mengisi lembar setoran atau mengantre di teller cabang bank setempat.

Ketika kamu menggunakan fitur setoran tunai Mandiri, kamu memiliki dua pilihan, setor ke rekening kamu sendiri atau setor ke rekening lain. Jika kamu memilih rekening pribadi, kamu bisa memasukkan dana ke rekening kamu sendiri.

Sementara itu, jika kamu memilih rekening lain, kamu harus memiliki nomor rekening tujuan. Kemampuan deposit ini juga sangat berguna dan membuat segalanya lebih sederhana bagi klien.

Ketika kamu memiliki uang tunai untuk disetorkan ke rekening tabungan kamu, misalnya, kamu cukup menggunakan atm Mandiri jika kamu perlu mentransfer uang ke orang lain, kamu cukup menyetor uang tunai tanpa mengganggu tabungan kamu.

Cara Setor Tunai Bank Mandiri Lewat ATM

Cara Setor Tunai Bank Mandiri Lewat ATM

Bank Mandiri terkenal memiliki jaringan yang paling luas. Bank Mandiri tidak hanya memiliki jaringan di wilayah metropolitan, tetapi juga jaringan yang menjangkau seluruh kepulauan Indonesia.

Menurut situs resmi bank Mandiri, bank ini memiliki 2.312 cabang dan 15.344 mesin atm per Desember 2014. Selain itu, jaringan bisnis mikro telah berkembang menjadi 1.833 unit. Kebutuhan finansial masyarakat mudah ditangani karena jaringan yang luas ini.

Mesin setor tunai adalah salah satu teknik untuk melakukan setoran tunai bank Mandiri dengan menggunakan atm. Karena tidak semua mesin atm bank Mandiri saat ini mampu menerima setoran tunai. Mesin atm setor tunai Bank Mandiri banyak dijumpai di area retail atau kantor cabang setempat.

Nasabah diuntungkan dengan tersedianya mesin atm setor tunai bank Mandiri karena dapat digunakan kapan saja tanpa memperhatikan jam operasional bank. Selain itu, tidak ada biaya untuk menyelesaikan transaksi ini.

Berikut ini adalah cara setor tunai bank Mandiri lewat atm:

  1. Pastikan uang yang ingin kamu masukkan ke dalam atm tidak terlipat, robek, atau lembab, atau atm akan segera menolak dan mengembalikannya.
  2. Masukkan kartu atm kamu dari Bank Mandiri.
  3. Pilih bahasa.
  4. Masukkan pin, pastikan pin yang terdaftar, karena jika kamu memasukkan pin yang salah sebanyak tiga kali berturut-turut, maka akan langsung diblokir.
  5. Pilih opsi setor tunai.
  6. Mesin kemudian akan menampilkan dasbor di mana kamu dapat memasukkan jumlah uang yang akan ditempatkan.
  7. Berdasarkan proporsi uang yang kamu masukkan, mesin akan menentukan jumlah uang yang kamu depositkan.
  8. Tunggu sampai layar menampilkan jumlah deposit.
  9. Kemudian klik tombol deposit.
  10. Pilih apakah kamu ingin menyetor uang ke rekening kamu atau rekening bank Mandiri lainnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan setor tunai di bank Mandiri:

  • Pastikan bahwa mesin atm bank Mandiri yang akan kamu gunakan adalah mesin atm setor tunai, bukan hanya mesin atm tarik tunai, sebelum melakukan transaksi.
  • Jumlah uang yang ditempatkan ditentukan oleh mesin atm setor tunai yang menerimanya.
  • Jika kamu tidak menyetorkan uang, uang tersebut kembali di dalam mesin, atau tidak semua uang yang disetorkan masuk ke dalam mesin. Periksa apakah ada uang yang tercecer atau robek.
  • Bisa juga mesin atm setoran tunai bank Mandiri penuh dan tidak dapat menerima kamu.
  • Saat melakukan transaksi, perhatikan keadaan sekitar dan pergerakan orang lain di sekitar kamu. Hindari pergi ke daerah yang tidak berpenghuni.
Baca Juga:  Daftar Menu Hokben dan Harga yang Terbaru

Cara Setor Tunai Bank Mandiri Lewat Teller

Cara Setor Tunai Bank Mandiri Lewat Teller

Setoran tunai juga dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang bank Mandiri terdekat. Dalam hal penyetoran tunai melalui teller, cara ini merupakan cara yang paling lama.

Memang, melakukan setoran tunai di bank Mandiri melalui teller dianggap lebih aman dan nyaman, terutama jika konsumen menyetor uang dalam jumlah besar puluhan juta atau ratusan juta, misalnya.

Teller akan menghitung uang kamu, dan masalah seperti uang robek, rusak, atau terlipat tidak akan menjadi masalah karena bank akan selalu menerima uang yang rusak secara fisik. Selama jumlahnya masih bisa terbaca dan uang tersebut asli dan bukan palsu.

Kelemahan menyetor uang tunai melalui teller bank Mandiri adalah membutuhkan waktu dan tidak bisa dilakukan oleh orang lain. Berbeda dengan cara setor tunai di atm bank Mandiri, setor tunai dapat dilakukan oleh siapa saja yang tidak memiliki rekening atau kartu debit.

Ketika kamu melakukan setoran tunai di teller bank Mandiri, salah satu syarat transaksi adalah nama yang tertera di kartu identitas penduduk sesuai dengan nomor rekening yang tercetak.

Jika kamu bukan pemilik nomor rekening atau tidak membawa kartu identitas kamu ke teller, kemungkinan besar kamu tidak dapat menyelesaikan transaksi.

Penyetoran uang tunai dengan bank Mandiri dapat dilakukan di berbagai kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan kantor kas hingga Mandiri mobil.

Bank Mandiri kini memiliki unit kendaraan yang berkeliling di tempat-tempat yang mungkin tidak terdapat kantor bank Mandiri.

Berikut ini adalah cara setor tunai bank mandiri lewat teller:

  1. Pastikan kamu telah menghitung dana yang akan ditempatkan di rumah atau di lokasi yang aman. Bawa kartu identitas kamu serta buku tabungan bank Mandiri kamu.
  2. Kamu adalah pemilik sah dari rekening tempat dana akan ditempatkan.
  3. Pergilah ke kantor cabang bank Mandiri terdekat dari tempat kamu berada sekarang.
  4. Ambil tempat kamu dalam antrean dan tunggu nomor kamu dipanggil.
  5. Pada dokumen ‘Setor tunai’, kamu perlu mengisi fakta dan informasi pribadi tertentu seperti alamat kamu, rekening yang ingin kamu setor, dan jumlah yang ingin kamu setor.
  6. Ketika diminta, serahkan kartu identitas dan buku rekening kamu kepada teller.
  7. Kemudian serahkan uang setoran.
  8. Perhatikan saat teller menghitung uang kamu di mesin dan periksa kembali totalnya.
  9. Jika semua uang sudah dihitung, teller akan memberikan jumlah nominal yang akan disetorkan.
  10. Teller akan menangani setoran tunai kamu sambil menyiapkan bukti transfer dan mencetak slip sebagai bukti.
    Sebagai konfirmasi bahwa dana telah ditempatkan, kamu akan diminta untuk menandatangani.

Jika kamu sudah mengetahui dan memahami cara setor tunai di bank Mandiri. Saat melakukan setor tunai, kamu hanya perlu memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sekedar pengingat, karena kamu membawa uang yang banyak, pastikan keamanan kamu tetap terjaga selama dalam perjalanan menuju atm setor tunai bank Mandiri atau kantor cabang Bank Mandiri.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara setor tunai mandiri lewat atm dan teller, yakni:

ATM Setor Tunai Mandiri Maksimal Berapa?

Jumlah penarikan tunai maksimum adalah Rp15.000.000. Setoran tunai maksimum adalah Rp 100.000.000.

Apakah Bisa Setor Tunai Lewat ATM?

Mesin atm yang dapat menerima setoran tunai sudah memiliki kemampuan cash deposite machine (CDM). Mesin ini memiliki slot khusus untuk menerima uang sekaligus menarik uang tunai dan menyetor uang.

Apakah Setor Tunai Mandiri Harus Bawa Buku Tabungan?

Pastikan kamu sudah menghitung dana yang akan ditempatkan di rumah atau di lokasi yang aman. Bawalah kartu identitas kamu serta buku tabungan bank Mandiri kamu.

Kamu adalah pemilik sah dari rekening tempat dana akan ditempatkan. Kunjungi kantor cabang Bank Mandiri yang terdekat dengan lokasi kamu sekarang.

BACA JUGA:

Baca Juga:  Cara Beli Tiket Ancol Online Secara Mudah dan Praktis

Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Kode Bank Mandiri Syariah Terbaru, Ini Cara Transfernya!
Cara Melihat Nomor Rekening di Kartu Atm Dengan Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara setor tunai mandiri lewat atm dan teller ini bisa kamu tinggal pilih memilih cara yang paling sesuai dengan kondisi kamu.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.