Cara Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan dan Syarat Pengajuannya

Infoyunik.comCara pinjaman koperasi tanpa jaminan bisa menjadi salah satu solusi jika suatu saat ingin butuh pinjaman uang secara cepat. Selain meminjam uang ke bank atau kerabat, kamu bisa mencoba mengajukan permintaan dana melalui sumber pinjaman yang pasti-pasti.

Koperasi ini seperti yang kamu ketahui merupakan salah satu organisasi ekonomi yang paling dekat dengan masyarakat yang dijalankan dengan asas kekeluargaan.

Kemudahaan meminjam dari koperasi yang bisa dirasakan masyarakat adalah tanpa agunan atau jaminan seperti yang diisyaratkan pemberi kredit lainnya.

Koperasi yang dibangun masyarakat bisa sangat membantu dan mensejahterakan anggotannya, salah satunya yakni dengan memberikan penandaan. Biasanya koperasi jenis ini adalah koperasi simpan pinjam.

Mengenal Koperasi Tanpa Jaminan

Koperasi terkenal sebagai salah satu lokasi favorit untuk meminjam uang karena persyaratannya cukup sederhana dan bunganya tidak terlalu mahal.

Keberadaannya sangat penting, terutama bagi orang-orang yang berada di golongan berpenghasilan menengah ke bawah.

Selain itu, ide kekeluargaan yang digunakan dalam koperasi memiliki daya tarik khusus bagi mereka yang membutuhkan uang dengan segera.

Namun, jika kamu ingin menerima pinjaman koperasi tanpa jaminan, kamu harus mengikuti aturan dan metode yang sama seperti lembaga keuangan lainnya.

Syarat Pengajuan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Buat kamu yang ingin mengajukan pinjaman terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi calon debitur yang ingin mengajukan pinjaman. Berikut ini adalah beberapa syarat pengajuan pinjaman koperasi tanpa jaminan, antara lain yakni:

  1. Mendaftar sebagai anggota koperasi saat ini atau calon anggota koperasi.
  2. Mengisi formulir aplikasi pinjaman.
  3. Fotokopi KTP.
  4. Untuk pinjaman di atas Rp50 juta, diperlukan fotokopi NPWP.
  5. Fotokopi kartu keluarga (jika diperlukan).
  6. Fotokopi rekening listrik (jika diperlukan).
  7. Fotokopi buku pensiun (jika diperlukan).
  8. Buatlah daftar aset yang dapat dijaminkan. Jika kamu perlu meminjam uang untuk perusahaan, kamu dapat menggunakan sertifikat tanah, BPKB, sertifikat deposito, dan instrumen lainnya.

Jika syarat-syarat diatas sudah lengkap kamu bisa dengan gampang mengajukan pinjaman dana ke koperasi tanpa susah.

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Jika kamu sudah mengetahui legalitas dan transparansi SHU koperasi karena kamu adalah anggota koperasi. Syarat untuk meminjam uang tunai juga sudah terpenuhi. Apa saja langkah-langkah yang perlu kamu lakukan? Yakni langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Menyerahkan semua kriteria pinjaman kepada koperasi.
  2. Kirimkan proposal pinjaman. Jelaskan mengapa kamu meminjam uang dan untuk kebutuhan atau tujuan apa.
  3. Proposal tersebut kemudian akan ditinjau oleh manajemen koperasi. Permintaan kamu kemudian akan ditinjau sesuai dengan proses peminjaman yang berlaku.
  4. Jika diizinkan, uang akan dicairkan sesuai dengan ketentuan pengaturan pinjaman koperasi.
    Menyetujui kontrak yang mencakup pembagian keuntungan dan pembayaran bulanan.

Macam-Macam koperasi di Indonesia

Sebelum kamu terlalu jauh membahas koperasi simpan pinjam, kamu harus tahu dulu macam-macam koperasi yang bisa kamu manfaatkan, antara lain yakni:

1. Produksi

Kegiatan koperasi semacam ini menampung barang-barang yang dibuat atau diproduksi oleh anggotanya. Lebih jauh lagi, jika anggotanya memiliki tantangan dalam mengoperasikan bisnis mereka, koperasi produksi akan membantu mereka dalam mengatasinya.

Koperasi produksi ternak, seperti susu, dan koperasi produksi kerajinan adalah contoh koperasi semacam ini.

2. Konsumsi

Koperasi konsumsi adalah sejenis perusahaan yang menawarkan berbagai kebutuhan kepada para anggotanya. Bentuk koperasi ini sering menawarkan barang-barang ini dengan harga di bawah harga pasar.

Sebagai contoh, pertimbangkan koperasi yang menawarkan kebutuhan pokok.

3. Pemasaran

Koperasi ini didirikan untuk membantu usaha anggotanya dengan cara mendisribusikan barang atau jasanya hingga ke pembeli.

Disini anggota koperasi berperan sebagai pemasok barang ke koperasi. Contohnya koperasi kantin sekolah atau koperasi perusahaan.

4. Serba Usaha

Koperasi serba usaha adalah koperasi yang kegiatan usahanya diberbagai segi ekonomi, seperti bidang produksi, konsumsi, unit pertokoan dan sebagainnya.

5. Simpan Pinjam

Kalau jenis ini pasti sudah banyak yang tahu ya. Koperasi simpan pinjam ini adalah koperasi yang menyediakan pinjaman dana.

Selain itu koperasi ini juga menyimpan dana anggotannya, untuk kemudian keuntungan dari perputaran dana inilah yang menjadi modal untuk dipinjamkan kembali kepada anggota yang butuh dana.

Baca Juga:  Begini Cara Tarik Tunai LinkAja di Indomaret

Tips Memilih Koperasi Tanpa Jaminan

Tips Memilih Koperasi Tanpa Jaminan

Sebelum kamu memilih koperasi untuk mengajukan pinjaman dana ada hal-hal yang harus kamu perhatikan agar tepat memilih koperasi sesuai kebutuhan.

Karena banyak juga penipuan yang mengatasnamakan koperasi dengan produk investasi bodong atau simpanan bodong, untuk mengatisipasinya kamu harus sering-sering mengecek kepemerintah setempat. Dengan begitu kamu juga tidak akan rugi. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu ketahui, yakni:

  1. Pilihlah koperasi simpan pinjam dari beberapa macam koperasi yang telah dibahas di atas (KSP). Karena tidak semua koperasi menyediakan layanan peminjaman.
  2. Pilih KSP utama jika kamu ingin memilih dana atas nama perorangan.
  3. Tanyakan kepada Kementerian koperasi dan UKM untuk memastikan bahwa koperasi yang kamu pilih sudah terdaftar.
  4. Memiliki izin dari Bank Indonesia atau izin dari otoritas jasa keuangan (OJK).
  5. Mayoritas koperasi menyediakan pinjaman multiguna. Pilih koperasi yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan.
  6. Anggaran SHU harus diserahkan kepada anggota koperasi.
  7. Pastikan koperasi melakukan perekrutan keanggotaan secara terbuka.

Kelebihan Meminjam di Koperasi

Selain lembaga perbankan, koperasi simpan pinjam menjadi alfternatif masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana.

Koperasi dekat dengan kehidupan masyarakat, selain itu koperasi simpan pinjam punya peran yang sangat besar dalam menyalurkan modal pada masyarakat tertutama yang kalangan menengah bawah.

Namun koperasi juga mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan bank. Berikut ini adalah kelebihan koperasi yang perlu kamu ketahui, diantaranya yakni:

  1. Persyaratan pinjaman dan prosedur aplikasi telah disederhanakan.
  2. Bunga bank bunga atau bahkan menurun.
  3. Meminjam di koperasi secara tidak langsung mencegah aktivitas rentenir. Karena koperasi menggunakan struktur bagi hasil daripada bunga, yang membebani anggotanya.
  4. Bunga pinjaman dapat dikurangi dengan menggunakan sisa hasil usaha.
  5. Bunga pinjaman koperasi lebih murah daripada bunga bank.
  6. Jumlah maksimum yang dapat diajukan anggota tidak kurang dari pinjaman bank dalam bentuk Kredit Tanpa
  7. Agunan (KTA). Di koperasi, batas pinjaman yang biasa diberikan berkisar antara Rp500 ribu hingga ratusan juta. Namun, ada koperasi yang tidak memiliki batas pinjaman dan dapat disesuaikan dengan nilai agunan.

Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat koperasi banyak dipilih pelaku UKM dan UMKM sebagai tambahan sumber modal usahanya sendiri.

Kekurangan Meminjam di Koperasi

Seperti mata uang, meminjam di koperasi ada kelebihan dan ada kekurangannya. Berikut ini adalah kekurangan meminjam di koperasi yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  1. Koperasi terus mengandalkan metode yang sudah ketinggalan zaman atau tradisional, termasuk pemberian pinjaman. Dengan kata lain, koperasi belum memanfaatkan teknologi secara penuh. Akibatnya, calon anggota akan kesulitan mendapatkan informasi mengenai produk kredit di koperasi yang dipilih.
  2. Salah satu persyaratan untuk menjadi anggota koperasi adalah simpanan wajib dan simpanan pokok. Namun, kamu tidak bisa melakukan kedua simpanan ini setiap saat. Dengan kata lain, kamu hanya bisa memanfaatkan simpanan wajib jika kamu keluar dari koperasi.
  3. Kekeluargaan merupakan konsep bumerang dalam koperasi karena rentan terhadap konflik kepentingan atau eksploitasi. Hal ini sering disebabkan oleh fungsi manajemen dan kepengurusan yang tumpang tindih.
  4. Koperasi juga rentan terhadap perselisihan dalam rapat anggota, yang mengarah pada SHU yang ambigu. Akibatnya, distribusinya juga tidak diketahui.
  5. Jika kamu meminjam tanpa agunan, batas pinjaman kamu terbatas. Koperasi membutuhkan jaminan untuk pinjaman di atas Rp50 juta.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara pinjaman koperasi tanpa jaminan, yakni:

Apakah Koperasi Bisa Pinjam Uang Tanpa Jaminan?

Berikut ini adalah prasyarat untuk pinjaman koperasi tanpa jaminan. Warga negara Indonesia, saat pinjaman jatuh tempo, peminjam harus berusia minimal 21 tahun atau 18 tahun jika sudah menikah, dan tidak lebih dari 55 tahun. kamu harus memiliki e-KTP dan NPWP.

Apa Saja Syarat Pinjam Uang Di Koperasi?

Standar berikut harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman di koperasi posisi sebagai anggota koperasi saat ini atau calon anggota koperasi mengisi formulir atau proposal pengajuan pinjaman yang disediakan. Untuk pinjaman di atas Rp50 juta, diperlukan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berapa Bunga Koperasi Per Bulan?

Koperasi sering kali lebih murah karena suku bunga pinjaman koperasi biasanya bervariasi dari 0,3 hingga 2,5% per bulan.

Baca Juga:  6 Cara Membayar Kartu Kredit BRI Secara Lengkap

BACA JUGA:

Begini Cara Menghemat Uang Setiap Hari Secara Efektif
Cara Pinjam Uang di Pegadaian Online dan Syarat Pinjamnya
Aplikasi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Secara Online

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara pinjaman koperasi tanpa jaminan ini dapat dipastikan kamu tidak perlu susah mencari persyaratannya dan bunganya lebih rendah dibandingkan lembaga bank lainnya.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.