Begini Cara Mengurus ATM yang Hilang Secara Mudah dan Cepat

Infoyunik.comCara mengurus ATM yang hilang ini dapat kamu lakukan dengan melakukan panggilan ke pusat panggilan (Call center) dan mendatangi kantor cabang bank untuk membuat kartu baru. Dengan begitu kamu dapat memperoleh kartu ATM yang baru.

Salah satu cara mengurus kartu ATM yang hilang adalah dengan menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Kamu juga harus mendatangi kantor cabang terdekat untuk mengambil kartu ATM yang baru. Untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Syarat Mengurus ATM yang Hilang

Sebelum kamu mengurus ATM yang hilang ke kantor cabang terdekat, ada sebaiknya kamu mempersiapkan syarat-syarat pengajuan sebagai berikut ini:

  1. Kartu identitas (KTP).
  2. Bawa buku rekening kamu.
  3. Surat kehilangan dari kepolisian.
  4. Membayar biaya untuk kartu ATM baru.
  5. Penjelasan kronologi kehilangan.

Cara Mengurus Kartu ATM Hilang

Berikut ini adalah cara mengurus kartu ATM yang hilang dan dapat kamu lkuti, antara lain yakni:

1. Hubungi Call Center Bank

Kamu bisa hubungi pusat panggilan atau call center bank terkait.

2. Blokir Kartu ATM

Lalu kamu bisa sampaikan ke petugas bahwa kartu ATM hilang dan kamu ingin memblokirnya untuk keamanan saldo di dalam kartu. Pemblokiran juga akan dilakukan untuk menghindari pemakaian kartu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Sebutkan Nomor Rekening dan Nama yang Terdaftar

Lalu kamu bisa sebutkan nomor rekening dan nama yang terdaftar pada kartu atm untuk memudahkan pemblokiran oleh petugas bank.

4. Kunjungi Kantor Cabang Terdekat

Jika pemblokiran kartu sudah berhasil dilakukan, kamu bisa dapat berkunjung ke kantor cabang terdekat untuk membuat kartu atm yang baru. Pastikan juga kamu membawa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP.

5. Jelaskan Tujuan Kedatangan

Lalu kamu bisa sampaikan kepetugas mengenai kronolgi kartu ATM yang hilang dan kamu ingin membuat kartu ATM yang baru.

6. Kartu ATM Pengganti Diproses

Petugas akan membuatkan kartu ATM yang baru, sehabis itu kamu dapat membayar biaya administrasi yang telah ditentukan oleh petugas. Kartu ATM yang baru telah berhasil dibuat.

Biaya Ganti Kartu ATM Baru

Biaya Ganti Kartu ATM Baru

Seperti yang kamu ketahui bahwa ganti kartu ATM ini ada biaya, berikut ini adalah daftar biaya perganti kartu ATM baru yang ditetapkan oleh beberapa bank yang perlu kamu ketahui, diantaranya yakni:

  • BNI: 15.000
  • BCA: 10.00 sampai 20.00
  • BRI: 15.000
  • Mandiri: 15.000
  • BTN: 15.000

Tips Cara Menghindari ATM Hilang

Berikut ini ada tips cara menghindari ATM hilang yang perlu kamu lakukan, antara lain yakni:

1. Simpan Kartu ATM di Tempat yang Selalu kamu Bawa

Kamu bisa menyimpan kartu ATM di dalam dompet kecil atau bisa juga di tas kecil, di case ponsel kamu atau di layard. Tempat-tempat tersebut biasanya kamu selalu bawa terutama saat kamu sedang bekerja. Sehingga kamu tidak akan pernah lupa menaruh kartu ATM kamu.

2. Simpan di Lemari Rumah kamu

Bila kamu jarang menggunakan kartu ATM dan lebih sering menggunakan m-banking atau internet banking ada baiknya kartu ATM kamu disimpan secara baik-baik di dalam lemari rumah kamu. Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari kehilangan ATM apabila kamu jarang menggunakannya.

3. Gunakan E-Card atau Kartu Digital

Apabila kamu orangnya sering lupa atau jarang mengambil uang di mesin ATM, menggunakan e-card atau kartu digital sangat disarankan.

Apalagi saat ini sudah banyak bank yang menawarkan kartu digital sebagai salah satu layanannya. Kamu sangat bisa melakukan belanja online di dalam dan luar negeri dengan digital ini.

4. Hindari Mengambil Uang di Mesin ATM yang Sering Bermasalah

Apabila kamu sudah pernah mengalami kartu ATM tertelan oleh mesin ATM. Ada baiknya kamu menghindari menggunakan mesin ATM tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kejadian ATM tertelan tidak terulang lagi.

5. Gunakan Aplikasi M-Banking yang Terhubung Langsung dengan Mesin ATM

Saat ini sudah ada bank yang menghubungkan aplikasi m-bankingnya dengan mesin ATM. Sehingga kamu tidak membutuhkan lagi kartu ATM apabila ingin menggunakan mesin ATM.

Baca Juga:  Kode Bank Mandiri Syariah Terbaru, Ini Cara Transfernya!

Dengan salah satunya adalah BCA, kamu cukup menghubungkan fitur cardless ke mesin ATM dan dilayar akan terlihat tiga kategori yaitu tarik tunai, setor tunai dan kode cabang bank-bank yang ingin kamu transfer.

Bank yang Tidak Membutuhkan Surat Keterangan Polisi

Bank yang Tidak Membutuhkan Surat Keterangan Polisi

Saat mengurus ATM hilang kebanyakan orang hal yang paling enggan untuk dilakukan adalah mengurus surat kehilangan dari polisi.

Biasanya hal ini akan terjadi karena mereka tidak ada waktu untuk mengurusnya karena kesibukan atau sulit untuk menemukan waktunya. Sedangkan mereka sangat membutuhkan kartu ATM pengganti tersebut dalam waktu singkat.

Namun bagi kamu yang tidak ingin mengurus surat kehilangan di kantor polisi ada beberapa bank yang tidak diwajibkan hal tersebut.

Berikut ini adalah daftar bank-bank yang tidak memerlukan surat keterangan hilang dari polisi untuk mengurus kartu ATM hilang:

1. BCA

Kamu cukup datang ke kantor cabang BCA terdekat. Yang perlu kamu bawa hanya KTP dan buku tabungan kamu. Jika KTP kamu hilang, kamu hanya perlu mengingat nomor NIK kamu.

Biaya administrasi untuk pengurusan kartu ATM baru relatif murah, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000. Setelah kartu ATM diproses, biaya ini akan dipotong dari saldo kamu.

2. BTPN – Jenius

Berbeda dengan BCA, BTPN memiliki rekening internet banking, Jenius, yang banyak digunakan oleh masyarakat. Menurut situs resmi Jenius.

Mengurus kartu ATM yang hilang cukup mudah, yaitu dengan memblokir kartu ATM langsung melalui aplikasi Jenius, setelah itu kartu pengganti akan dikirimkan ke alamat responden yang terdaftar.

3. BNI

Bank tidak lagi memerlukan surat keterangan hilang dari kantor polisi. Yang kamu perlukan hanyalah identitas diri yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, atau Paspor, buku tabungan dan uang Rp25.000.

Kamu akan diminta untuk mengisi formulir permintaan kartu ATM baru sebagai pengganti surat keterangan hilang dari kepolisian.

4. Digibank by DBS

Digibank by DBS juga mempermudah nasabahnya dengan menyediakan bantuan jika ATM hilang. Cukup nonaktifkan kartu di aplikasi Digibank dan minta kartu baru. Kartu baru kemudian akan dikirimkan ke alamat nasabah yang terdaftar.

5. Bank Jago

Bank Jago adalah salah satu bank baru yang sedang naik daun. Bank digital ini menyediakan fitur-fitur perbankan digital yang membuat hidup mereka lebih mudah bagi para nasabahnya.

Bank Jago menjelaskan di situs resminya bahwa jika kartu ATM nasabah hilang, cukup melakukan permintaan melalui aplikasi Jago dan kartu akan dikirim langsung ke alamat rumah nasabah.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar begini cara mengurus atm yang hilang, yakni:

ATM Hilang Apa Harus Buat Surat Kehilangan?

Minta Surat Kehilangan ATM dari kantor polisi setempat. Setelah kamu melakukan pemblokiran dan transfer saldo, kamu dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam menangani ATM yang hilang, yaitu meminta surat kehilangan ATM.

Apakah Kartu ATM Bisa di Lacak?

Pihak berwajib setempat dapat melacak kartu ATM tersebut dengan mengajukan surat laporan kehilangan. Surat kehilangan ini juga dapat berfungsi sebagai berkas cadangan jika kamu membutuhkan kartu ATM baru untuk rekening yang sama.

Mengurus ATM Hilang Apakah Bisa Diwakilkan?

Masih bisa diwakilkan atau dikuasakan kepada orang lain, termasuk dalam hal mengurus ATM yang hilang ke pihak bank.

BACA JUGA:

Cara Setor Tunai Mandiri Lewat Atm dan Teller
Cara Melihat Nomor Rekening di Kartu Atm Dengan Mudah
Begini Cara Mengambil Uang di Atm Dengan Cara Aman

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa begini cara mengurus atm yang hilang untuk proses dan syaratnya sendiri semua bank bisa dibilang sama. Tetapi biaya pergantian atm baru bisa saja berubah seiring ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:  Daftar Menu Hokben dan Harga yang Terbaru

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.