Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok Paling Mudah

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi ketombe dan rambut rontok , yuk simak bagaimana penjelasan lengkapnya pada artikel dibawah ini ya!

Banyak dari sebagian orang sangat merasa terganggu dengan adanya ketombe, karena itu dapat merusak penampilan dan membuat kamu menjadi tidak nyaman.

Jika kamu ingin bepergian dan menggunakan baju berwarna gelap, tentu saja kamu tidak akan merasa nyaman dan percaya diri karena khawatir ketombenya akan berjatuhan dan kepala mu juga akan sangat merasa gatal.

Ketika ingin menggaruk kamu takut ketombe semakin banyak dan rambut menjadi rontok.

Faktor Munculnya Ketombe di Kepala

Faktor Munculnya Ketombe di Kepala

Munculnya ketombe memanglah sangat mengganggu penampilan, baik wanita ataupun pria. Ketika ketombe muncul.

Itu terjadi karena adanya pengelupasan kulit yang tidak maksimal dan membuat sel – sel kulit mati yang menumpuk di kepala sehingga bisa menimbulkan serpihan warna putih yang bisa menyebabkan kepala menjadi kering dan gatal. Berikut beberapa faktor munculnya ketombe:

1. Kulit Kering

Biasanya, faktor muncul nya ketombe yang sangat umum dan banyak dijumpai oleh beberapa banyak orang adalah kulit kepala yang sangat keiring.

Akibatnya rekasi yang timbul terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang sering digunakan, kurang minum air putih juga termasuk dapat salah satu penyebab kulit pada kepala menjadi kering.

Beberapa masalah kesehatan lainnya juga bisa menjadi penyebab ketombe, seperti eksim, psorisis ( suatu kelainan kulit kronis yang muncul kemudian hilang ).

2. Tidak Rutin Keramas

Ini juga bisa menjadi penyebab kepala kering dan ketombe, karena jika tidak keramas membuat kepala menjadi berminyak dan sel kulit kepala yang menumpuk, sehingga membuat kepala menjadi ketombe .

3. Stress

Stres juga merupakan penyebab terjadinya ketombe, ketika kamu mengalami stres tubuh bisa menyebabkan saraf simpatis menjadi lebih aktif dan bisa melakukan perubahan sistem pada hormon.

Respon yang tubuh berikan dapat membuat banyak kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Ha ini dapat menyebabkan kulit pada kepala menjadi lebih lembap dan sangat berminyak, sehingga menjadi penyebab munculnya ketombe.

Baca Juga:  Cara Membuat TV Biasa Menjadi Smart TV

4. Salah Menggunakan Produk Perawatan Rambut

Tidak semua produk perawatan cocok untuk kulit kita, karena setiap kulit mempunyai tingkat sensitifitas yang berbeda terhadap kandungan produk tersebut, dan itulah yang membuat timbulnya ketombe pada kulit kepala.

Contoh seperti produk gel,foam, dan hairspray itu merupakan produk yang sering digunakan atau dipakaikan untuk menata rambut.

Itu dapat membuat kepala menjadi sangat gatal dan merah karena iritasi, dan selain itu produk perawatan dapat menyebabkan alergi pada kepala.

5. Diet

Berikutnya ada pola diet, ini juga bisa menjadi faktor timbulnya ketombe. Melakukan diet bisa membuat seseorang kehilangan nutrisinya, sehingga mengalami alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu.

Jika kamu membuat pola diet yang tidak teratur, itu dapat menyebabkan kekurangan pada zat besi, vitamin B, dan beberapa jenis lemak yang menyehatkan yang sama pentingnya untuk tubuh, rambut dan kulit.

Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok Secara Alami

Itulah penjelasannya mengenai faktor timbulnya ketombe, lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak caranya!

1. Rajin Keramas

Untuk mengatasi rambut ketombe dan rontok, kamu harus rajin keramas rambut. Kamu bisa menggunakan beberapa produk perawatan yang banyak dijual dipasaran. Lakukan keramas 2 minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal

2. Rajin Menyisir Rambut

Cara berikutnya adalah rajin dalam menyisir rambut. Dengan menyisir rambut, guna membersihkan sel – sel kulit yang mati, sehingga tidak menyebabkan ketombe bersarang dikepala mu.

Kamu bisa menggunakan sisir rambut yang memiliki ujung yang bulat sehingga sembari menyisir kamu juga bisa juga memijit kepala mu.

3. Banyak Minum Air dan Makan Sayur

Makanan bergizi juga bisa menjadi opsi untuk kamu mengatasi rambut rontok dan ketombe, tak hanya itu makanan bergizi juga membantu kamu dalam merawat kulit dan kuku.

Terutama mengkonsumsi sayuran yang berwarna hijau tua bisa menutrisi rambut.

4. Jalani Kebiasaan Sehat

Pola hidup yang sehat juga ikut mempengaruhi pada penyebab timbulnya ketombe dan rambut rontok. Jika stress menyebabkan rambut ketombe dan rontok, maka menjaga pola hidup merupakan salah satu jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut.

Baca Juga:  Tips Membeli Apartemen Second (Bekas)

Alangkah sebaiknya jika tidur cukup, tidur yang cukup minimal 8 jam perhari dengan itu kamu bisa lebih gampang untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe.

Kamu juga harus menghindari mengeringkan rambut menggunakan hairdryer untuk menghindari kulit kepala terkena dari suhu yang sangat panas, karena hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Biarkan saja rambut kering dengan sendirinya.

Dan kamu juga harus membatasi pemakaian produk penataan rambut terlalu sering supaya tetap menjada kulit kepala agar tidak kering, iritasi, dan gatal.

5. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Opsi berikutnya adalah menggunakan shampo anti ketombe dan rambut rontok. Shampo anti ketombe dan rambut rontok terdapat kandungan yang sangat bagus dan biasanya sudah diformulasikam untuk mengatasi sekaligus menutrisi rambut dan kulit pada kepala. Tetapi kamu harus menggunakan shampo yang berbahan alami.

6. Hindari Tidur dengan Rambut Basah

Keramas pada malam hari memanglah menjadi cara untuk mereleksasikan diri setelah beraktivitas seharin penuh.

Tetapi, bukan berarti ini bisa dan terus menerus dilakukan ya! Perlu diketahui bahwa keramas dimalam hari mengandung resiko yang tinggi loh sobat.

Sebelum itu pastikan terlebih dahulu, sebelum tidur rambut mu harus sudah benar – benar kering yah, karena rambut yang basah itu kurang higenis dan menyebabkan bantal serta kulit kepala menjadi apek dan bau.

Dan hal ini bisa membuat rambut kamu menjadi lepek.

Cara mengatasinya adalah atur waktu kermas mu dimalam hari agar tidak terlalu larut, dan gunakan juga handuk microfiber yang bisa menyerap lebih cepat dari handuk biasa sehingga membuat rambut cepat kering.

7. Hindari Sinar Matahari yang Lebih

Sinar matahari bisa merusak dan membuat rambut melemah dan kering. Tetapi sinar matahari juga bisa membuat jamur yang hinggap pada ketombe mati.

Nah cara mengatasinya adalah berjemurlah dibawah sinar matahari tetapi tidak perlu berlama lama, cuku beberapa menit saja dan lakukan rutin setiap pagi.

Banyak Minum Air dan Makan Sayur

8. Cuka Sare Apel

Berikutnya mengatasi rambut ketombe dan rontok. Mengaplikasikan cuka sari dapat membantu melepas sel kulit mati, menyeimbangkan pH di kulit pada kepala.

Baca Juga:  Tiga Cara Cerdas Menyikapi Harta Dunia

Cara menggunakannya adalah campurkan cuka sari apel dengan shampo atau minyak yang biasa kamu pakai, atau kamu juga bisa campurkan dengan air untuk bilasan setelah keramas.

9. Lidah Buaya

Kandungan yang ada dibuaya antiinflamasi ( peradangan) didalamnya mengandung banyak manfaat seperti bisa menenangkan kulit pada kepala dari peradangan akibat ketombe.

Berikut cara mengatasi ketombe pada rambut dengan gel lidah buaya

1. Kupas lidah buaya sampai bersih untuk mengambil dagingnya
2. Tumbuk daging sampai benar – benar menjadi sebuah gel
3. Aplikasikan gel pada kulit kepala dengan merata dan diamkan selama 15 menit atau kamu bisa membiarkannya semalaman
4. Setelah itu bilas dengan air bersih lalu keringkan.

FAQ

Berikut ini pertanyaan mengenai cara mengatasi rambut ketombe dan rontok:

Apakah ketombe tidak boleh digaruk?

Menggaruk berlebihan akan membuat iritasi kulit kepala, dan akan merasa perih bila terkena air. Dan kulit juga bisa luka dan berdarah.

Apakah minyak kayu putih bisa untuk menghilangkan ketombe?

Minyak kayu putih mempunyai kandungan antijamur dan antiseptik alami yang bisa mengobati ketombe secara spesifik. Kandungan itu pun juga bisa mematikan dermatitis seboroik dan kelainan pada kulit kepala akibat ketombe.

Vitamin apa yang bagus untuk rambut rontok?

1. Vitamin H, atau bisa juga disebut Biotin. Vitamin ini bisa memperkuat struktur di kulit, kuku dan rambut

2. Biasanya orang sering mendapatkan biotin dari makanan, dan ada beberapa makanan yang banyak mengandung biotin adalah kuning telur, biji – bijian utuh, dan daging.

Kesimpulan

Demikian lah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada kalian mengenai cara mengatasi ketombe dan rambut rontok . Semoga bermanfaat dan berguna ya sobat!

Kalian juga bisa membaca beberapa kategori bacaan yang ada pada web kami, ada beberapa kategori yang bisa kamu baca seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknlogi, dll, yuk kunjungi web InfoYunik.