9 Cara Menabung Gaji 1 Juta Perbulan dan Tips Agar Konsisten

Infoyunik.com – Terlepas dari berapa banyak yang kamu hasilkan setiap bulannya, kamu harus menabung seperti cara menabung gaji 1 juta perbulan, ini bukan pilihan tapi ini adalah suatu keharusan. Kamu harus menabung dulu dan menghabiskannya nanti.

Keadaan darurat tidak akan pernah memberikan peringatan sebelumnya, mereka seperti tamu yang tidak diundang, ketika kamu suka atau tidak, pastinya kamu harus melayani mereka.

Itu selalu bagus untuk memiliki anggaran ini akan memberi kamu gambaran tentang posisi keuangan kamu. Ini juga akan memberi kamu pada gambaran tentang berapa banyak yang bisa kamu belanjakan dibandingkan dengan seberapa banyak kamu menghabiskannya.

Kamu juga harus mencari jalan keluar untuk mulai menabung. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Menabung Gaji 1 Juta Perbulan

Cara Menabung Gaji 1 Juta Perbulan

Ada beberapa tips dasar yang perlu kamu terapkan sejak dari awal. Nah berikut ini adalah cara menabung gaji 1 juta perbulan yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Estimasikan Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier

Untuk langkah yang pertama dalam cara menabung gaji 1 juta yakni adalah tampaknya hal ini terdengar sangat repitisi, tapi untuk menentukan dan memisahkan kebutuhan primer.

Sekunder dan tersier adalah salah satu dasar cara menabung gaji 1 juta perbulan yang akan membantu kamu mengelola pengeluaran kamu.

Hal tersebut berlaku untuk terutama para perempuan baik yang bekerja sebagai ibu rumah tangga ataupun yang bekerja di sektor lainnya dan muda-mudi yang masi sendiri. Kebutuhan primer umumnya terdiri dari:

  1. Makanan.
  2. Pakaian.
  3. Tempat tinggal atau makanan.
  4. Pakaian dan perumahan.
  5. Kesehatan.
  6. Pendidikan.
  7. Untuk rumah, berarti termasuk listrik, biaya wi-fi atau pulsa dan data untuk smartphone penghuni, upah ART (Jika ada).

Selama untuk makan dan disana ada kebutuhan air minum, bahan makanan pokok. minyak dan gas juga bumbu dan persediaan cemilan.

Untuk kebutuhan sandang kamu harus perhatikan kembali bahwa tidak berarti setiap bulannya kamu harus membeli baju baru.

Setelah mendaftar kebutuhan primer, sekunder dan tersier kamu juga jangan lupa masukkan estimasi biaya untuk setiap pos kebutuhan primer terlebih dahulu.

Sehabis itu buat daftar kebutuhan sekunder dengan estimasi biaya yang diperlukan, begitu pula juga untuk kebutuhan tersiernya.

Kamu akan tahu priortitas apa yang ingin kamu penuhi dari kebutuhan sekunder dan jumlah dana yang dibutuhkan sebagian target menabung kamu.

2. Pisahkan Uang dengan Jumlah yang Sesuai untuk Setiap Pos Kebutuhan

Cara menabung gaji 1 juta yang kedua adalah setelah kamu tahu berapa jumlah biaya yang kamu butuhkan untuk setiap pos kebutuhan primer, ketika kamu mendapat jatah uang bulanan atau gaji atau penghasilan tambahan.

Kamu bisa segera bisa pisahkan uang tersebut ke posnya masing-masing. Kamu pastinya juga mempunyai target jumlah tabungan.

Jika memang memungkinkan maka segera kamu pisahkan pula jumlah uang untuk tabungan masukkan ke dalam posnya. Cara ini adalah cara yang paling analog yang cukup ampuh sebagai cara menabung 1 juta perbulan.

Buka Rekening Khusus untuk Tabungan

3. Buka Rekening Khusus untuk Tabungan

Punya rekening khusus tabungan ini sangatlah penting karena kamu bisa saja menabung 1 juta perbilan dengan metode lainnya, seperti mencicil tabungan harian dengan jumlah yang sangat variatif.

Lain cerita kalau ternyata sisa hasil dari penghasilan dikurangi keseluruhan kebutuhan primer kamu mengizinkan kamu untuk langsung menyisihkan uang sebanyak 1juta. Kamu tidak perlu susah payah lagi. Kamu cukup langsung mentransfer dana ke rekening khusus tabungan.

Tips menabung satu juta perbulan untuk kasusnya seperti ini adalah hindari menggunakan tabungan dengan layanan m-Banking atau internet Banking.

Tujuannya untuk menghindari kamu membuka aplikasi m-Banking atau internet Banking dan bertransaksi dengan secara mudah untuk belanja kebutuhan sekunder atau tersier secara impulsif.

4. Track Keuangan Bulanan

Memulai yang satu ini sama sulitnya dengan memulai menabung. Melacak keuangan bulanan kamu dilakukan dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan untuk setiap kebutuhan kamu.

Tips ini membantu kamu untuk menyelidiki atau mendeteksi bau boncos, dan mengantisipasi boncos yang lebih besar.

Namun selain itu, kamu juga akan lebih mudah mengetahui pos-pos mana saja yang perlu dikurangi atau ditambah untuk periode berikutnya.

Kamu bisa membuat tabel Excel sederhana, atau menggunakan aplikasi pelacak pengeluaran gratis di smartphone kamu.

5. Buat Target Menabung

Selain membuat catatan kebutuhan primer dan estimasi dana yang kamu butuhkan untuk setiap item, menyeimbangkannya dengan jumlah pendapatan yang kamu terima setiap bulannya, kamu juga perlu menetapkan target tabungan.

Dalam ulasan kali ini, targetnya adalah menabung 1 juta per bulan, maka kamu bisa membuat target tabungan per hari, atau per minggu dengan penyesuaian jumlah untuk mencapai target tersebut.

Baca Juga:  Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Seller Paling Mudah

6. Menyesuaikan Gaya Hidup dan Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, bukan berarti kamu mengurangi jatah makan sampai sakit-sakitan demi menghemat uang.

Maksudnya adalah sesuaikan gaya hidup kamu dengan kondisi riil keuangan kamu, jangan impulsif atau terlalu konsumtif yang terbawa FOMO (Fear of missing out).

Berkomitmenlah dengan diri sendiri untuk memprioritaskan yang primer, perlu dan penting, daripada yang bukan kebutuhan primer namun memberikan diskon dan harga miring.

Hal lain, jika ternyata kebutuhan primer dan penghasilan bulanan kamu tidak memungkinkan kamu untuk menabung 1 juta per bulan, maka tips menabung 1 juta per bulan selanjutnya adalah mempertimbangkan untuk mencari sumber pendapatan tambahan.

Carilah sumber pendapatan yang bisa kamu lakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama kamu, seperti menjadi freelancer di bidang yang sesuai dengan minat, hobi, keterampilan atau bahkan yang berhubungan dengan keahlian profesional kamu.

Memikirkan Kembali Kebutuhan vs Keinginan

7. Memikirkan Kembali Kebutuhan vs Keinginan

Sangat mudah untuk membiasakan diri membayar untuk hal-hal yang tidak benar-benar kita butuhkan. Dan begitu kamu membayarnya cukup lama, otak kamu mulai salah mengira bahwa itu adalah kebutuhan.

Tetapi jika uang terbatas, kamu mungkin harus berkorban. Tidak ada gunanya berutang atau mengabaikan dana tabungan darurat untuk terus membayar barang-barang yang tidak penting.

Apakah kamu membutuhkan paket data telepon yang besar, banyak pakaian baru, atau sering makan di restoran? Kamu bisa pikirkan kembali apa yang menurut kamu adalah esensi kamu dan jika itu benar-benar kemewahan, lalu kamu bisa kurangi.

8. Stop Hutang atau Kartu Kredit

Langkah penting agar kita bisa menabung adalah menghentikan semua jebakan hutang baik itu hutang konvensional maupun pinjol atau pinjaman online.

Jika kamu memiliki kartu kredit, segera lunasi dan tutup karena itu menjadi pintu masuk hutang, maksud dari menghentikan hutang disini adalah untuk tujuan memenuhi keinginan yang tidak mendesak seperti: Kredit Hp baru, kredit motor baru, kredit tas, kredit mobil baru, dll.

9. Berinvestasi

Investasi adalah cara lain untuk menyimpan uang yang cocok untuk kebutuhan masa depan atau tabungan jangka panjang. Berbagai instrumen investasi dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kamu.

Banyak sekali keuntungan dan manfaat dari investasi. Siapapun bisa belajar investasi dan melakukannya dengan mudah. Saat ini, investasi bisa dilakukan secara online.

Tips Agar Bisa Menabung Dengan Konsisten

Tips Agar Bisa Menabung Dengan Konsisten

Berikut ini adalah beberapa tips menabung agar bisa menabung dengan konsisten, antara lain yakni:

1. Jangan Tabung di Satu Tempat

Bagi sebagian orang, target tabungan 1 juta per bulan bukanlah hal yang mudah bukan karena gaya hidup, tetapi karena kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa dipotong lagi.

Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk membagi Rp 1.000.000 per bulan menjadi tiga kantong tabungan yang berbeda.

Satu kantong untuk dana darurat yang bisa diambil sewaktu-waktu jika ada kebutuhan mendesak atau ternyata kebutuhan sebulan masih belum terpenuhi.

Kantong kedua untuk kebutuhan jangka menengah dan kantong ketiga untuk kebutuhan jangka panjang. Pastikan nilai kantong 1 adalah yang paling kecil diantara kantong-kantong lainnya.

Kantong tabungan di sini bisa bermacam-macam, seperti tabungan biasa namun di rekening yang berbeda dari yang biasa kamu gunakan, reksadana atau program tabungan berjangka di bank.

2. Sisihkan Tabungan Terlebih Dahulu Ketika Memperoleh Uang

Tips selanjutnya adalah, sisihkan tabungan terlebih dahulu ketika kamu mendapatkan uang baik itu berupa gaji bulanan, biaya jasa freelance atau penghasilan harian dan mingguan.

Jika kamu khawatir tidak dapat memenuhi kebutuhan kamu selama sebulan karena sebagian uang kamu masuk ke tabungan.

Maka kamu harus ingat bahwa ada sebagian uang yang kamu masukkan ke dalam kantong tabungan pertama di atas yang masih bisa kamu gunakan sebagai cadangan. Dengan cara ini, kamu bisa menabung tanpa rasa khawatir.

3. Mindset Dana Darurat Sebagai Utang

Tips selanjutnya yakni dengan menerapkan mindset kalau kamu menggunakan dana darurat sebesar Rp. 100.000 itu sama dengan kamu meminjam kepada diri kamu sendiri dimasa depan sebesar Rp. 100.000.

Dengan demkian entah 1 atau dua bulan kedepan uang Rp. 100.000 tetap harus dibayar meskipun itu kepada diri kamu sendiri.

5. Pelan-Pelan Saja

Tips yang terakhir untuk itu kamu bisa membuat tabungan target 1juta perbulan adalah dengan melakukannya pelan-pelan saja dan sesuai kemampuan kamu.

Seperti sebuah pepatah jawa yang pernah bilang “Alon-alon asal kelakon” yang artinya yakni pelan-pelan saja yang penting tercapai.

Baca Juga:  Berikut Cara Mengganti Nomor Dana yang Hilang Dengan Mudah

Tidak masalah jika kamu baru bisa menabung segitu. Dari pada tidak menabung lebih baik menabung dan tentu akan lebih indah jika kamu bisa menikmati proses perkembangan kemampuan kamu menabung.

Tutorial Video Cara Menabung Gaji 1 Juta Perbulan

Source YT Catatan Fafa

Tanya Jawab Cara Menabung Gaji 1 Juta

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara menabung gaji 1 juta, yakni:

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 1 juta?

  • Gunakan pembagian 70-15-10-5
  • 70% untuk kebutuhan. 70% dari gaji kamu, gunakan untuk memenuhi semua kebutuhan bulanan kamu.
  • 15% untuk tabungan. Kemudian, simpan 15% dari gaji kamu.
  • 10% untuk investasi.
  • 5% untuk hiburan.
  • Catat pengeluaran.
  • Mulailah bisnis sampingan.
  • Hindari pinjaman online.

Dimana Sebaiknya Menyimpan Uang?

Sebenarnya, ada dua tempat yang aman untuk menyimpan uang: bank dan sekuritas yang memiliki izin dari OJK. Ada berbagai jenis media penyimpanan yang aman yang tersedia dari lokasi-lokasi tersebut.

Apa itu Prinsip 50 30 20?

Metode ini bisa digunakan dalam perencanaan keuangan sebagai alternatif. Sederhananya, metode ini mengalokasikan 50% pendapatan kamu untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan pribadi, dan 20% sisanya disisihkan untuk tabungan atau investasi.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara menabung gaji 1 juta ini kamu bisa menyisihkan gajian kamu untuk ditabung. Kamu juga harus kontrol yang ketat agar bisa menabung secara rutin.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.