Cara Memblokir ATM Mandiri dengan Mudah

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu bagaimana cara memblokir ATM Mandiri? Untuk langkah yang pertama adalah melakukan pemblokiran. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan kartu ATM agar terhindar dari pembobolan.

Dan untungnya cara blokir kartu ATM Mandiri ini sangatlah mudah dan bisa kamu lakukan tanpa perlu ke bank. Nasabah hanya cukup menghubungi customer service Mandiri dan meminta bantuan untuk memblokir kartu ATM yang hilang.

Dengan adanya ini kemudahan nasabah tidak perlu akan takut saldo yang tersimpan di rekening akan hilang. Sebab kartu ATM tidak akan bisa digunakan jika sudah diblokir.

Keamanan kartu ATM ini memanglah sangat penting. Banyak kasus pembobolan rekening yang disebabkan oleh kehilangan kartu ATM.

Tentu saja kamu tidak ingin mengalaminnya, karena itulah lebih baik langsung melakukan pemblokiran kartu jika ATM hilang.

Penyebab ATM hilang bermacam-macam. Rata-rata kerena hilang terjatuh bersamaan dengan dompet. Namun selain itu tidak jarang ada yang menjadi korban pencopetan ataupun lupa mengambil kartu ATM setelah bertransaksi di mesin ATM. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Memblokir ATM Mandiri

Berikut ini adalah beberapa cara memblokir ATM Mandiri yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Melalui SMS

Cara memblokir ATM Mandiri langkah yang pertama adalah mengirim SMS ke nomor 3355, tetapi kamu harus terhubung terlebih dahulu ke layanan Mandiri SMS Banking.

Kelemahan dari prosedur ini adalah kamu harus bersabar karena kamu harus menunggu dalam jangka waktu yang lama. Ada juga biaya Rp 500 untuk setiap SMS yang dikirim.

2. Call Center

Untuk yang kedua cara memblokir ATM MandiriĀ  kamu bisa menmanfaatkan layanan call center untuk memblokir ATM yang kamu miliki, biasanya kamu akan dikenakan tarif setiap melakukan panggilan terhadap call center Bank Mandiri.

3. M-Banking

Langkah yang ketiga untuk cara memblokir ATM Mandiri melalui M-Banking adalah pilihan selanjutnya untuk melakukan pemblokiran atm mandiri. Untuk melakukan pemblokiran melalui M-Banking, kamu harus terdaftar terlebih dahulu di M-Banking mandiri.

Menu pemblokiran akan tersedia nanti di M-Banking. Kamu bisa melakukan pemblokiran kartu ATM Mandiri kamu dengan menggunakan opsi tersebut.

4. Kantor Cabang

Cara memblokir ATM Mandiri selanjutnya yakni kamu kemudian pergi ke kantor cabang Mandiri. Bawa KTP, surat kehilangan dari kantor polisi dan buku tabungan ke kantor cabang Mandiri terdekat dari tempat kamu salah meletakkan kartu ATM.

Untuk mengurus pemblokiran, kamu harus berurusan dengan cs, mendapatkan nomor antrian untuk cs, lalu membicarakan masalah kehilangan kartu ATM kamu.

Cukup ikuti semua arahan dari cs dan cs akan membantu kamu dalam menonaktifkan kartu ATM Mandiri kamu yang hilang.

5. Livin

Kamu dapat memblokir kartu ATM kamu menggunakan program livin’ mandiri dengan mengaksesnya melalui menu manajemen kartu.

Kemudian kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan kartu debit atau kartu kredit yang berbeda, yang dapat kamu pilih berdasarkan kartu yang ingin kamu blokir.

Kemudian kamu akan diinstruksikan untuk memilih kartu aktif yang ingin kamu blokir dan klik tombol blokir. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi apakah kamu memblokir kartu atau tidak jika ya.

Kamu klik ya dan kamu akan diinstruksikan untuk memasukkan kode pin; kode pin akan dikirim ke nomor yang terdaftar di kantor cabang baru untuk prosedur pemilihan.

6. Kantor Polisi

Pilihan kedua adalah mengajukan permohonan melalui kantor polisi, yang harus disertai dengan surat keterangan desa, KTP atau paspor dan buku tabungan bank mandiri.

Antri dulu sampai nomor kamu dipanggil; saat di loket, petugas akan meminta keterangan rinci tentang kehilangan kamu dan informasi pribadi kamu. Tunggu sampai semuanya selesai diproses dan simpan uang untuk biaya administrasi.

Cara Mengurus Surat Kehilangan Kartu ATM Mandiri

Cara Mengurus Surat Kehilangan Kartu ATM Mandiri

Jika kamu kehilangan kartu ATM Mandiri ada baiknya kamu juga langsung menghubungi kantor polisi, hal tersebut dilakukan agar nantinya isi saldo ATM kamu tetap aman.

Dan tidak di salah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini adalah untuk mengurus surat kehilangan kamu bisa ikuti dibawah ini:

Syarat Yang Harus Dibawa

  • Kartu identitas seperti KTP, SIM atau Paspor.
  • Surat pengantar dari kelurahan.
  • Membawa buku tabungan mandiri.

Proses Mengurus Surat Kehilangan

  • Langsung ke kantor polisi terdekat.
  • Kemudian ambil antrian.
  • Tunggu nomor kamu dipanggil oleh petugas.
  • Jika sudah, jelaskan kronologi kejadian saat kamu kehilangan kartu ATM Mandiri.
  • Nantinya petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan penting lainnya, kamu hanya perlu menjawab dengan jujur dan benar.
  • Berikan surat-surat yang dibutuhkan oleh pihak kepolisian.
  • Jika semua proses sudah dilakukan, maka petugas kepolisian akan membantu kamu untuk memproses surat dari kepolisian.

Jenis Jenis Tabungan Bank Mandiri

Jenis – Jenis Tabungan Bank Mandiri

Sebelum kamu masuk pada pembahasan kelebihan dan kekurangan Bank Mandiri. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis produk yang ditawarkan.

Baca Juga:  Cara Buka Toko Di Shopee Lewat Hp Untuk Pemula

Dengan adanya begini, maka calon nasabah bisa menyesuaikan jenis produk tabungan sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah jenis-jenis tabungan yang ditawarkan Bank Mandiri:

1. Tabungan Mandiri

Produk Tabungan Mandiri dirancang khusus bagi nasabah yang ingin menabung atau menyimpan uang di Bank Mandiri.

Beberapa keuntungan dari produk perbankan jenis ini antara lain adalah kemampuan untuk menggunakan logo ATM Bersama pada mesin ATM.

2. Rencana Mandiri

Jenis tabungan ini sangat direkomendasikan bagi calon nasabah yang merasa kesulitan untuk menabung. Tabungan Rencana Mandiri menawarkan berbagai macam keunggulan.

Diantaranya adalah auto-debet (Uang tabungan yang ada di rekening akan otomatis terpotong dan masuk dalam produk ini).

3. Haji

Berencana menunaikan ibadah haji ke tanah suci? Jenis tabungan ini sangat cocok bagi calon nasabah. Tabungan Haji Mandiri bisa menjadi solusi alternatif untuk mempersiapkan dan mewujudkan impian nasabah yang berniat menunaikan ibadah haji.

4. TabunganKu

Calon nasabah baru yang sedang meneliti kelebihan dan kekurangan Bank Mandiri juga harus mempelajari tentang TabunganKu Mandiri.

Jenis tabungan ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah yang mendorong masyarakat untuk menabung. TabunganKu Mandiri dibagi menjadi dua kategori yakni:

  • TabunganKu Mandiri wajib atau standar.
  • TabunganKu Mandiri disesuaikan atau wajib.

5. Valas

Mandiri Valas ditujukan untuk membantu konsumen yang ingin menyimpan uang dalam mata uang asing. Mandiri Valas akan memberikan keuntungan seperti nilai tukar mata uang yang kompetitif dan nominal suku bunga tabungan yang menarik.

6. Bisnis

Tabungan perusahaan Mandiri cocok untuk pemilik bisnis. Tabungan ini memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu operasional bisnis. Pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur yang lengkap seperti online banking dan kartu Mandiri Debit.

7. TKI Mandiri

Tabungan TKI Mandiri sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri. Bentuk tabungan ini dapat menjamin keamanan simpanan dan nasabah. Nasabah juga dapat mengikuti kontes seperti Mandiri Fiesta.

Kelebihan dan Kekurangan Bank Mandiri

Kelebihan dan Kekurangan Bank Mandiri

Apakah kamu ingin menjadi nasabah Bank Mandiri? Tunggu dulu, jangan buka rekening bank dulu, apalagi kalau untuk tabungan, kegiatan komersial atau investasi.

Sebelum memilih untuk menabung di Bank Mandiri, calon nasabah harus mengetahui keuntungan dan kerugiannya. Bank Mandiri, seperti organisasi keuangan Indonesia lainnya, memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan kekurangan ini cukup penting untuk dipertimbangkan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan utama Bank Mandiri:

Kelebihan

1. Jaringan ATM dan Cabang Tersebar Luas di Seluruh Indonesia

Nasabah dapat melakukan berbagai transaksi pembayaran dan penarikan tunai dengan lebih mudah karena jaringan ATM Mandiri tersebar luas di seluruh pelosok tanah air.

2. Tabungan Aman Karena Dijamin LPS

Keamanan menjadi pertimbangan penting saat menabung di bank. Bank Mandiri memiliki sistem keamanan berlapis, baik fisik maupun non fisik dan bekerja sama dengan LPS. Jika sesuatu yang buruk terjadi pada bank, uang nasabah dijamin aman.

3. Praktis dan Simple

Menabung di Bank Mandiri juga lebih nyaman dan mudah. Nasabah cukup melihat detail di buku tabungan bank untuk memastikan perencanaan keuangan.

Dalam hal ini, buku tabungan berfungsi sebagai laporan keuangan yang dapat dipantau secara praktis. Nasabah dapat menggunakan buku tabungan untuk melihat berapa banyak uang yang masuk dan keluar.

Selain itu, fasilitas setor tunai sudah tersedia di ATM, sehingga transaksi keuangan menjadi lebih nyaman. Nasabah tidak perlu lagi antre di bank untuk menyetor uang tunai.

4. Keuntungan Bunga

Meskipun sebagian nasabah Mandiri tidak peduli dengan bunga, namun hal ini dapat berpengaruh pada tabungan. Secara umum, manfaat bunga tidak signifikan, tetapi tidak demikian halnya jika kamu menabung untuk jangka panjang.

5. Lebih Mudah Mengelola dan Merencanakan Keuangan

Salah satu manfaat utama menabung di bank adalah memungkinkan nasabah untuk merencanakan keuangannya. Perencanaan keuangan bisa lebih konsisten dan terarah dengan menabung di Bank Mandiri, misalnya dengan memilih jenis produk tabungan berjangka.

Kesempatan Mendapatkan Hadiah

6. Kesempatan Mendapatkan Hadiah

Mandiri memberikan hadiah dan hadiah menarik kepada semua nasabah. Hadiah biasanya diberikan melalui pengundian secara acak. Hadiah yang ditawarkan juga tidak main-main.

Ada hadiah uang miliaran rupiah dan bahkan barang-barang mewah. Selain itu, semakin rajin nasabah menabung, semakin besar kemungkinan mereka memenangkan undian.

Kekurangan

1. Tidak Gratis

Kembali ke pembahasan kekurangan Bank Mandiri. Menabung di bank sebagai lembaga penyimpan uang memiliki kekurangan di samping manfaatnya. Salah satunya adalah tabungan bank tidak gratis.

Nasabah Bank Mandiri, seperti nasabah bank lainnya, harus membayar biaya administrasi bulanan, yang biasanya dipotong langsung dari dana tabungan. Biaya-biaya lain selain biaya administrasi antara lain transaksi debit, biaya pasif dan sebagainya.

2. Sulit Berkembang

Berbeda dengan berinvestasi saat kamu menyimpan uang di bank, maka uang tidak akan langsung bertambah secara dratis karena adanya suku bunga.

Jika kamu ingin tabungannya memberikan keuntungan sesuai ekspektasi, maka kamu harus menabung uang dalam nominal besar.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Uang dari Shopee Terbaru Secara Lengkap

3. Suku Bunga Rendah

Dan sama halnya dengan bank lain, Bank Mandiri ini menerapkan suku bunga relatif rendah pada dana tabungan nasabah.

Oleh karenan itu kurang tepat apabila calon nasabah menabung di bank konvensional, seperti Mandiri jika tujuannya mendapat tinbal balik yang tinggi.

4. Terdapat Limit Transaksi

Meskipun nasabah memiliki kebebasan bertransaksi sepenuhnya, Bank Mandiri memberlakukan batasan transaksi. Misalnya.

Mungkin ada saldo minimum yang disimpan di rekening sehingga nasabah tidak dapat menarik semua dananya, serta penarikan tunai maksimum.

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan Bank Mandiri, khususnya bagi calon nasabah baru, calon nasabah dapat mengambil keputusan yang lebih tepat untuk menabung di Bank Mandiri. Selain itu, ada banyak keuntungan menabung di Mandiri.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara memblokir ATM Mandiri, yakni:

Berapa Nomor WA Mandiri?

Nomor rekening Whatsapp resmi Bank Mandiri adalah +62 81-184-14000. Bank Mandiri adalah nama akun Whatsapp resmi dan ada logo centang hijau di sebelahnya. Ada kotak pesan di tampilan obrolan yang bertuliskan “obrolan ini dengan akun bisnis resmi Bank Mandiri.”

Saldo ATM Mandiri 70 ribu apa Bisa Diambil?

Perlu diingat bahwa Bank Mandiri memiliki jumlah setoran minimal 5-100 ribu tergantung jenis setorannya. Jadi kamu tidak bisa menerimanya jika kamu hanya memiliki 50.000 di ATM kamu. Karena jika kamu mengambilnya, saldo akan habis. Ini adalah saldo pengendapan minimal.

Apakah ATM yang Sudah Mati bisa Ditransfer?

Kartu ATM yang sudah kadaluarsa tidak bisa digunakan untuk belanja, tarik tunai atau transfer uang. Kartu ATM yang sudah kadaluarsa masih boleh menerima transfer dari orang lain.

BACA JUGA:

Cara Transfer Dari Bank BCA Ke Ovo Secara Mudah
Mengenal Internet Banking Dan Cara Daftarnya
Apa itu Perbedaan Cash dan Kredit? Ini Pengertiannya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara memblokir ATM Mandiri ini sangatlah mudah dengan cara menghubungi call center Mandiri untuk meminta bantuan memblokir kartu. Setelah diblokir maka kartu kamu akan aman dan bisa terhindar dari penyalahgunaan kartu ATM.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.