Cara Membersihkan Bi Checking Di Ojk Online Lewat Hp

Infoyunik.com – Cara cek dan cara membersihkan bi cheking di ojk online ini bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Layanan dari bank indonesia ini sudah dipindahkan menjadi layanan resmi milik otoritas jasa keuangan (Ojk). Selain itu, nama cek bi cheking online berganti nama sistem layanan informasi keuangan ojk (Slik)

Layanan slik memungkinkan debitur untuk meminta informasi debitur slik ojk secara online dengan format ideb. Adapun langkah pertama untuk cara cek bi cheking online atau slik ojk online adalah memenuhi syarat dokumen. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Syarat Cek Bi Checking

Berikut ini adalah syarat cek bi checking yang perlu disiapkan dalam pengajuan, antara lain yakni:

  1. Perseorangan: Ktp untuk wni atau paspor untuk wna
  2. Badan usaha: Ktp untuk wni atau paspor untuk wna, npwp badan usaha, akta pendirian atau anggaran dasar pertama dan terakhir.

Cara Cek Bi Checking

Berikut ini adalah ada dua cara melakukan cek bi cheking yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Pertama

Yang pertama tahapan registrasi yang sangat mudah dan praktis untuk dilakukan:

  • Buka di browser kamu, https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.
  • Pilih jenis data debitur dan tanggal antrian yang tersedia.
  • Klik next dan masukkan semua informasi yang relevan secara lengkap dan benar.
  • Unggah berkas-berkas yang diperlukan slik online dalam bentuk gambar atau scan.
  • Tunggu email ojk konfirmasi pendaftaran antrian slik online.
  • Izinkan ojk untuk melakukan validasi data.
  • Temuan verifikasi antrian slik online akan tersedia paling lambat h-2 dari tanggal antrian.

2. Kedua

Dan untuk yang kedua, data dan dokumen disampaikan telah memenuhi persyatan kamu bisa ikuti:

  • Tanda tangani formulir dalam tiga rangkap dan kirimkan email ke diri kamu sendiri.
  • Ambil foto atau scan formulir yang sudah dicetak dan email ke nomor whatsapp ojk.
  • Gambar diambil menggunakan kamera selfie sambil menunjukkan ktp.
  • Ojk melakukan verifikasi lebih lanjut menggunakan whatsapp.
  • Setelah data divalidasi, ojk memberikan temuan slik ideb secara online melalui email.

Ada pula catatan khusus bahwa permintaan cek bi checking online atau slik online perseorangan yang diwakili oleh ahli waris dan memiliki syarat agak berbeda.

Dokumen tambahan harus diberikan pada saat verifikasi foto atau scan asli adalah akta ataupun surat keterangan kematian dan bisa memakai akta atau surat keterangan ahli waris.

Tips Menjaga BI Checking Tetap Aman

Tips Menjaga Bi Checking Tetap Aman

Setelah menempuh persoalan buruknya bi checking, pastinya kamu kapok dan ogah terjebak untuk kedua kalinya ke dalam blacklist bi checking.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga bi checking agar tetap bersih dan skor kreditnya tetap bagus, diantaranya adalah:

1. Ketahui Kredit yang Diambil dan Sedang Berjalan

Rata-rata fasilitas pinjaman ataupun fasilitas kredit yang disediakan bank atau lembaga pembiayaan lainnya umumnya sudah diketahui oleh masyarakat. Mulai dari kta, kpr atau kkb.

2. Bayar Cicilan Sebelum Jatuh Tempo Hingga Lunas

Jika telat membayar cicilan kredit sampai kamu menunggaknya adalah akar persoalan kenapa bi checking dinilai buruk hingga dimasukan ke dalam blacklist bi checking. Itulah kenapa penting untuk mengingat dan membayar cicilan kredit sebelum jatuh tempo.

3. Tahu Batas dalam Gunakan Kartu Kredit

Sebenarnya kamu memilih kartu kredit karena limit yang ditawarkan sesuai dengan keinginan contohnya Rp. 6 juta, kamupun bisa bebas melakukan transaksi hingga Rp. 6juta, tapi alangkah bijaknya jika menggunakan kurang dari limit yang ditentukan.

Alasan jika sewaktu-waktu kamu kebutulan menunda pembayaran tagihan kartu kredit sebesar Rp. 6 juta tersebut, namun ini akan membuat skor kredit dinilai jelek. Dan ada baiknya kamu memakai kurang dari 30% dari limit kartu kredit kamu.

4. Sebisa Mungkin Hindari Minimum Payment Kartu Kredit

Namun menggunakan opsi minimum pembayaran atau minimum payment untuk membayar tagihan kartu kredit sangat boleh. Tetapi siap menanggung konsekuensinya.

Tidak ada jaminan kalau utang kamu tidak akan menumpuk sehingga mengakibatkan kamu kesulitan membayar tagihan kartu kredit alias menunggak.

Baca Juga:  2 Cara Membuka Blokir Atm BNI Paling Mudah!

5. Simpan Bukti Transaksi untuk Digunakan dalam Mengawasi Laporan Kredit

Kadang-kadang kesalahan bisa saja diperbuat bank sehingga tagihan kredit yang dilaporkan ke kamu sangat nampak tidak wajar. Untuk menghindari kasus tersebut, ada baiknya menyimpan bukti-bukti transaksi kartu kredit.

Sedemikian itu kesalahan tersebut akan langsung dikoreksi bank dan kamu akan terhindar dari tagihan kredit yang barangkali diluar kemampuan kamu.

6. Ambil Kredit sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Bayar

Jika kamu tidak butuh maka tidak usah diambil apalagi jauh dari kemampuan untuk bayarnya yang ada nantinya kamu menciptakan masalah gagal bayar.

Cara kerja Bi Checking

Cara kerja Bi Checking

Cara kerja bi checking adalah mencatat semua informasi transaksi dan riwayat kredit dari debitur kedalam satu buah sistem yang dapat digunakan sebagai penilaian skor kredit.

Secara tidak langsung bi checking ini memiliki semua data debitur mulai dari data pokok, pinjaman, agunan hingga besaran bunga maupun dendanya.

Mengenakan data dari bi checking lembaga keuangan ataupun non bank sangat dapat dijadikannya sebagai referensi untuk pengambilan keputusan dari pinjaman yang diajukan debitur. Siapa saja yang dapat mengakses bi checking lewat website resmi ojk sesuai dengan antrian yang berlaku.

Cara Membersihkan Bi Checking

Setelah melalukan proses yang ada di atas, kamu bisa mengetahui baik atau buruk riwayat kredit kamu. Lalu bagaimana jika kamu punya riwayat kredit buruk karena punya riwayat kredit yang buruk gara-gara banyak tunggakan?

Tentu saja kamu harus memperbaikinya. Apalagi jika kamu mengetahui nama kamu masuk ke dalam daftar blacklist, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dalam bentuk apapun itu.

Impian untuk membeli rumah secara kredit pun tentu nanti tidak akan bisa tercapai karena adanya hal ini. Tapi kamu bisa membersihkan riwayat kredit tersebut, diantaranya adalah:

1. Melunasi Utang Tertunggak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, tentu saja, melunasi semua kewajiban yang ada. Lunasi utang satu per satu, dimulai dari utang yang tanggal jatuh temponya sudah lewat. Hal ini untuk mencegah menerima denda yang lebih besar, lunasi tagihan kamu yang lain.

2. Melaporkan Pelunasan ke Lembaga Keuangan

Nama kamu tidak akan dibersihkan hanya karena kamu telah melunasi tagihan yang belum terbayar. kamu harus menunjukkan bukti pembayaran ke lembaga keuangan yang sesuai untuk menyatakan bahwa kamu telah melunasi kewajiban.

Pelaporan juga dapat segera dilakukan melalui OJK jika menyertakan bukti pelunasan utang. Setelah itu, sistem OJK akan secara otomatis mengubah data kamu.

3. Jika Namamu Sempat Masuk Dalam Blacklist OJK

Kamu harus menunggu 24 bulan setelah dilarang setelah melunasi hutang yang belum lunas dan melaporkannya. Setelah waktu ini, sistem OJK akan secara otomatis membersihkannya.

Tutorial Video Cara Membersihkan Bi Checking di Ojk Online

Source YT Fintech ID.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara membersihkan bi checking di ojk online, yakni:

Berapa Lama Nama Kita Bersih Dari OJK?

Biasanya, penghapusan daftar hitam akan dihapus antara 24 hingga 60 bulan. Begitu pula dengan waktu yang dibutuhkan ojk untuk membersihkan nama nasabah, yang membutuhkan waktu 24 bulan untuk mengubah status kredit negatifnya.

Apakah BI Checking Bisa Bersih Kembali?

Dengan mengembalikan peringkat debitur, kamu dapat memutihkan BI checking. kamu memiliki waktu enam bulan untuk memutihkan BI checking. Kamu dapat mengajukan kredit baru setelah pemutihan BI checking dan mendapatkan kembali peringkat teratas.

Berapa Lama BI Checking Akan Hilang?

Mungkin diperlukan waktu hingga 24 bulan untuk menghapus daftar hitam BI Checking. Jika kamu bergantung pada metode ini untuk membersihkan nama kamu, jelas akan memakan waktu, terutama jika kamu menginginkan keuangan dengan cepat.

BACA JUGA:

Apa itu Shopee Pay? Kelebihan Fitur dan Cara Aktivasi
Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Secara Online Paling Gampang
Cara Bayar Paylater Gojek dan Mengaktifkannya

Baca Juga:  Cara Bayar Pbb Online Terbaru dan Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara membersihkan bi checking di ojk online ini memang agak susah dan memperlukan waktu yang cukuplama, untuk itu jika kamu mendapatkan pinjaman dari bank atau dari lembaga lainnya sebisa mungkin kamu hindari itu ya.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.