Cara Membeli Saham Perusahaan Untuk Pemula

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai cara membeli saham perusahaan , yuk simak penjelasan lengkap dan detailnya pada artikel yang sudah kami rangkum untuk kamu!

Cara untuk membeli saham pada perusahaan merupakan hal dasar yang paling penting untuk para investor pemula. Jarang banyak yang tahu bagaiamana cara membeli saham kemudian mereka mengalami kegagalan.

Bukan hanya kegagalan kecil, melainkan banyak sekali investor – investor pemula yang sering pula mengalami kebangkrutan atau kegagalan pada usahanya.

Pada umumnya investasi saham yang bertujuan sebagai investasi jangka panjang yang dilakukan secara bertahap atau berskala dan tidak dalam waktu yang sangat singkat.

Resiko akan terus ada, tetapi bukan berarti kegagalan berada dipihak kamu. Kegagalan bisa dan bahkan penting untuk diminimalisir.

Nah saham sendiri saat ini banyak dipilih oleh para investor, dengan alasan memberikan banyak keuntungan besar pada perusahaan dalam waktu yang lama atau berjangka panjang serta langkahnya pun tepat dan benar.

Cara Investasi Saham Perusahaan Bagi Pemula

Nah dibawah ini kami akan mengulas bagaimana cara investasi saham perusahaan untuk para pemula, yuk simak 7 caranya!

1. Tentukan Modal Serta Tujuan Investasi Saham

Di zaman yang modern ini, bisa terbilang investasi membutuhkan modal yang sangat amat terjangkau. Pasalnya, investor – investor pemula tidak perlu lagi mengkhawatirkan modal yang begitu besar hingga berpuluh – puluh juta.

Cukup hanya dengan Rp 50.000 saja para investor – investor pemula sudah bisa melakukan kegiatan menabung saham, dan saham tersebut berupa presentase kepemilikan.

Kemudian kamu juga harus menentukan berapa modal yang disisihkan atau dipisahkan sebelum kamu membeli saham, sisakan sebesar 10% setiap gajinya atau /gaji untuk modal investasi.

Sebelum akhirnya bisa berkembang menjadi investasi yang sangat besar. Tidak hanya itu, tujuan kamu berinvestasi juga menjadi hal yang sangat penting ya sobat!

Perlu kamu ketahui bahwa investasi saham akan terus berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Dan saham juga tidak bisa sewaktu – waktu dicairkan, karena saham bukan seperti emas yang bisa dijual dengan cepat kapan saja.

Investasi ini cenderung menilai dan melihat dari kinerja perusahaannya, maka dari itu kemampuan atau keahlian untuk membaca kesempatan juga sangat diperlukan dalam ber investasi saham.

2. Registrasi Rekening Saham

Cara yang kedua adalah melakukan registrasi pada rekening saham. Jika kamu sudah memastikan uang yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah registrasi diri untuk mempunyai rekening saham atau rekening efek.

Nah pembelian saham yang sudah tecatat di BEI, kini hanya bisa dilakukan oleh perusahaan sekuritas di Indonensia.

Dan jangan mudah percaya atau tergiur dengan situs – situs investasi yang namanya asing dan tidak terlalu terkenal, baik secara online ataupun website yang tidak mempunyai kredibilitas.

Investor individu tidak akan bisa langsung membeli saham ke suatu perusahaan tersebut.

Karena membutuhkan perantara yang bisa disebut juga dengan perusahaan sekuritas yang harus mempunyai izin dari badan Otoritas Jasa Keuangan atau biasa disebut sebagai OJK.

Dan nantinya, perusahaan seuritas ini akan membeli saham individu ke suatu perusahaan dengan nama investor sendiri. Sehingga untuk melakukan transaksi pun aman dan tidak memiliki resiko yang tinggi.

Cara Investasi Saham

3. Rutin Mengecek Deposit Awal

Tidak semua jenis perusahaan sekuritas mematokan harga deposit awal yang sama. Biaya fee jual atau transaksi beli saham juga berbeda beda.

Alangkah baiknya jika kamu mengecek besaran deposit awal dan fee transaksi pada perusahaan sekuritas sebelum investasi di lakukan.

4. Instal Aplikasi Trading Online

Kini sudah banyak perusahaan saham yang telah menyediakan aplikasi trading online, ini dilakukan untuk memudahkan investor saat membeli saham.

Tapi, harus dipastikan lagi bahwa aplikasi yang diunduh benar – benar terbukti kredibilitasnya. Dan pastikan perusahaan sekuritas yang ditujui mempunyai aplikasi online yang bisa dan tersedia untuk website atau Play Store.

Baca Juga:  Contoh Dekorasi Gambar Dinding Kamar Tidur

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi investasi untuk penipuan sehingga menimbulkan begitu banyak kerugian. Bahkan tidak hanya jutaan melainkan sampai ratusan juta.

Karena alasan itulah ketelitian dalam bermain saham sangatlah penting dan diperlukan. Nah jika kamu sudah menginstal aplikasi untuk trading online, kamu bisa langsung login sebelum kamu membeli saham

5. Setor Dana Deposit Awal

Cara yang berikutnya, jika kamu sudah dikonfirmasi oleh perusahaan sekuritas bahwa akun dan RDN investor telah aktif, kemudian investor – investor bisa langsung menyetorkan modal atau deposit awal.

Besaran ini bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finansial yang kamu bisa atau juga minimal deposit awal perusahaan sekuritas.

Kemudian siapkan dana dari tabungan,setelah itu setor ke nomor RDN. Kamu bisa melakukan penyetoran dana deposit melalui ATM, mobile banking, internet banking. Lalu kemudian kamu bisa langsung cek dana yang masuk ke aplikasi online kamu.

6. Lakukan Transaksi Saham

Jika kamu sudah melakukan pengisian deposit awal, langkah selanjutnya kamu bisa langsung membeli saham. Pembelian saham minimal adalah 1 lot atau setara dengan pembelian 100 lembar saham.

Hal ini juga berlaku saat ketika kamu hendak menjual saham dengan besaran sekitar 1 lot. Harus perlu kamu ketahui jika setiap transaksinya akan dikenakan fee transaksi seperti yang telah ditentukan.

Saham BEI mempunyai harga yang berbeda beda, sesuai dengan nilai dari perusahannya. Semakin rendah harganya maka semakin banyak lot yang bisa dimiliki.

Begitupun sebaliknya, semakin tinggi harganya maka semakin sedikit lot yang kamu miliki.

Bursa Efek Indonesia atau yang lebih dikenal BEI, kini menyediakan banyak sekali indeks. Ini dikarena kan agar investor tidak terlalu bingung dalam memilih saham.

BEI indeks saham adalah sebuah ukuran pergerakan harga sekumpulan saham yang meliputi harga seluruh saham, kemudian di evaluasi secara berkala atau bertahap.

Para investor – investor pemula kini bisa memulai dari indeks LQ45, IDX30, IDX Value 30, hingga jakarta Islamic Index.

7. Konsisten dan Tidak Terpengaruh Rumor

Banyak sekali rumor atau berita yang tak sedap yang sudah seringkali mempengaruhi banyak pemegang saham. Contohnya seperti isu – isu yang beredar yaitu mengenai vaksin Covid 19, harga saham Indofarma dan Kimia Farma melonjak naik secara drastis.

Dan banyak investor yang termakan berita tersebut kemudian merasa ikut – ikutan membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu.

Nah inilah alasan kenapa mempelajari fundamental pada perusahaan serta rutin atau rajin mengikuti perkembangan ekonomi sangatlah penting saat ingin melakukan berinvestasi saham.

Berinvestasi saham memanglah sangatlah menggiurkan dan menggoda. Ada banyak investor – investor baik didalam negeri ataupun luar negeri yang berhasil dan sukses dengan melakukan investasi.

Tetapi para investor pemula harus bisa berhati – hati ketika memulai untuk berinvestasi.

Investasi Saham Perusahaan Bagi Pemula

FAQ

Berikut pertanyaan mengenai investasi saham

Saham apa yang bagus untuk pemula?

Ada beberapa saham yang bagus untuk para pemula

  1. Bank Negara Indonesia (BBNI)
  2. Global Mediacom (BMTR)
  3. Mitrabahtera Segara Sejati (MBSS)
  4. Petrosea (PTRO)
  5. Bank Rakyat Indonesia (BBRI)

Saham terbaik di bidang apa?

Saham terbaik adalah saham Basic Industry atau yang biasa disebut sebagai Industri Sektor industri dipasar modal terbaik pertama merupakan industri basis atau sering dikenal sebagai industri dasar dan sektor kimia.

Yaitu industri yang banyak melibatkan konversi bahan baku organik dan anorganik melalui proses.

Saham apa yang bagus untuk jangka pendek?

Ada beberapa saham yang bagus untuk jangka pendek adalah:

  1. Bukit Asam Tbk. (PTBA)
  2. Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS)
  3. Trimitra Propertindo Tbk. (LAND)
  4. Rukun Raharja Tbk. (RAJA)
  5. Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk. (NELY)

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara membeli saham perusahaan untuk pemula , semoga bermnafaat dan berguna untuk sobat unik ya!

Baca Juga:  Cara Membuat Body Scrub Dari Kopi

Kalian juga bisa membaca artikel lainnya pada web kami, ada banyak jenis kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Tips , Info Unik, Teknologi, dll. Yuk kunjungi website kami dan temukan informasi yang kamu butuhkan ya!