Cara Daftar dan Upgrade Dana Premium Secara Mudah

Infoyunik.com – Dana adalah salah satu mitra program kartu prakerja. Untuk kamu pengguna dana kamu bisa simak cara daftar dan upgrade dana premium, kerja sama ini sangat menambah daftar mitra pembayaran program kartu prakerja.

Yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan penyedia akun e-wallet sebagai media penyaluran insentif. Adapun sebelumnya mitra pembayaran program kartu prakerja adalah bni, ovo, linkaja hingga gopay.

Lalu bagaimana cara upgrade dana premium? Nah kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu Akun Dana Premium ?

Akun dana premium ini adalah jenis akun dana yang sudah di upgrade dengan rangkaian verfikasi seperti verifikasi e-ktp dan selfie.

Akun dana jenis premium ini mempunyai berbagai keunggulan yang tentunya berbeda dengan akun dana biasa atau belum diverifikasi, mulai dari maksimal saldo, fitur dan yang lainnya.

Cara Upgrade Dana Premium

Akun dana premium diperlukan guna melakukan pencairan saldo insentif prakerja. Berikut ini adalah cara upgrade dana premium yang perlu kamu ketahui:

  • Pertama, siapkan ektp.
  • Buka aplikasi keuangan ponsel kamu.
  • Pilih opsi verifikasi Akun Saya.
  • Ambil foto identitas kamu dengan id dalam bingkai, pastikan tidak ada tulisan yang kabur atau tidak terbaca.
  • Ketuk tanda centang jika gambarnya jelas.
  • Verifikasi wajah adalah langkah berikutnya; ambil selfie di area yang cukup terang sehingga wajah terlihat.
  • Periksa apakah data pada kartu id cocok, lalu klik Kirim.

Cara Daftar Dana

Berikut ini adalah beberapa cara daftar dana yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Download Aplikasi

Langkah yang pertama membuat akun dana tentunya kamu harus unduh terlebih dahulu aplikasi dana di playstore untuk pengguna android dan di apple store untuk pengguna iphone atau ios. Tunggu sampai pengunduhan selesai dan buka aplikasinya.

2. Masukkan Nomor Telepon dan Buat Pin

Berikutnya adalah memasukan nomor telepon yang akan kamu daftarkan. Jika sudah akan muncul kode otp yang melalui sms, kamu bisa isi memakai kode otp tersebut.

Jika ada kode refferal dari pengguna lain bisa juga dimasukan pada tahap setelah input kode otp. Karena jika memasukan kode refferal akan mendapatkan banyak vocher gratis khusus pengguna baru.

Dan jika sudah kamu akan di alihkan untuk mengisi pin isilah 6 angka yang mudah kamu ingat. Pin ini akan terus muncul ketika membuka aplikasi dana dan melakukan transaksi pembayaran.

3. Setujui Syarat dan Ketentuan

Dan cara selanjutnya yakni kamu akan baca seluruh syarat dan ketentuan yang akan muncul dilayar sebelum lanjut ketahap berikutnya. Caranya yakni ceklis syarat dan ketentuan kemudian klik “Lanjut”

4. Lengkapi Akun Dana Tanpa Verifikasi KTP

Lalu habis itu kamu akan melengkapi akun dan data diri prngguna tersebut, Sebenarnya cara daftar cara dana tanpa menggunakan ktp, jika kamu sudah sampai tahap ini dan tidak ingin menggunakan ktp saja ini dia caranya:

  • Pilih menu “Saya”.
  • “Lengkapi akun kamu” akan muncul.
  • Isi “Nama pengguna”.
  • Masukkan ‘Email’ di sini.
  • Pilih “Simpan alamat email.”
  • Masukkan pin kamu.
  • Buka email dan konfirmasi dengan akun Gmail kamu.
  • Ubah gambar profil kamu.
  • Selesai.

Cara Aktivasi Dana untuk Prakerja

Cara Aktivasi Dana untuk Prakerja

Dana telah dipercaya oleh banyak merchant sehingga telah bekerja sama dengan pemerintah pada program kartu prakerja.

Jadi untuk itu masyarakat yang mengikuti program prakerja tapi belum memiliki rekening bank, kamu bisa menyambungkan dengan dompet digital dana ini, uang yang insetif yang dikirimkan ke akun prakerja bisa dicairkan lewat dana. Diantaranya adalah:

  • Kunjungi prakerja.go.id untuk mengakses akun prakerja kamu.
  • Pilih opsi “Hubungkan akun”.
  • Pilih “Dana” dan kemudian “Hubungkan”.
  • Konfirmasikan nomor telepon yang dimiliki dana.
  • Pengguna kemudian akan diarahkan ke aplikasi dana, di mana mereka akan memasukkan pin kamu.
  • Selesai.

Setelah pengguna menyelesaikan pelatihan, insentif kartu pra-kerja akan dikreditkan ke akun dana mereka. Akun prakerja juga telah diperbarui dengan jadwal pengiriman insentif, yang mencakup tanggal dan status pencairan insentif (berhasil dikirim atau gagal).

Cara kirim saldo DANA

Berikut ini adalah cara kirim saldo dana ke rekening bank yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Pilih metode send (Kirim).
  • Kirim dana ke rekening bank.
  • Masukkan informasi perbankan kamu.
  • Pilih tambah bank baru.
  • Masukkan jumlah untuk mengirim uang, pilih Saldo dana atau kartu debit.
  • Pilih Kirim Uang.
  • Uang berhasil dikirim.
Baca Juga:  Cara dan Syarat Kredit Hp di Erafone Mudah dan Cepat

Penyebab Upgrade Akun Dana Premium Gagal

Penyebab Upgrade Akun Dana Premium Gagal

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa untuk bisa mengatasi permasalahan ini, pengguna tentu harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kenapa upgrade akun dana premium gagal.

Ada beberapa penyebab yang mungkin bisa menjadi alasan kenapa upgradenya bisa gagal, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dokumen Kurang Lengkap

Penyebab yang paling pertama adalah karena dokumennya kurang lengkap. Pada saat mengisi formulir, kamu tentu saja akan diminta mengisi beberapa kolom.

Kemudian akan diminta juga untuk mengupload dokumen seperti foto ktp dan lainnya, apabila dokumen tersebut kurang, maka proses upgrade sudah pasti akan gagal.

2. Upload Dokumen Buram atau Kurang Jelas

Pada saat melakukan upload foto dokumen seperti foto ktp dan juga selfie, biasanya gambar yang diunggah akan terlihat kurang jelas atau buram.

Hal ini tentu saja akan menjadi kendala sistem pada saat melakukan verifikasi identitas pengguna, sehingga akan sangat berpotensi mengalami ke gagalan ketika upgrade akun dana ke premium.

3. Sistem Error

Kemudian untuk penyebab berikutnya yakni karena adanya perbaikan sistem atau sistem error. Ini mungkin wajar terjadi di setiap aplikasi, dimana ketika aplikasi mengalami error tentu saja ada beberapa fitur yang mengalami kendala dan penyebab ini juga bisa menjadi mungkin pengguna gagal melakukan upgrade akun.

4. Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet tidak stabil juga sangat bisa menjadi salah satunya. Aplikasi saat ini hany bisa berjalan ketika terkoneksi dengan jaringan internet.

Ketika jaringan internet yang akan digunakan tidak stabil, maka proses upgrade akun dana premium pun juga bisa ngelami kegagalan. Ini juga harus menjadi point penting yang wajib di perhatikan sebelum memputuskan melalukan upgrade.

Cara Mengatasi Upgrade Akun Dana Premium Gagal

Apabila kamu sudah mengetahui beberapa penyebab diatas, berikutnya kita akan masuk ke pembahasan berikutnya yang mengenai cara mengatasi agar upgrade akun dana premium bisa berhasil. Ada beberapa tips yang bisa kamu pahami dan di terapkan ketika melakukan upgrade akun dana premium:

  • Pastikan ktp yang digunakan belum terdaftar di aplikasi dana.
  • Satu ktp hanya berlaku untuk satu akun dana.
  • Pastikan kamera dan pencahayaan berkualitas tinggi.
  • Periksa kestabilan koneksi internet kamu.
  • Pastikan dokumen ktp kamu terbaca (tidak ada bagian yang pudar atau hilang).

Cara mengatasi upgrade dana premium gagal juga bisa dengan meminta bantuan kepada cs dana via telepon, email atau pusat bantuan di aplikasi dana.

Kamu bisa lebih menyarankan untuk menggunakan metode via telepon cs dana di nomor 1500445. Setelah terhubung, kamu bisa sampaikan kepada cs bahwa ada kendala ketika melakukan upgrade akun.

Nantinya cs tentu akan memberikan secara detail baik penyebab maupun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain melalui layanan call center, kamu juga bisa mengirim pesan wa ke nomor 081911500445 atau ke email di help@dana.id.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara daftar dan upgrade dana premium, yakni:

Apakah Bisa Upgrade Dana Premium Tanpa KTP?

Kamu hanya bisa menggunakan KTP kamu untuk upgrade ke DANA Premium. Untuk bantuan lebih lanjut, silakan kirimkan keluhan ke help@dana.id atau hubungi DANA Customer Care di sini.

Kenapa Akun Dana Tidak Bisa di Upgrade Premium?

Pastikan KTP yang digunakan belum terdaftar di aplikasi DANA. Satu KTP hanya berlaku untuk satu akun DANA.

Apakah Bisa Transfer Dana Tanpa Upgrade?

Tenang, simpel kok, bahkan tanpa software tambahan apapun, sobat. Mungkin masih banyak sobat yang terkendala dengan upgrade dana hingga tahun 2022. Memanfaatkan fitur kirim saldo dana mustahil dilakukan karena membutuhkan upgrade terlebih dahulu.

BACA JUGA:

Apa itu Shopee Pay? Kelebihan Fitur dan Cara Aktivasi
Cara Bayar Pbb Online Terbaru dan Mudah
Syarat dan Cara Membuat Npwp Online di Hp

Baca Juga:  Cara Mengirim Barang Shopee Untuk Pemula

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara daftar dan upgrade dana premium ini hanya butuh ktp dan foto wajah saja. Tidak lagi menggunakan nomor kk atau nama ibu kandung seperti aplikasi dompet digital lainnya.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.