16 Cara Cari Tiket Pesawat Murah dan Paling Gampang!

Infoyunik.com – Tips dan trik untuk cara cari tiket pesawat murah. Memang harga tiket pesawat terkadang harganya tidak stabil dan menjadi kendala ketika kamu hendak berpergian. Terutama untuk seseorang yang mempunyai hobi traveling.

Dan untuk itu selain harus menabung jauh-jauh hari, kamu harus bisa mendapatkan tiket semurah mungkin atau bahkan dibawah harga standard. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Cari Tiket Pesawat Murah

Cara Cari Tiket Pesawat Murah

Berikut ini adalah cara cari tiket pesawat murah yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Private Windows Firefox atau Incognito Google Chrome

Cara pertama dan yang paling penting untuk menemukan tiket pesawat murah adalah dengan menggunakan private windows di browser kamu.

Ketika kamu berulang kali mencari tiket, baik untuk pesawat terbang atau moda transportasi lainnya, dengan tujuan yang sama, kamu akan menemukan harga tiket yang semakin mahal. Itu adalah fakta!

Karena tanpa menggunakan mode private atau incognito, harga tiket akan terus naik setelah kamu mencari rute tertentu berkali-kali, untuk menakut-nakuti kamu agar memesan tiket pesawat sebelum harganya naik lebih jauh lagi.

Alhasil, ketika mencari tiket pesawat, gunakan mode private. Jika kamu sering menggunakan browser DuckDuckGo karena tidak menyimpan data kamu seperti Google.

2. Gunakan Situs Pencarian tiket terbaik

Salah satu cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah dengan menggunakan situs web yang sering menawarkan harga penerbangan yang lebih rendah dari rata-rata, seperti:

  1. Skyscanner (Penerbangan lokal dan internasional).
  2. Watchdog for Airfare (Penerbangan internasional).
  3. Momondo (Penerbangan internasional).
  4. Kiwi.com (Penerbangan internasional).
  5. Skiplagged (Penerbangan internasional).
  6. JetRadar (Penerbangan internasional).
  7. GoogleFlight (Penerbangan lokal dan internasional).

Maskapai penerbangan dengan harga terendah lebih sering muncul di halaman pencarian pada tahun 2020, tetapi hal ini tidak berlangsung lama.

Kamu bisa gunakan situs pencarian tiket lain yang telah disebutkan diatas untuk membandingkan harga yang lebih murah.

3. Cari Tahu Hari Termurah Untuk Membeli Tiket

Langkah selanjutnya adalah menentukan hari apa saja tiket pesawat ke lokasi tersebut dijual dengan harga yang lebih murah. Jadi, bagaimana kamu melakukannya?

Kebanyakan orang akan mengatakan hari Selasa atau hari kerja adalah yang terbaik. Namun, tiket tidak selalu dijual dengan harga diskon pada hari-hari ini. Karena tidak ada tanggal yang ditetapkan di mana tiket akan dijual murah.

Metode yang dijelaskan di bawah ini adalah cara terbaik untuk menentukan hari mana tiket akan dijual dengan harga terendah. Rencanakan perjalanan kamu 2-3 bulan sebelumnya dan cari penawaran terbaik dalam 1 atau 2 bulan ke depan.

  1. Pertama, kunjungi situs web atau aplikasi Skyscanner.
  2. Langkah 2: Masukkan kota keberangkatan dan tujuan.
  3. Langkah 3: Pilih One-Way. (Gunakan One-Way untuk pertama kalinya, bahkan jika itu adalah perjalanan pulang pergi) Pilih “whole month” untuk melihat harga sebulan penuh.
  4. Langkah keempat: Saat memilih tanggal, pilih seluruh bulan.

Gunakan Promo Kartu Kredit atau Debit

4. Gunakan Promo Kartu Kredit atau Debit

Menggunakan kartu kredit atau debit adalah cara jitu lain untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Baik kartu kredit maupun kartu debit memiliki kelebihan, khususnya dalam hal pembelian tiket pesawat.

Karena ada banyak layanan kartu kredit yang berani menawarkan penggunanya diskon besar-besaran untuk pembelian tiket liburan. Kamu masih bisa mendapatkan penawaran khusus dari bank jika kamu menggunakan kartu debit.

Untuk mendapatkan informasi diskon ini, silahkan kunjungi situs layanan Bank secara berkala, serta beberapa situs ecommerce dan penjual tiket online lokal.

Tentu saja, kamu tidak ingin menghabiskan semua tabungan kamu untuk berlibur, bukan? Alhasil, kamu bisa memanfaatkan promosi dari penyedia layanan kartu kredit dan debit.

5. Gunakan Maskapai Bertarif Rendah

Maskapai penerbangan murah adalah cara paling nyaman berikutnya untuk menemukan penerbangan murah. Maskapai penerbangan ini telah menetapkan harga yang jauh lebih rendah daripada pesaing mereka.

Tapi tunggu dulu, dengan harga serendah itu, kamu tidak akan mendapatkan fasilitas yang sama seperti yang kamu dapatkan di maskapai bertarif reguler.

Maskapai penerbangan ini menawarkan harga rendah karena mereka mengurangi fasilitas yang ditawarkan kepada penumpang.

Seperti tempat duduk dan bagasi yang sempit, tidak ada makanan dan camilan gratis, dan fasilitas lain yang ditemukan di maskapai penerbangan reguler.

Maskapai bertarif rendah sangat ideal untuk perjalanan jarak pendek, seperti dari Jakarta ke Medan dan sebaliknya. Informasi tambahan. Dan pastikan kamu mengetahui hal-hal berikut ini:

  • Lokasi bandara (karena beberapa maskapai ini memiliki jangkauan bandara yang jauh sehingga mereka memasang tarif murah).
  • Periksa bahwa harga yang tercantum adalah harga total (termasuk bagasi, dll).
  • Ikuti batas berat bagasi (Beberapa maskapai akan membatalkan tiket kamu jika kamu melebihi batas berat maksimum, dan ingat, bayarlah biaya bagasi sesuai dengan tarif yang telah mereka tetapkan).
  • Perhatikan jenis maskapai berbiaya rendah.

Cara Cari Tiket Pesawat Murah

6. Gunakan Airline error dan Sale Fares

Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Ariline error adalah kesalahan yang dilakukan oleh sistem atau oleh petugas maskapai penerbangan saat mengupdate harga tiket pesawat.

Hal ini biasanya terjadi ketika kamu memasang tarif di situs penjualan tiket online. Hal ini biasanya disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor seperti kesalahan staf, masalah teknis, konversi mata uang, dan sebagainya.

Menemukan Kesalahan Maskapai, di sisi lain, bukanlah tugas yang mudah. Jika kamu berada di Inggris atau ingin pergi ke sana.

Baca Juga:  Cara Cek Pajak Kendaraan Banten Online Dengan Mudah

Salah satu situs yang bisa digunakan untuk mendapatkan Airline Error atau Fare Error adalah situs tiket dari Skotlandia, Scott’s Cheap Flights, atau Jack’s Flight Club.

Kedua situs ini memiliki tim khusus yang mencari di Internet setiap hari untuk menemukan harga terbaik untuk tiket pesawat.

Cara penggunaannya mudah cukup buat akun gratis di situs ini, masukkan bandara asal dan tujuan kamu dan kamu akan menerima penawaran langsung ke kotak masuk kamu.

Paket premium dengan uji coba 14 hari juga tersedia dengan harga $49 pertahun. Kamu bisa melanjutkan untuk membandingkan harga tiket yang ingin kamu beli dengan berbagai jenis maskapai dan tujuan.

Menurut beberapa sumber di internet, membeli tiket dari situs web ini dapat menghemat antara 5 hingga 7 juta rupiah untuk penerbangan internasional.

Sale Fares adalah harga tiket yang dijual untuk mengisi kursi kosong di sebuah maskapai penerbangan. Biayanya tidak diragukan lagi rendah.

Apakah tiket ini tersedia dari maskapai penerbangan mana saja? Tentu saja, terutama jika perjalanannya melibatkan lintas benua atau negara.

Ini akan terjadi jika maskapai penerbangan kekurangan penumpang dan akan menjual kursi kosong dengan harga murah.

Tiket ini sangat sulit diperoleh karena kamu harus menunggu dan bersabar. Jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan dalam beberapa bulan mendatang, ada baiknya kamu berlatih dengan situs seperti AirFareWatchDog.

7. Satu Kali Transit

Jika kami perlu melakukan perjalanan jauh, kami biasanya menggunakan cara ini untuk mencari tiket pesawat murah.

Trik ini memungkinkan lokasi lain dijadikan sebagai tempat persinggahan sebelum terbang ke lokasi tujuan. Tiket ini tidak diragukan lagi lebih murah daripada menggunakan Direct Flight atau penerbangan langsung.

Jika penerbangan langsung dari Jakarta ke Medan harganya sekitar Rp. 800.000 untuk sekali jalan, maka dengan sistem transit harganya sekitar Rp. 570.000 (Yang sudah kami praktekkan). Untuk menggunakan tiket transit sekali jalan, pastikan kamu memahami hal ini.

8. Pilih Lokasi Terbaik untuk Take-off

Kiwi.com sangat ideal bagi kamu yang ingin bepergian tanpa memperhatikan biaya. Karena kamu bisa menggunakan situs ini untuk mengetahui tarif maskapai penerbangan di bandara dekat kamu, dengan tujuan di seluruh dunia. Keren kan?

Estimasi harga tiket dari berbagai penjuru akan tersaji untuk kamu. Tanpa harus mengetikkan tujuan satu per satu. Jika kamu cermati gambar di atas, kamu bisa melihat bahwa harga tiket bervariasi tergantung lokasi.

Tentunya kamu bisa mengurutkan harga tiket berdasarkan termurah untuk menentukan negara mana yang memiliki harga tiket termurah dan akan menjadi tujuan kamu selanjutnya secara acak.

9. Amati dan Bandingkan

Ketika Kiwi memberikan estimasi harga terbaik, kamu bisa membandingkannya dengan situs penjualan tiket pesawat terkenal lainnya seperti Traveloka.

Dengan keberangkatan, tujuan, dan tanggal yang sama, Kiwi bisa memberikan harga yang lebih rendah, meski hanya beberapa puluh ribu rupiah saja tentu saja, jika tujuan kamu ke Eropa atau Amerika, selisih harganya bisa ratusan bahkan jutaan rupiah lumayan kan?

Jika kamu masih penasaran, kamu bisa membandingkan harga dengan situs-situs lain seperti booking.com, travelocity, expedia, dan orbitz.

Hidden City Ticketing

10. Hidden City Ticketing

Teknik Hidden City Ticketing adalah cara jitu lain untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Pernahkah kamu mendengar konsep Hidden City Ticketing?

Seorang Sarjana Komputer dari India bisa mewujudkan ide sederhana namun brilian dengan membuat SkipLagged, sebuah situs untuk mendapatkan Hidden City Ticketing dengan mudah.

Tiket pesawat murah? Pasti ada banyak sekali situs web yang menyediakan layanan ini. Jadi, apa yang membuat situs ini begitu istimewa dan unik sehingga harus menghadapi tuntutan hukum dari perusahaan bernilai 21 miliar dolar?

Apa sebenarnya tiket kota tersembunyi itu? Hidden-city ticketing adalah teknik di mana seseorang membeli tiket dan keluar di bandara transit, bukan bandara tujuan yang tertera pada tiket.

Jika penerbangan dari Jakarta ke Surabaya berharga sekitar Rp. 1.500.000, tetapi ada penerbangan serupa dari Jakarta ke Denpasar-Bali dengan persinggahan di Surabaya seharga Rp. 900.000, situs tersebut akan menampilkan kedua opsi tersebut jika kamu mencari penerbangan ke Surabaya.

Kamu hanya perlu mengambil yang termurah dan turun di bandara transit, yaitu Surabaya, bukan di kota tujuan, yaitu Denpasar, seperti yang tertera di tiket. Hal ini dikarenakan tujuan awal kamu adalah Surabaya.

Salah satu kelemahan kecil dari strategi ini adalah hanya berlaku jika kamu bepergian tanpa bagasi dan membeli tiket sekali jalan.

Situs web ini juga memperingatkan pelanggan untuk tidak menyalahgunakan teknik kota tersembunyi dengan menggunakannya beberapa kali pada rute yang sama dalam waktu singkat.

11. Jangan Tunda untuk Membeli tiket

Jika kamu mengetahui tanggal keberangkatan, jangan menunda-nunda pembelian tiket. Karena harga tiket akan naik seiring dengan semakin dekatnya tanggal keberangkatan.

Jika sudah mengetahui tanggal keberangkatan, gunakan poin nomor 6 untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah.

Karena maskapai berbiaya rendah memiliki kuota untuk menjual tiket yang lebih murah demi menarik minat calon penumpang, jika kuota sudah terisi maka harga akan dinaikkan ke harga standar.

12. Gunakan Mata Uang Asing untuk Pembayaran

Sebaiknya periksa pembayaran dalam mata uang lain, seperti dolar dan euro, sebelum melakukan pembayaran. Meskipun tidak selalu demikian, ini adalah opsi terakhir yang harus kamu pertimbangkan.

Metode ini hanya tersedia untuk pemegang kartu kredit yang tidak memiliki biaya transaksi luar negeri.

Baca Juga:  Cara dan Syarat Kredit Hp di Erafone Mudah dan Cepat

13. Keep Updated

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah dengan mengetahui informasi promo secata cepat.

Dan banyak cara untuk dapat update info-info promo secepat kilat, yang paling pertama adalah dengan berlangganan newsletter dari maskapai penerbangan atau agen travel online.

Kamu juga dapat mengikuti akun sosial media mereka. Dengan adanya melakukan kedua cara diatas pastinya kamu tidak akan ketinggalan info promosi.

14. Pesan Tiket Perorangan

Jika ingin memesan tiket untuk banyak orang, kamu jangan langsung membeli tiket yang tercantum dalam jumlah yang banyak. Jika kamu perlu belilah tiket secara perorangan saja.

Terkadang tiket promo yang disediakan memiliki kouta yang tertentu saja. Jadi untuk jumlah tamu kamu yang melebihi kouta (Banyak) kamu akan mendapatkan harga normal saja dan tentu saja tidak ada promo.

Selepas kamu memesan satu tiket. Pastikan nomor dan jam penerbangan tiket kedua kamu sama, maka dari itu kamu tidak akan terpisah dari rombongan.

15. Gunakan Maskapai yang Berbeda

Apabila kamu ingin berencana untuk membeli tiket pesawat pulang dan pergi, kamu tidak harus menggunakan maskapai penerbangan yang sama. Apalagi tidak ada promosi di dalam tiket pesawatnya.

Kamu bisa menggunakan 2 maskapai yang berbeda dan dapat membantu kamu mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah. Dan ini bisa membandingkan harga tiketnya yang lebih murah, kamu bisa dapat gunakan agen-agen travel online.

16. Pesan Tiket di Hari Kerja

Jika kamu tahu ternyata harga tiket pesawat ini cenderung lebih mahal saat akhir pekan atau bisa disebut weekend pada di hari jumat sampai minggu.

Oleh karena itu jika kamu ingin mendapatkan tiket pesawat yang murah kamu harus membelinya di hari kerja atau weekday yakni pada hari senin sampai kamis.

Tanya Jawab Cara Cari Tiket Pesawat Murah

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara cari tiket pesawat murah, yakni:

1. Harga Tiket Pesawat Murah di Jam Berapa?

Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah jika kamu memesannya antara pukul 06.00 dan 00.00 pagi. Maskapai akan menawarkan harga yang lebih rendah pada jam-jam tersebut dibandingkan pada siang hari atau pada jam sibuk kerja.

2. Tiket Pesawat Termahal Kemana?

Sedangkan Etihad Airways memiliki tiket termahal di dunia, dengan harga US$ 64.000 atau sekitar Rp 953 juta untuk penerbangan dari New York ke Abu Dhabi.

3. Apa itu Kelas Ekonomi di Pesawat?

Fasilitas di Kelas Ekonomi berada di bawah standar. Kursinya cukup nyaman, namun jarak antar kursi biasanya tidak terlalu jauh. Akibatnya, jika penumpang di depan kamu merebahkan kursinya, area tempat duduk kamu akan terasa lebih sesak. Selimut dan bantal ekstra juga harus dipesan sebelumnya.

BACA JUGA:

Cara Beli Tiket Ancol Online Secara Mudah dan Praktis
Cara Membuka Bisnis Travel Tiket Pesawat Online
Syarat dan Cara Cek Mutasi di Atm Bca

kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa cara cari tiket pesawat murah ini tentunya kamu harus membutuhkan sebuah strategi khusus dan kesabaran.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.